Lulusan SMK? Ini Jurusan Kuliah yang Tepat Untukmu

Salsabila Nanda Agu 8, 2021 • 7 min read


 

BA_-_Jurusan_Kuliah_buat_Anak_SMK-01

7 jurusan kuliah ini cocok buat lulusan SMK. Kenali mata kuliah, prospek kerja, dan seleksi PTN untuk anak SMK.

---

“Lulus SMK pengen kuliah deh, tapi bingung jurusan apa. Anak SMK bisa ikut SNMPTN atau UTBK nggak sih?

Pertanyaan tadi mungkin terlintas di pikiran kamu. Banyak siswa SMK yang ingin melanjutkan studi ke universitas daripada bekerja. Tapi masalahnya, jurusan apa yang cocok buat anak SMK? Lebih baik linier atau lintas jurusan? Simak artikel ini sampai habis ya!

Tips Memilih Jurusan untuk Siswa SMK

1. Pilih jurusan yang linear

Jurusan linear memberikan kesempatan lebih besar bagi kamu yang mendaftar SNMPTN. Karena sistem penilaian SNMPTN dilihat dari rata-rata nilai rapor. Khusus siswa SMK, terdapat 4 mata pelajaran yang menjadi fokus utama penilaian, yaitu; Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Kompetensi Keahlian Jurusan. 

Kalau pas SMK kamu ambil Akuntansi, maka sebaiknya mendaftar di jurusan yang sama saat SNMPTN. Sayang, kan, kalau nilai mapel Akuntansi kamu nggak dipakai karena memilih jurusan lain.

2. Pilih jurusan dengan rumpun yang sama

"Ah, kayaknya aku nggak pengen kuliah Akuntansi. Gimana dong?"

Ya nggak apa-apa sih, tapi jangan terlalu berharap di SNMPTN ya. Ingat, SNMPTN itu hanya 1 dari banyaknya jalur seleksi yang bisa kamu coba. Kalau masih berharap, pilih jurusan dengan rumpun yang sama atau mapel yang mirip-mirip. Misalnya Perbankan, Perpajakan, atau Manajemen.

Jalur masuk PTN untuk siswa SMK

3. Daftar seleksi mandiri vokasi

Selain program S1, beberapa kampus negeri juga mempunyai program vokasi atau diploma lewat prestasi rapor. Contoh seleksi mandiri vokasi yaitu PPKB UI, Undangan Seleksi Masuk (USMI) IPB, dan Penerimaan Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) Undip.

Baca Juga: Mendingan Kuliah D3 atau S1?

4. Jika lintas jurusan, sisihkan waktu untuk belajar materi UTBK dan Ujian Mandiri

Lintas jurusan itu bukan dosa besar, siapapun boleh melakukannya. Jadi, nggak perlu takut diomongin temen sekelas karena pindah jurusan. Cicil materi UTBK dan ujian mandiri sedikit demi sedikit. Kuasai konsep, rumus, dan berlatih soal sampai kamu paham. 

5. Pilih jurusan yang banyak prakteknya

Anak SMK terbiasa dengan praktek. Nah, biar nggak bosan pas kuliah nanti, kamu disarankan untuk memilih jurusan yang memiliki bobot praktikum lebih banyak dibanding teori. Jenjang D3, D4 atau S1 Terapan jadi pilihan tepat untuk kamu. 

Rekomendasi Jurusan Kuliah Buat Anak SMK

Kira-kira jurusan kuliah apa aja ya yang cocok buat siswa SMK? 7 jurusan di bawah ini memiliki mata kuliah menarik, prospek kerja menjanjikan, serta banyak prakteknya lho. Pas banget buat anak SMK!

1. DKV

Desain Komunikasi Visual (DKV) mempelajari konsep komunikasi dengan menggunakan elemen visual untuk menyampaikan pesan. Mata kuliahnya terdiri dari dasar seni rupa, tipografi, visual branding, hingga copywriting. Lulusan DKV bisa bekerja di ahensi periklanan, production house, atau lembaga pemerintahan seperti BEKRAF.

2. Teknik Informatika

Kebayang nggak sih bisa bikin aplikasi sendiri? Yuk, pilih Teknik Informatika! Di dalamnya kamu bakal ketemu mata kuliah bahasa pemrograman, algoritma komputer, serta kecerdasan buatan. Cocok buat anak SMK yang seneng praktek dibanding teori.  Kamu bisa jadi software engineer, konsultan IT, programmer di perusahaan swasta maupun pemerintahan.

3. Farmasi

Yup, industri kesehatan lagi berkembang pesat nih. Apalagi sekarang muncul start-up yang menawarkan layanan konsultasi medis dan pembelian obat secara online. Mata kuliah Farmasi antara lain Farmasetika, Farmakologi, Patofisiologi, serta Informasi Kosmetik & Alat Kesehatan. Kamu bisa bekerja di start-up kesehatan, laboratorium, atau membuka apotek sendiri.

Baca Juga: Intip Jurusan yang Banyak Dicari Tahun 2021!

4. Tata Busana

Selain farmasi, industri fashion turut mengalami peningkatan. Coba deh, ada berapa merek pakaian lokal yang kamu beli atau sekedar follow di Instagram? Nggak cuma belajar soal teknik produksi, jurusan Tata Busana juga membahas analisis tren, marketing, serta manajemen fashion bisnis. Siap-siap jadi pengusaha local brand!

5. Teknik Industri

Jurusan ini merupakan gabungan dari rumpun teknik dan manajemen. Di dalamnya kamu akan mempelajari Kalkulus, Matematika, Psikologi Industri, Analisis Biaya, sampai Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan Kerja. Peluang kerjanya luas banget, dari project managerengineeringquality control serta product analyst.

Baca Juga: Prodi Soshum yang Paling Diminati di SBMPTN 2021

6. Akuntansi

Punya mimpi buat kerja di Big 4? Big Four merupakan empat KAP (Kantor Akuntan Publik) terbesar yang memberikan konsultasi pajak dan berbagai layanan manajemen lainnya. Mereka adalah Deloitte, PwC, EY, dan KPMG. Keempatnya menawarkan gaji dan fasilitas menarik untuk fresh graduate. Untuk bisa bekerja di sana, kamu diharuskan lulus dari program sarjana. Yuk bisa yuk.

7. Sekretaris

Profesi ini dibutuhkan di semua perusahaan untuk mengatur urusan administrasi. Buat kamu yang lebih senang "duduk di kantor" daripada di lapangan, bisa masuk ke jurusan ini nih. Nggak hanya ketelitian, kemampuan berkomunikasi dan komputer pun akan dilatih di jurusan D3 atau S1 Sekretaris.

---

Lagi cari bimbel online yang gurunya bisa diajak diskusi? Coba deh, ikut trial live teaching Brain Academy Online. Gratis loh, dapat diakses lewat laptop atau hp kamu. Kalau ketagihan, jangan lupa daftar buat setahun ya!

BA online

Referensi:

Mata Kuliah DKV [Daring]. Tautan: https://fsrd.itb.ac.id/wp-content/uploads/sites/11/2016/03/Struktur-Kurikulum-2013-Program-Studi-Desain-Komunikasi-Visual.pdf 

https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-desain-komunikasi-visual

Peminatan Akuntansi [Daring]. Tautan: https://www.atmajaya.ac.id/web/InfoFakultas.aspx?gid=info-fakultas&cid=program-studi-akuntansi&ou=ekonomi

Mata Kuliah Teknik Informatika [Daring]. Tautan: https://drive.google.com/file/d/1w8VGXhpptcgYJdEmJrYzPIsCatCElwxT/view

Mata Kuliah Farmasi [Daring]. Tautan: https://farmasi.univpancasila.ac.id/profile/d3

Mata Kuliah Teknik Industri [Daring]. Tautan: https://www.ie.ui.ac.id/program-akademik/program-sarjana/kurikulum/

Big Four [Daring]. Tautan: https://accurate.id/akuntansi/big-4-kap/

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar