8 Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Menghitung

Tri Janarti Agu 31, 2021 • 8 min read


jurusan kuliah ipa saintek yang jarang menghitung

Jurusan kuliah IPA nggak selalu berkutat dengan angka. Yuk, simak 8 jurusan Saintek yang tidak ada Matematikanya!

---

Bidang IPA memang identik dengan kegiatan menghitung. Angka sudah seperti sahabat sejati yang tak bisa dipisahkan dari orang-orang yang menggeluti bidang ini. Mulai dari mata pelajaran Matematika, Fisika, hingga Kimia ada saja yang dihitung.

Namun, apakah kalian mulai bosan dengan angka, hitungan, dan rumus? Mau lintas jurusan tapi sia-sia dong belajar 3 tahun? Tunggu dulu, ada beberapa prodi Saintek yang jarang menghitung. Cocok buat yang suka menghafal dan pengen ngerasain kuliah Soshum tanpa lintas jurusan.

Apa saja jurusan IPA yang tidak memerlukan hitung-hitungan? Cari jawabannya di artikel ini!

1.Biologi

Kalau kamu senang menekuni bidang IPA, tetapi nggak mau sering menghitung, kamu bisa memilih Jurusan Biologi. Seperti yang sudah kamu ketahui, Biologi lebih banyak menghafal dibandingkan menghitung. Jurusan ini akan lebih banyak membahas tentang makhluk hidup secara mendalam. Nah, makhluk hidup di sini nggak cuma sebatas manusia, hewan, dan tumbuhan ya, tetapi juga organisme lainnya, misalnya mikroba. Hal ini yang membedakan Biologi dengan Jurusan Kedokteran. Jadi, jangan dianggap sama ya.

Kira-kira setelah lulus kerja apa ya? Prospek karir lulusan Biologi antara lain: peneliti, dosen, konsultan, quality control, guru, dan pengusaha. Mahasiswa Biologi bisa membuka usaha di bidang akuakultur maupun budidaya hewan serta tumbuhan.

2. Psikologi

Jurusan Psikologi merupakan salah satu jurusan yang paling diminati dari ranah Soshum. Namun, siapa sangka jurusan ini sebenarnya juga bisa dimasuki oleh anak IPA.

“Lah tadi katanya nggak perlu lintas jurusan?”

Iya betul, kalem Brainies. Ada beberapa kampus yang Jurusan Psikologinya hanya bisa dimasuki oleh lulusan IPA. Seperti Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sriwijaya, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Andalas.

Lalu ada bedanya nggak Jurusan Psikologi Saintek dengan Soshum? Ada. Perbedaannya terletak pada penekanan ilmu yang disesuaikan dengan rumpun masing-masing. Untuk Jurusan Psikologi Saintek cakupan ilmunya mengenai kepribadian, emosi, perilaku, cara berpikir, dan mental seseorang dari segi kesehatannya. Sementara Jurusan Psikologi Soshum lebih fokus ke aplikasi gejala sosialnya.

Apakah lulusan Psikologi bisa langsung membuka klinik? Syarat untuk memperoleh SIP (Surat Izin Praktek) yaitu dengan menempuh S2 Profesi selama dua tahun. Namun, peluang karir mahasiswa S1 Psikologi cukup beragam, seperti: HRD, konsultan pendidikan, dosen, penulis, guru BK, research and development, dan sebagainya.

Baca Juga: Inilah 6 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Si Introvert

3. Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi merupakan salah satu jurusan yang sangat menarik. Kenapa? Jurusan ini tidak hanya belajar mengenai ilmu komputer, tetapi juga ekonomi, manajemen dan bisnis. Keberadaan materi berbau ekonomi diharapkan mampu menciptakan lulusan yang tidak hanya berwawasan teknologi informasi, tetapi juga ilmu bisnis. Makanya, di jurusan ini kamu nggak akan terus-menerus berkutat pada hal yang berkaitan dengan hitungan.

Banyak banget peluang kerja untuk mahasiswa lulusan Sistem Informasi. Kamu bisa berkarir sebagai data engineerproject manager, business analyst, system analyst, web developer, atau network security. Gajinya nggak main-main, bisa sampai belasan juta untuk fresh graduate!

Baca Juga: 7 Cara Memilih Jurusan Kuliah, Anti Nyesel Nyesel Club!

4. Teknik Lingkungan

Secara sederhana, Jurusan Teknik Lingkungan merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tindakan kuratif (penyembuhan) dan preventif (pencegahan) untuk menyelamatkan lingkungan hidup melalui pendekatan rekayasa teknik. Makanya, jurusan ini dimasukkan ke dalam ranah Fakultas Teknik. Eits, meski menjadi salah satu bagian Fakultas Teknik, jurusan ini termasuk jarang menghitung lho!

Baca Juga: Bedah Jurusan Teknik Sipil, Mata Kuliah dan Peluang Kerja

Bila tertarik menjadi mahasiswa Teknik Lingkungan, kamu memiliki peluang untuk bekerja sebagai petugas konservasi lingkungan, konsultan lingkungan, perencana restorasi lingkungan, energy manager, atau ahli ekologi. Kamu bisa berkarir di lembaga pemerintahan, kementerian, maupun NGO.

jurusan kuliah ipa yang jarang berhitung

5. Agribisnis

Pada jurusan Agribisnis, kamu akan mempelajari materi yang terkait dengan budidaya dan pengolahan hasil pertanian, manajemen usaha, pemasaran produk, serta kewirausahaan. Jurusan ini lebih cenderung menekankan pengetahuan Biologi dibandingkan Matematika, Fisika, atau Kimia. Meski begitu, kegiatan menghitung tetap kamu temui di materi yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis ya.

Nah, masing-masing universitas memiliki kebijakan berbeda-beda untuk penempatan Jurusan Agribisnis. Namun, untuk kamu yang tertarik masuk ke jurusan ini sebagai rumpun Saintek, kamu bisa mencoba mendaftar di Universitas Padjajaran atau Universitas Brawijaya. Prospek kerjanya antara lain pegawai pemerintah, konsultan pertanian, tenaga pengajar, pengusaha, ahli bioteknologi, sampai pegawai bank lho!

6. Budidaya Perairan

Jurusan Budidaya Perairan atau disebut juga Jurusan Akuakultur merupakan jurusan yang mempelajari aktivitas pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota air laut maupun air tawar. Cakupan materi yang dipelajari pun bukan hanya terbatas pada pembibitan, pemeliharaan, dan teknologi pakan ikan saja, melainkan juga tumbuhan air serta kelestarian lingkungan laut. Artinya, jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang mencintai alam dan ingin berkontribusi untuk menjaganya. Udah nggak banyak menghitung, bisa turut menjaga alam kelautan lagi. Seru 'kan?

Terus, nggak perlu pusing mau jadi apa setelah lulus. Mahasiswa budidaya perairan bisa menjadi tenaga pengajar, pengembang teknologi budidaya perairan, peneliti, serta wirausaha. Siapa yang punya cita-cita jadi peternak lele? Bisa lho belajar seluk beluknya di jurusan Budidaya Perairan.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Kalau Mau Daftar SNMPTN

7. Teknologi Hasil Hutan

Jurusan Teknologi Hasil Hutan merupakan salah satu jurusan di Fakultas Kehutanan. Jika kamu berkuliah di jurusan ini, maka kamu akan mempelajari pengelolaan dan pengolahan hasil hutan yang efisien. Selain itu, di jurusan ini juga akan dipelajari tata cara manajemen industri hasil hutan dan pengelolaan limbah dari industri hasil hutan sebagai upaya menghindari dampak kerugian bagi kesejahteraan masyarakat banyak.

Selain laut, hutan Indonesia juga sangat luas lho. Bahkan, Indonesia disebut-sebut sebagai pemilik hutan yang menjadi paru-paru dunia. Makanya, peluang bekerja bagimu setelah lulus pun juga cukup banyak. Kamu bisa berkarir di kementerian, NGO, industri properti, atau membuka usaha sendiri.

8. Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan jurusan yang mempelajari pengelolaan dan pengevaluasian terhadap lingkungan kerja. Biasanya evaluasi dilakukan pada berbagai aspek, seperti kualitas lingkungan hingga potensi bahaya yang bisa terjadi. Tujuannya untuk meminimalisasi risiko kecelakaan kerja. Makanya, di jurusan ini kamu akan aman deh dari kegiatan menghitung.

Kampus mana aja sih yang menyediakan jurusan K3? Sebagian di antaranya ada UI, UNDIP, UNJ, dan UNAIR. Bahkan, K3 dijadikan program studi S2  di Harvard University lho. Nah, untuk peluang karirnya sendiri, lulusan K3 bisa bekerja sebagai safety officer atau design technology. Perusahaan konstruksi dan pemerintahan sering membutuhkan lulusan K3 untuk merancang bangunan yang aman.

---

Itu dia 8 jurusan Saintek yang jarang menghitung. Kamu tinggal pilih saja yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Jurusan-jurusan tersebut pasti bisa deh membuatmu berkuliah Saintek rasa Soshum. Yaudah tunggu apalagi Brainies? Persiapkan dirimu dengan belajar bersama guru terbaik Brain Academy Online yang jago banget pokoknya mah

Live Teaching Brain Academy Online

Referensi:

11 Promising Careers for Biology Graduates [Daring]. Tautan: https://biologi.uma.ac.id/2019/05/23/11-karir-menjanjikan-lulusan-biologi/

Apa Bedanya Jurusan Psikologi Soshum (IPS) dan Psikologi Saintek (IPA) [Daring]. Tautan: https://www.ruangguru.com/blog/apa-bedanya-jurusan-psikologi-soshum-ips-dan-psikologi-saintek-ipa

Program Studi Sarjana Teknik Lingkungan [Daring]. Tautan: https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-teknik-lingkungan

Jurusan Agribisnis [Daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/pendidikan/jurusan-agribisnis/#Apa_Itu_Jurusan_Agribisnis

Jurusan Ini Sangat Dibutuhkan di Indonesia, Ini Dia Jurusannya [Daring]. Tautan: https://ummi.ac.id/id/berita/baca/1763-jurusan-ini-sangat-dibutuhkan-di-indonesia-ini-dia-jurusannya

(Diakses 20 Agustus 2021)

Profile

Tri Janarti

Beri Komentar