Mau Kuliah Jurusan Hukum? Kenali Dulu Apa yang Dipelajari Sampai Prospek Kerjanya!

Ratu Kanaya Thalita Mirza Mei 25, 2021 • 5 min read


header_jurusan_hukumArtboard_1

Artikel ini membahas tentang jurusan hukum, mulai dari pelajaran yang didapat, prospek kerja, sampai PTN mana saja yang menyediakan jurusan ini. 

--

Hai Brainies! Kali ini, kita mau bahas jurusan Hukum, nih. Salah satu jurusan soshum yang banyak peminatnya. Pasti kamu udah familiar sama jurusan ini, kan? Apa lagi, belakangan ini ada drama korea yang lagi ramai, yang juga berlatar jurusan Hukum, yaitu Law School. Pasti nggak sedikit yang terinspirasi mau masuk jurusan Hukum gara-gara drakor ini.

IMG_7649

Drama Korea Law School (Sumber: Netflix)

Di drakor ini Kim Bum ganteng banget, ya! Eh, bukan bukan, bukan itu yang mau kita bahas. Kita mau bahas jurusan Hukumnya. Pada opening scene drakor ini, kita langsung dikasih liat simulasi persidangan. Ternyata oh ternyata, di jurusan Hukum, simulasi persidangan jadi mata kuliah wajib di semester akhir, lho. 

Tapi, sebelum kamu menempuh mata kuliah simulasi persidangan, kamu harus lulus mata kuliah prasyarat seperti hukum pidana, perdata hingga hukum acaranya. Karena itu menjadi acuan jalannya persidangan. Sebelum bahas lebih jauh, kita kenalan dulu yuk sama jurusan hukum.

Apa itu jurusan Hukum?

Dalam hukum ada istilah Ubi Societas Ibi Ius, yang artinya di mana ada masyarakat di situ ada hukum. Hampir semua aspek kehidupan kita diatur oleh hukum. Mulai dari belajar di sekolah, bekerja di kantor, berbelanja di supermarket sampai tindak kriminal atau kejahatan. 

Singkatnya, di jurusan hukum, kamu diharuskan untuk mempelajari lebih rinci mengenai suatu aturan atau hukum yang diterapkan dalam masyarakat. Selain itu, subjek utama pada jurusan Hukum adalah ilmu sosial dan kemanusiaan. Buat kamu yang jago menganalisis, mampu memecahkan berbagai macam masalah dengan baik, ataupun berpengetahuan luas, mungkin jurusan ini cocok buat kamu.

Kuliah hukum belajar apa aja?

“Ah males, kuliah jurusan hukum cuma belajar dan ngafalin pasal dan undang-undang doang.” 

Nggak gitu konsepnya, Bun. Malah, hal yang paling penting dan harus dikuasai anak hukum adalah berpikir kritis. Kalau cuma tahu bunyi pasal, kamu bisa baca undang-undang. Tapi, dengan berpikir kritis, kamu bisa melihat suatu isu dari banyak perspektif. Nah, cara biar bisa berpikir kritis, kamu harus punya wawasan yang luas. Salah satu caranya harus banyak baca, guys.

Sama kayak jurusan yang lain, di awal perkuliahan atau semester 1 kamu akan belajar pengantar terlebih dahulu. Kamu akan dapat mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum, Pengantar Hukum Indonesia, dan sebagainya. Lalu, pada semester lanjut, kamu akan menentukan jurusan antara Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Internasional, dan lain sebagainya.

infografik_jurusan_hukumArtboard_1

Banyak juga yang bilang,

“Enak ya anak hukum bebas dari itung-itungan.”

Hei, kata siapa? Anak hukum tetap ngitung, kok. Soalnya, ada hitung-hitungan dalam hukum waris, urusan jual beli, sampe pembagian harta gono-gini. Yang pastinya harus ketemu rumus dan angka, dong. 

Prospek kerja jurusan hukum 

“Kuliah jurusan hukum setelah lulus jadi pengacara doang, ya?”

Ya nggak dong, bro and sis. Kamu bisa banget jadi pengacara kayak Hotman Paris, tapi selain pengacara juga banyak kok prospek kerja lulusan hukum. Nih, kamu bisa jadi Hakim atau Jaksa. Jaksa biasanya bertugas menyampaikan dakwaan juga tuntunan dalam pengadilan. Sedangkan Hakim memiliki tanggung jawab yang besar, karena bertugas menentukan keadilan bagi terdakwa di pengadilan.

Baca juga: Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan Ilmu Komunikasi, Yuk!

Selain Hakim dan Jaksa, kamu juga bisa jadi konsultan. Sama seperti pekerjaan konsultan lainnya, konsultan hukum juga diperlukan untuk mengurus keperluan hukum dari perusahaan maupun perorangan. Jadi, lulusan hukum pasti sangat dibutuhkan. 

Selain itu, kamu juga bisa jadi Legal Officer, yaitu bertugas untuk mengurus dokumen yang berkaitan dengan hukum, mulai dari surat aset, surat perjanjian kerja, kontrak kerja, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa jadi notaris. Profesi ini juga jadi salah satu yang cukup populer, lho. Notaris umumnya memiliki tugas untuk membuat akta autentik dan juga menjadi saksi penandatanganan pada dokumen. 

Gaji Lulusan Hukum

Seperti yang kamu tahu, jurusan hukum memiliki prospek kerja yang menjanjikan dan cerah, secerah muka artis Korea. Pantes aja peminatnya setiap tahun semakin banyak.

Kampus dengan jurusan Hukum

Di Indonesia, jurusan hukum bukan jurusan yang jarang ditemui. Nah, kalau kamu tertarik, berikut adalah beberapa kampus yang punya jurusan hukum yang terakreditasi A:

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Sriwijaya
  • Universitas Udayana
  • dan masih banyak lagi

Gimana Brainies, apakah kamu tertarik untuk mengambil jurusan Hukum? Jika iya, kamu harus mempersiapkan diri karena saingan kamu banyak, lho! Tapi ga usah khawatir, kamu bisa mempersiapkan diri dengan bergabung di Brain Academy Online! Ada berbagai fitur yang bisa mengasah skill akademik kamu, lho!

BA online

Referensi

Ramdani, Dani (2021), Kesan Pertama Anak Hukum Nonton Drama Korea "Law School" [daring]. Tautan: https://www.kompasiana.com/daniram/60946e748ede483655432092/kesan-pertama-anak-hukum-nonton-drama-korea-law-school?page=all. DIakses pada 24 Mei 2021.

Lifepal (2020),  Prospek Kerja Jurusan Hukum dan Besaran Gajinya [daring]. Tautan: https://lifepal.co.id/media/prospek-kerja-jurusan-hukum-dan-besaran-gajinya/. DIakses pada 24 Mei 2021.

Profile

Ratu Kanaya Thalita Mirza

Beri Komentar