Kenalan dengan Jurusan Teknik Sipil: Info Kuliah & Prospek Kerjanya

Tri Janarti Sep 1, 2021 • 5 min read


Jurusan Teknik Sipil

Masih belum tahu kuliah di Jurusan Teknik Sipil belajar materi kuliah apa dan prospek kerjanya bagaimana? Simak info lengkapnya, yuk!

--

 

“Kamu nanti mau daftar kuliah jurusan apa?”

“Jurusan Teknik Sipil, dong!”

“Wih, keren! Biar bisa kerja di Kantor Dukcapil nanti, ya?”

“Lah, kok? Aku mau masuk Jurusan Teknik Sipil biar bisa bangun gedung tau!”

“Lah, kalo mau bangun gedung mah masuk Jurusan Teknik Arsitektur lah!”

Hayoo ngaku siapa yang masih belum paham Jurusan Teknik Sipil itu ngapain? Sebenarnya sih kalau belum paham juga nggak papa karena kita ‘kan orang awam, ya ‘kan? Namun, berhubung Brainies sedang mencari berbagai informasi seputar jurusan kuliah, maka nggak ada salahnya dong berkenalan dengan salah satu jurusan populer dari Fakultas Teknik ini. Yaudah, langsung simak artikelnya sampai habis, ya!

Kenalan dengan Jurusan Teknik Sipil

Kata orang, tak kenal maka tak sayang. Makanya, kamu harus berkenalan biar bisa lebih sayang dengan Jurusan Teknik Sipil ini. Hehe. Namun, sebelum berkenalan lebih dalam, sebaiknya kita bahas dulu perbedaan antara Jurusan Teknik Sipil dengan Jurusan Teknik Arsitektur, biar nggak terjadi lagi perdebatan kayak dialog di atas.

Brainies, kedua jurusan ini sebenarnya memiliki perbedaan yang membuat mereka saling terkait, lho! Lalu, apa saja ya perbedaannya?

Jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur

Nah, dilihat dari perbedaan keduanya, maka kita bisa simpulkan bahwa Jurusan Teknik Arsitektur adalah jurusan yang mempelajari tata cara mendesain gambar bangunan secara detail dengan memperhatikan nilai fungsi serta nilai estetisnya. Sementara itu, Jurusan Teknik Sipil adalah jurusan yang mempelajari tata cara merancang dan membangun suatu bangunan dengan memperhitungkan efisiensinya.

Sederhananya, lulusan Jurusan Teknik Arsitektur akan menjadi ‘sosok yang mengonsepkan’, sedangkan lulusan Jurusan Teknik Sipil akan menjadi ‘sosok yang merealisasikan’ konsep yang ada. Makanya, pekerjaan keduanya akan saling terkait satu sama lain. Gimana, udah paham perbedaannya, ‘kan?

Jika kamu sudah memahami perbedaannya, maka kita akan melanjutkan fokus pembahasan ke Jurusan Teknik Sipil, ya. Ternyata, Jurusan Teknik Sipil tidak hanya merancang dan membangun saja lho, tetapi juga memelihara serta memperbaiki bangunan. Nah, bangunan yang digarap pun bukan hanya rumah atau gedung, tetapi juga jembatan, bendungan, prasarana transportasi, pengairan, dan sebagainya. Jadi, segala fasilitas bangunan atau prasarana yang sengaja dibuat untuk kita gunakan sebenarnya hasil cipta dari anak Teknik Sipil, lho! Keren, ya?

Baca Juga: Asal Usul Nilai Asli dan Simbol Pi Pada Lingkaran

Belajar Apa di Jurusan Teknik Sipil?

Lalu, apa saja ya yang dipelajari di Jurusan Teknik Sipil? Ketika kamu ingin memasuki jurusan ini, kamu harus memastikan dirimu memahami ilmu fisika dan matematika, ya, Brainies. Karena pada prinsipnya, ilmu-ilmu yang dipelajari akan bersinggungan dengan hitungan dan mekanika. Selain itu, kamu juga harus bersiap berkenalan dengan berbagai program komputer, seperti SAP2000, autoCAD, SketchUp, ArcGis, dan lain-lain.

Secara umum, jurusan ini terbagi menjadi beberapa peminatan. Misalnya, di Universitas Indonesia, Jurusan Teknik Sipil memiliki enam peminatan, yaitu Struktur, Geoteknik, Transportasi, Manajemen Sumber Daya Air, Manajemen Konstruksi, dan Lingkungan. Setiap peminatan akan mempelajari satu objek khusus yang menjadi fokus utamanya. Sementara untuk mata kuliahnya, biasanya banyak berkaitan dengan penerapan ilmu fisika dan matematika, serta penggunaan teknologi pendukung lainnya.

Jurusan Teknik Sipil

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Sipil

Lulusan jurusan ini dipersiapkan untuk menjadi seorang perencana, perancang, konstruktor, dan manajer di dunia kerja. Selama berkuliah, mahasiswa akan dilatih untuk bisa mengelola pelaksanaan terkait pembangunan secara luas. Berbagai ilmu perkuliahan akan membuat lulusan Jurusan Teknik Sipil mampu bekerja di berbagai sektor, baik nasional maupun privat, lho!

Baca Juga: Akademik dan Organisasi, Gimana Caranya Biar Seimbang?

Apalagi nih negara kita, Indonesia, merupakan negara berkembang yang masih berusaha meratakan pembangunan di berbagai daerah. Pembangunan ini tentu tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Selain itu, pembangunan berskala privat, seperti gedung perkantoran atau proyek perumahan pun terus berlangsung di berbagai kota di Indonesia. Makanya, kamu nggak perlu deh tuh khawatir tentang prospek kerja setelah lulus dari jurusan ini.

Jurusan Teknik Sipil

Universitas dengan Jurusan Teknik Sipil Terbaik

Ada banyak universitas di Indonesia yang memiliki Jurusan Teknik Sipil di dalamnya. Terlebih jurusan ini banyak peminatnya dan ramai permintaannya dari instansi pemerintah maupun nonpemerintah. Sebagai calon mahasiswa baru, kamu pasti ingin tahu dong universitas mana yang memiliki Jurusan Teknik Sipil terbaik? Yuk, cek enam universitas dengan Jurusan Teknik Sipil terbaik di Indonesia versi Time Higher Education World University Rankings 2021.

Jurusan Teknik Sipil

---

Oke Brainies, itu tadi perkenalan kita dengan Jurusan Teknik Sipil. Gimana, udah merasa akrab belum dengan jurusan ini? Pasti udah dong ya. Sebab tadi kita udah ngebahas pengertian, mata kuliah, prospek kerja, dan universitas dengan Jurusan Teknik Sipil terbaik di Indonesia. Berarti sekarang, saatnya kamu berjuang untuk bisa menjadi mahasiswa di jurusan ini. Eits! Tapi kamu jangan berjuang sendirian lho, ya! Gabung saja ke kelas Brain Academy Online biar bisa belajar didampingi STAR Master Teacher yang asyik dan jago abis!

BA online

Referensi:

Youtube HMS UNISKA MAB: Perbedaan Arsitek dan Teknik Sipil [Daring]. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=OH8wnLTogqE

Program Studi Sarjana Teknik Sipil [Daring]. Tautan: https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-teknik-sipil

Program Sarjana Teknik Sipil [Daring]. Tautan: https://www.ui.ac.id/akademik/sarjana-reguler/fakultas-teknik-2/s1-teknik-sipil.html

Mengenal Apa Itu Jurusan Teknik Sipil [Daring]. Tautan: https://el.iti.ac.id/mengenal-apa-itu-jurusan-teknik-sipil/

6 Universitas Teknik Sipil Terbaik di Indonesia, Kamu Pilih yang Mana? [Daring]. Tautan: https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5494739/6-universitas-teknik-sipil-terbaik-di-indonesia-kamu-pilih-yang-mana

(Diakses 26 Agustus 2021)

Profile

Tri Janarti

Beri Komentar