Jurusan Sistem Informasi, Gabungan Teknik dan Manajemen? Yuk Cek Faktanya

BA - Pojok Kampus - Jurusan Sistem Informasi

 
Jurusan Sistem Informasi cocok untuk kamu yang ingin mempelajari teknologi sekaligus pengelolaan bisnis. 
---

 

Ngomongin jurusan kuliah nggak pernah ada habisnya. Pertanyaan-pertanyaan seperti, "Jurusan apa yang gajinya tinggi?'', "Kenapa anak IPA boleh lintas jurusan tapi anak IPS nggak?" atau "Jurusan ini sebenernya belajar apa sih?" pasti kerap muncul menjelang lulus sekolah.

Ya mau gimana, persaingan kerja semakin ketat. Orang berlomba-lomba masuk ke perguruan tinggi favorit dan memilih program studi yang menurutnya dibutuhkan di masa depan. Nggak jarang, kita tergiur dengan kalimat "Kalo lo masuk jurusan ini, gaji lo bakalan 2 digit!"

Nah, ada satu jurusan yang katanya selalu on demand alias dicari-cari perusahaan. Namanya Sistem Informasi. Jurusan ini menjadi bagian dari Fakultas Teknik atau Fakultas Ilmu Komputer, namun masih berhubungan dengan Bisnis dan Manajemen. Waduh, gimana tuh maksudnya?

 

Apa itu Jurusan Sistem Informasi?

Sistem informasi adalah ilmu yang mempelajari penerapan teknologi informasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di perusahaan. Jurusan yang sering disingkat SI ini sering disamakan dengan jurusan Teknik Informatika (TI). Hmm, memang apa sih perbedaan diantara keduanya?

Gini-gini, jurusan Teknik Informatika lebih memfokuskan ke pembuatan aplikasi, programming, dan teknologi jaringan komputer. Sedangkan jurusan Sistem Informasi menggabungkan ilmu komputer, manajemen, dan bisnis untuk merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Ibaratnya, anak SI itu yang ngumpulin data-data untuk dianalisis, sedangkan anak TI yang mengembangkan aplikasinya.

 

Mata Kuliah Sistem Informasi

Sistem Informasi belajar apa sih? Di semester awal, pastinya bakal belajar Kalkulus, Algoritma, Logika, Aljabar, Basis Data, dan sebagainya. Jurusan ini cocok untuk mereka yang suka berhitung dan nggak mau ketemu sama Biologi atau Kimia. Karena yang ditekankan pada Sistem Informasi adalah daya analitik yang tinggi.

Di semester pertengahan, mata kuliahnya mulai berkembang. Belajar business intelligence, manajemen organisasi, data mining, visualisasi data, pengembangan web, dan lain-lain. Nah, pasti muncul pertanyaan kayak gini:

"Masuk SI harus jago ngoding nggak?"

Coding adalah proses menuliskan kode dalam bahasa pemrograman agar komputer bisa menjalankan instruksi sesuai apa yang kita inginkan. Di jurusan Sistem Informasi, kamu akan diajarkan cara melakukan coding dari nol. Selain itu, codingan  di sini juga nggak sebanyak di Teknik Informatika.

Baca juga: Jurusan Ilmu Komputer Kerjanya Jadi Tukang Service?

BA - Pojok Kampus - Mata Kuliah dan Kampus Jurusan Sistem Informasi

 

Nantinya, di semester 6 atau 7, kamu bebas mengambil mata kuliah peminatan. Setiap kampus memiliki matkul peminatan yang berbeda. Misalnya, Sistem Informasi UI menawarkan peminatan Tata Kelola Sistem Informasi dan E-Commerce. Lain halnya dengan BINUS University yang mempunyai peminatan Applied ERP, Applied DatabaseStrategic Information System, dan masih banyak lagi.

Di semester 8, kamu diberi pilihan skripsi atau tugas akhir untuk memperoleh gelar kelulusan. Nah, gelar Sistem Informasi ini juga berbeda di setiap kampus ya. Ada yang bergelar S.T (Sarjana Teknik), S.Kom (Sarjana Komputer), atau S.SI (Sarjana Sistem Informasi).

 

Lulusan Sistem Informasi Kerja Apa?

Bagaimana prospek karir Sistem Informasi?  Lulusan SI dapat bekerja di IT, perbankan, atau bisnis. Di bawah ini merupakan pilihan profesi bagi mahasiswa Sistem Informasi:

 

1. System Analyst

Seorang system analyst bertanggung jawab untuk menganalisis, merancang, dan mengimplementasikan sistem di perusahaan. Dalam melakukan tugasnya, ia juga dibantu oleh frontend engineer, backend engineerprogrammer, dan developer.

 

2. Data Scientist

Seorang data scientist bertanggung jawab untuk mengumpulkan, mengolah, serta menganalisis data untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk mengambil suatu keputusan.

 

3. Business Intelligence

Seorang business intelligence bertanggung jawab untuk membuat strategi bisnis yang diperoleh dari analisis data. Ia harus menguasai Microsoft Excel, SQL, dan kemampuan komunikasi yang baik.

 

4. UI/UX Designer

Mata kuliah UI/UX tidak selalu ada di jurusan Sistem Informasi. Namun, jika kamu berkesempatan untuk mempelajari ini, kamu bisa menjadi seorang UI/UX Designer yang berperan untuk membuat tampilan di aplikasi.

 

5. IT Consultant

Lulusan Sistem Informasi juga dapat berkarir sebagai IT Consultant. Berbekal pengetahuan di bidang teknologi dan bisnis, kamu bertanggung jawab untuk membantu klien menyelesaikan masalah di perusahaannya dengan bantuan IT.

Selain pekerjaan yang telah disebutkan tadi, seorang Sarjana Sistem Informasi juga dapat bekerja sebagai programmer, developer, project manager, atau dosen. 

 

Kampus dengan Jurusan Sistem Informasi Terbaik

Berikut biaya kuliah Sistem Informasi di perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Biaya ini belum termasuk uang gedung (jika mendaftar lewat Ujian Mandiri), biaya pendaftaran ulang, biaya SKS, dan lain-lain.

 

1. Universitas Indonesia

Biaya kuliah: 500.000 - 20.000.000 per semester.

 

2. Universitas Airlangga

Biaya kuliah: 500.000 - 8.000.000 per semester.

 

3. Universitas Brawijaya

Biaya kuliah: 500.000 - 9.500.000 per semester.

 

4. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Biaya kuliah: 400.000 - 7.900.000 per semester.

 

5. Institut Teknologi Sepuluh November

Biaya kuliah: 500.000 - 12.500.000 per semester.

 

6. BINUS University

Biaya kuliah: 21.000.000 per semester.

 

7. Telkom University

Biaya kuliah: 11.000.000 per semester.

 

8. UPN Veteran Jakarta

Biaya kuliah: 9.100.000 per semester.

 

9. Universitas Gunadarma

Biaya kuliah: 4.000.000 - 6.000.000 per semester.

 

10. Universitas Mercu Buana

Biaya kuliah: 5.400.000 per semester.

---

Prospek kerja Jurusan Sistem Informasi memang menjanjikan. Nggak heran, persaingan untuk masuk ke jurusan ini cukup ketat. Tapi, kalau kamu bimbel di Brain Academy, nggak ada yang mustahil kok! Ada STAR Master Teacher, live teaching, akses ribuan soal, konseling gratis, dan fasilitas lain yang bikin kamu lolos ke kampus idaman.

Brain Academy Center

Referensi:

Coding [Daring]. Tautan: https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-coding/

Peminatan SI UI [Daring]. Tautan: https://cs.ui.ac.id/sarjana-sistem-informasi/ 

Peminatan SI BINUS [Daring]. Tautan: https://sis.binus.ac.id/2016/12/13/bingung-peminatan-apa-baca-dulu/#:~:text=Mahasiswa%20yang%20memilih%20untuk%20melanjutkan,Applied%20Database%2C%20dan%20Business%20Intelligence.

Mata Kuliah SI UNAIR [Daring]. Tautan: https://si.fst.unair.ac.id/kurikulum/ 

Mata Kuliah SI UI [Daring]. Tautan: https://cs.ui.ac.id/sarjana-sistem-informasi/ 

Mata Kuliah SI ITS [Daring]. Tautan: https://www.its.ac.id/si/wp-content/uploads/sites/45/2019/09/Silabus-K18-S1-Sistem-Informasi-ITS-R06-2019.pdf 

Mata Kuliah SI Binus University [Daring]. Tautan: https://binus.ac.id/2020/08/informasi-lengkap-program-studi-kuliah-information-systems-binus-university/ 

Mata Kuliah SI Telkom University [Daring]. Tautan: https://telkomuniversity.ac.id/en/s1-sistem-informasi/ 

Mata Kuliah SI Gunadarma [Daring]. Tautan: https://fikti.gunadarma.ac.id/sisinformasi/kurikulum/ 

(diakses 16 Agustus 2022)

 

 

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!