10 Kampus Swasta Terbaik di Jakarta Beserta Jurusan & Biaya Kuliah

kampus-swasta-di-jakarta

Masih bingung memilih kampus swasta yang bagus di Jakarta? Ini dia rekomendasi PTS beserta program studi, biaya kuliah, dan alamatnya!

Sebentar lagi penerimaan mahasiswa baru akan dibuka. Selain PTN, kamu juga bisa berkuliah di universitas swasta, lho. Sayangnya, kamu mungkin masih ragu dengan kualitas kurikulum, tenaga pengajar, maupun fasilitas di dalamnya. Nah, kota Jakarta bisa jadi pilihan untuk mencari kampus swasta yang bagus dengan berbagai program studi dan besaran biaya pendidikan.

Brain Academy merangkum daftar 10 perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta versi Webometrics. Apa saja? Yuk, cek infonya!

 

1. Universitas Bina Nusantara (BINUS) 

Universitas BINUS resmi berdiri pada tahun 1996, saat itu BINUS sudah memiliki beberapa fakultas, seperti Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan fakultas lainnya. BINUS sendiri termasuk ke dalam urutan 5 besar universitas terbaik di Indonesia, lho.

Sekarang, BINUS memiliki 7 kampus yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Bandung, Semarang dan Malang dengan berbagai macam pilihan fakultas dan program studi. Untuk di Jakarta sendiri BINUS mempunyai 3 kampus yang berlokasi di Alam Sutera (JL Jalur Sutera Barat Kav. 21, Alam Sutera, Tangerang), Kemanggisan (JL K H. Syahdan No. 9 Kemanggisan – Palmerah Jakarta Barat) dan Senayan (FX Sudirman Lt 6).

 

Jurusan Kuliah di BINUS

  • Sekolah Akuntansi
  • Fakultas Teknik
  • Sekolah Desain
  • Fakultas Ilmu Komputer
  • Sekolah Bisnis dan Manajemen
  • Fakultas Sistem Informasi
  • Fakultas Humaniora
  • Fakultas Komunikasi Digital, Hotel dan Tourism

 

Biaya Kuliah di BINUS

Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayarkan oleh mahasiswa Universitas BINUS mulai dari 20 sampai 26,5 juta rupiah per semester. Sedangkan untuk biaya sumbangan (DP3) berkisar dari 35 sampai 47 juta rupiah. Selain UKT dan biaya sumbangan, BINUS juga menerapkan uang laboratorium mulai dari 1,75 sampai 4,25 juta rupiah dan uang peralatan sebesar 9,5 juta rupiah yang dibayarkan 1 kali.

 

2. Universitas Mercubuana

Universitas Mercubuana diresmikan pada tahun 1985, saat ini Universitas Mercubuana sudah terakreditasi “A” oleh BAN-PT dan memiliki 6 fakultas yang terdiri dari Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Desain & Seni Kreatif.

Universitas Mercubuana memiliki 3 kampus yang berlokasi di tiga area, yaitu: Kampus Meruya (JL Meruya Selatan No 1 Kembangan, Jakarta Barat), Kampus Menteng (JL Menteng Raya No 29, Jakarta Pusat) dan Kampus Warung Buncit (JL Warung Buncit Raya No 98, Jakarta Selatan).

 

Jurusan Kuliah di Universitas Mercubuana

  • Fakultas Teknik 

(Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Industri)

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis 

(Manajemen, Akuntansi, D3 Manajemen Perusahaan dan D3 Akuntansi)

  • Fakultas Ilmu Komunikasi 

(Ilmu Komunikasi)

  • Fakultas Ilmu Komputer

(Teknik Informatika, Sistem Informasi)

  • Fakultas Psikologi 

(Psikologi)

  • Fakultas Desain dan Seni Kreatif 

(Desain Produk, Desain Interior dan Desain Komunikasi Visual)

 

Biaya Kuliah di Universitas Mercubuana

Biaya kuliah per semester di Universitas Mercubuana berbeda-beda, tergantung fakultas dan jurusan yang kamu pilih. Pada semester awal, kisaran pembayarannya mulai dari 10 sampai 23 juta rupiah. Hal ini sudah termasuk uang pendaftaran dan biaya gedung. Nah, semester 2 sampai lulus nanti, kamu akan dikenakan BPP Pokok sebesar 1,9 sampai 8 juta rupiah.

 

3. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma (Gundar) hadir melalui penggabungan antara Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) dan Sekolah Tinggi Manajemen dan Komputer (STMIK) yang sebelumnya sudah lebih dulu didirikan pada tahun 1981 (PPIK) dan 1990 (STMIK). Universitas Gunadarma diresmikan pada tahun 1996 bersamaan dengan 4 fakultas, yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra.

Universitas Gunadarma memiliki 8 kampus yang tersebar di wilayah Jakarta, Depok dan Bekasi. Kampus Gunadarma yang ada di Jakarta berlokasi di JL Kenari No 13, Jakarta Pusat (Kampus A), JL Salemba Bluntas, Jakarta Pusat (Kampus B) dan JL Salemba Raya No 53, Jakarta Pusat (Kampus C).

 

Jurusan Kuliah di Universitas Gunadarma

 

Biaya kuliah di Universitas Gunadarma

Biaya kuliah di Gunadarma terdiri dari Biaya Penyelenggara Pendidikan (BPP), Uang Sumbangan Pendidikan (USP), dan biaya Satuan Kredit Semester (SKS). BPP harus dibayarkan per semester  mulai dari 1,5 sampai 7,5 juta rupiah tergantung dari program studi yang dipilih.

Adapun USP atau uang pangkal hanya dibayarkan 1 kali selama perkuliahan. Jumlah USP digolongkan menjadi 3 grade, yaitu A, B, dan C. Grade ini ditentukan dari prestasi atau nilai tes masuk siswa. 

 

4.Universitas Trisakti

Diresmikan pada tanggal 29 November 1965, Universitas Trisakti merupakan satu-satunya PTS yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui surat keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP). Hingga saat ini Trisakti sudah memiliki 9 fakultas dengan jumlah 23 Program Sarjana dan 5 Program Diploma III. Kampus A Trisakti berlokasi di JL Kyai Tapa No 1, Grogol, Jakarta Barat.

 

Jurusan Kuliah di Universitas Trisakti

  • Fakultas Hukum 

(Ilmu Hukum)

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis

(S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, D3 Akuntansi Sektor Publik, D3 Perpajakan, D3 MICE)

  • Fakultas Kedokteran 

(Pendidikan dan Profesi Dokter)

  • Fakultas Kedokteran Gigi 

(Pendidikan dan Profesi Dokter Gigi)

  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan 

(Arsitektur, Teknik Sipil)

  • Fakultas Teknologi Industri 

(Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, Sistem Informasi)

  • Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknik Lingkungan 

(Arsitektur Lanskap, Teknik Lingkungan, Perencanaan Wilayah dan Kota)

  • Fakultas Seni Rupa dan Desain 

(Desain Interior, Desain Produk, Desain Komunikasi Visual, Fotografi)

  • Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi 

(Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Pertambangan)

 

Biaya Kuliah di Universitas Trisakti

Terdapat 3 kategori uang kuliah di Universitas Trisakti, yaitu Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) yang dibayarkan satu kali sebesar 11 sampai 550 juta tergantung dari program studi yang dipilih, biaya praktikum satu kali sebesar 500 ribu sampai 50 juta rupiah, dan BPP Pokok sebesar 4,5 sampai 32 juta rupiah setiap semester.

 

5. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya 

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya) merupakan salah satu PTS terbaik di Indonesia, khususnya di Jakarta. Unika Atma Jaya sudah mendapatkan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Pada tahun 2020, Unika Atma Jaya berhasil meraih bintang lima untuk kategori Online Learning Pemeringkatan yang dilakukan oleh lembaga peringkat dunia berbasis di London, Quacquarelli Symonds (QS) Stars. 

Saat ini, Unika Atma Jaya sudah memiliki 3 kampus yang berlokasi di Semanggi (Jl. Jend. Sudirman No.51, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan), Pluit (Jl. Pluit Raya No.2, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara) dan BSD (Jl. Raya Cisauk Lapan, Sampora, Kec. Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten 15345).

 

Jurusan di Unika Atma Jaya

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis 

(Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan)

  • Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi 

(Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Pariwisata)

  • Fakultas Pendidikan dan Bahasa 

(Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Keagamaan Katolik, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Guru SD)

  • Fakultas Teknik 

(Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri)

  • Fakultas Hukum 

(Hukum)

  • Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 

(Kedokteran, Farmasi)

  • Fakultas Psikologi 

(Psikologi)

  • Fakultas Teknobiologi 

(Bioteknologi, Teknologi Pangan)

 

Biaya Kuliah di Unika Atma Jaya

Biaya UKT di Unika Atma Jaya berkisar mulai dari 3 sampai 50 juta rupiah per semester, nantinya besaran biaya UKT akan disesuaikan dengan jurusan yang kamu pilih.

 

Baca juga: Ini Perbedaan UKT, BKT, dan SPI dalam Perkuliahan!

 

6. Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara (UNTAR) adalah salah satu universitas swasta tertua yang ada di Indonesia. Sekelompok sosiawan di lingkungan Perhimpunan Sosial Candra Naya mencetuskan ide awal untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi pada tahun 1957. Kemudian disepakati pendirian sebuah yayasan yang diberi nama Yayasan Tarumanagara pada tahun 1959.

Hingga saat ini, Kampus yang berlokasi di JL Letjen S. Parman St, RT.6/RW.16, Tomang, Grogol petamburan, Jakarta itu sudah menjalankan delapan fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

 

Jurusan Kuliah di Universitas Tarumanagara

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis 

(Manajemen Bisnis, Akuntansi Bisnis)

  • Fakultas Hukum 

(Hukum)

  • Fakultas Teknik 

(Arsitektur, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri)

  • Fakultas Kedokteran 

(Kedokteran)

  • Fakultas Psikologi 

(Psikologi)

  • Fakultas Teknologi Informasi

(Teknik Informatika, Sistem Informasi)

  • Fakultas Seni Rupa dan Desain 

(Desain Interior, Desain Komunikasi Visual)

  • Fakultas Ilmu Komunikasi 

(Ilmu Komunikasi)

 

Biaya Kuliah di Universitas Tarumanegara

Biaya kuliah di UNTAR terdiri dari SPP atau yang kita kenal sebagai uang pangkal. Jumlahnya bervariasi mulai dari 17 sampai 45 juta rupiah. Nah, untuk UKT setiap semesternya, kamu akan membayar sekitar 15 sampai 21 juta rupiah tergantung dari jurusan.

 

Baca juga: Perbedaan PTN dan PTS dari Biaya, Fasilitas, dan Seleksi Masuk

 

7. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka 

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta milik perserikatan Muhammadiyah yang berlokasi di Jakarta, tepatnya di Jl. Limau 2 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Berdiri sejak tahun 1965 dengan nama IKIP Muhammadiyah Jakarta lalu berubah nama menjadi UHAMKA pada tahun 1997, hingga sekarang UHAMKA sudah memiliki 9 fakultas yang bisa dijadikan pilihan bagi para calon mahasiswanya.

 

Jurusan Kuliah di UHAMKA

  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Teknik Industri dan Informatika
  • Fakultas Ilmu Kesehatan
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Farmasi dan Sains
  • Fakultas Agama Islam
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Kedokteran

 

Biaya Kuliah di UHAMKA

Pada Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaba) mendatang, UHAMKA menerapkan sistem UKT tiap semester mulai dari 3 juta sampai 40 juta rupiah. Biaya tersebut belum termasuk dengan biaya per-SKS ya, teman-teman.

 

8. Universitas Nasional

Universitas Nasional (UNAS) merupakan perguruan tinggi swasta tertua di Jakarta dan kedua tertua di Indonesia. UNAS didirikan pada tahun 1949 oleh tokoh-tokoh terkemuka dari Perkumpulan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (PMIK). Saat itu UNAS yang masih bernama Akademi Nasional sudah membawahi 5 fakultas, yaitu Fakultas Sosial, Ekonomi dan Politik, Fakultas Biologi, Fakultas Matematika dan Fisika, Fakultas Sastra Indonesia dan Fakultas Sastra Inggris.

Universitas yang berlokasi di Jl. Sawo Manila, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta itu sejak tahun 2007 sudah membawai 8 fakultas dengan 24 jurusan.

 

Jurusan Kuliah di Universitas Nasional

  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Bahasa dan Sastra
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Teknik dan Sains
  • Fakultas Biologi dan Pertanian
  • Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika
  • Fakultas Ilmu Kesehatan

 

Biaya Kuliah di Universitas Nasional

Universitas Nasional menerapkan sistem Uang Paket Semester (UPS) yang bisa dicicil sebanyak 3x. Nilai UPS-nya pun beragam, berkisar mulai dari 6,4 sampai 10,9 juta rupiah per semesternya.

 

9. Universitas Bakrie

Universitas Bakrie (UB) merupakan hasil dari transformasi Sekolah Manajemen Bakrie. Berdiri pada tahun 2009, saat itu UB sudah memiliki 5 Program Studi, yaitu Manajemen, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Sistem Informasi & Informatika. Hingga saat ini UB sudah memiliki 11 Program Studi.

Kampus UB memiliki lokasi yang cukup strategis, yaitu berlokasi di Kawasan Rasuna Epicentrum Jl. HR Rasuna Said Kav C–22, Kuningan, Jakarta Selatan.

 

Jurusan Kuliah di Universitas Bakrie

  • Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial 

(Akuntansi, Manajemen, Kebijakan Publik, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional)

  • Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer 

(Sistem Informasi, Ilmu dan Teknologi Pangan, Informatika, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Pangan)

 

Biaya Kuliah di Universitas Bakrie

Untuk kamu calon mahasiswa yang ingin kuliah di UB pada tahun ajaran 2023/2024 mendatang, kamu harus menyiapkan biaya UKT mulai dari 9 sampai 13,7 juta rupiah tiap semesternya.

 

10. Universitas Pamulang

Universitas Pamulang didirikan pada tahun 2000 oleh Yayasan Prima Jaya, kemudian pada awal tahun 2005 Universitas Pamulang dipindah kepemilikan dan pengelolaannya kepada Yayasan Sasmita Jaya. Gedung kampus Universitas Pamulang terdapat di 3 lokasi, yaitu Kampus 1 di Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Kampus 2 di Jl. Raya Puspitek No. 46 Buaran, Serpong dan Kampus 3 di Witana Harja, Pamulang.

Meski terbilang muda, Universitas Pamulang sudah memiliki 6 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Fakultas MIPA, Fakultas Hukum, Fakultas Sastra dan Fakultas Teknik.

 

Jurusan Kuliah di Universitas Pamulang

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis 

(D3 Akuntansi, D3 Sekretaris, D4 Akuntansi Perpajakan, S1 Akuntansi, S1 Manajemen)

  • Fakultas Keguruan dan Pendidikan 

(Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)

  • Fakultas MIPA 

(Matematika)

  • Fakultas Hukum 

(Ilmu Hukum)

  • Fakultas Sastra 

(Sastra Indonesia, Sastra Inggris)

  • Fakultas Teknik 

(Teknik Mesin, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri)

 

Biaya Kuliah di Universitas Pamulang

Biaya kuliah di Universitas Pamulang dibagi menjadi 3 golongan, yaitu golongan Reguler A, B dan C. Biaya UKT tiap semester di Universitas Pamulang mulai dari 1,2 sampai 1,9 juta rupiah, dan sebagai pembeda antara golongan Reguler A & B dengan golongan Reguler C ada selisih biaya UKT sebesar kurang lebih 600 ribu rupiah.

Sudah menentukan pilihan? Baik PTN maupun PTS, memiliki keunggulannya masing-masing. Kesuksesan kamu tidak diukur dari tempat belajar kok, tetapi dari niat, usaha, dan ketekunan. Biar lebih semangat, belajar di Brain Academy, yuk! Kakak Master Teachernya super sabar, asyik diajak diskusi, dan fasilitasnya lengkap banget.

[IDN] CTA Blog Cabang Brain Academy Center

Referensi:

 

 

 

Salsabila Nanda