Belajar Apa di Jurusan Teknik Industri? Kok Peminatnya Banyak Banget?

Jurusan Teknik Industri

Yuk, kita kenalan dengan jurusan Teknik Industri mulai dari mata kuliah, prospek kerja, hingga kampus dengan jurusan Teknik Industri terbaik.

---

Nggak perlu diragukan lagi, jurusan teknik merupakan salah satu jurusan populer yang tidak pernah sepi peminat. Selain memiliki prospek kerja yang cerah, jurusan teknik juga menawarkan konsentrasi dalam bidang yang beragam. Ada Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Nuklir, Teknik Perminyakan, Teknik Lingkungan, Teknik Perkapalan, Teknik Kimia, dan tentu saja Teknik Industri yang akan kita bahas di artikel ini.

Teknik Industri dikenal sebagai salah satu jurusan teknik yang cenderung lebih ‘sosial’ dari yang lain. Hmm, kok bisa begitu ya? Memangnya, apa sih yang membuat Teknik Industri begitu spesial? 

Jurusan Teknik Industri yang ‘Nggak Teknik Banget’

Teknik Industri atau Industrial Engineering merupakan bidang ilmu yang mendalami tentang proses industri melalui kacamata teknik dan manajemen. Tak heran, jika Teknik Industri kerap mendapatkan julukan oleh mahasiswanya sebagai jurusan yang ‘nggak teknik banget’. Padahal, jurusan ini merupakan anak dari jurusan Teknik Mesin.

Pasalnya, pelajaran yang ada pada jurusan Teknik Industri menekankan pada sisi manajemen dari suatu industri. Sehingga, kamu tidak hanya dituntut untuk mengerti seluk-beluk sebuah mesin manufaktur, tetapi juga harus memahami sistem manajemen dari sebuah pabrik. Jika kamu memiliki minat terhadap dunia manajemen sekaligus teknik, sudah pasti jurusan ini cocok untuk kamu!

Baca Juga: Perbedaan Jurusan Arsitektur dengan Teknik Sipil, Jangan Tertukar Ya!

Mata Kuliah Teknik Industri

Mulai dari mata kuliah yang ‘teknik banget’ sampai yang ‘nggak teknik-teknik amat’, akan kamu pelajari di jurusan Teknik Industri. Tapi, semua mata kuliah tadi saling berhubungan satu sama lain. Makanya, seorang lulusan Teknik Industri diharapkan dapat menangani serta memandang segala jenis masalah dalam industri melalui kacamata yang berbeda. 

Mata Kuliah Jurusan Teknik Industri

Selain memperkuat ilmu di bidang Fisika, Kimia, Statistika, Kalkulus dan Matematika, kamu juga akan turut belajar ilmu tentang Sistem Produksi, Gambar Teknik, Ekonomi Teknik, Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan Kerja, Proses Manufaktur, dan masih banyak lagi.

Meskipun judulnya "teknik", objek yang dikaji pada jurusan ini bukanlah benda seperti pesawat, listrik, atau bangunan. Dalam Teknik Industri hal yang menjadi pusat perhatian adalah sumber daya yang terdiri dari manusia, peralatan, energi, material, dan informasi.

Masih bingung? Oke aku jelasin.

Contoh: Sebuah perusahaan memiliki berbagai sumber daya untuk meningkatkan produktivitasnya. Ada manusia, mesin, bahan baku, biaya, dan lain-lain. Nah, ilmu yang kamu pelajari di Teknik Industri berguna dalam mengoptimalkan sumber daya tersebut agar perusahaan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Baca Juga: 20 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan di Masa Depan

 

Prospek Kerja Teknik Industri

Karena ilmu yang dipelajari mencakup bidang yang luas, maka prospek kerja yang ditawarkan juga tak kalah luas, dong! Mulai dari manufaktur sampai start-up, peluang kerja terbuka lebar untukmu. Berikut beberapa contoh pekerjaan bisa jadi masa depan kamu jika memilih jurusan Teknik Industri. Psst, biar makin semangat, sini dibisikin~ Gaji lulusan Teknik Industri bisa mencapai 17 juta rupiah per bulannya, lho.

1. Engineering Manager

Divisi ini memiliki tugas serta tanggung jawab dalam memastikan dan mengarahkan proyek-proyek penting perusahaan agar berjalan dengan baik hingga tuntas. Makanya, mereka yang bekerja pada divisi ini dituntut untuk memiliki kemampuan problem solving yang baik. Sayangnya posisi ini bukan untuk para fresh graduate. Sebab, dibutuhkan pengalaman bekerja minimal lima tahun di bidang engineering agar bisa menempati divisi engineering manager.

2. Project Manager

Penting bagi seorang project manager untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Sebab, mereka memiliki tanggung jawab untuk merencanakan serta mengatur agar suatu proyek dapat terselesaikan. Project manager juga lah yang perlu memastikan agar suatu proyek dapat selesai tepat waktu. Biasanya, tim yang diarahkan oleh seorang project manager lebih besar dibanding tim milik engineering manager.

3. Product Analyst

Meskipun didominasi oleh alumni Ekonomi, ternyata lulusan Teknik Industri juga memiliki peluang untuk menempati divisi ini. Seorang product analyst bertugas untuk mengembangkan strategi marketing yang tepat untuk suatu produk dan membandingkannya dengan tren industri terkini.

4. Health and Safety Officer

Peran dari seorang Health and Safety Officer adalah untuk mencegah segala jenis kecelakaan kerja dan penyakit yang kemungkinan ditimbulkan ketika berada dalam sebuah ruang lingkup kerja. Dalam prospek Teknik Industri, seorang Health and Safety Officer juga berperan untuk melakukan inspeksi reguler, investigasi kecelakaan kerja, hingga memberikan pelatihan keamanan kerja.

prospek kerja teknik industriLulusan Teknik Industri memiliki peluang kerja yang luas (sumber: internship.com)

5. Human Resource

Lulusan Teknik Industri jadi HRD? Kenapa enggak? Mahasiswa jurusan ini dibekali dengan pengetahuan di bidang organisasi dan sumber daya manusia. Selain bekerja di lapangan, kamu juga bisa bekerja di dalam ruangan. Tujuannya juga sama kok, memberikan sumber daya terbaik demi kemajuan perusahaan. Gaji seorang staf HR mulai dari 5 juta rupiah untuk level fresh graduate.

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Teknik Industri Terbaik

1. Institut Teknologi Bandung

2. Universitas Indonesia

3. Universitas Padjadjaran

4. Universitas Gadjah Mada

5. Universitas Airlangga

6. Universitas Diponegoro

7. Universitas Brawijaya

8. Universitas Negeri Sebelas Maret

 

Nah, agar kamu bisa diterima di salah satu Teknik Industri PTN ternama di Indonesia, yuk persiapkan diri bersama bimbel Brain Academy. Mulai dari 100 ribuan per bulan, kamu bisa menikmati akses belajar online maupun datang langsung ke cabang terdekat. Ada modul belajar, klinik PR, konsultasi jurusan, tryout, sampai kelas pengembangan diri. Worth it parah!

BA offline

Referensi:

Mata Kuliah Teknik Industri [Daring]. Tautan: https://psti.ft.ugm.ac.id/kurikulum-sarjana/

Apa Itu Teknik Industri? ti.unpar.ac.id. [Daring]. Tautan: http://ti.unpar.ac.id/tentang-kami/apa-itu-teknik-industri/ 

Mengenal Jurusan Teknik Industri Lebih Dalam. [Daring]. Tautan: https://www.teknik.unpas.ac.id/blogs/mengenal-jurusan-teknik-industri-lebih-dalam/ 

Sumber Gambar: 

Lulusan Teknik Industri memiliki peluang kerja yang luas. internship.com. [Daring]. Tautan: https://www.internships.com/careers/industrial-engineer 

 

 

Profile

Elisabeth Garnistia