Jurusan Sastra Indonesia, Mata Kuliah dan Peluang Kerja

Jurusan Sastra Indonesia

Artikel ini membahas tentang serba-serbi Jurusan Sastra Indonesia yang mungkin belum diketahui oleh orang banyak. Wah, apa itu? Yuk, cari tahu di artikel berikut!

Apa yang kamu pikirkan tentang mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia? Calon sastrawan, kumpulan orang-orang introvert, atau sekelompok orang yang punya hobi membaca dan menulis? Jika itu yang ada dipikiranmu, maka kamu nggak sepenuhnya salah. Ingat, nggak sepenuhnya, ya, berarti masih ada pemikiran yang kurang tepat di sana.

Ya, memang mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia dituntut terbiasa untuk membaca dan menulis. Sebagian dari mereka pun mungkin saja berkepribadian introvert. Ada juga lulusan jurusan ini yang menjadi sastrawan besar, seperti Sapardi Djoko Damono. Meskipun begitu, sebenarnya keberadaan jurusan ini bukan untuk mencetak sastrawan, lho!

“Tapi ‘kan nama jurusannya ada sastranya.”

Iya, betul, sih. Namun, Jurusan Sastra Indonesia nggak melulu soal sastra dan lulusannya nggak selalu jadi sastrawan kok. Penasaran? Baca artikelnya sampai akhir, ya!

 

Mengenal Jurusan Sastra Indonesia

Jurusan Sastra Indonesia adalah jurusan yang mempelajari segala hal terkait bahasa, sastra, dan budaya yang ada di Indonesia. Yaps, itulah tiga aspek utama yang akan dikaji oleh mahasiswanya. Ketika masuk jurusan ini, kamu akan dilatih untuk terampil dalam membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Jadi, begitu lulus dari jurusan ini, kamu udah punya modal, yakni ketelitian dan kemampuan komunikasi untuk masuk ke dunia kerja, lho!

Eits, nggak cuma itu saja. Daya analisis, pemikiran kritis, hingga pengetahuanmu tentang budaya, sosial, dan sejarah juga akan diuji. Makanya, di Jurusan Sastra Indonesia memperbanyak bacaan adalah koentji, Brainies. Jadi, bagi kamu yang suka membaca, hobi menulis, dan senang berbicara bakal cocok banget nih masuk Jurusan Sastra Indonesia. Gimana, udah tertarik belum?

 

Baca Juga: Jurusan Administrasi Fiskal, Negara, dan Niaga: Apa Bedanya Sih?

 

Mata Kuliah Jurusan Sastra Indonesia 

Mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Sastra Indonesia selalu terkait dengan tiga aspek tadi, yakni bahasa, sastra, dan budaya. Oke, kita bahas beberapa mata kuliahnya, ya.

Pada awal perkuliahan, kamu akan belajar mata kuliah dasar, seperti Pengantar Kesusastraan, Pengantar Linguistik Umum, dan Pengantar Filologi. Nggak cuma itu, ada juga lho mata kuliah menarik yang diberikan oleh beberapa universitas, yaitu bahasa asing dan bahasa lampau. Misalnya, Bahasa Arab, Bahasa Belanda, Bahasa Sansekerta, Bahasa Jawa Kuno, dan Bahasa Melayu Klasik. Hayoo, kamu pasti kepo ‘kan kenapa belajar semua itu? Alasannya, bahasa-bahasa tersebut merupakan bahasa yang memengaruhi keberadaan bahasa Indonesia lho! Menarik, ‘kan?

Jurusan Sastra Indonesia

Selain itu, ada juga mata kuliah yang sangat terkait dengan ketiga aspek tadi. Apa saja, ya? Ada Fonologi, Morfologi, Semantik, Sintaksis, Semiotika, Kritik Sastra, Folklor, Kebudayaan Indonesia, dan sebagainya. Wah, nama mata kuliahnya bikin kening berkerut, ya, Brainies?

Oh iya, Brainies, kamu pasti tahu dong bahasa, sastra, dan budaya erat kaitannya dengan manusia. Karena hal itu, banyak ilmu interdisipliner yang dipelajari di Jurusan Sastra Indonesia. Contohnya, Sosiolinguistik dan Sosiologi Sastra yang berkaitan dengan Ilmu Sosiologi. Selain itu, ada Psikolinguistik dan Psikologi Sastra yang berkaitan dengan Ilmu Psikologi. Wih, mantap nggak tuh? Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui ini mah!

Kemudian menuju semester “tua”, yakni semester 4 atau 5 kamu akan dihadapkan dengan pilihan peminatan. Kamu masih ingat ‘kan aspek yang dikaji di Jurusan Sastra Indonesia? Nah, biar lebih fokus, maka kamu akan diberi kebebasan memilih peminatan yang sesuai dengan keinginanmu. Umumnya, ada tiga peminatan yang ditawarkan, yaitu Linguistik, Sastra, dan Filologi.

“Hah, apaan tuh?”

Hmm… masih asing, ya? Oke, aku kasih bocoran, deh. Pada peminatan Linguistik kamu akan mempelajari seluk-beluk bahasa, peminatan Sastra akan belajar segala hal tentang sastra, sedangkan peminatan Filologi akan membuatmu belajar mengkaji naskah kuno.

Baca Juga: Tips Belajar Efektif Ala Anak IPA vs Anak IPS, Kamu yang Mana?

Jurusan Sastra Indonesia

Selain pilihan peminatan, kamu juga diberi kesempatan untuk memilih berbagai mata kuliah pilihan, lho! Mata kuliah ini bisa menambah pengetahuan serta mengasah kemampuanmu di suatu bidang. Makanya, kamu harus memilih mata kuliah yang sesuai dengan minat, bakat, dan impianmu di masa depan. Ya, siapa tahu saja ‘kan setelah lulus, kamu bisa bekerja di bidang yang sesuai dengan mata kuliah pilihan yang kamu ambil?

Setiap universitas menyediakan mata kuliah pilihan yang bervariasi. Namun, ada beberapa mata kuliah pilihan yang paling eksis di setiap universitas di Indonesia, yakni Jurnalistik, Penerjemahan, Kepenyiaran, Kehumasan, Sinematografi, dan lain-lain.

 

Peluang Kerja Jurusan Sastra Indonesia

Brainies udah paham ‘kan kalau Jurusan Sastra Indonesia nggak cuma belajar sastra, tetapi juga bahasa dan budaya. Brainies juga udah kenal dengan peminatan yang ada di jurusan ini. Bahkan, Sastra Indonesia juga menyediakan mata kuliah pilihan yang berguna untuk pengetahuan dan kemampuan mahasiswanya. Berdasarkan hal itu, maka akan banyak peluang kerja untuk lulusan Jurusan Sastra Indonesia. Mulai dari penyiar, jurnalis hingga copywriter.

Jurusan Sastra Indonesia

 

Pilihan Kampus dengan Jurusan Sastra Indonesia

FYI, kurang lebih ada 50 lebih daftar perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang memiliki Jurusan Sastra Indonesia. Tapi, di sini kamu bisa cek beberapa kampus aja, yaa.

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Indonesia
  3. Universitas Padjadjaran
  4. Universitas Airlangga
  5. Universitas Diponegoro
  6. Universitas Negeri Jakarta
  7. Universitas Sebelas Maret
  8. Universitas Hasanuddin
  9. Universitas Sriwijaya
  10. Universitas Udayana

Gimana, udah hilang ‘kan rasa penasaranmu pada Jurusan Sastra Indonesia? Pasti udah dong, ya, karena kita udah membahas mata kuliah hingga peluang kerja untuk jurusan ini. Eh, tapi yang dibahas jangan cuma jurusan kuliah saja lho, ya. Kamu juga perlu membahas materi pelajaran guna persiapan masuk kuliah nanti. Supaya pembahasannya lebih menarik, gabung deh ke Brain Academy Online. Yakin deh, kamu bisa lebih paham belajar bersama STAR Master Teacher. Yuk, buruan gabung!

Brain Academy Center

Referensi:

Program Studi Sastra Indonesia [Daring]. Tautan: https://fib.ui.ac.id/akademik/program-sarjana-s1/program-studi-sastra-indonesia/

Sastra Indonesia (S-1) [Daring]. Tautan: https://unnes.ac.id/prodi/sastra-indonesia-s1

Bahasa Melayu: Asal-Usul Bahasa Indonesia [Daring]. Tautan: https://narabahasa.id/linguistik-interdisipliner/evolusi-bahasa/bahasa-melayu-asal-usul-bahasa-indonesia

(Diakses 9 September 2021)

Tri Janarti