Jurusan Ilmu Ekonomi, Nggak Kalah Keren dari Manajemen dan Akuntansi!

Jurusan Ilmu Ekonomi

Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi akan belajar mata kuliah sosial dan sains. Makanya, prospek kerjanya terbilang luas dan menjanjikan, lho!

Kalau ngomongin rumpun Soshum, kita nggak bakal bisa melewatkan Jurusan Ilmu Ekonomi. Jurusan yang katanya punya prospek kerja menjanjikan dan mata kuliah yang sama saja dengan Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi. Benarkah? Hmm coba baca artikel ini dulu deh, yuk!

Apa Itu Jurusan Ilmu Ekonomi?

Jurusan Ilmu Ekonomi adalah jurusan yang mempelajari strategi pengelolaan sumber daya dengan mempertimbangkan efisiensinya dalam mencapai kesejahteraan. Sumber daya yang dimaksud nggak cuma tentang uang atau biaya, tetapi juga sumber daya alam, waktu, bahkan tenaga. 

Nah, seluruh sumber daya yang terbatas tersebut harus dikelola agar bisa memenuhi kebutuhan manusia yang nggak ada batasnya. Itulah tugas lulusan jurusan ini.

Di Jurusan Ilmu Ekonomi, kamu nggak melulu memikirkan cuan, cuan, dan cuan, Brainies. Namun, kamu juga akan dibentuk menjadi seseorang yang melek terhadap fenomena-fenomena terkait ekonomi, baik pada skala makro maupun mikro. 

Apa Itu Ekonomi Makro dan Mikro?

Begini, Brainies, lingkup kajian Ilmu Ekonomi sebetulnya terbagi menjadi ekonomi makro dan ekonomi mikro. Bahasan ekonomi makro mencakup pada fenomena ekonomi negara hingga dunia, sedangkan ekonomi mikro memiliki pandangan yang berpusat pada individu hingga perusahaan.

Nah, ketika menemukan fenomena ekonomi pada skala tersebut, kamu sebagai lulusan Jurusan Ilmu Ekonomi diharapkan akan mampu menganalisis penyebab, akibat, hingga mencari solusinya. Gimana uwaw banget nggak tuh?

Baca Juga: Ingin Gelar Sarjana Ganda? 7 Kampus Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu!

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Ekonomi

Ada sebagian orang yang berpikir mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Ilmu Ekonomi sama saja dengan Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi. Hmm, nggak sepenuhnya salah sih karena di Jurusan Ilmu Ekonomi kamu juga belajar mata kuliah Pengantar Manajemen dan Pengantar Akuntansi.

Eits, tapi secara keseluruhan mata kuliah dari ketiga jurusan itu nggak sama persis kok. Sebab fokus studi ketiganya pun saling berlainan, Brainies. Jadi, jangan sampai kalian berpikir ketiganya sama saja, ya.

Oke, lanjut ke pembahasan mata kuliah Jurusan Ilmu Ekonomi. Selain belajar dua pengantar tadi, di jurusan ini kamu juga akan menerima mata kuliah Pengantar Ekonomi dan Pengantar Bisnis. Makanya, bakal banyak banget materi terkait ekonomi yang akan kamu pelajari ke depannya.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Ekonomi

Oh iya, di jurusan ini kamu juga akan bertemu dengan Matematika Ekonomi dan Statistika Ekonomi. Jadi, jangan harap deh kamu bisa buru-buru “pamit” kepada angka, rumus, dan pengolahan data. Hehe.

Fyi, Matematika perlu dipelajari karena dibutuhkan untuk menganalisis statis dan komparatif statis dalam teori ekonomi. Sementara Statistika dipelajari agar pengambilan keputusan di bidang ekonomi mudah dilakukan melalui pengolahan data.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Jurusan Ilmu Politik dengan Ilmu Pemerintahan

Selain itu, kamu juga akan belajar ekonomi dilihat dari aspek Sosiologi dan Hukum, lho. Hal ini dikarenakan ekonomi erat kaitannya dengan masyarakat beserta kebijakan suatu negara yang menjadi tempat tinggalnya. Pokoknya, di Jurusan Ilmu Ekonomi kamu akan belajar berbagai Ilmu sosial dan sains deh, Brainies.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Ekonomi

Setelah lulus dari Jurusan Ilmu Ekonomi, kamu bakal kerja apa? Wah, banyak Brainies pekerjaan menjanjikan untuk lulusan jurusan ini. Apalagi permintaan akan sarjana Jurusan Ilmu Ekonomi cukup tinggi di berbagai bidang pekerjaan. Makanya, kamu nggak perlu deh tuh sampai merasa khawatir berlebihan.

Prospek kerja lulusan Jurusan Ilmu Ekonomi bisa menjangkau berbagai lingkup pekerjaan, mulai dari pemerintahan, swasta, hingga individu. Yaps, luas banget ‘kan, Brainies, prospek kerjanya?

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Ekonomi

Kampus dengan Jurusan Ilmu Ekonomi Terbaik di Indonesia

Siapa sih yang nggak mau masuk ke kampus dengan Jurusan Ilmu Ekonomi terbaik di Indonesia? Apalagi terbaiknya itu berdasarkan hasil pemeringkatan perguruan tinggi di seluruh dunia versi THE WUR 2021. Wih, apa saja ya kampusnya?

  1. Universitas Gadjah Mada (peringkat 501–600)
  2. Universitas Indonesia (peringkat 501–600)
  3. Institut Teknologi Bandung (peringkat +601)
  4. Universitas Brawijaya (peringkat +601)
  5. Universitas Diponegoro (peringkat +601)
  6. Universitas Padjadjaran (peringkat +601)

Nah, itulah info mata kuliah, prospek kerja, dan kampus terbaik Jurusan Ilmu Ekonomi di Indonesia. Gimana, kamu udah siap buat bersaing masuk ke jurusan ini? Biar persiapanmu makin matang, coba klik banner Brain Academy Online di bawah, ya. Setelahnya, kamu bisa mengikuti live teaching interaktif dan mendiskusikan tugas sekolah melalui fitur Klinik PR, lho!

BA online - Brain Academy

Referensi:

Kurikulum Ilmu Ekonomi [Daring]. Tautan: https://feb.ugm.ac.id/id/pendidikan/program-studi/program-sarjana/kurikulum-ilmu-ekonomi

Kurikulum Deskripsi Mata Kuliah [Daring]. Tautan: https://ekbang.unpar.ac.id/kurikulum-2/

6 Kampus Jurusan Ekonomi-Bisnis Terbaik Indonesia Versi THE WUR 2021 [Daring]. Tautan: https://feb.ub.ac.id/id/6-kampus-jurusan-ekonomi-bisnis-terbaik-indonesia-versi-the-wur-2021.html

(Diakses 20 September 2021)

Tri Janarti