Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan Ilmu Komunikasi, Yuk!

BLOG_POJOK KAMPUS_JURUSAN KOMUNIKASI

Ada beberapa hal yang perlu kamu tahu sebelum menjadi mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi. Mulai dari mata kuliah, peminatan, sampai prospek kerjanya. Yuk, cari tahu disini!

--

Sampai sekarang, jurusan Ilmu Komunikasi masih menjadi salah satu prodi yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru. Hal ini disebabkan karena komunikasi  adalah salah satu bidang yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga selalu berkembang dan selalu dibutuhkan.

Pada pendaftaran SBMPTN 2022 kemarin, Ilmu Komunikasi juga menjadi salah satu jurusan dengan pendaftar terbanyak di beberapa PTN. Salah satunya di UPN Veteran Jakarta, dengan peminat 4.291 dan daya tampung 160.

 

Apa itu Ilmu Komunikasi dan apa saja peminatannya?

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah program studi yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif agar dapat diterima dan dipahami oleh khalayak. Selain itu, jurusan Ilmu Komunikasi mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, seperti antar individu, kelompok, media, budaya, dan lain sebagainya.

Pojok Kampus -  Peminatan Jurusan Komunikasi

 

Ilmu Komunikasi merupakan induk dari beberapa ilmu turunannya, seperti Periklanan, Penyiaran atau Broadcasting, Jurnalistik, Kajian Media, Public Relations sebagainya. Maka dari itu, saat masuk ke jurusan Ilmu Komunikasi, kamu akan diarahkan untuk mengambil peminatan. Tapi, setiap kampus memiliki peminatan yang berbeda-beda. Jadi, nggak perlu bingung ya.

 

Mata Kuliah dan Gelar Jurusan Ilmu Komunikasi

Pada perkuliahan tahun pertama, mahasiswa Ilmu Komunikasi bertemu dengan beberapa mata kuliah umum, seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Pengantar Ilmu Politik, Pengantar Antropologi, Filsafat Komunikasi dan sejenisnya. Karena termasuk rumpun Soshum, mata kuliah yang dipelajari masih berkaitan dengan ilmu Sosial yang lain.

Baru deh, di semester 3 dan 4, kamu bakal belajar macam-macam ilmu komunikasi di berbagai tingkatan. Bagaimana berkomunikasi dengan individu, kelompok, atau saat berbisnis. Ada juga komunikasi massa yang mempelajari metode mengemas pesan di televisi, radio, dan media online. Nah, kalau kamu lihat tabel di bawah ini, ada mata kuliah Psikologi Komunikasi. Di sini, kamu akan dilatih menjadi komunikator yang baik agar pesan dapat diterima secara jelas dan tidak menyinggung lawan bicara.

 

Pojok Kampus - Mata Kuliah Jurusan Komunikasi

Naik ke semester 5 dan 6, kamu diperbolehkan mengambil mata kuliah peminatan. Misal, kamu memilih Jurnalistik sebagai peminatan, maka mata kuliah yang akan kamu dapatkan adalah yang berkaitan dengan Jurnalistik. Contohnya, Dasar-dasar Jurnalistik, Hukum, dan Etika Jurnalistik, Bahasa Jurnalistik, atau Teknik Wawancara.

Terus, di semester 7, ada yang namanya Magang. Anak Komunikasi bisa magang di berbagai tempat, kayak stasiun TV, radio, production house, kementerian, konsultan humas, ahensi periklanan, dan lain-lain. Kalau udah magang, siap-siap nyusun skripsi di semester 8 ya! Nah, gelar untuk mahasiswa Komunikasi ada 2, yaitu S.Ikom atau S.Sos jika berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP).

 

Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Di Ilmu Komunikasi, salah satu soft skill dasar yang harus kamu punya adalah skill public speaking. Public speaking itu sendiri berarti kemampuan menyampaikan pesan yang baik kepada audiens. 

“Oh, cuma modal ngomong aja dong berarti?” 

Eits, jangan salah! Public speaking juga harus dilatih dan banyak tekniknya, lho. Salah satunya body gesture atau bahasa tubuh. Kamu juga harus percaya diri, dapat berbicara dengan artikulasi yang jelas, serta menguasai materi sebelum berbicara di hadapan umum.

Public speaker

Public Speaking (Sumber: Polkadotpowerhouse.com)

Selain soft skill, di Ilmu Komunikasi hard skill kamu juga akan diasah. Kamu akan belajar cara menulis yang baik, belajar teknik videografi, fotografi, strategi menyusun konten media sosial, pemasaran, dan masih banyak lagi. Jadi, bakal  ilmu yang kamu dapat bukan hanya bisa diaplikasikan di dunia kerja, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

 

Prospek Kerja Jurusan  Ilmu Komunikasi

Prospek kerja dari lulusan Ilmu Komunikasi juga beragam dan menjanjikan, lho. Kamu bisa menjadi Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat. PR atau Humas singkatnya adalah profesi yang memiliki peran untuk menjembatani perusahaan dengan publik maupun pihak lain, untuk mencapai tujuannya. 

Baca Juga: Sering Disepelekan, Jurusan Tata Rias Ternyata Bergaji Tinggi!

Selain PR atau humas, kamu juga bisa jadi reporter. Yaitu bertugas dalam melaporkan berita di lapangan, bisa dalam bentuk tulisan media online maupun media cetak. Selain itu, kamu juga bisa menjadi wartawan. Yang tugasnya menulis dan melaporkan berita atau informasi dari suatu kejadian.

ReporterReporter (Sumber: freepik.com) 

Selain itu, kamu juga bisa berprofesi sebagai blogger, penyiar radio, fotografer, dosen, event organizer (EO), editor, MC, copywriter, dan masih banyak lainnya. Gaji awal dari fresh graduate Ilmu Komunikasi pun bervariasi. Umumnya gaji awal lulusan komunikasi berkisar antara 5 juta - 7 juta rupiah.

 

Biaya Kuliah dan Kampus dengan Jurusan Komunikasi

Jurusan Komunikasi dapat kita temukan dengan mudah di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Ada yang bergelar Diploma, ada juga yang bergelar Sarjana. Untuk biaya kuliahnya, berkisar dari 5 juta hingga 15 juta rupiah per semester, tergantung dari akreditasi kampus dan jalur masuk. Berikut daftar pilihan PTN dan PTS yang bisa kamu pilih:

---

Gimana Brainies, apa kamu tertarik untuk masuk jurusan Ilmu Komunikasi? Selain meningkatkan skill public speaking, kamu juga harus mempersiapkan diri agar bisa diterima oleh salah satu jurusan Ilmu Komunikasi di kampus idaman. Yuk, tingkatkan kemampuan akademik kamu bersama Brain Academy!

siap ujian mandiri

Referensi

Data pendaftar Ilmu Komunikasi di UPN Veteran Jakarta [Daring]. Tautan: https://edukasi.sindonews.com/read/808291/211/1738-camaba-lolos-sbmptn-di-upnvj-ilmu-komunikasi-paling-diminati-1656119176 (Diakses 30 Juni 2022)

Sumber foto:

Reporter [daring]. Tautan: https://www.freepik.com/premium-photo/reporter-woman-holding-microphone-reporting-news-isolated-blue-wall-points-finger-you_6786107.htm. (Diakses pada 21 Mei 2021.)

Artikel ini terakhir diperbarui tanggal 30 Juni 2022

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!