Jurusan Manajemen, Prodi Soshum Paling Diminati di UTBK

Pojok Kampus - Jurusan Manajemen

Artikel ini membahas info lengkap jurusan manajemen, meliputi mata kuliah, prospek kerja, gaji lulusan, jumlah peminat, daya tampung, dan kampus dengan jurusan manajemen terbaik di Indonesia.

Jurusan manajemen adalah jurusan yang mempelajari ilmu pengelolaan bisnis. Seperti pengembangan strategi, pembuatan rencana, prosedur dalam bisnis, pemasaran, perekrutan sumber daya manusia, hingga keuangan. Kamu juga akan dikenalkan dengan ilmu pengantar teknologi informasi, mengingat kini hampir semua perusahaan sudah memanfaatkan teknologi informasi dalam proses bisnisnya.

Program studi Manajemen erat kaitannya dengan bidang ekonomi dan bisnis. Itu sebabnya, jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurusan Manajemen termasuk jurusan yang dibutuhkan di masa depan, lho. Ilmu yang kamu dapatkan selama kuliah dapat langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, di kelas kamu sedang belajar bagaimana caranya mengelola keuangan. Nah, kamu bisa langsung menerapkannya untuk mengelola keuanganmu sendiri, tuh!

Baca juga: Jurusan Kuliah IPS dengan Prospek Kerja Menjanjikan

 

Mata Kuliah Jurusan Manajemen

“Manajemen itu belajar apa aja, sih?”

Kurikulum yang diajarkan bisa jadi berbeda antara satu universitas dengan universitas yang lain. Tapi, materi kuliah di jurusan manajemen manapun pasti nggak akan jauh-jauh dari bidang ekonomi, bisnis, dan perusahaan, hingga sumber daya manusia. Ini dia gambaran mata kuliah program studi S1 Manajemen:

Semester 1 dan 2

  • Bahasa Inggris
  • Pendidikan Agama
  • Pendidikan Pancasila
  • Pengantar Bisnis
  • Statistika Bisnis
  • Perilaku Organisasi
  • Pengantar Akuntansi
  • Komunikasi dan Negosiasi Bisnis

 

Semester 3 dan 4

  • Etika Bisnis
  • Pemodelan Bisnis
  • Perilaku Konsumen
  • Manajemen Keuangan
  • Metode Penelitian Bisnis
  • Sistem Informasi Manajemen
  • Manajemen Operasi dan Inovasi
  • Manajemen Sumber Daya Manusia

Pojok Kampus - Mata Kuliah Jurusan Manajemen

Nah, di pertengahan semester, mahasiswa akan diberi pilihan konsentrasi atau studi peminatan. Tujuannya, agar ilmu yang diperoleh lebih spesifik dan mengarah ke bidang tertentu. Konsentrasi jurusan Manajemen antara lain: Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Operasi, dan Manajemen Pemasaran. 

 

Semester 5 dan 6

  • Riset Operasi
  • Riset Pemasaran
  • Manajemen Ritel
  • Manajemen Kompensasi
  • Perekonomian Indonesia
  • Strategi Pemasaran Global
  • Teori Portofolio dan Analisis Investasi
  • Analisis Informasi Keuangan dan Valuasi

 

Semester 7 dan 8

  • Magang
  • Kuliah Kerja Nyata (KKN)
  • Seminar Manajemen
  • Skripsi

Memasuki semester 7 dan 8, mahasiswa jurusan ini akan menghadapi KKN, magang, dan skripsi. Setelah lulus, kamu menyandang gelar Sarjana Manajemen (S.M) atau Sarjana Ekonomi (S.E). Di SNMPTN, jurusan Manajemen hanya bisa dimasuki oleh siswa IPS. Apabila kamu berasal dari kelas IPA, kamu dapat mencoba lintas jurusan lewat jalur UTBK SBMPTN dan Ujian Mandiri. Tentunya, kamu harus berlatih soal  UTBK Soshum agar diterima di program stufi Manajemen.

 

Alasan Memilih Jurusan Manajemen

“Kenapa harus masuk jurusan Manajemen?”

1. Cocok Buat Kamu yang Ingin Jadi Pengusaha

Jurusan Manajemen sangat cocok untuk kamu yang bercita-cita sebagai entrepreneur. Karena eh karena, banyak ilmu yang bisa kamu terapkan dalam mengembangkan bisnis. Eits, tapi kalau kamu lebih pengin berkarir di suatu perusahaan, nggak masalah juga, kok!

2. Meningkatkan Softskill

Jurusan Manajemen membantu kamu untuk meningkatkan skill berorganisasi. Ingat, prodi ini mempelajari cara mengelola suatu usaha dari sisi bahan baku hingga sumber daya manusia. Kamu akan menjadi individu yang memiliki jiwa kepemimpinan tinggi, bertanggung jawab, mempunyai time management yang baik, dan berani mengambil resiko.

3. Peluang Kerja Luas

“Kalau pengen kerja di Start-Up gitu kira-kira cocok nggak ya, kuliah manajemen?”

Wah, pake ditanya, lagi. Ya pasti cocok, dong! Start-up adalah perusahaan rintisan yang masih berada di tahap pengembangan. Start-up termasuk salah satu tempat bekerja yang tepat untuk lulusan Manajemen. Apa yang kamu pelajari selama kuliah akan dipraktekkan di sini. Mulai dari membuat ide bisnis, memimpin sebuah tim, negosiasi dengan investor, sampai menganalisis perilaku konsumen demi keberlangsungan usaha.

 

Prospek Kerja dan Gaji Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen kerja apa dan dimana sih? Selain mampu melahirkan entrepreneur alias pengusaha sukses, jurusan ini dibutuhkan di masa depan sehingga memiliki peluang kerja yang beragam. So, nggak akan nyesel deh kuliah Manajemen (dengan catatan harus rajin belajar ya :p)

Pojok Kampus - Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Nah, buat kamu yang nggak berjiwa entrepreneur-entrepreneur amat, kamu bisa memilih beberapa profesi yang cocok untuk lulusan manajemen, antara lain; sebagai dosen, pendiri start-up, konsultan bisnis, project manager, gabung di program management trainee, atau perencana keuangan. Semua perusahaan di dunia pasti membutuhkan lulusan manajemen. Jadi, kamu bisa bekerja di bank, instansi pemerintahan, perusahaan teknologi, dan sebagainya.

Gimana dengan gajinya? Tenang-tenang, jurusan Manajemen termasuk jurusan yang bergaji tinggi kok. Jika kamu seorang fresh graduate yang mengikuti program management trainee, kamu akan memperoleh gaji awal sekitar 8 juta rupiah per bulan. Semakin tinggi jabatan dan keahlianmu, gajimu pun akan semakin besar. Bisa mencapai puluhan juta per bulan, lho!

 

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Manajemen di Indonesia

Berdasarkan data dari LTMPT, ada 5 universitas negeri yang memiliki jumlah pendaftar jurusan manajemen terbanyak. PTN tersebut antara lain: UGM, UNS, UNPAD, UI, dan Sekolah Bisnis & Manajemen ITB. Jumlah peserta yang memilih jurusan Manajemen di UTBK mencapai 3 ribu per tahunnya. Sedangkan daya tampung program studi Manajemen hanya 30 sampai 80 mahasiswa per angkatan.

Berdasarkan data dari LTMPT pula, pada UTBK 2021 lalu, dari 5 universitas dengan peminat tertinggi, prodi Manajemen selalu tercantum sebagai salah satu prodi soshum yang paling diminati di kelima universitas tersebut, bersamaan dengan prodi Hukum dan Ilmu Komunikasi. Kelima universitas tersebut adalah UGM, UB, UNPAD, UI, dan UNS.

Untuk prodi soshum lainnya seperti Administrasi Bisnis, Akuntansi, dan Hubungan Internasional, hanya tercantum di dua atau tiga universitas saja dari kelima universitas tersebut. Tidak seperti prodi Manajemen, Hukum, dan Ilmu Komunikasi yang tercantum di kelimanya. Jadi, kalau kamu mengincar salah satu dari 5 universitas favorit tersebut, kamu harus siap-siap untuk bersaing secara ketat, ya!

Pojok Kampus - Peminat dan Daya Tampung Jurusan Manajemen

Tetapi, jangan khawatir, program studi ini juga terdapat di perguruan tinggi swasta kok. Berikut kampus swasta dengan jurusan Manajemen terbaik di Indonesia:

  1. Universitas Prasetiya Mulya
  2. Binus University
  3. Telkom University
  4. LSPR Business and Communication Institute
  5. Universitas Tarumanegara
  6. Universitas Atmajaya
  7. Universitas Trisakti

 

Biaya Kuliah Jurusan Manajemen

Biaya kuliah di Jurusan Manajemen di PTN dan PTS tentunya berbeda. Di PTN, kamu bisa mendapat keringanan biaya dengan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Besaran biaya kuliah Jurusan Manajemen di PTN berkisar antara 500 ribu hingga 9 juta per semester. Sedangkan biaya per semester Jurusan Manajemen di PTS sekitar 8 sampai 15 juta per semester. Sebelum mendaftar, diskusikan dengan orangtua terlebih dahulu, ya!

Prospek kerja yang luas serta kesempatan untuk memperoleh gaji tinggi membuat program studi Manajemen diminati oleh banyak siswa. Bahkan, peluang untuk diterima di jurusan ini hanya kurang dari 5%. Eits, nggak usah panik, kamu bisa belajar UTBK dari sekarang dengan bantuan Brain Academy! Ada berbagai fitur yang bisa membantumu meraih jurusan impian, lho!

[IDN] CTA Blog Cabang Brain Academy Center

Referensi:

Gaji Jurusan Manajemen [Daring]. Tautan: https://www.glassdoor.com/Salaries/jakarta-management-trainee-salary-SRCH_IL.0,7_IM1045_KO8,26.htm

Mata Kuliah Jurusan Manajemen [Daring]. Tautan: https://spmb.uns.ac.id/infoprodi/profil/perkuliahan?kode_prodi=61201 

https://feb.ugm.ac.id/id/pendidikan/program-studi/program-sarjana/kurikulum-manajemen 

Kenya Swawikanti