Penting! Tips Meningkatkan Peluang Lolos di SNMPTN 2022

Pojok Kampus- Tips Lolos SNMPTN-01

Berbeda dengan UTBK, sistem penilaian SNMPTN dilakukan secara tertutup oleh LTMPT. Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar bisa lolos di SNMPTN?

---

OMG! 2 BULAN LAGI SNMPTN!

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur "undangan" selalu diminati siswa SMA maupun SMK. Selain gratis, SNMPTN tidak mengharuskan siswa untuk mengikuti ujian. Sayangnya, penilaian SNMPTN dilakukan secara tertutup nih. Nilai rapor disebut-sebut sebagai penentu utama. Padahal, masih ada faktor lain yang memberikan kamu peluang lebih supaya lulus di SNMPTN 2022. Apa saja? Ini dia rangkumannya!

 

1. Akreditasi dan Kurikulum Sekolah

Pertama, akreditasi sekolah. Kamu harus paham bahwa akreditasi mempengaruhi kuota siswa yang berhak mendaftar SNMPTN (eligible). Ketentuan dari Lembaga Penyelenggara Tes Perguruan Tinggi (LTMPT) mengenai kuota siswa eligible adalah sebagai berikut:

  1. Akreditasi A: 40 % terbaik di sekolahnya
  2. Akreditasi B: 25 % terbaik di sekolahnya
  3. Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya

Selanjutnya, kurikulum yang digunakan. SNMPTN hanya bisa diikuti oleh sekolah yang menerapkan kurikulum nasional. Jadi, kalau kamu berasal dari international school yang menggunakan kurikulum Cambridge atau IB, kamu belum diizinkan mendaftar SNMPTN. Tapi, tenang, kamu boleh kok ikut UTBK dan seleksi mandiri PTN lainnya.

 

2. Ranking Paralel

"Ranking 10 besar termasuk siswa eligible nggak?"

Pertanyaan seperti ini sering dilontarkan menjelang pendaftaran SNMPTN. Jangan salah kaprah ya, penentuan siswa eligible diambil dari ranking paralel, bukan ranking di kelas. Ranking paralel adalah ranking keseluruhan 1 angkatan IPA, IPS, SMK, atau Bahasa di sekolah kamu.

Contoh:

SMA Pemuda Pemudi memiliki akreditasi A dengan jumlah siswa IPA 150 orang dan IPS 150 orang. Berapa jumlah siswa yang eligible?

Jawab:

Karena akreditasi SMA Pemuda Pemudi A, maka kuota yang diperoleh sebanyak 40% untuk siswa IPA dan 40% untuk siswa IPS.

40% x 150 siswa IPA = 60

40% x 150 siswa IPS = 60

Artinya, ada 60 orang dari angkatan IPA dan 60 orang dari angkatan IPS yang berhak mendaftar SNMPTN.

Baca Juga: Jadwal, Tahapan, dan Syarat Pendaftaran SNMPTN 2022

Pemeringkatan atau penentuan ranking paralel dilakukan oleh sekolah dengan mempertimbangkan nilai mata pelajaran semester 1 sampai 5:

SMA IPA

Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia.

SMA IPS

Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

SMA Bahasa

Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Antropologi, Sastra Indonesia, dan salah satu Bahasa Asing.

SMK

Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Kompetensi Keahlian.

 

Apabila terdapat siswa yang memiliki persamaan nilai, maka sekolah berhak menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik. So, keputusan mengenai siswa eligible diatur oleh sekolah masing-masing ya.

 

3. Nilai Rapor

Setelah dinyatakan eligible, rapor dimasukkan ke dalam PDSS. Selanjutnya, penilaian diserahkan kepada LTMPT dan PTN yang bersangkutan secara tertutup. Pasti kamu bertanya-tanya, berapa sih nilai minimal agar lolos di SNMPTN?

Jawabannya: tidak ada nilai yang mutlak. Kamu hanya perlu meningkatkan prestasi akademik dari kelas 10 sampai 12 semester 1. Nggak harus drastis banget, asalkan naik dan cenderung stabil. Pokoknya, jangan sampai anjlok.

Selanjutnya, perhatikan relevansi antara nilai mapel dengan jurusan yang dipilih. Contoh, kamu mau masuk Akuntansi UNPAD, maka nilai Ekonomi yang menjadi penilaian utama dibanding mata pelajaran lainnya. Kalau nilai Ekonomi kamu malah menurun, pihak kampus bisa saja meragukan kemampuanmu di pelajaran tersebut.

tahapan pendaftaran SNMPTN 2022-1

 

4. Portofolio

Selain rapor, portofolio juga wajib dilampirkan oleh mereka yang memilih jurusan di bidang Seni, Fotografi, Olahraga, serta Film dan Televisi. Portofolio SNMPTN terdiri dari biodata siswa, deskripsi diri, hasil karya, dan surat pernyataan keaslian karya. Jika tidak melampirkan portofolio, otomatis kamu akan gugur dalam sistem penilaian SNMPTN 2022. Portofolio berfungsi sebagai bukti keterampilan siswa di suatu bidang. Siapkan dari jauh-jauh hari supaya kamu nggak repot saat pendaftaran nanti.

Baca Juga: Jadwal UTBK SBMPTN 2022 beserta Syarat, Materi Ujian, dan Biaya Tes

 

5. Sertifikat Tambahan (jika ada)

Lampiran sertifikat berpengaruh terhadap proses penilaian SNMPTN. Tapi ingat, sertifikat yang dicantumkan nggak boleh asal-asalan. Pastinya masih berhubungan dengan program studi yang diambil. Kamu bisa mencantumkan sertifikat tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, nasional, hingga internasional. Semakin tinggi tingkat penyelenggaranya, semakin banyak poin yang kamu dapatkan untuk lulus SNMPTN.

Jenis sertifikat yang dapat dilampirkan antara lain:

  • Sertifikat Ekstrakurikuler
  • Sertifikat Pelatihan (siswa SMK)
  • Sertifikat Karya Ilmiah dan Penelitian
  • Sertifikat Olimpiade, Debat, atau Cerdas Cermat
  • Sertifikat kegiatan atau perlombaan Olahraga, Seni Rupa, Seni Tari Olah Vokal, Seni Musik, Sastra, dan Drama

6. Pemilihan Jurusan

LTMPT menyarankan siswa untuk tidak lintas jurusan saat SNMPTN. Yup, setuju banget nih, Brainies. Sebab, penilaian SNMPTN bergantung pada mata pelajaran yang kita dapat selama di sekolah. Apa yang mau dinilai kalau program studinya nggak se-linear? Jadi, kalau kamu berasal dari kelas IPA pilihlah jurusan di fakultas Kedokteran, Teknik, Peternakan, atau Pertanian. Anak IPS bisa mendaftar ke jurusan Sastra Korea, Hukum, Manajemen, atau Administrasi Fiskal. Nah, buat lulusan SMK pilih program studi yang masih berhubungan dengan mapel yang kamu pelajari di sekolah. 

Baca Juga: 7 Cara Menemukan Jurusan Kuliah yang Tepat Sebelum Terlambat

Hal yang nggak kalah penting selanjutnya, yaitu: RISET. Gali informasi sebanyak-banyaknya seputar mata kuliah, peluang kerja, jumlah pendaftar, dan daya tampung jurusan yang kamu tuju. Cara liatnya gimana, Kak? Ada di link ini ya. Kamu bisa liat tuh perbandingan siswa yang mendaftar dengan yang diterima di program studi tersebut. Kalau persaingannya terlalu ketat, kamu bisa kok memilih jurusan yang sepi peminat.

data ketetatan jurusan SNMPTN

Data Keketatan Pendaftar Akuntansi UNPAD (Sumber: LTMPT.ac.id)

 

7. Pemilihan Kampus dan Indeks Sekolah

"Boleh nggak pilih PTN di luar provinsi?"

Jika memilih 2 program studi, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah asal. Kalau cuma 1 prodi, kamu bebas mendaftar ke PTN manapun. Tetapi, aku menyarankan untuk fokus di pilihan ke 1 saja, karena jumlah peserta yang lolos di pilihan ke 2 hanya 10% dari keseluruhan siswa yang diterima SNMPTN. 

Selain itu, ada beberapa PTN yang menolak dijadikan pilihan ke 2 di SNMPTN. Seperti UI, UGM, UB, UNS, UNAIR, UNPAD, ITB, IPB, UNDIP, ITS, UNHAS, UNNES, USU, dan kampus negeri lain yang berada di klaster 1. Alasannya, mereka lebih memprioritaskan peserta yang memilih di pilihan pertama. Tapi tenang, aturan ini hanya berlaku di SNMPTN. Jadi, jangan sampai salah strategi ya! 

jumlah peserta yang lolos snmptn 2021

Malu bertanya sesat di jalan. Menjelang SNMPTN, rajin-rajin deh ngobrol sama guru BK. Tanyakan persebaran alumni yang diterima di SNMPTN tahun sebelumnya. Berapa orang yang daftar UI, UGM, atau UNJ? Mereka pilih jurusan apa sih? Terus presentase diterimanya berapa persen? Hal ini memudahkan kamu dalam menyusun strategi yang tepat. Jangan berkecil hati apabila belum ada alumni yang lolos di PTN idaman kamu.  Masih ada UTBK dan jalur mandiri kok.

Download Kitab UTBK!

 

8. Alumni Sekolah

Beberapa perguruan tinggi melihat prestasi alumni sebagai bahan pertimbangan sebelum meloloskan peserta SNMPTN. Misalnya, kakak kelas kamu lolos di UB jurusan Bioteknologi. Akan tetapi, selama kuliah, prestasinya tidak seperti yang diharapkan. Pihak kampus bisa saja mengurangi kuota siswa untuk lolos di SNMPTN tahun berikutnya. Selain itu, biasanya ada kakak kelas yang menolak daftar ulangpadahal sudah diterima. Nah, yang kayak gini bikin sekolah kamu di-blacklist oleh perguruan tinggi. Ibaratnya, kampus sudah memberi kesempatan, eh malah disia-siakan.

---

Apabila dinyatakan lulus SNMPTN, kamu tidak diizinkan untuk mengikuti UTBK-SBMPTN lho. Jadi, jangan asal memilih jurusan ya! Kalau ragu, kamu bisa menggunakan fitur Rasionalisasi SNMPTN yang terdapat di aplikasi Ruangguru. Cukup masukkan nilai rapor dan sistem akan memberikan prediksi peluang masuk universitas dan prodi yang dituju⁣.

BA offline

Referensi:

SNMPTN 2022 [Daring]. Tautan: https://ltmpt.ac.id/?mid=4#a3 

Sosialisasi dan Tanya Jawab SNMPTN 2022 [Daring]. Tautan: http://www.youtube.com/watch?v=FSzoUlPSZRg

PTN Klaster 1 [Daring]. Tautan: https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/05/01/2021/sebelum-daftar-snmptn-dan-utbk-sbmptn-ini-ptn-teratas-di-indonesia/ 

(diakses 23-26 Desember 2021)

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!