Mengapa Pilih Kuliah Jurusan Sastra Cina? Ini Alasannya!

Tri Janarti Okt 18, 2021 • 10 min read


Jurusan Sastra Cina

Meskipun sepi peminat, lulusan Jurusan Sastra Cina sebenarnya memiliki peluang kerja yang terbuka lebar lho. Penasaran kenapa bisa gitu? Yuk, cari tahu alasannya!

--

Halo, Brainies, kamu pernah nggak sih kepikiran buat masuk ke Jurusan Sastra Cina? Kalau pernah, ngaku deh alasanmu apa?

Mungkinkah karena kamu sebenarnya merupakan penggemar WayV si saudara NCT itu? Atau kamu penikmat C-Drama kayak “Meteor Garden 2018” atau “A Love So Beautiful”? Terus kamu kepengen tuh bisa memahami omongan para gege dan jiejie kayak Kun, Xiaojun, Winwin, Dylan Wang, Hu Yitian, atau Shen Yue.

Wah, alasanmu itu bisa berguna lho ketika kamu menjadi mahasiswa di Jurusan Sastra Cina. Mengapa? Karena tidak sedikit mahasiswa jurusan ini yang memilih mempertajam kemampuan berbahasa Mandarin melalui drama Cina dan Mandopop.

Hmm tapi kalau alasannya cuma itu berasa kurang greget nggak sih buat memilih sebuah jurusan? Makanya, di sini akan diberikan alasan lainnya agar rasa yakinmu untuk memilih Jurusan Sastra Cina bisa bertambah, Brainies. Yuk, simak!

Mengenal Jurusan Sastra Cina

Sebelum memaparkan alasannya, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu Jurusan Sastra Cina? Jurusan Sastra Cina adalah jurusan yang mempelajari tentang bahasa, sastra, dan budaya Cina atau Tiongkok. Yaps, kuliah di jurusan ini nggak cuma sekadar belajar bahasa Mandarin saja ya, Brainies. Jadi, jangan sampai ada anggapan kuliah di Jurusan Sastra Cina bakal sama saja kayak ikut les bahasa Mandarin, oke?

Ketika menjadi mahasiswa Jurusan Sastra Cina, kamu akan ditempa untuk mampu menguasai bahasa Mandarin secara lisan maupun tulisan. Hal ini akan menjadi suatu tantangan bagimu sebab bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa tersulit di dunia lho.

Baca Juga: Tips Belajar Bahasa Asing secara Otodidak

Bahasa Mandarin memiliki lebih dari 50.000 karakter yang bahkan cukup sulit untuk dihafalkan oleh rakyat Tiongkok. Selain itu, pelafalannya pun nggak gampang karena adanya aturan empat nada dalam balam bahasa Mandarin. Kegunaan nada tersebut untuk membedakan bunyi suatu kata yang memiliki ejaan sama, tetapi maknanya berbeda. Misalnya, kata wen yang memiliki makna ‘bertanya’ pada nada ke-4, tetapi bermakna ‘mencium’ pada nada ke-3.

Di Jurusan Sastra Cina, kamu juga akan belajar tentang berbagai karya sastra, seperti “Xi You Ji” dan “Bu Bu Jing Xin” yang sempat diangkat menjadi drama terkenal berjudul “Journey to the West” dan “Scarlet Heart”. Kamu juga akan belajar beragam budaya Tiongkok yang menarik untuk dipelajari. Bahkan, di Jurusan Sastra Cina kamu akan mendapat materi kuliah terkait sejarah Tiongkok yang bisa menambah pengetahuanmu.

Mata Kuliah Jurusan Sastra Cina

Materi kuliah Jurusan Sastra Cina akan selalu berkaitan dengan dengan bahasa, sastra, dan budaya Tiongkok, Brainies. Untuk bagian ini, kita ambil beberapa contoh mata kuliah Jurusan Sastra Cina Universitas Indonesia, ya.

Mata Kuliah Jurusan Sastra CinaMata kuliah yang dipelajari di Jurusan Sastra Cina bukan hanya materi bahasa, tetapi juga sastra dan budaya yang juga mencakup sejarah Tiongkok. (Sumber: freepik.com)

Karena berkenaan dengan bahasa, mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Sastra Cina nggak beda jauh sama jurusan sastra lainnya, seperti Jurusan Sastra Indonesia, Jurusan Sastra Jepang, dan Jurusan Sastra Korea. Selain belajar mata kuliah Bahasa Cina dan Bahasa Cina Klasik Dasar, kamu juga akan belajar Pengantar Linguistik Cina, Fonetik & Fonologi Cina, Morfologi & Sintaksis Cina, serta Semantik & Pragmatik Cina.

Selain itu, mata kuliah sastranya pun juga memiliki kemiripan dengan jurusan-jurusan tersebut. Misalnya, Pengantar Kesusastraan Cina, Perkembangan Kesusastraan Cina, Pengkajian Kesusastraan Cina, dan Teori Kritik Sastra Cina. Tuh, agak mirip ‘kan dengan jurusan sastra lainnya?

Kayak yang udah disebutkan di atas, Jurusan Sastra Cina juga mendapatkan materi kuliah budaya dan sejarah Tiongkok. Mata kuliah ini bisa membuatmu mengenal lebih dalam seluk-beluk Jurusan Sastra Cina, lho! Contohnya, ada mata kuliah Sejarah Cina Kuno, Sejarah Cina Era Dinasti Ming & Qing, Sejarah Cina Era Pascadinasti, hingga Sejarah Cina Kontemporer yang menarik untuk dipelajari mengingat betapa kuatnya negara Tiongkok sejak zaman dahulu.

Prospek Kerja Jurusan Sastra Cina

Gimana, kamu udah terbayang belum lulusan Jurusan Sastra Cina kerja apa setelah mengetahui perkuliahan dan mata kuliahnya? Apakah jadi seorang pengajar? Iya, betul, Brainies.

Eits, tapi lulusan jurusan ini nggak cuma bisa jadi pengajar bahasa Mandarin saja kok. Masih ada prospek kerja lainnya untuk lulusan jurusan ini. Makanya, nggak perlu deh bingung setelah lulus dari Jurusan Sastra Cina bakal kerja apa, oke?

Prospek Kerja Jurusan Sastra CinaSetelah lulus, prospek kerja Jurusan Sastra Cina nggak cuma jadi pengajar bahasa Mandarin kok. (Sumber: freepik.com)

  •         Penerjemah
  •         Jurnalis
  •         Copywriter
  •         Content Writer
  •         Pemandu Wisata
  •         Editor Bahasa
  •         Public Relation
  •         Human Resource
  •         Marketer
  •         Staf Kementerian Luar Negeri

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah IPS dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Wajib Dicoba!

Alasan Kuliah di Jurusan Sastra Cina Nggak Bakal Rugi

Mengapa pilih kuliah di Jurusan Sastra Cina? Ya, karena jurusan ini cukup menjanjikan untuk masa depanmu, Brainies. Nggak percaya? Oke, berikut aku kasih 3 alasan harus kuliah di Jurusan Sastra Cina.

1. Bahasa Mandarin Paling Banyak Digunakan di Dunia

Mengutip dari Katadata, Ethnologue menyebutkan bahwa bahasa Mandarin merupakan bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia. Setidaknya ada 1,1 miliar orang yang menggunakan bahasa ini untuk berkomunikasi.

Hal ini mungkin disebabkan oleh besarnya jumlah penduduk Tiongkok yang sekarang telah menempati posisi pertama di dunia menurut Worldometers. Meskipun begitu, bahasa Mandarin juga tetap digunakan kok di negara-negara lain, seperti di Singapura yang merupakan perwakilan negara maju dari Asia Tenggara.

Nah, ini bisa jadi kesempatan untukmu tuh sebagai lulusan Jurusan Sastra Cina yang multilingual karena menguasai bahasa Mandarin dan bahasa Indonesia. Apalagi kalau kamu juga menguasai bahasa Inggris dengan baik. Dahlah, kemampuanmu pasti dicari!

2. Hubungan Kerja Sama Indonesia-Tiongkok

Indonesia sudah sejak lama menjalin hubungan kerja sama dengan Tiongkok. Dalam kurun waktu tersebut, tentu tidak sedikit jenis kerja sama yang telah berlangsung. Untuk memperlancar hubungan ini, seseorang yang memiliki kemampuan bahasa dan pengetahuan tentang kedua negara pastinya sangat dibutuhkan.

Apalagi semakin maju dan kuatnya perekonomian negara Tiongkok di dunia yang membuat negara ini menjadi incaran kawan kerja sama oleh negara lainnya. Misalnya, keberadaan perusahaan-perusahaan Tiongkok di Indonesia yang membuka lapangan pekerjaan baru. Nah, perusahaan tersebut tentu membutuhkan seseorang yang menguasai bahasa kedua negara ‘kan?

Alasan Mengapa Memilih Jurusan Sastra Cina

Jurusan Sastra Cina merupakan jurusan sepi peminat, tetapi menjanjikan karena bahasa Mandarin banyak digunakan, termasuk dalam hubungan kerja sama Indonesia-Tiongkok. (Sumber: freepik.com)

3. Sepi Peminat, Prospek Kerja Banyak

Jurusan Sastra Cina termasuk jurusan yang sepi peminatnya. Bahkan, jurusan ini menjadi jurusan yang peminatnya paling sedikit di Universitas Indonesia pada SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI 2020, yakni 1.003 peminat saja. Makanya, seseorang yang mampu berbahasa Mandarin di Indonesia masih sangat sedikit, Brainies. Padahal kayak yang udah disebutkan sebelumnya, prospek kerja untuk jurusan ini cukup banyak ‘kan? Jadi, gimana, kamu mau menggunakan kesempatan ini nggak?

Universitas yang Memiliki Jurusan Sastra Cina

Sayangnya, universitas yang memiliki Jurusan Sastra Cina di Indonesia masih sangat sedikit. Akan tetapi, selain Universitas Indonesia, Jurusan Sastra Cina juga ada kok di universitas lainnya, baik PTN maupun PTS. Apa saja ya universitas yang ada Jurusan Sastra Cina?

  •         Universitas Indonesia
  •         Universitas Brawijaya
  •         Universitas Sumatera Utara
  •         Universitas Bina Nusantara
  •         Universitas Bunda Mulia
  •         Universitas Kristen Maranatha

--

Gimana, kamu udah cukup yakin belum buat masuk ke Jurusan Sastra Cina? Kalau masih belum yakin juga, coba deh konsultasi privat ke konselor Brain Academy Online. Kamu bisa menanyakan perihal jurusan dan pengembangan soft skills, lho! Oh iya, kamu juga jangan lupa untuk memanfaatkan fitur Live Teaching Interaktif dan Klinik PR-nya ya!

BA online

Referensi:

Belajar Bahasa Mandarin Susah Gak Sih? [Daring]. Tautan: https://www.goglobal-language.com/belajar-bahasa-mandarin-susah-gak-sih/ (Diakses 11 Oktober 2021)

Ini Lho 7 Bahasa Tersulit di Dunia, Kamu Bisa Salah Satunya? [Daring]. Tautan: https://www.idntimes.com/life/education/viola-fladia-hendardy/ini-lho-7-bahasa-tersulit-di-dunia-kamu-bisa-salah-satunya-c1c2/7 (Diakses 11 Oktober 2021)

Mematahkan Stereotip Mahasiswa Jurusan Sastra Cina [Daring]. Tautan: https://mojok.co/terminal/mematahkan-stereotip-mahasiswa-jurusan-sastra-cina/ (Diakses 11 Oktober 2021)

Program Studi Cina [Daring]. Tautan: https://fib.ui.ac.id/akademik/program-sarjana-s1/program-studi-cina/ (Diakses 11 Oktober 2021)

Profil Lulusan Program Studi Sastra Cina, FIB UB [Daring]. Tautan: https://sastracina.fib.ub.ac.id/?page_id=2223 (Diakses 11 Oktober 2021)

10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia [Daring]. Tautan: http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/16/10-bahasa-yang-paling-banyak-digunakan-di-dunia (Diakses 11 Oktober 2021)

Banyak Dicari, Inilah 5 Alasan Kuliah Bahasa Mandarin Itu Penting! [Daring]. Tautan: https://www.idntimes.com/life/education/yefta-christopherus/banyak-dicari-alasan-kuliah-bahasa-mandarin-c1c2/5 (Diakses 11 Oktober 2021)

Bahas Lengkap Jurusan di UI: Peluang Masuk, Jumlah Peminat dan Daya Tampung UI [Daring]. Tautan: https://persiapanmasukui.com/bahas-lengkap-jurusan-di-ui-peluang-masuk-jumlah-peminat-dan-daya-tampung-ui/ (Diakses 11 Oktober 2021)

Sumber Gambar:

Mata Kuliah Jurusan Sastra Cina [Daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-vector/students-learning-foreign-language-with-vocabulary_11235885.htm (Diakses 18 Oktober 2021)

Prospek Kerja Jurusan Sastra Cina [Daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-vector/student-with-laptop-studying-online-course_7732666.htm#page=1&query=study&position=9&from_view=search (Diakses 18 Oktober 2021)

Alasan Mengapa Memilih Jurusan Sastra Cina [Daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-vector/company-employees-sharing-thoughts-ideas_8270975.htm#page=1&query=kerja%20sama&position=0&from_view=search (Diakses 18 Oktober 2021)

Profile

Tri Janarti

Beri Komentar