Bedah Jurusan Matematika: Mata Kuliah dan Prospek Kerja

Salsabila Nanda Jul 31, 2021 • 4 min read


Pojok_Kampus_-_Jurusan_Matematika-01

Apa sih yang dipelajari di jurusan Matematika? Bener nggak kalau lulusannya cuma bisa jadi guru les? Ada beberapa peminatan yang bisa kamu ambil di jurusan Matematika. Prospek karirnya juga luas lho.

---

Siapa yang suka ikut live teaching Brain Academy? Pasti udah nggak asing dengan Kak Firdha Dwisafarina. Kali ini kita bakal ngobrol bareng beliau seputar jurusan Matematika.  Kak Firdha sendiri merupakan alumni S1 dan S2 Matematika di Institut Negeri Sepuluh November.

Buat kamu yang duduk di kelas IPA dan pengen lanjut ke jurusan Matematika, dengerin yuk seluk beluk kuliah di jurusan ini. Supaya dapat gambaran mengenai mata kuliah dan prospek karirnya. Cus!

1. Hai, Kak Firdha. Gimana kabarnya? Lagi sibuk apa nih?

-> Halooo Brainies! Alhamdulillah kabar baik. Kesibukannya sekarang ngajar di Brain Academy dari tahun 2019.

2. Kepo dong, dari sekian banyak jurusan, kenapa Kak Firdha pilih jurusan Matematika? 

-> Hahaha, menurutku Matematika itu salah satu pelajaran termudah waktu sekolah dulu. Kebetulan anaknya lebih suka ngitung daripada disuruh menghafal.

Sebenarnya, aku masukin Matematika di pilihan kedua pas SBMPTN, eh nggak nyangka malah diterima. Pas dijalanin ternyata menyenangkan kok.

3. Apa alasan Kakak untuk lanjut S2 di jurusan yang sama?

-> Perihal lanjut kuliah S2 waktu itu ada beasiswa freshgraduate buat lulusan sarjana yang ingin mengambil gelar master. Akhirnya, Kak Firdha coba dan alhamdulillah lolos seleksi.

4. Kuliah Matematika belajar apa aja sih, Kak?

-> Banyak! Kita bakal ketemu matkul Metode Numerik, Perangkat Lunak Kalkulus, Aljabar, Model Matematika, Riset Operasi, Teori PeluangTechnopreneur, dan sebagainya. Di semester 6 dan 7 ada mata kuliah peminatan yang bisa kita ambil. Mata kuliah ini dikelompokkan ke bidang keahlian tertentu.

5. Bidang keahlian jurusan Matematika seperti apa, Kak?

-> Kalau di ITS, kita punya 3 (tiga) bidang keahlian. Ada Aljabar, Model Matematika Terapan, dan Ilmu Komputer.

Aljabar lebih menekankan pada pemahaman, pembelajaran dan pengembangan teori dasar matematika. Model Matematika Terapan mengolah data statistik untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan Ilmu Komputer kayak bikin software gitu, mirip anak teknik informatika hahaha.

5. Paling suka belajar yang mana?

-> Kalau Kak Firdha sih lebih suka belajar Model Matematika. Dari situ kita bisa menerapkan ilmunya ke semua bidang. Misalnya, pembuatan aplikasi model matematika untuk penularan virus hepatitis B atau model matematika untuk aliran fluida.

Balik lagi, sih, minat mahasiswa kan beda-beda ya. Kalau yang suka Matematika banget bisa ambil peminatan Analisis dan Aljabar. Nah, buat yang mau terjun jadi programmer mungkin cocok dengan peminatan Ilmu Komputer. Disesuaikan aja sama passion, oke?

6. Enak nggak enaknya kuliah di jurusan Matematika apa, Kak?

-> Enaknya tuh kita nggak banyak praktikum. Jadi, nggak capek banget lah. Dukanya sepertinya nggak ada hahaha. Pokoknya, selama kita senang ngejalaninnya, pasti menikmati semua prosesnya.

7. Banyak yang underestimate kalau lulusan Matematika cuma bisa jadi guru les. Gimana pendapat Kak Firdha?

-> Wah, ini pemikiran zaman dulu. Orang menganggap lapangan pekerjaan jurusan matematika hanya itu-itu aja dan terbatas. Padahal, Matematika adalah pondasi dari segala ilmu, ketika menguasai dasarnya maka kita bisa belajar segalanya.

Lulusan Matematika dapat bekerja di start-up, industri perbankan, asuransi, dan lain-lain. Sekarang banyak lowongan yang persyaratannya lulusan STEM (Sains Teknologi Engineering dan Mathematics). Kamu bisa jadi data scientist, aktuaris, analis data, bahkan seorang software engineer

8. Pesan buat Brainies yang takut sama mapel Matematika. Gimana caranya belajar Matematika yang fun dan nggak bikin stres?

-> Pertama, kamu harus ubah mindset kalau Matematika itu serem. Coba kerjain soal pelan-pelan. Belajar Matematika itu melatih logika kita loh. Kalau udah paham pasti ketagihan dan merasa tertantang untuk nyelesain soal selanjutnya.

---

Setuju deh sama Kak Firdha, Matematika itu nggak menyeramkan seperti yang kamu pikirkan. Kalau ada kesulitan, langsung aja tanya ke STAR Master Teacher di live teaching Brain Academy Online. Guru-gurunya asyik dan sabar banget!

Live Teaching Brain Academy Online

Referensi:

Wawancara dengan Kak Firdha [Daring].

Mata Kuliah Matematika [Daring]. Tautan: https://www.its.ac.id/matematika/akademik/program-studi/sarjana/#pilihan

(diakses 29 Juli 2021)

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar