Mengenal Jurusan Pariwisata, Cuma Jalan-Jalan Aja?

BA - Pojok Kampus - Jurusan Pariwisata

Benarkah kuliah jurusan Pariwisata itu mudah tetapi membutuhkan biaya yang mahal? Bagaimana prospek kerjanya setelah lulus? Cari tahu info lengkapnya di artikel ini!

---

Bicara soal pariwisata, pasti kamu nggak asing dengan tempat-tempat di Indonesia yang wajib dikunjungi. Entah itu pantai, pegunungan, air terjun, wisata kuliner, atau museum bersejarah. Selain menyegarkan pikiran, mengunjungi tempat wisata juga turut membantu perekonomian warga di sekitar, lho.

Nah, buat kamu yang pengen memajukan pariwisata Indonesia, kamu juga bisa belajar seluk-beluknya di Jurusan Pariwisata. Psstt, jurusan ini nggak sekedar jalan-jalan kok. Bakal ada mata kuliah yang berhubungan dengan ekonomi, manajemen, bahasa asing, dan komunikasi.

 

Mengenal Jurusan Pariwisata

Jurusan Pariwisata adalah program studi yang mempelajari perencanaan perjalanan wisata, perencanaan event, akomodasi, dan pelayanan. Di beberapa kampus, jurusan ini memiliki beberapa peminatan, seperti: Perhotelan, Travel, Meeting Incentive Convention Exhibition (MICE), Culinary, dan sebagainya. Namun, ada juga yang menggabungkan semuanya menjadi satu dalam jurusan Pariwisata.

 

Mata Kuliah Jurusan Pariwisata

Apa yang dipelajari di jurusan ini? Mahasiswa Pariwisata bakal bertemu dengan mata kuliah Perencanaan Operasi Perjalanan Wisata, Bahasa Asing, Teknik Pemanduan Wisata, Public Relation, Tarif Pasasi, Kapabeanan Cukai, Reservasi, Ticketing, dan masih banyak lagi.

Di semester awal, mungkin kamu akan dijelaskan tentang materi dasar atau pengantar mengenai Ilmu Pariwisata. Lalu, terdapat mata kuliah Ekonomi Pariwisata yang membahas nilai jual dari suatu wilayah yang dapat dikembangkan menjadi objek wisata. Misalnya, kekayaan flora dan fauna, kerajinan tangan, atau cagar budaya.

Oh iya, di jurusan ini kamu juga diajarkan bahasa asing lho, seperti Mandarin, Jepang, Inggris, bahkan Prancis. Terdapat pula mata kuliah Public Relation untuk meningkatkan kemampuan komunikasi kamu dengan banyak orang. Bagi yang ingin menjadi tour leader, ada mata kuliah Teknik Pemanduan.

 

BA - Pojok Kampus - Mata Kuliah Jurusan Pariwisata

Ketika materi dasarnya sudah dikuasai, mahasiswa jurusan Pariwisata akan diberi tugas praktek berupa jalan-jalan. Asyik ya? Di sini kamu bisa merencanakan trip ke berbagai provinsi di Indonesia, lho. Tugas praktek ini bentuknya bermacam-macam, ada Praktek Perjalanan Wisata, Praktek Ticketing, Praktek Pemanduan, dan sebagainya.

"Ah, gitu doang kuliahnya. Gampang,"

Tunggu, tunggu. Jangan anggap sebelah mata dulu dong. Ada sebagian mata kuliah jurusan Pariwisata yang cukup sulit. Salah satunya Tarif Dokumen Pasasi yang membahas transportasi khususnya penerbangan, jenis paspor, hingga IATA, yaitu 3 huruf yang digunakan sebagai kode untuk seluruh bandara di dunia. Harus hafal ya, Brainies.

kode IATA

Kode IATA (sumber: travendom.com)

Selain Tarif Pasasi, mahasiswa jurusan Pariwisata juga mempelajari Kepabeanan, Imigrasi, dan Karantina. Mata kuliah ini membahas pengawasan lalu lintas barang yang masuk atau keluar dari bandara. Barang apa saja yang diizinkan atau dilarang, serta berapa tarif bea cukainya.

Menjelang semester akhir, mahasiswa Pariwisata wajib melakukan magang atau PKL. Kamu bisa magang di Kementerian Pariwisata, Travel Agent, Wedding Organizer, Event Organizer, Bandara, Hotel, dan Objek Wisata. Gelar jurusan Pariwisata yaitu S.Par untuk S1, S.Tr.Par untuk D4, dan A.Md. Par untuk D3.

 

Pertanyaan Seputar Jurusan Pariwisata

Berikut pertanyaan seputar jurusan Pariwisata yang sering dilontarkan calon mahasiswa baru, dari perkuliahan sampai biaya masuknya:

 

1. Jurusan Pariwisata IPA, IPS, atau SMK?

-> Jurusan Pariwisata masuk ke dalam Fakultas Ilmu Budaya, Sekolah Vokasi, Fakultas Ilmu Sosial, atau Fakultas Ilmu Administrasi. Tetapi, ada juga yang berdiri sendiri menjadi Fakultas Pariwisata. Baik siswa IPA, IPS, maupun SMK diperbolehkan mendaftar ke jurusan ini.

Baca juga: 20 Jurusan Kuliah IPS dengan Prospek Kerja Menjanjikan

 

2. Skill apa yang dibutuhkan di Jurusan Pariwisata?

-> Sebagai mahasiswa jurusan Pariwisata, kamu akan berhadapan dengan banyak orang dan mengurus keperluan trip. Oleh sebab itu, kemampuan komunikasi, negosiasi, dan problem solving adalah kunci utama. Mahasiswa Pariwisata juga harus memiliki kesabaran dan pintar melayani konsumen. Pengalaman berlibur yang menyenangkan membuat konsumen menjadi loyal dan ingin datang kembali.

 

3. Apakah kuliah Pariwisata itu mahal?

-> Di kampus negeri, biaya kuliah per semester Jurusan Pariwisata dapat disesuaikan dengan pendapatan orangtua, atau menggunakan KIP-Kuliah. Sedangkan biaya kuliah di perguruan tinggi swasta pastinya sedikit lebih mahal. Biaya semester ini belum termasuk uang praktek, uang gedung (jika mendaftar lewat ujian mandiri),  dan seragam yang ditanggung oleh pribadi.

 

4. Mahasiswa Pariwisata harus jago bahasa Inggris?

-> Saat masuk ke Jurusan Pariwisata, kamu tidak harus mahir berbahasa asing. Karena ada mata kuliah tambahan untuk meningkatkan kemampuan bahasamu. Akan tetapi, skill bahasa Inggris atau bahasa lainnya sangat penting jika berhadapan dengan tamu-tamu internasional.

---

Intermezzo dulu yuk.

Siapa bilang belajar Bahasa Inggris mahal? Di English Academy by Ruangguru, kamu bisa belajar dengan harga mulai dari 18 ribu rupiah per sesi, lho!  Didukung oleh native speaker berpengalaman dan kurikulum Cambridge. Coba sekarang!

IDN CTA Trial Class General English Blog EA 2022

5. Apakah mahasiswa Pariwisata harus good looking?

-> Definisi good looking itu bukan berarti harus cantik dan tampan. Mahasiswa Pariwisata dituntut untuk berpenampilan rapi, wangi, dan bersih. Sebab, dalam pekerjaannya, mereka bertemu dengan berbagai kalangan. Penampilan yang baik pastinya memberi kesan yang positif.

 

Kampus dengan Jurusan Pariwisata di Indonesia

Nggak perlu khawatir, di Indonesia banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta yang memiliki Jurusan Pariwisata terakreditasi A. Berikut daftar kampus dan biaya kuliahnya:

 

1. Universitas Indonesia

D4 Manajemen Bisnis Pariwisata (dahulu D3 Pariwisata), Fakultas Vokasi

Biaya kuliah: 11.000.000 per semester.

 

2. Universitas Negeri Jakarta

D3 Pariwisata, Fakultas Ilmu Sosial

Biaya kuliah: 500.000 - 7.700.000 per semester.

 

3. Universitas Gadjah Mada

D4 Bisnis Perjalanan Wisata, Fakultas Ilmu Budaya

Biaya kuliah: 500.000 - 12.000.000 per semester.

 

4. Universitas Brawijaya

S1 Ilmu Pariwisata, Fakultas Ilmu Administrasi

Biaya kuliah: 500.000 - 6.500.000 per semester.

 

5. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

D4 Manajemen Bisnis Pariwisata, S1 Studi Destinasi Pariwisata, D4 Pengelolaan Rekreasi

Biaya kuliah: 8.000.000 - 13.000.000 per semester.

 

Mahasiswa Pariwisata Politeknik Sahid

Mahasiswa Pariwisata Politeknik Sahid (sumber: polteksahid-kampusroxy.id)

 

6. Universitas Pancasila

S1 Destinasi Pariwisata

Biaya kuliah: 6.700.000 - 13.000.000 per semester.

 

7. Universitas Udayana

S1 Pariwisata

Biaya kuliah: 500.000 - 8.000.000 per semester.

 

8. Universitas Pelita Harapan

S1 Pariwisata

Biaya kuliah: 20.000.000 per semester.

 

9. Universitas Pendidikan Indonesia

S1 Manajemen Pemasaran Pariwisata, S1 Manajemen Resort dan Leisure

Biaya kuliah: 500.000 - 7.000.000 per semester.

 

10. Politeknik Sahid Pariwisata

D4 Usaha Perjalanan Wisata

Biaya kuliah: 9.000.000 - 12.000.000 per semester.

 

Jurusan Pariwisata Kerja Apa?

Mahasiswa Pariwisata dapat bekerja di industri perhotelan, transportasi, kementerian, hingga membuka usaha sendiri. Berikut pilihan profesi bagi mahasiswa Pariwisata:

 

1. Pengusaha Travel

Siapa bilang anak Pariwisata nggak bisa berbisnis? Selama kuliah, kamu dibekali dengan ilmu manajemen usaha wisata. Kamu juga belajar ekonomi pariwisata, cara membuat rencana perjalanan (itinerary), serta dasar-dasar akuntansi. Kamu bisa memulai dengan membuat open trip untuk teman-temanmu. Misalnya, open trip ke Bali dengan peserta 5-10 orang.

 

2. Tour Leader

Pingin jam kerja yang fleksibel tapi gajinya lumayan? Profesi Tour Leader solusinya. Bagi mereka yang berjiwa extrovert, senang bergaul, dan suka ngobrol, cocok banget nih jadi Tour Leader. Kalau beruntung, kamu bisa dapat uang tip dari para wisatawan lho.

 

3. Wedding Organizer

Di jurusan Pariwisata, mahasiswa diajarkan mata kuliah Akomodasi dan Restoran. Peluang untuk bekerja atau mendirikan wedding organizer pun terbuka lebar bagi mahasiswa Pariwisata. Selain itu, pekerjaan ini membutuhkan skill pelayanan yang baik.

 

4. Event Organizer, Event Planner, atau Promotor

Mahasiswa Pariwisata juga bisa bekerja di bidang Event Organizer (EO). Dasar-dasar EO terdapat pada mata kuliah MICE. Jika kamu adalah orang yang cekatan, jago komunikasi, dan suka tantangan, profesi ini tepat untukmu. Kamu bisa menyelenggarakan acara berupa pameran, festival musik, dan lain-lain.

 

5. Pramugari

Apakah mahasiswa Pariwisata bisa jadi pramugari? Jawabannya, tentu bisa. Semasa kuliah, kamu dibekali materi Ticketing, Tarif Dokumen Pasasi, Kapabeanan, Pelayanan Prima, dan yang nggak kalah penting Public Relation. Ilmu-ilmu ini tentunya berguna bagi seorang calon pramugari.

 

6. Pegawai Negeri Sipil

Terakhir, lulusan Pariwisata dapat bekerja sebagai PNS di Kementerian Pariwisata dan Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif. Posisi atau formasi yang tersedia antara lain: Analisis Kebijakan Ahli, Analis Apresiasi Karya Seni, Analis Ekonomi Kreatif, Analisis Pariwisata, Analis Industri, Analis Infrastruktur, Pranata Fotografi, Perancang Grafis, Dosen, dan masih banyak lagi.

---

Apakah pertanyaanmu tentang jurusan Pariwisata sudah terjawab? Sekarang, saatnya mempersiapkan diri untuk lolos di SNMPTN, UTBK, dan Jalur Mandiri dengan bantuan Brain Academy. Bisa belajar lewat aplikasi Ruangguru atau datang langsung ke cabang terdekat.

BA offline

Referensi:

Mata Kuliah D3 Pariwisata UI [Daring]. Tautan: http://sap.ui.ac.id/main/period/01.07.09.01/20092

Mata Kuliah D3 Pariwisata UNJ [Daring]. Tautan: https://fis.unj.ac.id/kurikulum-program-studi-d-iii-jasa-usaha-wisata/

Mata Kuliah D4 Bisnis Perjalanan Wisata UGM [Daring]. Tautan: https://dbsmb.sv.ugm.ac.id/id/program-studi-bisnis-perjalanan-wisata/

Mata Kuliah S1 Pariwisata UB [Daring]. Tautan: https://fia.ub.ac.id/pariwisata/id/pendidikan/pedoman-akademik/kurikulum-2017

Kode IATA [Daring]. Tautan: https://www.travendom.com/sandi-aviasi/ 

Formasi CPNS Pariwisata [Daring]. Tautan: https://tirto.id/cpns-kementerian-pariwisata-jumlah-formasi-syarat-dan-cara-daftar-ghuk 

(diakses 16-18 Agustus 2022)

Sumber Gambar:

Mahasiswa Pariwisata [Daring]. Tautan: https://polteksahid-kampusroxy.id/sarjana-terapan-d4-usaha-perjalanan-wisata/

(diakses 18 Agustus 2022)

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!