Mau Masuk Jurusan Arsitektur? Simak Dulu Beberapa Hal Menarik Ini!

Jurusan Arsitektur

Bagi kalian yang berminat masuk Jurusan Arsitektur, berikut informasi menarik seputar mata kuliah, prospek kerja, dan universitas yang memiliki Jurusan Arsitektur.

---

Cita-cita aku mau jadi arsitek, Bu Guru!

Pasti kalimat itu sudah nggak asing buat kalian, kan? Kalau ditanya waktu kecil dulu soal cita-cita, kebanyakan dari kalian ingin menjadi dokter, insinyur, atau arsitek. Tapi, apa benar kalau arsitek itu cuma membuat gambar-gambar rumah yang indah dan berseni saja?

Eits, jangan salah. Menjadi arsitek itu merupakan pekerjaan yang menantang. Kalian harus menguasai ilmu desain, seni, teknik, manajemen, sampai perhitungan. Memang nggak mudah, tapi semua ilmu itu bisa kalian pelajari di Jurusan Arsitektur.

 

Apa Itu Jurusan Arsitektur?

Arsitektur sendiri merupakan cabang ilmu teknik dan seni dalam merancang bangunan dan struktur. Mempelajari arsitektur sama seperti belajar menciptakan sebuah ruang yang memiliki karakteristik tertentu seperti kegunaan, kekokohan, dan keindahan.

Ibaratnya begini, di saat kalian melihat bangunan indah dengan segala warna dan ornamen yang “estetik”, tapi tidak memiliki fungsi. Atau ketika ada bangunan yang berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, tapi di satu sisi tidak memperhatikan sisi estetikanya. Nah, konsep seperti itulah yang akan dibahas dalam Jurusan Arsitektur.

Baca juga: Dari Seni Sampai Teknik, Semua Dipelajari di Jurusan Desain Interior

 

Mata Kuliah Jurusan Arsitektur

Jurusan Arsitektur ini sangat berkaitan dengan ilmu lainnya, seperti fisika, mekanikal-elektrikal, seni, dan teknik. Namun, yang paling berkaitan erat adalah program studi Teknik Sipil serta Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK).

Mata Kuliah Jurusan Arsitektur

Di Jurusan Arsitektur, mahasiswa akan lebih banyak menghabiskan waktu di studio untuk mendesain. Oleh sebab itu, mata kuliah Studio Desain Arsitektur selalu ada di setiap semesternya sampai semester 5. Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa agar dapat membuat komposisi 2D dan 3D, fungsi bangunan, desain kontekstual, dan ide arsitektur berdasarkan tapak.

Studio Perancangan Arsitektur

(Studio Perancangan Arsitektur. sumber: laman resmi UMN)

Masuk ke tahun kedua, mahasiswa akan mulai belajar metode desain arsitektur. Ilmu arsitektur yang lebih spesifik lainnya seperti Arsitektur Digital, Fisika Arsitektur, dan lainnya pun akan dipelajari. Mulai tahun ketiga, mahasiswa akan mempelajari perancangan pemukiman dan kota. Serunya lagi, mahasiswa juga akan diberi kesempatan untuk menjalani praktik arsitektur profesional dengan magang.

Tugas akhir Jurusan Arsitektur biasanya berupa bentuk arsitektural dan program ruang yang merupakan hasil dari proposal desain konseptual yang tertulis di pra-tugas akhir. Nah, sebelum mengerjakan tugas akhir ini, mahasiswa wajib banget menyelesaikan pra-tugas akhir, kerja praktek, dan mengambil 8 (delapan) mata kuliah pilihan.

Baca juga: Sudah Daftar PPKB UI 2022? Berikut Syarat & Jadwal Pendaftarannya

 

Prospek Kerja Jurusan Arsitektur

Lulusan Jurusan Arsitektur memiliki kesempatan kerja yang begitu luas. Nggak hanya terbatas jadi arsitek profesional, tetapi kalian juga sampai menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pekerjaan Umum, atau Badan Perencanaan Daerah. Tentunya karena waktu kuliah kalian juga akan dibekali ilmu tentang tata kota dan bangunan. Pasti membanggakan, kan, kalau kalian bisa berpartisipasi dalam mempercantik kota tercinta?

Selain itu, kesempatan menjadi kontraktor dan manajemen proyek pun terbuka luas. Atau mungkin kalian ingin menjadi Quantity Surveyor? Itu, loh, pekerjaan yang mengenal bahan-bahan bangunan dengan baik, dan dapat memberikan masukan mengenai bahan terbaru dan terbaik. Kalau kalian mau membuka bisnis properti atau bekerja di bidang multimedia juga bisa banget, kok. Jadi, jangan takut untuk mencoba hal baru, ya!

Kalau kalian tertarik dengan jurusan ini, nggak perlu khawatir sulit mencari universitas yang membukanya. Sudah banyak universitas negeri maupun swasta di Indonesia yang memiliki Jurusan Arsitektur. Di antaranya adalah:

---

Siap untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi dan menjadi mahasiswa Jurusan Arsitektur? Yuk, gabung dengan Brain Academy sekarang! Nggak cuma membahas PR dan tugas-tugas sekolah, bagi kalian yang sudah kelas 12 dan bersiap untuk masuk PTN favorit, Star Master Teacher Brain Academy akan siap membantu.

Paket UTBK Brain Academy

Referensi

Laman Resmi Jurusan Arsitektur ITB. [sumber daring] https://architecture.archiplan.ugm.ac.id/id/mata-kuliah-wajib/ https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-arsitektur (17-3-22)

 

Profile

Fauzia Astuti