Tersambung ke Jurusan Teknik Komputer: Mata Kuliah dan Peluang Kerja

Kusariani Adinda Des 13, 2021 • 11 min read


jurusan teknik komputer

Jurusan teknik komputer masih banyak diminati, lho! Apalagi, teknik komputer memiliki peluang kerja yang luas di segala sektor. Yuk, simak artikel ini untuk tersambung ke jurusan teknik komputer!

--

Brainies, sering nggak sih kamu ngeliat teman-teman kamu ternyata hobi banget dengan hal-hal berbau komputer, gadget, dan teknologi? 

Terus nih, pasti kamu punya teman yang selain update info tentang gadget terbaru, ternyata dia juga punya skill untuk ngoprek alias bongkar-pasang gadget dan alat komputer lainnya. Ditambah lagi, dia juga paling paham dengan persoalan software komputer, suka diminta membantu instal software terbaru, atau menghilangkan virus di laptop atau komputer.

Saat ditanya, “Kuliah mau masuk jurusan apa, gan?”, teman kamu langsung menjawab, “Teknik komputer, nih!”. 

Nah, sebenarnya apa sih jurusan teknik komputer itu? Bagaimana kegiatannya? Apakah memang cuma ngoprek benda-benda komputer dan gadget saja?

Eits, ternyata nggak se-cuil itu, Brainies!

Makanya, yuk, simak artikel ini supaya kamu tersambung dengan jurusan teknik komputer. Brain Academy bakal membahas secara lengkap seputar jurusan teknik komputer, mulai dari apa yang mereka pelajari, mata kuliah, prospek kerja, dan perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini.

 

Apa yang dipelajari di jurusan teknik komputer?

Teknik komputer adalah jurusan yang mempelajari, menganalisis, dan merancang strategi seputar perangkat digital. Di jurusan teknik komputer, kamu akan mempelajari segudang ilmu yang masih berkaitan dengan teknik elektro dan teknik informatika. Maka dari itu, jurusan teknik komputer ini cakupan ilmunya terbilang sangat luas dan fleksibel, seperti hardware dan software. 

Jurusan teknik komputer tergabung dalam fakultas teknik elektro yang membuat kamu jadi suka untuk menggali dan mengeksplorasi tentang mikroprosesor, sirkuit, konduktor yang ada pada perangkat komputer. Apa saja tuh? Smartphone, komputer, laptop, dan gadget lainnya yang mendukung penerapan IoT (Internet of Things). 

Selain itu, jurusan teknik komputer juga mempelajari bahasa pemrograman, AI (Artificial intelligence), kecerdasan buatan, robotika, machine learning, sampai blockchain development.

Saking luas dan fleksibelnya cakupan pembelajaran, jurusan teknik komputer ini selalu diminati oleh calon mahasiswa untuk memperdalam ilmunya di bangku perkuliahan. Apalagi, teknologi dan digitalisasi selalu berkembang pesat dan semakin canggih, tentunya juga semakin banyak diimplementasikan di kehidupan kita sehari-hari. Di sisi bisnis, banyak perusahaan yang membutuhkan computer engineer untuk mengoptimalisasikan berbagai produk bisnis mereka.

 

Mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan teknik komputer

Sebagai calon computer engineer yang keren dan mantap jiwa, kamu sebagai mahasiswa jurusan teknik komputer nantinya akan belajar seputar hardware, software, dan computer networking. Jurusan teknik komputer sangat melekat dengan ilmu matematika, fisika, kimia, dan biologi yang tergabung dalam rumpun SAINTEK (Sains dan teknologi).

 

Baca juga: Yuk, Terkoneksi dengan Jurusan Teknik Telekomunikasi!

 

Lha, kok ada belajar biologi segala? Buat kamu yang parno dan tadinya ingin menghindari biologi, nggak usah takut! Dalam jurusan teknik komputer, ilmu biologi dipelajari kembali karena nantinya kamu bisa saja mendapat mata kuliah pilihan yang berkaitan dengan ilmu biomedis, seperti membuat dan mengembangkan perangkat kesehatan yang ada di rumah sakit.

Secara umum, jurusan teknik komputer dalam perkuliahan memiliki 3 (tiga) peminatan: hardware, software, dan cloud computing. 

Lalu, mata kuliah yang bakal dipelajari pada jurusan teknik komputer ini, apa saja ya? Nah, berikut adalah daftar mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan teknik komputer Telkom University kurikulum 2020:

 

1. Peminatan hardware 

Sub-peminatan: LSI design, sistem robotika cerdas, RPA (Robotic process automation), sistem tertanam.

a. Pengenalan teknik komputer
b. Matematika diskrit
c. Algoritma dan pemrograman
d. Probabilitas dan statistika
e. Kalkulus
f. Fisika dasar
g. Biologi
h. Logika matematika
i. OOP (Object oriented program)
j. Rangkaian listrik
k. Elektronika
l. Desain sistem digital
m. Mikroprosessor

jurusan teknik komputer - mata kuliah jurusan teknik komputer

2. Peminatan software 

Sub-peminatan: Game development, machine learning, IT audit, perancangan sistem dan teknologi informasi, AI (Artificial intelligence), image processing.

a. Pengenalan teknik komputer
b. Matematika diskrit
c. Algoritma dan pemrograman
d. Probabilitas dan statistika
e. Kalkulus
f. Fisika dasar
g. Biologi
h. Logika matematika
i. OOP (Object oriented program)
j. Dasar perancangan perangkat lunak
k. Desain basis data
l. Sistem operasi
m. Pemrograman mobile apps
n. Kecerdasan buatan
o. Pengolahan sinyal digital

 

Baca juga: Bedah Teknik Informatika, Jurusan Favorit Rumpun Saintek


3. Peminatan cloud computing (Jaringan)

Sub-peminatan: Teknologi penginderaan jauh, manajemen keamanan sistem informasi, komputer forensik.

a. Pengenalan teknik komputer
b. Matematika diskrit
c. Algoritma dan pemrograman
d. Probabilitas dan statistika
e. Kalkulus
f. Fisika dasar
g. Biologi
h. Logika matematika
i. OOP (Object oriented program)
j. Jaringan komputer dan data (1 dan 2)
k. Cloud computing
l. Keamanan sistem komputer

 

Prospek kerja jurusan teknik komputer bisa terjun ke segala sektor, guys!

Jurusan teknik komputer bakal mencetak segudang computer engineer hebat yang bisa terjun ke segala sektor, seperti kesehatan, pendidikan, keuangan dan fintech, bisnis, dan masih banyak lagi. 

Bagaimana sih prospek kerja untuk jurusan teknik komputer ini? Sini, Brain Academy bocorin sesuai dengan masing-masing peminatannya, ya!

 

1. Peminatan hardware

Jurusan teknik komputer akan mencetak computer engineer yang andal untuk mendesain dan mengembangkan hardware atau perangkat keras. Berikut adalah divisi yang sangat dekat dengan peminatan hardware:

a. Embedded system engineer
b. System engineer
c. LSI design engineer

 

jurusan teknik komputer - prospek kerja teknik komputer

 

2. Peminatan software

Computer engineer nantinya juga bisa berkarir di bidang pengembangan software atau perangkat lunak. Berikut adalah divisi yang cocok bagi kamu yang sangat passionate di bidang ini:

a. Software engineer
b. Web developer
c. Mobile developer
d. Data scientist
e. Data engineer
f. Database administrator

 

Baca juga: 20 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan di Masa Depan

 

3. Peminatan networking

Selain hardware dan software, kamu sebagai computer engineer juga bisa berkarir di bidang jaringan (networking), yang mana kamu bisa berkarir di divisi berikut:

a. Network engineer
b. DevOps engineer
c. Security engineer

Semua posisi yang disebutkan tadi sangat berpotensi besar untuk dicari oleh banyak perusahaan karena gencarnya pergerakan teknologi untuk perkembangan produk dan layanan. Oh ya, computer engineer dari jurusan teknik komputer bisa banget berkarir sebagai ASN/PNS, BUMN, BUMD, dan swasta lho!

 

Perguruan tinggi dengan jurusan teknik komputer

“Kak, kalau mau kuliah di jurusan teknik komputer, dimana aja ya?”

Tenang saja, Brainies! Cukup banyak PTN dan PTS di Indonesia yang menyediakan jurusan teknik komputer ini dengan akreditasi unggul dan baik sekali lewat program sarjana (S1) maupun vokasi (DIII/IV). Brain Academy kasih daftar rekomendasi perguruan tinggi dengan jurusan teknik komputer di bawah ini:

 

1. Jurusan S1 Teknik Komputer 

  1. Institut Teknologi Bandung (Akreditasi A)
  2. Universitas Indonesia (Akreditasi A)
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Akreditasi A)
  4. Universitas Brawijaya (Akreditasi A)
  5. Universitas Bina Nusantara (Akreditasi A)
  6. Universitas Gunadarma (Akreditasi A)
  7. Telkom University (Akreditasi B)
  8. Universitas Diponegoro (Akreditasi B)
  9. Universitas Multimedia Nusantara (Akreditasi B)

 

Baca juga: 20 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2021 versi Webometrics

 

2. Jurusan D3/D4 Teknik Komputer

  1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (Akreditasi A)
  2. Telkom University (Akreditasi A)
  3. Politeknik Negeri Jember (Akreditasi A)
  4. Universitas Gunadarma (Akreditasi A)
  5. Institut Pertanian Bogor (Akreditasi B)
  6. Politeknik Negeri Sriwijaya (Akreditasi B)

 

Tertarik untuk masuk ke jurusan teknik komputer dan jadi computer engineer keren?

Brainies, gimana ulasan tentang jurusan teknik komputer di artikel ini? Semoga bisa membantu teman-teman semua yang masih kebingungan dalam mencari jurusan sesuai passion kamu yang hobi ngoprek peralatan elektronik dan kepo tentang berbagai hal berbau teknologi. 

Saat kamu benar-benar menjadi mahasiswa jurusan teknik komputer nanti, jangan lupa untuk terus yakinkan diri bahwa kamu adalah salah satu computer engineer keren, berprestasi, dan bisa bantu masyarakat Indonesia dan dunia dengan inovasi yang kamu buat. Apalagi, kamu sebagai jebolan jurusan teknik komputer akan selalu dicari banyak perusahaan di berbagai sektor, baik pemerintah dan swasta.

Buat kamu yang sedang fokus mempersiapkan UTBK dan berbagai seleksi perguruan tinggi lainnya, jangan lupa untuk gabung di Brain Academy. Didukung oleh STAR Master Teacher berpengalaman dan asik banget, bikin belajarmu makin seru. Tetap semangat ya, Brainies!

BA online

Sumber:

Gurbuz, C. J. Trent. 2021. What You Need to Know About Becoming a Computer Engineering Major. US News. [daring]. https://www.usnews.com/education/best-colleges/computer-engineering-major-overview

Study Portals. 2021. What Is Computer Engineering? Should I Study It in 2021?. Masterportals.com. [daring].

https://www.mastersportal.com/articles/2927/what-is-computer-engineering-should-i-study-it-in-2021.html



Profile

Kusariani Adinda

Lorem ipsum dolor sit amet, assalamualaikum warganet! | Freelance Content Writer at Ruangguru | kusarianiadindablog.wordpress.com

Beri Komentar