Tips Meningkatkan Peluang Lolos SNMPTN ala Kak RipaAJP

Elisabeth Garnistia Jan 28, 2021 • 8 min read


 

26012021_Tips_Meingkatkan_Peluang_Lolos_SNMPTN_Ala_Kak_RipaAJP_HEADER_BLOG_Draft1

Artikel ini membahas tips-tips khusus untuk meningkatkan peluang lolos SNMPTN ala Kak RipaAJP

---

Mana nih suaranya yang kelas 12 SMA? Pasti kamu sedang sibuk dengan pendaftaran masuk PTN. Dari mempersiapkan berkas-berkas kelengkapan pendaftaran SNMPTN hingga sibuk belajar untuk mempersiapkan ujian UTBK. 

Tapi pernah gak kalian berpikir kira-kira hal apa yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan pendaftaran masuk PTN agar menciptakan peluang lolos SNMPTN yang besar?

Nah, Kak RipaAJP seorang mentor dan influencer yang bergerak di bidang pendidikan, berkesempatan untuk membocorkan tips-tips khusus agar kamu bisa mempunyai peluang besar lolos SNMPTN dengan jurusan yang diinginkan.

Mau tau apa aja tipsnya? Langsung aja disimak!

1. Pahami Jadwal dan Tahapan

Jadwal SNMPTN

Jadwal Alur SNMPTN 2021 (Sumber: ltmpt.ac.id)

Gambar di atas adalah jadwal-jadwal penting yang harus kamu perhatikan sebelum mendaftarkan diri ke SNMPTN. 

Pastikan kamu sudah paham segala alur yang telah ditulis dalam jadwal, agar kamu dapat mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan sebelum tanggal pendaftaran SNMPTN tiba. Jika tidak, kamu akan super kebingungan pada hari H pendaftaran. Gak mau kan pikiranmu buyar saat mendaftar SNMPTN?

Selanjutnya, hal yang harus kamu lakukan dari sekarang adalah memilih beberapa alternatif jurusan kuliah. Pastikan kamu sudah mempunyai beberapa pilihan jurusan yang mantap untuk kamu daftarkan ke SNMPTN bulan Februari nanti. 

Jangan lupa juga untuk menimbang segala kekurangan dan kelebihan saat kamu memilih jurusan sehingga ketika kamu dinyatakan lolos SNMPTN kamu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang datang kepada kamu. 

Bagi kamu yang belum memikirkan pilihan jurusan, yuk pikirkan sekarang sebelum terlambat!

Baca Juga: Rasionalisasi SNMPTN, Bantu Kamu Tentukan Jurusan Paling Tepat

2. Pahami Hal-hal yang Meningkatkan Peluang 

pdss

Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (Sumber: pengeloladatapendidikan.blogspot.com)

Setelah kamu sudah memahami jadwal SNMPTN dengan baik, langkah selanjutnya adalah pastikan kamu memperhatikan beberapa hal untuk meningkatkan peluang saat memilih jurusan dan universitas di SNMPTN.

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam meningkatkan peluang lolos SNMPTN, pertama nilai rata-rata. Nilai rata-rata yang harus kamu perhatikan adalah nilai-nilai dari mata pelajaran yang diinput oleh pihak sekolah di laman PDSS (Pangkalan Data Siswa dan Sekolah). 

Untuk mata pelajaran yang diinput di laman PDSS akan berbeda pada setiap sekolah. Kamu bisa tanyakan terlebih dahulu kepada guru atau pihak terkait yang menginput nilai di PDSS, nilai dari mata pelajaran apa saja yang diinput ke laman PDSS.

Kedua, lihat statistik nilai dalam mata pelajaran yang relevan. Nah setelah tahu mata pelajaran apa saja yang diinput pada sistem PDSS, kamu dapat langsung melihat statistik nilai dari mata pelajaran tersebut. Hal itu dapat menjadi bahan pertimbangan kamu untuk memilih jurusan.

Kamu dapat melihat nilai dari mata pelajaran yang diinput di laman PDSS untuk mengukur seberapa besar peluang lolos. Pastikan, nilai yang kamu lihat harus berelevansi dengan jurusan yang akan kamu daftarkan di SNMPTN. 

Contohnya, mata pelajaran matematika minat, fisika, kimia akan berelevansi dengan jurusan teknik kimia, teknik sipil. Lalu mata pelajaran matematika, ekonomi akan berelevansi dengan jurusan akuntansi. 

Ketiga, prestasi. Jika kamu pernah menang lomba OSN atau lomba yang berkaitan dengan jurusan yang ingin didaftarkan, hal tersebut akan menjadi nilai tambah kamu dalam meningkatkan peluang lolos SNMPTN. 

Pastikan semua berkas piagam atau sertifikat perlombaan yang kamu lampirkan juga harus relevan dengan jurusan yang kamu pilih di SNMPTN. Contohnya, ketika ingin mendaftar jurusan akuntansi kamu bisa melampirkan piagam lomba yang pernah kamu ikuti di bidang akuntansi seperti penghargaan OSN akuntansi, atau perlombaan yang berkaitan dengan ekonomi. 

Namun jika kamu tidak mempunyai piagam prestasi,  jangan berkecil hati! Bukan berarti kamu tidak akan lolos SNMPTN ya.

Baca Juga: Ketentuan Portofolio SNMPTN dan SBMPTN 2020

3. Pahami Persaingan

Data Penerimaan Siswa SNMPTN per Provinsi

Data Statistik Provinsi Siswa yang Paling Banyak Lolos SNMPTN 2020 (Sumber:  nasional.kontan.co.id)

Selanjutnya, hal yang paling penting adalah pastikan kamu benar-benar siap bersaing di SNMPTN dengan menganalisis data dan memperhitungkan nilai. 

Maksudnya apa tuh analisis data dan dan memperhitungkan nilai? 

Jadi, sebelum menetapkan hati untuk memilih jurusan dan universitas di SNMPTN lebih baik kamu perhatikan beberapa hal penting dulu. 

Pertama, kamu harus mencari jumlah riwayat alumni di sekolahmu yang berhasil lolos SNMPTN di tahun-tahun sebelumnya. Misalnya, pada tahun 2019 jumlah alumni yang lolos SNMPTN ada 30 siswa, lalu di tahun 2020 yang lolos SNMPTN menurun menjadi 25 siswa. Nah, kemungkinan besar peluang jumlah siswa yang lolos SNMPTN 2021 berada di range 25-30 siswa. 

Namun hal ini tidak bisa menjadi patokan resmi untuk mengetahui seberapa banyak siswa yang akan lolos SNMPTN tahun 2021 ini, mengingat jumlah kuota bisa saja lebih atau kurang dari tahun sebelumnya.

Hal kedua yang kamu harus diperhatikan adalah melihat riwayat alumni per jurusan dan universitas di sekolahmu untuk mengukur seberapa besar peluang lolos ke jurusan yang kamu pilih di SNMPTN. 

Misalnya, jumlah alumni tahun 2020 yang lulus SNMPTN jurusan kedokteran Universitas Indonesia ada 3 orang namun di tahun 2019 hanya 1 orang. Maka jumlah siswa yang mempunyai peluang lebih besar untuk lolos SNMPTN 2021 pada jurusan kedokteran UI adalah 1 sampai 3 siswa dengan nilai tertinggi. 

Ketiga, cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai statistik peluang lolos SNMPTN di setiap universitas dan per provinsi. Kamu bisa memeriksa data tahun 2020 untuk persentase jumlah pendaftar dan persentase jumlah kuota yang diterima SNMPTN pada setiap universitas dan provinsi tempat sekolah kamu berada. 

Jika kamu sudah menganalisis seberapa besar persentase kuota yang diterima pada tahun-tahun sebelumnya, maka kamu dapat mengevaluasi peluang kamu untuk lolos SNMPTN 2021.

Nah, setelah melihat dan membaca beberapa tips yang disampaikan oleh Kak Ripa AJP, kira-kira apakah kamu sudah siap untuk mengikuti SNMPTN? 

Pastikan kamu sudah mempersiapkan mental, jurusan yang akan didaftarkan, dan analisis peluang sebaik-baiknya agar kamu lebih percaya diri untuk menjadi siswa yang lolos SNMPTN tahun 2021! 

Ingat kamu harus tetap optimis dengan nilaimu, percaya bahwa rezeki tidak akan tertukar!

Jika kamu ingin mengetahui seberapa besar peluang kamu untuk lolos SNMPTN 2021, kamu bisa memeriksanya di aplikasi Ruangguru, lho!

Yuk tetap semangat dan jangan lupa terus belajar dengan Brain Academy Online untuk membantu kamu mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah nanti.


BA online

Sumber Gambar: 

Jadwal Alur SNMPTN 2021. Tautan: https://ltmpt.ac.id/?mid=4 (daring). (Diakses: 19 Januari 2021). 

Pangkalan Data Sekolah dan Siswa. Tautan:http://pengeloladatapendidikan.blogspot.com/p/pangkalan-data-sekolah-dan-siswa.html (daring). (Diakses: 19 Januari 2021). 

Data Statistik Provinsi Siswa yang Paling Banyak Lolos SNMPTN 2020. Tautan: https://nasional.kontan.co.id/news/siswa-jatim-tertinggi-lolos-snmptn-khofifah-prestasi-membanggakan (daring). (Diakses: 19 Januari 2021). 

Profile

Elisabeth Garnistia

Beri Komentar