Intip Jurusan Akuntansi, Prodi Favorit dengan Prospek Kerja Luas

jurusan-akuntansi

Jurusan Akuntansi selalu diminati karena prospek kerjanya yang menjanjikan. Yuk, cari tahu mata kuliah dan gaji lulusan Akuntansi.

Bicara tentang jurusan kuliah, pastinya tak jauh dari kehidupan kuliah, kecocokan dengan minat, dan juga kesempatan karir setelah lulus nanti. 

Untuk hal terakhir, tahu nggak Brainies, kalau ada jurusan kuliah yang prospek kerjanya itu luas banget. Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja industri apapun, dan terkenal akan gajinya yang cukup tinggi. Penasaran? Yuk, kita bahas!

 

Apa Itu Jurusan Akuntansi?

Pengertian akuntansi sendiri cukup banyak dijelaskan. Namun secara umum, akuntansi merupakan seni untuk mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data yang berkaitan dengan transaksi keuangan dalam bisnis atau perusahaan. 

Dengan kata lain, setiap bisnis atau usaha yang melibatkan keuangan, sudah pasti memerlukan seorang akuntan alias praktisi yang melakukan akuntansi.

Tak sekedar menghitung jumlah keuntungan atau mencatat penjualan, akuntansi juga menunjukkan arus kas, nilai aset, dan memberitahu bagian mana dari bisnis yang benar-benar menghasilkan uang. Hal ini selaras dengan tujuan akuntansi, yaitu melaporkan kondisi ekonomi perusahaan sebagai bahan pengambilan keputusan. Kamu bakal sering menghitung segala sesuatu, hingga tercapai sebuah kata ajaib bernama Balance

Oh iya, jurusan ini nggak hanya bisa dimasuki oleh siswa IPS lho. Anak IPA bahkan SMK pun bisa mendaftar ke jurusan Akuntansi.

Baca Juga: Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Menghitung

Jurusan Akuntansi yang rutin menghitungMenghitung adalah aktivitas rutin buat seorang mahasiswa akuntansi (Sumber: Giphy.com)

 

Mata Kuliah Jurusan Akuntansi dan Peminatannya

Nah, sekarang kita bahas apa yang akan dipelajari di jurusan akuntansi.  Untuk mata kuliahnya sendiri bisa jadi berbeda di tiap-tiap kampus. Tapi yang pasti, di semester awal kamu akan bertemu dengan Pengantar Akuntansi, Matematika Ekonomi, Statistika Ekonomi, Pengantar Bisnis, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Dari banyak pendapat, muncul juga nih stereotype di mana masa awal-awal kuliah sampai tahun kedua, kamu bakal diuji banget apakah bisa bertahan atau nggak di jurusan ini. 

Hal ini karena, untuk bisa bertahan, kamu nggak harus cuma rajin belajar. Kamu juga harus teliti, punya ingatan yang kuat, dan kemampuan kuantitatif. Kamu juga minimal harus sat set sat set  nih untuk urusan operasi penghitungan.

mata-kuliah-jurusan-akuntansi

Masuk ke semester 3 dan 4, mata kuliahnya semakin beragam. Setelah mempelajari konsep dasar, kamu akan bertemu dengan mata kuliah lanjutan. Diantaranya Sistem Informasi, Akuntansi Menengah, Akuntansi Biaya, Hukum Bisnis dan sebagainya. 

Nah, kalo selanjutnya ternyata kamu bisa keep up dan ngerasa so far so good dengan materi kuliahnya, di semester 5 dan 6 kamu mulai menemukan jenis-jenis akuntansi sesuai peminatan atau konsentrasi. Kamu bisa memilih Akuntansi Keuangan, Akuntansi Perpajakan, Akuntansi Internasional, Akuntansi Anggaran, dan sebagainya.

Mata kuliah tersebut bukan hanya sekedar teori, melainkan bersifat applicable, atau cocok diterapkan di kehidupan sehari-hari. Ketika belajar Akuntansi Anggaran, kamu bisa membuat financial plan untuk mengatur pengeluaran bulanan, misalnya.

Di semester 7, kamu diwajibkan untuk magang. Nggak perlu takut, karena lowongan magang untuk anak Akuntansi terbuka lebar. Dari pemerintahan, BUMN, swasta, dan start-up. Di semester 8, barulah kamu mengerjakan skripsi sebagai syarat memperoleh gelar S.Ak. atau S.E.

Baca Juga: Jurusan Ilmu Ekonomi Nggak Kalah Keren dari Akuntansi dan Manajemen!

 

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Karena banyak dibutuhkan di semua sektor industri, mahasiswa jurusan Akuntansi mempunyai peluang karir yang sangat luas dengan gaji 4 hingga 7 juta untuk fresh graduate. Berikut pilihan profesi yang bisa kamu ambil:

 

1. Akuntan Publik

Pertama, kamu punya peluang untuk menjadi akuntan publik di Kantor Akuntan Publik (KAP). Jika kamu pernah mendengar Big Four”, istilah ini merujuk kepada 4 Kantor Akuntan Publik terbesar yang menjadi akuntan bagi perusahaan hingga entitas terkemuka di dunia.

Empat KAP tersebut ialah Deloitte, E&Y, KPMG, dan PWC. Sudah menjadi anggapan yang umum bagi mahasiswa akuntansi, bahwa bekerja di Big Four tersebut merupakan pencapaian yang bergengsi bagi seorang akuntan.

big-four-kantor-akuntan-publik

 

2. Akuntan Pajak

Selain itu, prospek kerja lainnya yang bisa digeluti yakni sebagai akuntan pajak, baik untuk perusahaan swasta, maupun sebagai konsultan pribadi. Seperti namanya, profesi ini mempunyai tanggung jawab untuk menghitung, menganalisa, hingga merencanakan strategi perpajakan. Kamu juga wajib membuat laporan dan menjaga rahasia pajak perusahaan.

 

3. Auditor

Jika kamu menyukai tantangan dan peka dalam mendeteksi kecurangan, menjadi auditor atau pemeriksa keuangan adalah pekerjaan yang sangat menarik untuk lulusan Akuntansi. Auditor bertanggung jawab untuk meninjau, memverifikasi, dan memastikan perusahaan tidak melanggar undang-undang perpajakan.

 

4. Analis Investasi

Pekerjaan analis investasi banyak ditemukan di bank, perusahaan pialang saham, dan perusahaan manajemen investasi. Profesi ini mengharuskan kamu untuk melakukan riset mengenai performa perusahaan dan keadaan pasar. Bukan cuma dari segi ekonomi, tetapi juga mempertimbangkan kondisi politik, iklim, bencana alam, hingga tren industri.

 

5. Tenaga Pendidik

Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang diajarkan ke orang lain. Setuju nggak? Menjadi guru atau dosen adalah pekerjaan yang mulia lho. Kamu bisa mengajar di sekolah, universitas, atau membuka kursus privat. Bayaran yang kamu peroleh juga nggak kalah dengan profesi akuntan lainnya.

 

Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia

Berkat kepopuleran dan prospek kerjanya, setiap kampus dengan Fakultas Ekonomi atau Bisnis, pasti mempunyai program studi Akuntansi. Kalau kamu masih bingung mau kuliah di mana, simak rekomendasi kampus dengan jurusan Akuntansi dengan akreditasi unggul dari BAN-PT.

 

Perguruan Tinggi Negeri dengan Jurusan Akuntansi Terbaik

Beberapa PTN di Indonesia seperti UI, UNPAD, UGM, UNBRAW, UNDIP, UNAIR, UNS, USU, UNHAS, dan UNUD selalu menjadi pilihan favorit peserta SNMPTN dan UTBK lho, khususnya prodi Akuntansi. Biar makin siap, kamu bisa lihat tabel perbandingan jumlah pendaftar dan daya tampung masing-masing kampus berikut ini.

daya-tampung-jurusan-akuntansi

 

Daftar Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Selain universitas negeri, ada pula kampus swasta dengan jurusan Akuntansi yang sudah tak diragukan lagi kualitasnya, seperti BINUS University, Universitas Atmajaya, Universitas Pelita Harapan, Universitas Trisakti, Universitas Sanata Dharma, dan masih banyak lagi. So, jangan bingung ya, Brainies!

Persiapkan dirimu menjelang seleksi penerimaan dengan materi dan latihan soal sesuai kurikulum terbaru di Brain Academy. Fasilitas unggulannya seperti Klinik PR, dan Live Teaching Interaktif, dan bimbingan Star Master Teacher berpengalaman bantu kamu masuk ke kampus favorit!

[IDN] CTA Blog Cabang Brain Academy Center

Referensi:

Pengertian Akuntansi Secara Lengkap dan Mendalam (Daring). https://cpssoft.com/blog/akuntansi/pengertian-akuntansi-lengkap/  (Diakses: 9 September 2021).

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli (Daring). https://www.yuksinau.id/pengertian-akuntansi-menurut-para-ahli/ (Diakses: 9 September 2021).

Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia (Daring). https://feb.ugm.ac.id/id/pendidikan/program-studi/program-sarjana/kurikulum-akuntansi

http://akuntansi.feb.unpad.ac.id/id/daftar-mata-kuliah/

What is Accounting and Why it Matters For Your Business (Daring). https://bench.co/blog/accounting/what-is-accounting/ (Diakses: 9 September 2021).

Big Four accounting firms (Daring). https://en.wikipedia.org/wiki/Big_Four_accounting_firms (Diakses: 9 September 2021).

(Diakses: 9 September 2021).

Sumber Gambar:
Season 8 Nbc GIF By The Office (Daring). https://giphy.com/gifs/theoffice-the-office-tv-episode-802-SEWEmCymjv8XDbsb8I (Diakses: 9 September 2021).

4 Kantor Akuntan Publik Terbesar (Daring). Tautan: https://www.jurnal.id/id/blog/kap-big-four-akuntansi-bergaji-tinggi/

Calculate Figure It Out GIF (Daring). https://giphy.com/gifs/math-3tEFVAbfzzcwo (Diakses: 9 September 2021).

Artikel ini terakhir diperbarui tanggal 26 September.

Leo Bisma