Mengenal Jurusan Teknik Informatika, Belajar Apa Saja Sih?

jurusan teknik informatika

Jurusan Teknik Informatika adalah salah satu jurusan IPA yang paling diminati. Tertarik untuk kuliah di jurusan ini? Yuk simak perkenalannya berikut ini!

Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan yang tidak pernah sepi peminat. Malah, peminat jurusan ini selalu meningkat setiap tahunnya. Persaingan untuk bisa masuk jurusan ini juga sangat ketat, bahkan Fakultas Kedokteran yang dianggap sebagai jurusan terfavorit ‘pun mulai tergeser oleh Jurusan Teknik Informatika. Wajar saja jika Jurusan Teknik Informatika ini adalah jurusan teknik terbaik di tahun 2022.

Buat kamu yang penasaran tentang Jurusan Teknik Informatika dan bertanya-tanya, sebenarnya jurusan ini belajar apa saja ‘sih? Lalu ketika lulus nanti, apakah peluang kerjanya menjanjikan? Semua akan dijawab di artikel ini. So, simak sampai akhir ya!

 

Apa itu Teknik Informatika?

Teknik Informatika adalah suatu bidang studi yang melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer dan menggunakan prinsip dan proses logika.

Lebih jelasnya lagi, Jurusan Teknik Informatika mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer.

belajar tentang programming di jurusan teknik informatikaJurusan Teknik Informatika mempelajari tentang perangkat lunak pada komputer (hitekno.com)

 

Apa Bedanya Jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi?

Mungkin beberapa dari kamu ada yang masih bingung untuk membedakan ketiga jurusan tersebut. Nah, supaya nanti, ada baiknya kamu ketahui perbedaan ketiga jurusan tersebut.

Di Jurusan Teknik Informatika, kamu akan lebih mempelajari tentang pengolahan data pada komputer melalui proses logika. ​​Jadi, mata kuliah yang akan kamu temui lebih berkutat pada programming, teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak.

Kemudian untuk Jurusan Teknik Komputer, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu berkutat dengan perangkat keras komputer (hardware). Selain belajar tentang bagian-bagian dari komputer, mahasiswa juga akan bermain dengan microcontroller, yakni otak dari komputer.

Jika Teknik Informatika lebih menekuni software dan Teknik Komputer lebih menekuni hardware, maka tidak demikian dengan Sistem Informasi. Bisa dikatakan, Jurusan Sistem Informatika hampir mirip dengan Teknik Industri yang menggabungkan antara bidang manajemen dan teknis.

Di Jurusan Sistem Informasi, kamu akan mendapat dua ilmu gabungan antara manajemen dan ilmu komputer. Bagi kamu yang tertarik dengan kegiatan yang lebih bersifat ‘sosial’ dengan interaksi kepada manusia lain, tetapi juga memiliki ketertarikan terhadap ilmu komputer, maka jurusan inilah yang tepat untuk kamu.

Baca Juga: Yuk Intip Jurusan Langka di Indonesia dan Prospek Karirnya

 

Belajar Apa Saja di Jurusan Teknik Informatika?

Dengan memilih untuk berkecimpung di bidang Teknik Informatika, artinya kamu juga sudah siap untuk mengikuti kuliah yang akan menuntut kecerdasan logika kamu. Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika akan diajarkan tentang pemrograman (programming), pengembangan perangkat lunak (software), dan teknologi jaringan komputer. So, dasar matematika dan kemampuan analisis yang kuat wajib dimiliki untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam membuat suatu program.

Mata kuliah yang diajarkan di jurusan Teknik Informatika bisa dibilang menantang. Sebagai contoh, di Jurusan Teknik Informatika UNPAD, pada semester awal saja mahasiswa sudah bertemu dengan mata kuliah seperti Pengantar Teknologi Komputer dan Informatika, Kalkulus, Algoritma dan Pemrograman, Sistem Database, Artificial Intelligence (AI), dan Analisis Algoritma.

Kemudian pada empat semester akhir perkuliahan, mahasiswa akan belajar tentang Rekayasa Perangkat Lunak, Data Warehouse, Data Mining, dan Teori Bahasa dan Automata. Selain mata kuliah wajib tersebut, kamu juga dapat memilih mata kuliah sesuai dengan peminatan yang dipilih. Pada semester akhir ini juga, mahasiswa mendapat kesempatan untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari melalui magang atau Kuliah Kerja Nyata (KKN).

kurikulum jurusan teknik informatika

mata kuliah peminatan jurusan teknik informatika

Di beberapa perguruan tinggi, jurusan Teknik Informatika dapat berada di bawah naungan Fakultas Teknik atau Fakultas Ilmu Komputer. Itu sebabnya, kamu bisa memperoleh gelar S.T atau S.Kom, tergantung dari kampus mana kamu berasal.

 

Lulusan Teknik Informatika Kerja Apa?

Bagaimana dengan prospek karir jurusan Teknik Informatika? Tidak perlu khawatir, sebab lulusan dari Jurusan Teknik Informatika sangat dicari dan dibutuhkan oleh segala jenis perusahaan. Selain prospek kariernya yang luas, gaji yang ditawarkan juga biasanya relatif tinggi, lho! Apalagi di era digital seperti sekarang, peningkatan penerapan teknologi informasi di berbagai bidang industri justru membuka peluang kerja bagi para lulusan Teknik Informatika. Gajinya nggak main-main lho, berkisar di angka 8 juta hingga puluhan juta rupiah per bulan!

Berikut ini beberapa profesi yang dapat kamu pilih sebagai lulusan Teknik Informatika:

 

1. Programmer

Pekerjaan ini berkaitan erat dengan segala jenis perkembangan teknologi. Programmer atau pemrogram komputer memiliki tanggung jawab untuk menulis kode-kode (coding) suatu software atau aplikasi. Seorang programmer harus menguasai bahasa pemrograman serta handal dalam menggunakannya.

 

2. Data Scientist

Beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang data scientist yaitu data mining, scripting dan programing, dan kemampuan statistik yang kuat. Sehingga, data scientist atau ilmuwan data bisa menjadi salah satu karier pilihan untuk lulusan teknik informatika.

Seorang data scientist bertanggung jawab dalam mengumpulkan, mengolah, serta menganalisis data untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk mengambil suatu keputusan. Hingga kini, seorang data scientist masih tergolong langka, padahal permintaan tenaga kerjanya sudah sangat tinggi.

Baca Juga: Jurusan Sains Data, Prodi Primadona di Era Digital?

 

3. Web Developer

Pengembang web atau yang dikenal juga sebagai web developer merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati. Seorang web developer bertugas untuk membangun website atau sistem web, mulai dari mengatur domain, membuat basis data, hingga mendesain, mengembangkan, dan memelihara situs web. Seorang web developer dapat juga bekerja sendiri sebagai freelancer yang mengerjakan proyek berdasarkan permintaan klien.

 

4. Mobile Application Developer

Pekerjaan seorang mobile application developer adalah membuat, menguji, dan memprogram aplikasi khusus untuk smartphone di berbagai sistem operasi. Untuk menjadi seorang mobile application developer, kamu perlu mempelajari bahasa pemrograman dan software development environment untuk platform yang dipilih.

 

5. System Analyst dan System Integrator

Lulusan teknik informatika juga dapat melakukan analisis terhadap sistem dalam satu instansi atau perusahaan, dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak. Seorang system analyst biasanya akan diminta untuk melakukan pengecekan, mulai dari system definition, database, hingga perangkat keras yang digunakan dalam suatu sistem.

 

6. Web Engineer atau Web Administrator

Seorang web engineer atau web administrator berperan dalam merancang, membangun, mengembangkan, sekaligus memelihara website serta berbagai layanan dan fasilitas yang berjalan di dalamnya.

 

7. Game Developer

Buat kamu yang suka bermain game, karier sebagai game developer bisa jadi pilihan yang cocok. Bekal yang diperoleh di perkuliahan seperti computer graphic dan human computer bisa membantu seorang game developer  untuk mendesain dan membuat video game dalam berbagai bentuk konsol.

Selain ketujuh karier di atas, lulusan Teknik Informatika juga dapat bekerja sebagai pengajar, atau bekerja untuk Lembaga Penelitian yang ada seperti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), dan juga Badan Penelitian dan Pengembangan di perusahaan.

prospek karier jurusan teknik informatika

 

Kampus dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Buat kamu yang tertarik untuk masuk Jurusan Teknik Informatika, berikut ini beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia dengan Jurusan Teknik Informatika terbaik dan terakreditasi A oleh BAN-PT. Yuk catat!

Baca Juga: Jadwal SMUP UNPAD 2022 Beserta Syarat dan Daya Tampung

Meskipun persaingan untuk masuk jurusan impian kamu sangat ketat, tidak berarti ‘gak bisa kamu tembus. Selama kamu tetap belajar dengan giat dan terus berjuang, pasti akan ada jalan menuju jurusan impian! Seperti jurusan Teknik Informatika ini. Nah, Biar belajar kamu semakin maksimal, ayo bergabung dengan Brain Academy! Bimbel bersama STAR Master Teacher yang seru dan keren abis, dijamin kamu jadi semakin semangat untuk belajar!

IDN CTA Blog Brain Academy Center

Referensi:

Mengenal Jurusan Teknik Informatika. [Daring]. Tautan: https://www.teknik.unpas.ac.id/blogs/mengenal-jurusan-teknik-informatika/. Diakses 28 Juni 2022.

Kurikulum Teknik Informatika UNPAD. [Daring]. Tautan: https://informatika.unpad.ac.id/. Diakses 27 Juni 2022.

Sumber Gambar:

Jurusan Teknik Informatika mempelajari tentang perangkat lunak pada komputer. [Daring]. Tautan: https://www.hitekno.com/internet/2020/11/07/141500/samakan-laptop-anak-it-di-drakor-netizen-beda-di-muka-doang. Diakses 27 Juni 2022.

Tiara Syabanira Dewantari