Intip Jurusan Akuntansi, Prodi Favorit Anak Soshum!

Leo Bisma Sep 10, 2021 • 8 min read


Intip Jurusan Akuntansi, Prodi Favorit Anak Soshum!

Ketahui apa yang dipelajari di Jurusan Akuntansi, beserta prospek kerja dan kampus dengan jurusan Akuntansi terbaik di Indonesia

--

Bicara tentang jurusan kuliah, ngga jauh-jauh pastinya dari ngobrol tentang kehidupan kuliah, kecocokan dengan minat, dan juga kesempatan karir setelah lulus nanti. 

Untuk hal terakhir, tau nggak Brainies, kalau ada jurusan kuliah yang prospek kerjanya itu luas banget. Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja industri apapun, dan terkenal juga akan gajinya yang cukup tinggi. Jurusan Akuntansi jawabannya!

Apa Itu Jurusan Akuntansi?

Definisi dari akuntansi sendiri cukup banyak dijelaskan. Namun secara umum, akuntansi merupakan seni untuk mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data yang berkaitan dengan transaksi keuangan dalam bisnis atau perusahaan. 

Dengan kata lain, setiap bisnis atau usaha yang melibatkan keuangan, sudah pasti memerlukan seorang akuntan (praktisi yang melakukan akuntansi).

Akuntansi nggak sekedar menghitung jumlah keuntungan, atau untuk mencatat penjualan. Lebih dari itu, akuntansi menunjukkan tentang arus kas, nilai aset, dan memberitahu bagian mana dari bisnis yang benar-benar menghasilkan uang. Seorang akuntan dapat melakukan itu semua, tertarik untuk menjadi salah satunya, Brainies?

Kuliah di jurusan akuntansi seringkali bikin kamu di cap jadi orang yang “perhitungan”. Ya, walau secara prakteknya memang benar~

Kamu bakal sering menghitung segala sesuatu, hingga tercapai sebuah kata ajaib bernama Balance. Terus apa aja sih yang dipelajari di jurusan ini? Lanjut baca sampai selesai ya!

Baca Juga: Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Menghitung

Jurusan Akuntansi yang rutin menghitungMenghitung adalah aktivitas rutin buat seorang mahasiswa akuntansi (Sumber: Giphy.com)

Mata Kuliah Jurusan Akuntansi dan Peminatannya

Nah, sekarang kita bahas apa yang akan dipelajari di jurusan akuntansi.  Untuk mata kuliahnya sendiri bisa jadi berbeda di tiap-tiap kampus. Tapi yang pasti, di semester awal kamu akan bertemu dengan Pengantar Akuntansi, Pengantar Ekonomi Mikro, Pengantar Ekonomi Makro, Pengantar Bisnis, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Dari banyak pendapat, muncul juga nih stereotype di mana masa awal-awal kuliah sampai tahun kedua, kamu bakal diuji banget apakah bisa bertahan atau nggak di jurusan ini. 

Hal ini karena, untuk bisa bertahan, kamu nggak harus cuma rajin belajar. Kamu juga harus teliti, punya ingatan yang kuat, dan kemampuan kuantitatif. Kamu juga minimal harus sat set sat set  nih untuk urusan operasi penghitungan.

Akuntansi pintar menghitung Mahasiswa akuntansi pasti gercep urusan hitung menghitung (Sumber: Giphy.com)

Masuk ke semester 3 dan 4, mata kuliahnya semakin beragam. Setelah mempelajari konsep dasar, kamu akan bertemu dengan mata kuliah lanjutan. Diantaranya Sistem Informasi Manajemen, Perdagangan Internasional, Perekonomian Indonesia, Komunikasi Bisnis, Perpajakan, Auditing, dan sebagainya. 

Nah, kalo selanjutnya ternyata kamu bisa keep up dan ngerasa so far so good dengan materi kuliahnya, di semester 5 dan 6 kamu mulai menemukan jenis-jenis akuntansi sesuai peminatan atau konsentrasi. Kamu bisa memilih Akuntansi Keuangan, Akuntansi Perpajakan, Akuntansi Internasional, Akuntansi Anggaran, dan sebagainya.

Mata kuliah tersebut, tentu saja bukan hanya sekedar teori yang cuma bisa kamu hafal, dan ingat pas ujian aja. Hampir seluruh subjek yang kamu pelajari di jurusan Akuntansi, merupakan ilmu yang bahasa kerennya applicable, atau cocok buat diterapkan dikehidupan sehari-harimu juga. 

Misalkan, mata kuliah akuntansi anggaran, bisa bikin kamu punya skill buat merencanakan anggaran keuangan bulanan. Akuntansi pajak, kamu jadi lihai ngebantu orang tuamu ketika harus bayar pajak. Atau juga akuntansi manajemen, yang bisa bikin kamu jadi jago mengelola keuangan di organisasi yang kamu ikuti, misalnya.

Di semester 7, kamu diwajibkan untuk magang. Nggak perlu takut, karena lowongan magang untuk anak Akuntansi terbuka lebar. Dari pemerintahan, BUMN, swasta, dan start-up. Di semester 8, barulah kamu mengerjakan skripsi sebagai syarat memperoleh gelar kelulusan.

Baca Juga: Inilah 6 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Si Introvert

Prospek Kerja dan Karir Jurusan Akuntansi

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Oke, seperti yang udah kita bahas di awal tadi, pasti udah pada tau kan kalau lulusan akuntansi ini punya kesempatan yang luas banget di dunia kerja. Ketika kamu lulus, secara resmi nama kamu bakal makin panjang nih. Dengan tambahan gelar S.Ak. atau S.E. dibelakangnya.

Untuk prospek karirnya sendiri, seperti yang kamu tahu bahwa keuangan adalah bagian terpenting dalam sebuah usaha. Para lulusan jurusan Akuntansi punya peluang untuk menjadi akuntan publik di Kantor Akuntan Publik (KAP) atau menjadi akuntan privat di suatu perusahaan tertentu.

Jika kamu pernah mendengar Big Four”, istilah ini merujuk kepada 4 Kantor Akuntan Publik terbesar yang menjadi akuntan bagi perusahaan hingga entitas terkemuka di dunia. Empat KAP tersebut ialah Deloitte, E&Y, KPMG, dan PWC. Sudah menjadi anggapan yang umum bagi mahasiswa akuntansi, bahwa bekerja di Big Four tersebut merupakan pencapaian yang bergengsi bagi seorang akuntan.

Selain itu, prospek kerja lainnya yang bisa digeluti yakni sebagai akuntan pajak, baik untuk perusahaan swasta, maupun sebagai konsultan pajak pribadi. Jika kamu memiliki jiwa yang suka dengan tantangan dan peka dalam mendeteksi kecurangan, menjadi auditor atau pemeriksa keuangan adalah pekerjaan yang sangat menarik buatmu.

Jurusan Akuntansi juga bisa menjadi seorang AuditorIlustrasi seorang auditor yang teliti memeriksa laporan keuangan (Sumber: Jurnal.id)

Tapi tentunya, jika kamu punya jiwa seorang wirausaha sejati, kesempatan yang kamu punya nggak hanya bekerja untuk orang lain nih. Kamu bisa memperluas jaringan, dan kemudian membuka KAP milikmu sendiri. Menjadi seorang analis investasi atau konsultan keuangan juga bisa kamu geluti sebagai lulusan akuntansi!

Kampus dengan Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia

Jurusan Akuntansi termasuk salah satu yang paling populer. Bahkan bisa dibilang, untuk kampus yang punya Fakultas Ekonomi atau Bisnis, pasti ada jurusan akuntansi-nya. Berikut beberapa kampus yang memiliki prodi akuntansi dengan akreditas A.

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Diponegoro
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Universitas Brawijaya
  5. Universitas Hasanuddin
  6. Universitas Padjadjaran
  7. Universitas Airlangga
  8. Universitas Sebelas Maret
  9. Universitas Sumatera Utara
  10. Universitas Negeri Yogyakarta

Baca Juga: Perbedaan PTN vs PTS, dari Fasilitas, Biaya, sampai Prospek Karir

Itulah beberapa kampus yang memiliki jurusan Akuntansi yang sudah terakreditasi dengan nilai A / Unggul. Nah tentunya, kamu akan bersaing dengan banyak pendaftar lainnya untuk bisa lolos seleksi masuk universitas tersebut.

---

Persiapkan dirimu menjelang seleksi penerimaan dengan belajar yang tekun dan materi  yang berkualitas di Brain Academy. Fasilitas unggulannya seperti Klinik PR, dan Live Teaching Interaktif, akan membuat persiapanmu menjadi semakin lengkap dengan bimbingan Star Master Teacher Terbaik. Yuk cobain!

BA online

 

Referensi:

Pengertian Akuntansi Secara Lengkap dan Mendalam (Daring). https://cpssoft.com/blog/akuntansi/pengertian-akuntansi-lengkap/  (Diakses: 9 September 2021).


Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli (Daring). https://www.yuksinau.id/pengertian-akuntansi-menurut-para-ahli/ (Diakses: 9 September 2021).

Mata Kuliah Akuntansi (Daring). https://www.gokampus.com/blog/akuntansi-belajar-apacek-mata-kuliah-akuntansi-ini/ (Diakses: 9 September 2021).


Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia (Daring). https://feb.ugm.ac.id/id/pendidikan/program-studi/program-sarjana/kurikulum-akuntansi

http://akuntansi.feb.unpad.ac.id/id/daftar-mata-kuliah/

(Diakses: 9 September 2021).


What is Accounting and Why it Matters For Your Business (Daring). https://bench.co/blog/accounting/what-is-accounting/ (Diakses: 9 September 2021).


Big Four accounting firms (Daring). https://en.wikipedia.org/wiki/Big_Four_accounting_firms (Diakses: 9 September 2021).

Sumber Gambar:
Season 8 Nbc GIF By The Office (Daring). https://giphy.com/gifs/theoffice-the-office-tv-episode-802-SEWEmCymjv8XDbsb8I (Diakses: 9 September 2021).


3 Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Menjadi Auditor (Daring). https://www.jurnal.id/id/blog/syarat-menjadi-auditor/ (Diakses: 9 September 2021).


Calculate Figure It Out GIF (Daring). https://giphy.com/gifs/math-3tEFVAbfzzcwo (Diakses: 9 September 2021).

Profile

Leo Bisma

Suka nonton film, liat bulan kalau malam, dan membaca semua kecuali pikiran. Oh ya, suka menulis juga di Ruangguru

Beri Komentar