Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD): Cuma Bisa Jadi Guru SD?

Tri Janarti Sep 17, 2021 • 5 min read


Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) memiliki mata kuliah yang beragam dan prospek kerjanya nggak cuma jadi guru SD. Benarkah? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

--

Terpujilah wahai engkau Ibu Bapak Guru

Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku

Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku

Sebagai prasasti terima kasihku

Tuk pengabdianmu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan

Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan

Engkau patriot pahlawan bangsa

Pembangun insan cendekia

Hayoo ngaku siapa yang bacanya sambil nyanyi? Wajar sih, ya, soalnya lagu itu memang udah akrab banget sama pelajar di Indonesia.

Sesuai liriknya, lagu itu berisi pujian dan ucapan terima kasih yang ditujukan kepada Ibu dan Bapak Guru. Kenapa sih kita perlu melakukan hal itu? Karena guru memiliki pengabdian yang sangat besar. Mereka pahlawan bangsa yang berkontribusi membangun sumber daya manusia berkualitas di Indonesia. Hebat, ya?

Terus adakah di antara kamu yang ingin menjadi sosok hebat seperti mereka?

“Aku mau!”

Wah, berarti kamu harus ambil jurusan kuliah pendidikan dulu, ya. Salah satu jurusan pendidikan yang populer adalah Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Malahan, di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), jurusan ini memiliki peminat tertinggi nomor 2 di SNMPTN 2021, yakni 1.347 pendaftar. Mantap, 'kan? Makanya, kamu harus kenalan dengan jurusan ini. Yuk, langsung simak saja artikelnya!

Mengenal Jurusan PGSD

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau sering disingkat Jurusan PGSD adalah jurusan yang mempelajari tata cara mendidik seorang anak usia SD, mulai dari akademik hingga karakternya. Yaps, jurusan ini nggak melulu belajar hal yang bersifat akademis, tetapi juga belajar hal yang berkaitan dengan perkembangan kepribadian anak.

Baca Juga: Jurusan Pendidikan Luar Biasa: Jadi Guru bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Nah, berdasarkan hal itu, maka lulusan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar akan punya peran yang sangat besar, lho! Nggak cuma mencerdaskan siswa, tetapi juga membangun karakter baik dalam diri siswa sejak dini. Keren, kan? Jadi, gimana, kamu udah siap menjadi sosok sekeren itu?

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan PGSD

Brainies, kamu ingat nggak, waktu kita SD, ada satu orang guru yang mengajarkan berbagai macam mata pelajaran? Bahkan, mereka juga kreatif banget dalam membuat prakarya, melakukan tarian, hingga memainkan alat musik. Hmm… kok bisa ya mereka sejago itu?

Ya, bisa dong! Karena mereka merupakan lulusan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Asal kamu tahu saja, Brainies, mahasiswa jurusan ini belajar berbagai macam materi pelajaran SD, lho! Mereka belajar Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan lain-lain.

Mata Kuliah Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Selain itu, lulusan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang dituntut mampu membangun karakter baik siswa juga mendapat mata kuliah yang berkaitan dengan Ilmu Psikologi, lho! Wah, banyak banget ya yang harus mereka kuasai!

Peluang Kerja Lulusan Jurusan PGSD, Cuma Jadi Guru?

“Udah pasti jadi guru SD ini mah.”

Iya, betul, lulusan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar akan bekerja menjadi seorang guru di tingkat SD. Eits, tapi, ternyata nggak cuma itu saja, lho! Masih banyak peluang kerja lainnya. Apalagi mahasiswa di jurusan ini belajar beragam mata kuliah. Lalu, apa saja peluang kerjanya? Berikut ini beberapa peluang kerja untuk lulusan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Baca Juga: 5 Pilihan Profesi Jurusan Ilmu Pendidikan Selain Menjadi Guru

Universitas dengan Jurusan PGSD Terakreditasi A

Ramainya peminat Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar membuat sejumlah perguruan tinggi di Indonesia membuka program perkuliahan untuk jurusan ini. Nah, dari sekian banyak perguruan tinggi itu, tidak sedikit yang memperoleh akreditasi A dari Ban-PT, Brainies. Perguruan tinggi itu terdiri dari perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta.

Kampus Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Eits, tapi itu baru beberapa perguruan tinggi saja, ya. Masih banyak kok perguruan tinggi lainnya dengan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang terakreditasi A. Jadi, nggak perlu bingung kalau universitas impianmu belum disebut di artikel ini, oke?

---

Oke, Brainies, itulah informasi mengenai pengertian, mata kuliah, peluang kerja, dan universitas terakreditasi A untuk Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Kalau kamu merasa klop dengan jurusan ini, jangan ragu untuk memasukkannya ke daftar pilihanmu, ya. Oh iya, kamu juga jangan lupa gabung ke Brain Academy Online.  Setelah gabung, kamu bisa ikut kelas interaktifnya, lho! Yuk, buruan jangan ditunda!

BA online

Referensi:

10 Prodi Favorit SNMPTN 2021 UNESA: Manajemen, PGSD, dan Psikologi Mendominasi [Daring]. Tautan: https://www.unesa.ac.id/10-prodi-favorit-snmptn-2021-unesa-manajemen-pgsd-dan-psikologi-mendominasi

Kurikulum S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNESA [Daring]. Tautan: https://www.unesa.ac.id/page/akademik/fakultas-ilmu-pendidikan/s1-pendidikan-guru-sekolah-dasar/kurikulum

Lulusan PGSD Hanya Jadi Guru? Ternyata Ini Prospek Lainnya [Daring] Tautan: https://nusaputra.ac.id/lulusan-pgsd-hanya-jadi-guru-ternyata-ini-prospek-lainnya/

Direktori Hasil Akreditasi Program Studi [Daring]. Tautan: https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php

(Diakses 12 September 2021)

Profile

Tri Janarti

Beri Komentar