Bimbel abad 21 di 10
kota di Indonesia

Bimbel yang beda, dengan adanya kombinasi bimbel offline & online
dengan guru terbaik. Didukung juga oleh kelas soft skills dan
fasilitas modern.

group-42@2x

Bimbel abad 21 di 10 kota di Indonesia

Bimbel yang beda, dengan adanya kombinasi bimbel offline & online dengan guru terbaik. Didukung juga oleh kelas soft skills dan fasilitas modern.

bitmap@2x-5

Frequently Asked Questions

  • Inovasi. Satu kata bermakna yang diyakini oleh Brain Academy sebagai suatu langkah awal pembeda antara Brain Academy dan bimbingan belajar pada umumnya.

    • Master Teachers Brain Academy bukanlah ‘guru-guru cabutan’ dari institusi lain. Master Teachers Brain academy direkrut melalui sistem seleksi yang ketat dan terus dikembangkan lewat skema internal training pada pengetahuan mata pelajarannya maupun pada teknik mengajarnya. Dapat dipastikan bahwa Master Teacher Brain Academy tidak hanya kuat di penguasaan materi, tapi juga tahu bagaimana cara menyampaikannya secara komprehensif
    • Materi belajar dan latihan soal di Brain Academy telah melewati proses research dan quality control secara berkelanjutan yang sesuai dengan kurikulum nasional. Semua materi belajar dan latihan soal disajikan dalam format aplikasi digital, bukan cetakan fisik. Format tersebut dipilih karena lebih interaktif dan praktis sehingga siswa Brain academy mendapatkan pengalaman belajar personal, optimal, dan kekinian.
    • Materi soft skills bagi siswa Brain Academy. Selain mengedepankan academic excellence, Brain Academy menjadi pioner bimbingan belajar yang memberikan materi soft skills seperti critical thinking, two-way communication, problem solving, leadership, teamwork, technology literacy, dll.
    • Learning Center kami mengusung konsep smart classrooms design yang modern dan jauh dari kesan kaku. Brain Academy berusaha menghilangkan stereotipe gedung bimbingan belajar yang sangat akademis dan membosankan. Terdapat lounge dengan nuansa friendly untuk diskusi dan konsultasi PR atau tugas sekolah dengan Master Teacher Brain Academy). Mini Cafe, studio kreatif, dan musholla pun juga disediakan di setiap Learning Center Brain Academy.
  • Brain Academy mengusung konsep pembelajaran modern yang berbeda dari bimbingan belajar lain pada umumnya. Konsep ini menitikberatkan pada keaktifan siswa, penggunaan teknologi serta personalisasi materi belajar bagi tiap-tiap siswa Brain Academy. Dalam penerapannya, di setiap sesi pertemuan:

    • Master Teachers Brain Academy akan menyesuaikan materi dan strategi pembelajaran yang efektif dan relevan untuk setiap siswa berdasarkan diagnostic test yang akurat di aplikasi Ruangguru.
    • Hasil diagnostic test juga akan menjadi dasar rekomendasikan materi belajar mana yang dapat dipelajari secara mandiri oleh siswa - dengan pendampingan Master Teachers Brain Academy. Dengan begitu, siswa dapat mengoptimalkan sesi-sesi belajar Brain Academy untuk meningkatkan penguasaannya pada topik-topik pelajaran yang masih belum tuntas di sekolah.
    • Post test dan HOTS test diberikan sebagai alat ukur di ujung rangkaian end-to-end learning experience di Brain Academy.
    • Klinik PR dan tugas sekolah dengan Master Teachers Brain Academy pada dedicated consultation session.
    • Kolaborasi antara Master Teachers Brain academy dan Orang tua siswa dalam proses monitoring perkembangan siswa Brain academy.
  • Brain Academy memberikan fasilitas bimbingan belajar untuk siswa-siswi kelas 4 SD hingga 12 SMA

  • Master Teacher di Brain Academy adalah orang-orang yang memiliki excellent track record di bidangnya, baik dari latar belakang pendidikan maupun histori pekerjaannya. Bahkan sebagian dari mereka pernah menerima berbagai apresiasi pemerintah Indonesia atas kontribusi dan prestasinya di dunia pendidikan.

    Selain itu, Master Teacher Brain Academy telah menerima pelatihan kompetensi yang meliputi: pengembangan kurikulum dan konten belajar, teknik mengajar, manajemen kelas, evaluasi belajar siswa, penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar dan mengajar - sesuai dengan standar yang sudah diterapkan oleh Brain Academy.

    Mereka adalah tenaga pendidik profesional dan memiliki passion di dunia pendidikan. Mereka siap memberikan yang terbaik agar para siswa Brain Academy mendapatkan pengalaman belajar terbaik di Brain Academy (highest satisfaction, zero complaint).

  • Kurikulum di Brain Academy disusun mengikuti kurikulum nasional yang digunakan di sekolah negeri dan swasta di Indonesia. Pelajaran yang akan diberikan adalah pelajaran inti yang akan diujikan pada Ujian Nasional maupun Ujian Masuk Perguruan Tinggi.

    Materi pembelajaran akan ditekankan pada pemahaman konsep (higher order thinking skills) dan bukan hanya menghafal. Jika bimbel umumnya menggunakan konsep one size fits all - semua murid belajar hal yang sama terlepas dari kecakapan dan kecepatannya belajar, di Brain Academy setiap siswa akan memiliki journey belajarnya sendiri. Materi belajar setiap siswa akan disesuaikan dengan kebutuhannya dan mengikuti perkembangan belajar di sekolah. Jumlah sesi pembelajaran di Brain Academy bervariasi, tergantung pada jenjang pendidikannya. Siswa usia SD dan SMP akan memiliki jam belajar yang lebih sedikit dibandingkan siswa SMA karena daya fokusnya yang lebih pendek dan jumlah pelajaran inti yang diujikan Ujian Nasional maupun Ujian Masuk Perguruan Tinggi.

    Selain pelajaran akademis, Brain Academy juga memberikan kelas tambahan yang dapat diikuti oleh siswa di akhir pekan yang fokus untuk meningkatkan soft skills para siswa. Kami menyusun demikian, karena menyadari soft skills (seperti kemampuan presentasi, bekerja dalam tim, menyusun proyek, mendesain produk, berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah) tidak banyak diajarkan di sekolah maupun tempat lainnya. Di sisi lain, kami di Brain Academy meyakini bahwa para siswa sudah semestinya menguasai keahlian-keahlian tersebut selain cakap di bidang akademik, agar dapat berkompetisi di dunia nantinya.

  • Semua Master Teacher Brain academy telah memiliki rencana pembelajaran terstruktur yang dibuat dengan alur dan tujuan pembelajaran yang jelas. Di akhir setiap sesi, setelah serangkaian kegiatan terpadu, guru anak Anda akan dapat menilai apakah siswa telah menguasai konsep. Penilaian ini dicatat dan dikomunikasikan kepada orang tua setiap bulan dan ketika diminta oleh orang tua.

  • Brain Academy menyediakan sesi khusus di luar sesi reguler bagi para siswa untuk melakukan diskusi atau konsultasi, antara lain: PR, tugas sekolah, atau materi pembelajaran yang masih belum dipahami sepenuhnya. Selain itu, para siswa juga dapat mengakses Ruang Les Online pada aplikasi Ruangguru jika berhalangan datang ke learning center Brain Academy.

  • Ya, secara garis besar materi pembelajaran di Brain Academy selalu sesuai dengan silabus sekolah. Namun Brain Academy mempunyai pakem sendiri dalam memilih sub-materi pembelajaran di setiap mata pelajaran. Pemilihan sub-materi ini dapat dilakukan dengan adanya sinergi antara Master Teachers Brain Academy dan Master Teachers dari aplikasi Ruangguru. Gabungan Master Teachers dari dua entitas bisnis tersebut memberikan hasil pemilihan sub-materi yang akurat bagi para siswa.

  • Tidak, namun Brain Academy memotivasi para siswa untuk mengerjakan latihan soal yang tersedia di aplikasi Ruangguru sesering mungkin. Kami percaya bahwa para siswa juga perlu diajak untuk bertanggung jawab dan mengambil keputusan dengan cara memberikan mereka ruang untuk mengatur tempo belajarnya masing-masing. Selain itu, Brain Academy memposisikan keberadaanya sebagai learning partner, sehingga kami semaksimal mungkin membantu para siswa, bukan menambah beban belajarnya.

  • Ya, selayaknya pembelajaran yang terukur. Brain Academy memberikan tiga tes utama yaitu diagnostic test, post test, dan HOTS test. Tiga tes tersebut akan diberikan kepada para siswa sesuai dengan kebutuhan siswa dan strategi pembelajaran yang telah ditentukan oleh Master Teachers.

  • Softskills diberikan di luar sesi pembelajaran reguler sebagai added value bagi siswa Brain Academy. Pengajaran softskills ini juga akan menjadi wadah penyegaran dan keakraban bagi seluruh keluarga besar Brain Academy, terutama para siswa. Dampak dari pengajaran softskills ini diharapkan akan nampak pada perilaku dan pola pikir sehari-hari siswa di tengah lingkungannya.

  • Pengkodean terintegrasi ke dalam rencana pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris secara teratur. Ini juga dilakukan secara terpisah selama beberapa akhir pekan setiap semester.

    Selama pelajaran Matematika, siswa akan menyelesaikan teka-teki dan bermain game di mana perhitungan matematika dan konsep berpikir diterapkan pada saat yang sama.

    Untuk bahasa Inggris, siswa akan meningkatkan keterampilan mendongeng mereka dengan membuat cerita kode (menggunakan Scratch & Scratch Jr.) dengan kosa kata dan kalimat yang dipelajari selama pelajaran dan disajikan kepada rekan-rekan mereka.

    Kelas akhir pekan terdiri dari 5 sesi dua jam yang dilakukan pada hari Sabtu berturut-turut.

    Lebih dari 60% konsep pengkodean akan dipelajari melalui kegiatan fisik.

  • Pusat ini ditutup pada Hari Libur Nasional, tetapi kami memiliki paket Summer Camp dan Winter Camp untuk Liburan Sekolah. Mereka terdiri dari kursus musim panas empat minggu dan kursus musim dingin dua minggu. Setiap camp diisi dengan kegiatan menyenangkan yang dirancang untuk mempersiapkan siswa untuk semester berikutnya pembelajaran mereka.

  • Hubungi dan perbarui pusat dengan alasan ketidakhadiran anak Anda. Kami menyesal tidak ada pengembalian uang atau kelas pengganti yang ditawarkan.

  • Tidak - tidak ada pengembalian uang untuk kelas yang terlewatkan kecuali karena tidak adanya guru Brain Academy dalam hal ini kami akan memberikan opsi kepada orang tua untuk pengembalian uang atau kelas pengganti.

  • Brain Academy percaya pada pengajaran dan pembelajaran yang berkualitas. Ini diperlihatkan dan difasilitasi melalui rasio guru siswa kami yang bervariasi antara 1:21-1:26 yang didukung dengan pembelajaran personal melalui digital. Ditambah lagi metodologi kami mendorong interaksi sosial dan pembelajaran, rasio yang lebih besar tidak mengurangi kualitas pembelajaran.

  • Untuk memastikan pengajaran dan pembelajaran yang berkualitas, tidak akan ada lebih dari 26 siswa per kelas.

  • Brain Academy tidak menyediakan kelas privat. Untuk pembelajaran secara privat siswa dapat mencari guru privat di Ruangles (https://ruangguru.com/les)

  • Brain Academy memiliki kebijakan toleransi 0% pada siswa yang mengganggu atau mengganggu yang memengaruhi pembelajaran. Dalam kasus yang parah, kami akan memberi tahu orang tua dengan penghentian segera dan pengembalian uang sekolah 100% dalam waktu 1 bulan sejak awal semester dan pengembalian uang 50% setelah lebih dari 1 bulan sejak awal semester.

  • Harga kami sangat terjangkau apalagi jika dibandingkan dengan bimbel lainnya. Sampai dengan tanggal 22 Juli 2019, terdapat diskon 50%

  • Ya, kami menawarkan kelas uji coba sepanjang tahun akademik kami. Kelas uji coba akan dimulai di bulan Juli 2019

  • Untuk mendaftar, siswa cukup mengisi formulir pendaftaran di website brainacademy.id, kemudian tim kami akan menghubungi untuk jadwal kunjungan ke kantor cabang Brain Academy di masing-masing kota.

    Tidak ada tes penempatan kelas, siswa cukup memperlihatkan nilai rapor.

  • Ya, terdapat biaya pendaftaran sebesar Rp250.000,-

  • Ya, kami menawarkan angsuran 2 sampai dengan 3 kali cicilan. Untuk cicilan 2x maksimal dibayarkan pada tanggal 31 Oktober 2019 Untuk cicilan 3x maksimal dibayarkan di akhir bulan Desember 2019

  • Biaya pendaftaran adalah pembayaran satu kali sebesar IDR 250.000.
    Biaya buku sudah termasuk dengan biaya les

  • Iya nih. Biaya lainnya adalah: biaya pendaftaran sebesar IDR 250.000 (satu kali pembayaran).

  • Pembayaran dilakukan di waktu pendaftaran sebelum kelas dimulai dengan opsi pembayaran secara lunas, cicilan 2 kali, dan cicilan 3 kali

  • Biaya dibayarkan dengan cara:
    1)Debit atau tunai di kantor Brain Academy
    2)Online di aplikasi Ruangguru
    3)Pembayaran langsung secara online di website brainacademy.id

  • Ya, pendaftaran dan pendaftaran terbuka sepanjang tahun akademik kami.

  • Ya, saudara kandung mendapat diskon 10% untuk biaya keseluruhan dan gabungan mereka.