Nggak Cuma Jadi Koki, Ini Nih Prospek Kerja Jurusan Tata Boga

Fauzia Astuti Jan 7, 2022 • 5 min read


Jurusan Tata Boga dan Prospek Kerjanya

 

Jurusan Tata Boga tidak hanya mempelajari soal memasak, tetapi juga ilmu pengelolaan makanan dengan prospek kerja yang luas.

 

Kalau aktif di media sosial, pasti kamu menyadari kalau dunia kuliner lagi berkembang belakangan ini. Orang berlomba-lomba menciptakan resep sederhana dari bahan-bahan murah yang bisa ditiru di rumah. Terus, kamu akan kepikiran, apa hobi masak-masak ini bisa masuk ranah formal dan profesional? Tentu bisa dong!

Salah satu jalan yang bisa kamu tempuh adalah dengan masuk jurusan Tata Boga. Serunya lagi, jurusan Tata Boga nggak hanya belajar soal masak-masak, tetapi juga mempelajari teknik penyajian makanan yang memperhatikan estetika, kualitas, rasa, dan kebutuhan gizi.

 

Mata Kuliah Jurusan Tata Boga

Jurusan Tata Boga ternyata juga berhubungan dengan Sains dan Ilmu Gizi loh. Jadi, nih, nggak cuma masak aja, kamu harus memperhatikan soal gizi, higienitas, bahkan sampai sanitasi. Praktek pengelolaan dan pemrosesan pun bakal kamu pelajari di sini. Misalnya, tentang apa yang harus dan nggak boleh dilakukan saat mengelola bahan protein atau sayuran, dan sebagainya.

Selain itu, beberapa mata kuliah wajib yang bakal kamu pelajari di jurusan Tata Boga, di antaranya:

Semester 1

  • Ilmu Kesejahteraan Keluarga
  • Dasar Desain
  • Matematika Terapan
  • Pengetahuan Bahan Makanan
  • Dasar Boga

Semester 2

Semester 3

  • Dasar Graha
  • Pengetahuan Dapur dan Peralatan Dapur
  • Ilmu Gizi
  • Pengelolaan Makanan Indonesia
  • Makanan Oriental 
  • Dekorasi Boga

Semester 4

  • Manajemen
  • Mikrobiologi Pangan
  • Higiene dan Sanitasi Makanan
  • Bakery & Pastry
  • Pengelolaan Makanan Kontinental
  • Teknologi Pangan 

Baca Juga: Penting! Tips Meningkatkan Peluang Lolos di SNMPTN 2022

Semester 5

  • Kewirausahaan
  • Olahan Cokelat dan Gula
  • Pengelolaan Hidangan Khusus
  • Tata Hidang
  • Gizi Masyarakat

Semester 6

  • Pendidikan Konsumen
  • Pemasaran Jasa Boga
  • Manajemen Industri
  • Cipta Karya Boga

Semester 7

  • Praktek Kerja

Semester 8

  • Gastronomi
  • Pengelolaan Hidangan
  • Diversifikasi Pangan Lokal

 

Prospek Kerja Jurusan Tata Boga

Sebagaimana nama jurusannya, prospek kerja lulusan Tata Boga juga berhubungan dengan dunia kuliner. Seperti; koki, baker (pembuat roti dan kue), barista, dan passtisier. Selain itu, di era internet yang semakin berkembang ini, lulusan Tata Boga juga bisa jadi food stylist atau food blogger.

pastrychef

sumber: Le Cordon Bleu

Baca Juga: Mau Jadi MasterChef di Dunia Kesehatan? Yuk, Kenalan sama Jurusan Gizi

Gimana kalau mau berwirausaha? Oh, bisa banget! Karena di jurusan Tata Boga kamu nggak cuma belajar soal masak dan teknik pengelolaan makanan, tetapi juga belajar soal kewirausahaan dan manajemen. Tuh, selain bisa buat makanan enak dan sehat, lulusan Tata Boga bisa juga mengelola bisnis, loh.

Ilmu gizi yang dipelajari pun membuka peluang lulusan ini menjadi seorang konsultan gizi ataupun tenaga pendidik. Kamu tahu, nggak, banyak loh instansi yang membutuhkan tenaga konsultan gizi. Seperti rumah sakit, sekolah, klinik, panti jompo, dan sebagainya.

 

Universitas yang Membuka Jurusan Tata Boga

Kak, kayaknya aku tertarik deh mau masuk Jurusan Tata Boga. Apa ada sekolah khususnya atau gimana?

Sekolah khusus Tata Boga memang ada, tetapi ada juga kok universitas negeri yang membuka jurusan Tata Boga. Di antaranya:

  • Universitas Pendidikan Indonesia (S1)
  • Universitas Negeri Jakarta (D3)
  • Universitas Negeri Yogyakarta (S1)
  • Universitas Negeri Malang (S1)
  • Universitas Negeri Surabaya (S1)

Jadi, nggak ada alasan lagi nih buat kamu yang punya hobi masak, tapi nggak mau kuliah. Bahkan, universitas negeri sudah ada yang membuka jurusan tersebut dan berjenjang S1. Biar persiapan kamu lebih matang, ayo coba bimbel yang menggabungkan konsep online dan offline di Brain Academy! Kamu bisa coba gratis juga, loh. Yuk, daftar!

Paket Gap Year UTBK Brain Academy

Referensi:

https://www.unesa.ac.id/page/akademik/fakultas-teknik/s1-pendidikan-tata-boga/kurikulum

https://www.gramedia.com/pendidikan/jurusan-tata-boga/

Profile

Fauzia Astuti

Beri Komentar