SBMPTN: Yuk Kenalan dengan Jurusan Teknik Industri!

Elisabeth Garnistia Jan 12, 2021 • 9 min read


Informasi Teknik Industri

Artikel ini akan membahas seputar jurusan Teknik Industri beserta informasi daya tampung berbagai universitas di SBMPTN 2020.

--

Siapa yang ingin masuk fakultas Teknik? Fakultas yang terkenal dengan solidaritas yang cukup erat ini memang mempunyai segudang jurusan dengan prospek yang menjanjikan.

Salah satu jurusan yang paling terkenal di kalangan calon maba adalah teknik industri. Tapi sebelum kalian memilih jurusan ini apa kalian sudah benar-benar mengetahui seluk beluk jurusan teknik Industri? 

Kalau belum, yuk disimak artikel ini agar kamu semakin yakin dengan pilihan jurusan kamu! 

Teknik Industri

Teknik Industri adalah jurusan yang berfokus pada perancangan, peningkatan, dan instalasi dari sistem yang terintegrasi. Sistem tersebut terdiri dari manusia, peralatan, energi, material, dan informasi. Nantinya, ilmu yang dipakai digunakan untuk memprediksi, mengelompokan, dan mengevaluasi hasil yang dihasilkan oleh sistem yang terintegrasi tadi.

Mudahnya, dalam teknik industri mempelajari pola pikir, pendekatan, pengetahuan, prinsip-prinsip yang berakar dari keilmuan teknik yaitu merancang (design) namun teknik industri ini tidak seperti jurusan teknik yang lain yang mempunyai objek yang kelihatan seperti mesin, pesawat,dll. Objek yang dipusatkan oleh teknik industri adalah sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, peralatan, energi, material, dan informasi

 Apa yang dihasilkan dari teknik industri ini?

Dalam teknik Industri hal yang menjadi pusat perhatian adalah bagaimana mahasiswa teknik industri ini dapat mengoptimalkan kinerja dari objek seperti sumber daya manusia, mesin, bahan baku sehingga menghasilkan pekerjaan yang produktif, efektif, dan efisien dalam dunia industri.

Contohnya seperti pada perusahaan, perusahaan memiliki banyak sumber daya seperti manusia di dalamnya, mesin-mesin yang dipakai, dan hal-hal yang berguna untuk memajukan perusahaan tersebut.

Lalu ilmu-ilmu teknik industri ini bermanfaat untuk merumuskan ide, solusi agar sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan tersebut dapat dioptimalkan dengan baik dan seefisien mungkin, dan dengan mengedepankan penghematan sehingga menghasilkan outcome yang jauh lebih banyak namun tetap produktif.

TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS BAKRIETeknik Industri (Sumber: Website Universitas Bakrie)

Ruang lingkup teknik industri terbilang cukup luas. Seorang lulusan teknik industri harus bisa mengatur semua sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan seefisien mungkin. Maka dari itu mahasiswa teknik industri juga turut mempelajari ilmu sosial seperti manajemen pemasaran, manajemen SDM, manajemen keuangan, akuntansi, ekonomi, psikologi industri,dll.

Prospek kerja jurusan teknik industri juga gak kalah bersaing, lho! Lulusan teknik industri dapat bekerja dari bidang produksi atau penjaminan mutu, bidang keuangan, bidang manajemen sumber daya manusia, bidang konsultasi manajemen, hingga bidang pertambangan, minyak, dan ga. 

Nah, setelah mengetahui apa saja yang dipelajari dan outcome dari teknik industri, apa kamu masih tertarik untuk bergabung menjadi mahasiswa teknik industri?

Kalau kamu ingin mendaftar jurusan teknik industri, yuk cek daya tampung SBMPTN di beberapa universitas di Indonesia! Agar kamu bisa mempersiapkan diri untuk masuk ke universitas yang kamu impikan.

Baca Juga: Belajar Memasak di Jurusan Teknik? Masuk aja Jurusan Teknik Metalurgi

Daya Tampung Teknik Industri

Nama Universitas Daya Tampung 2020 Peminat 2019
Universitas Indonesia 28 447
Universitas Gadjah Mada 39 440
Universitas Brawijaya 82 917
Institut Teknologi Bandung 124 714
UPN Veteran Yogyakarta 80 1.219
Universitas Andalas 50 735
Universitas Negeri Malang 29 581
Institut Teknologi Sumatera (ITERA) 97 355
Universitas Jendral Soedirman 38 366
Institut Teknologi Kalimantan 55  175

 

Daftar Universitas dengan jurusan Teknik Industri S1 Akreditasi A

fakultas teknik UGMFakultas Teknik UGM (Sumber: ugm.ac.id)

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Gadjah Mada
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Pasundan
  • Universitas Ubaya 
  • Universitas Telkom
  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Trisakti
  • Universitas Islam Indonesia
  • Universitas Bina Nusantara
  • Universitas Katolik Parahyangan

Baca Juga: Kayak Gimana Kuliah di Jurusan Teknik Pertanian dan Biosistem

Nah, setelah membaca artikel mengenai teknik industri, keketatan daya tampung, hingga universitas-universitas yang menyediakan teknik industri terbaik, kira-kira kamu sudah menentukan pilihan belum untuk sbmptn nanti? 

Ingat, memilih jurusan sama seperti memilih jodoh. Harus dipikirkan baik-baik kalau tidak mau menyesal di kemudian hari. 

Jangan lupa juga untuk selalu persiapkan diri kamu menghadapi ujian UTBK nanti dengan Brain Academy Online yang selalu ada untuk membantumu meraih jurusan impian!

Yuk belajar!

Paket Gap Year UTBK Brain Academy

Referensi: 

Adit, A. 29 Januari 2020. Daftar Lengkap Prodi Terakreditasi A di 43 Kampus Jakarta. Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/29/15062191/daftar-lengkap-prodi-terakreditasi-a-di-43-kampus-jakarta (daring). (Diakses: 6 Januari 2021). 

Akreditasi “A” Bagi Program Studi Sarjana Teknik Industri dan Teknik Kimia. Tautan: http://unpar.ac.id/akreditasi-a-bagi-program-studi-sarjana-teknik-industri-dan-teknik-kimia/ (daring). (Diakses: 6 Januari 2021). 

Apa itu Teknik Industri. Tautan: https://www.ie.ui.ac.id/sse-ti-ui/definisi-teknik-industri-ui/ (daring). (Diakses: 6 Januari 2021). 

Data Akreditas Berdasarkan Program Studi Teknik Industri. Tautan: https://www.dataakreditasi.com/kampus/programstudi/teknik-industri/page/2 (daring). (Diakses: 6 Januari 2021). 

Daya Tampung SBMPTN . Tautan: https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sb.php (daring). (Diakses: 6 Januari 2021). 

Kampus Jurusan Teknik Industri Terbaik di Indonesia. Tautan: https://www.edumor.com/blog/2018/10/05/kampus-jurusan-teknik-industri-terbaik-di-indonesia/ (daring). (Diakses: 6 Januari 2021). 

Program Studi Sarjana Teknik Industri. Tautan: https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-teknik-industri (daring). (Diakses: 6 Januari 2021). 

Prospek Karir Setelah Menempuh di DTSI-ITS. Tautan: https://www.its.ac.id/tindustri/calon-mahasiswa/prospek-karir/ (daring). (Diakses: 11 Januari 2021). 

Program Studi Teknik Industri - Fakultas Teknologi Industri. Tautan: https://usm.itb.ac.id/Prodi/134.htm (daring). (Diakses: 11 Januari 2021). 

Teknik Industri. Tautan: https://profil.ubaya.ac.id/program-s1-teknik-industri.html (daring). (Diakses: 6 Januari 2021). 

Sumber Gambar: 

Teknik Industri. Tautan:  https://www.bakrie.ac.id/en/prodi-teknik-industri/360-testimoni-teknik-industri (daring). (Diakses: 6 Januari 2021). 

Fakultas Teknik UGM. Tautan: https://ugm.ac.id/id/berita/18049-fakultas-teknik-ugm-buka-program-studi-teknik-biomedis (daring). (Diakses: 6 Januari 2021). 

 

Profile

Elisabeth Garnistia

Beri Komentar