Seluk Beluk Jurusan Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga)

Salsabila Nanda Agu 18, 2021 • 4 min read


Jurusan Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga

Jurusan Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga jadi salah satu jurusan Soshum favorit anak IPS loh. Sebelum masuk, lihat dulu mata kuliah, keketatan, dan peluang karirnya di sini!

---

Hai, Brainies! Udah tahu belum 5 jurusan Soshum yang paling diminati di UTBK 2021 kemarin? Salah satunya jurusan Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga. Meskipun penyebutan di setiap PTN berbeda, tetapi yang dipelajari tetap sama kok. Nggak usah bingung ya.

Buat kamu yang tertarik ke jurusan ini, kita bahas dulu yuk mata kuliah, prospek karir dan keketatan jurusan Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga di beberapa universitas. Baca artikelnya sampai habis, oke?

Mata Kuliah Jurusan Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga)

Belajar apa sih di jurusan ini? Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga diperuntukkan bagi kamu yang ingin mengenal cara mengelola bisnis perusahaan. Belajar menganalisis biaya, pemasaran, sumber daya manusia (SDM), hingga dunia e-commerce.

Baca Juga: Tips Belajar Efektif Anak IPA dan IPS

Semester 1 dan 2

Pada semester awal, mahasiswa Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga) akan bertemu dengan mata kuliah dasar. Contohnya: Pengantar Bisnis, Pengantar Ekonomi, Azas-Azas Manajemen, Akuntansi I, Bahasa Inggris, Statistik dan Teori Organisasi. Udah kebayang belum?

Semester 3 dan 4

Naik ke semester tengah, mata kuliah Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga) pun semakin mendalam. Beberapa di antaranya merupakan topik lanjutan dari semester 1 dan 2. Aku kasih bocorannya ya. Ada Organisasi Manajemen Bisnis, Akuntansi Biaya, Manajemen SDM, Pengantar Pemasaran, Investasi & Portofolio, Sosiologi Industri, serta Perilaku Konsumen. 

Semester 5 dan 6

Masuk ke semester selanjutnya, kamu mulai belajar Metode Penelitian Bisnis dan Sistem Informasi Manajemen. Keduanya membahas proses pengolahan data yang berguna untuk menemukan masalah dan membuat kebijakan perusahaan. Selain itu, ada pula matkul Statistika Bisnis, Etika Bisnis, Riset Operasi, Analisis Pasar, dan Strategi Kelayakan.

Di semester 5 dan 6, mahasiswa juga bebas mengambil mata kuliah yang mereka suka alias peminatan. Matkulnya seru-seru lho! Kayak Manajemen Keuangan Internasional, Manajemen UMKM, Advertising, Strategic Marketing, Digital Marketing dan E-Commerce, Business Intelligence, hingga Industri Kreatif Pariwisata.

Semester 7 dan 8

Tibalah kita di penghujung masa kuliah. Waktu kamu akan lebih banyak dihabiskan di luar kampus. Ada matkul magang (internship), seminar proposal, dan skripsi. Ini saatnya kamu mengaplikasikan teori ke dunia nyata. Jangan takut, learning by doing kuncinya.

Prospek Karir Jurusan Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga)

Belajarnya 'kan macem-macem tuh, pas lulus kerja apa ya?

Peluang kerja anak Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga luas kok. Bisa berkarir di BUMN, start-up, perusahaan swasta atau membuka usaha sendiri. Berikut contoh profesi lulusan Administrasi Bisnis (Niaga):

  • Staf Administrasi
  • Staf Marketing
  • Staf HRD
  • Konsultan Bisnis
  • Management Trainee
  • Corporate Strategy Specialist
  • Entrepreneur

Baca Juga: Kumpulan Istilah di Dunia Perkuliahan, Maba Wajib Tahu!

Kampus dengan Jurusan Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga)

Udah mantap pilih jurusan ini? Kamu bisa memilih satu di antara perguruan tinggi negeri (PTN) di gambar berikut! Ada kampus pilihan kamu nggak?

Kampus dengan Jurusan Administrasi Bisnis

---

Sekian pembahasan mengenai jurusan Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga. Semoga bisa jadi pertimbangan kamu dalam memilih jurusan kuliah ya. Sambil menunggu penerimaan mahasiswa baru, tingkatkan pengetahuan kamu lewat live teaching Brain Academy Online. Gurunya super sabar dan bikin cepat paham!

Live Teaching Brain Academy Online

Referensi:

Mata Kuliah Administrasi Bisnis [Daring]. Tautan:

http://sap.ui.ac.id/main/period/07.03.09.01/20081

https://fia.ub.ac.id/prodibisnis/pendidikan/pedoman-akademik

https://admbisnis.fisip.undip.ac.id/akademik/kurikulum/struktur-kurikulum/ (diakses 16 Agustus 2021)

 

 

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar