Jurusan Sastra Korea dan Prospek Kerja Buat Kamu Pecinta K-pop dan K-drama!

Jurusan Bahasa Korea

Buat kamu pecinta K-pop dan K-drama, artikel ini cocok untuk kamu yang ingin kuliah di jurusan Bahasa Korea. 

--

Siapa di antara kamu yang suka BTS, NCT atau BlackPink? Atau suka Crash Landing on You, Itaewon Class dan It’s OK to Not Be OK? Buat kamu para penggemar K-pop maupun K-drama yang tertarik untuk belajar bahasa dan kebudayaan korea saat kuliah, kamu bisa memilih jurusan Bahasa Korea, lho! Lebih serunya lagi, kamu bakal belajar semua tentang Korea, mulai dari bahasa, kebudayaan tradisional hingga populer di Korea.

Apa sih jurusan Bahasa Korea? 

Jurusan Bahasa Korea itu sendiri adalah jurusan yang mempelajari dan mendalami tentang kebudayaan Korea. Tapi, sebelum mempelajari budaya korea, pasti kamu diharuskan untuk menguasai bahasa Korea terlebih dahulu. Mulai dari cara bicara, dialek, mendengar, membaca maupun menulis. Lalu barulah kamu mempelajari sejarah dan kebudayaan korea yang sudah ada lebih dari 4.000 tahun lalu. 

Mengapa memilih jurusan bahasa korea?

Saat ini tren budaya Korea lagi marak-maraknya hampir di seluruh penjuru dunia. Hampir semua orang suka nonton drama Korea, dengerin musik Korea maupun memakai produk kecantikan dari Korea. Hallyu atau gelombang budaya pop Korea telah mendunia dan salah satu produk Hallyu yang paling sukses adalah SNSD dan Psy. Jika kamu memiliki ketertarikan terhadap budaya Korea, baik tradisional maupun pop, memilih jurusan ini akan cukup menyenangkan sekaligus menantang untuk kamu.

Baca juga: Ternyata ini 5 Jurusan Kuliah Tersulit di Indonesia! Ada Pilihan Kamu? 

Apa aja mata kuliah yang diambil?

Jika kamu memilih jurusan bahasa Korea, pastinya kamu akan mendapatkan banyak mata kuliah yang berkaitan dengan kebudayaan dan bahasa Korea. Berikut adalah beberapa contoh mata kuliah yang akan kamu dapat jika mengambil jurusan bahasa Korea: Bacaan Bahasa Korea, Pengantar Sejarah Korea, Tata Bahasa Korea, Menulis Bahasa Korea, Masyarakat & Kebudayaan Korea, Sejarah Korea Modern dan Pengkajian Drama Korea.

PTN mana saja yang memiliki jurusan bahasa Korea?

Di Indonesia sebenarnya masih sedikit Universitas yang menyediakan jurusan bahasa Korea. Tapi jangan khawatir! Ada beberapa PTN yang menyediakan jurusan bahasa Korea, lho! Yang pertama adalah Universitas Gadjah Mada. Jurusan bahasa Korea di UGM memiliki nama Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea, dengan akreditasi A. Yang kedua adalah Universitas Indonesia. Jurusan bahasa Korea di UI juga memiliki nama Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea dan dengan akreditasi A. Yang ketiga adalah Universitas Pendidikan Indonesia. Namun, tidak seperti UI dan UGM, UPI masih terakreditasi B. 

Akreditasi Jurusan Bahasa Korea

Prospek Kerja Jurusan Bahasa Korea

Beberapa tahun belakangan ini, kebudayaan Korea semakin populer. Dengan begitu peluang kerja bagi lulusan jurusan ini p un sangat terbuka lebar. Kamu dapat menemukan berbagai macam peluang untuk berkarir. Lulusan bahasa korea dapat bekerja di berbagai bidang mulai dari media hingga perusahaan multinasional asal Korea seperti Samsung. Profesi yang bisa dipilih pun beragam, seperti penerjemah, pemandu wisata, penulis teknis, content writer hingga content creator.

---

Nah, itu dia sedikit pengetahuan tentang jurusan bahasa Korea serta prospek kerjanya. Adakah Universitas atau pekerjaan yang menjadi incaran mu? Kalau ada, artinya kamu harus memiliki persiapan yang matang untuk mendapatkannya. Untuk kamu yang ingin masuk PTN favorit seperti UI dan UGM, kamu harus mempersiapkan diri dengan cara mengikuti bimbel online interaktif di Brain Academy.  Brain Academy memiliki banyak fitur seperti klinik PR, modul belajar, dan masih banyak fitur lainnya. Ada juga paket super intensif UTBK, lho! 

BA online

Referensi:

Prodjo, Wahyu Adityo. (2019), Suka K-Pop? Jurusan Sastra Korea Mungkin Cocok buat Kamu, Ini Penjelasannya [Daring]. Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/06/17122111/suka-k-pop-jurusan-sastra-korea-mungkin-cocok-buat-kamu-ini-penjelasannya?page=all. Diakses pada 13 April 2021.

Profile

Ratu Kanaya Thalita Mirza

Beri Komentar