Masa sih Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Cuma Bisa Jadi Guru?

BA - Pojok Kampus - Header Jurusan PGSD

Jurusan PGSD adalah jurusan yang memiliki mata kuliah beragam dan prospek kerjanya nggak cuma jadi guru SD. Benarkah? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

---

Terpujilah wahai engkau Ibu Bapak Guru

Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku

Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku

Sebagai prasasti terima kasihku

Tuk pengabdianmu~

Sesuai liriknya, lagu itu berisi pujian dan ucapan terima kasih yang ditujukan kepada Ibu dan Bapak Guru. Kenapa sih kita perlu melakukan hal itu? Karena guru memiliki pengabdian yang sangat besar. Mereka pahlawan bangsa yang berkontribusi membangun sumber daya manusia berkualitas di Indonesia. Hebat, ya?

Terus adakah di antara kamu yang ingin menjadi sosok hebat seperti mereka?

“Aku mau!”

Wah, berarti kamu harus ambil kuliah jurusan pendidikan dulu, ya. Salah satu jurusan kuliah untuk menjadi guru adalah Jurusan PGSD. Malah, di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), jurusan ini memiliki peminat tertinggi nomor 2 di SNMPTN 2021, yakni 1.347 pendaftar. Mantap, 'kan? Makanya, kamu harus kenalan dengan jurusan ini. Yuk, langsung simak saja artikelnya!

 

Mengenal Jurusan PGSD

PGSD sendiri adalah singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang mempelajari tata cara mendidik seorang anak usia SD, mulai dari akademik hingga karakternya. Jurusan ini nggak melulu belajar hal yang bersifat akademis, tetapi juga belajar hal yang berkaitan dengan perkembangan kepribadian anak. Program studi PGSD dapat kamu temui di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Nah, berdasarkan hal itu, lulusan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar punya peran yang sangat besar. Nggak cuma mencerdaskan siswa, tetapi juga membangun karakter baik dalam diri mereka sejak dini. Keren, kan? Jadi, gimana, kamu udah siap menjadi sosok sekeren itu?

Baca juga: Jurusan Pendidikan Luar Biasa: Jadi Guru bagi Anak Berkebutuhan Khusus

 

Mata Kuliah Jurusan PGSD

Apa saja yang dipelajari di Jurusan PGSD? Sesuai namanya, mahasiswa jurusan ini belajar berbagai macam-macam materi pelajaran SD. Mulai dari Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni, Pramuka, dan lain-lain. Bukan hanya materi, tetapi cara memecahkan soal dan teknik mengajar untuk anak usia sekolah dasar.

Itulah sebabnya, waktu kita SD, ada satu orang guru yang bisa mengajarkan berbagai macam pelajaran. Bahkan, mereka juga kreatif banget dalam membuat prakarya, melakukan tarian, hingga memainkan alat musik.

BA - Pojok Kampus - Mata Kuliah Jurusan PGSD

Di semester 1 dan 2 jurusan PGSD, mahasiswa dikenalkan dengan mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan, Perkembangan Peserta Didik, Teknologi Pendidikan, dan beberapa konsep dasar mapel SD. Selanjutnya, di semester 3 dan 4, mahasiswa PGSD bertemu dengan mata kuliah Keterampilan Mengajar, Psikologi Pendidikan, Pendidikan Kesehatan Anak, dan mata kuliah yang berhubungan dengan Statistika.

Pada semester 5 dan 6, mata kuliah PGSD mulai mengerucut nih. Kamu akan mendalami mata pelajaran SD secara spesifik serta diharuskan menguasai bimbingan konseling untuk siswa SD. Nah, di tahun terakhir perkuliahan, kamu bakal menghadapi KKN, Praktik Kerja Lapangan atau Magang, dan Skripsi untuk memperoleh gelar kelulusan.

Kuliah PGSD ditempuh dalam waktu 4 tahun dan akan memperoleh gelar S.Pd atau Sarjana Pendidikan. 

 

Prospek Kerja Lulusan Jurusan PGSD, Cuma Jadi Guru?

Meskipun disiapkan menjadi calon guru di tingkat SD, jurusan PGSD memiliki prospek kerja yang luas. Karena, mahasiswanya nggak cuma belajar tentang pendidikan, melainkan psikologi dan perkembangan anak. Berikut pilihan profesi untuk lulusan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD):

  • Dosen
  • Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Konsultan pendidikan
  • Pemilik sekolah swasta
  • Content creator
  • Penulis buku anak atau parenting
  • Tutor privat

Baca Juga: 5 Pilihan Profesi Jurusan Ilmu Pendidikan Selain Menjadi Guru

 

Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa Jurusan PGSD

Apakah kuliah PGSD itu mudah? Jawabannya, tentu tidak. Meskipun mata kuliah yang dipelajari berisi pelajaran di tingkat SD, mahasiswa jurusan ini harus memiliki kecerdasan emosional yang baik lho. Karena, setiap siswa mempunyai karakter yang berbeda, teknik mengajarnya pun nggak sama. Sehingga, kamu harus sabar dalam mendidik mereka.

Selain itu, kuliah di PGSD menuntut mahasiswa untuk kreatif. Bagaimana cara mengelola kelas, menciptakan suasana belajar yang seru, membuat kerajinan tangan, menggambar, memainkan alat musik, dan lain-lain. Jurusan PGSD cocok untuk kamu yang penyabar dan menyukai anak-anak.

Di SNMPTN, UTBK, dan Ujian Mandiri, program studi PGSD masuk ke ranah ilmu Soshum. Sehingga dapat dimasuki oleh siswa SMA IPS atau IPA yang mengambil lintas jurusan.

 

Universitas dengan Jurusan PGSD Terakreditasi A

Ramainya peminat Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar membuat sejumlah perguruan tinggi di Indonesia membuka program perkuliahan untuk jurusan ini. Berikut kampus dengan jurusan PGSD terbaik di Indonesia yang telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT:

BA - Pojok Kampus - Kampus dengan Jurusan PGSD

---

Tertarik masuk jurusan PGSD? Jangan lupa belajar biar lolos SNMPTN, UTBK, atau Ujian Mandiri ya. Nah, di Brain Academy, kamu bisa bertemu dengan kakak-kakak STAR Master Teacher yang punya pengalaman mengajar sampai 10 tahun. Cara mengajarnya asyik dan mudah dipahami. Bisa ikut kelas gratis dulu kok!

Brain Academy Center

Referensi:

10 Prodi Favorit SNMPTN 2021 UNESA: Manajemen, PGSD, dan Psikologi Mendominasi [Daring]. Tautan: https://www.unesa.ac.id/10-prodi-favorit-snmptn-2021-unesa-manajemen-pgsd-dan-psikologi-mendominasi

Kurikulum S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNESA [Daring]. Tautan: https://www.unesa.ac.id/page/akademik/fakultas-ilmu-pendidikan/s1-pendidikan-guru-sekolah-dasar/kurikulum

Direktori Hasil Akreditasi Program Studi [Daring]. Tautan: https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php

(Diakses 12 September 2021)

Artikel ini terakhir diperbarui 20 Juli 2022.

Profile

Tri Janarti