10 PTN yang Paling Banyak Diminati di UTBK-SBMPTN, Mana Pilihanmu?

BA - Pojok Kampus - PTN Favorit di UTBK-10

Sudah menentukan kampus untuk melanjutkan studi? Di artikel ini, kita akan membahas PTN dengan pendaftar terbanyak di UTBK-SBMPTN beserta jurusan Saintek dan Soshum terketat.

---

Masih galau menentukan universitas dan jurusan kuliah? Jangan terburu-buru ya, kamu mesti tahu nih strategi yang tepat supaya perjuanganmu nggak sia-sia. Gimana sih caranya? Dimulai dari mengetahui PTN mana saja yang mempunyai pendaftar paling banyak di UTBK. Dengan begitu, kamu akan lebih siap menghadapi UTBK-SBMPTN yang tinggal beberapa bulan lagi.  Berikut daftarnya!

1. Universitas Gadjah Mada

UGM menempati peringkat pertama kampus negeri yang paling banyak diminati pada UTBK-SBMPTN. Tercatat ada 62.507 peserta yang mendaftar ke kampus ini. Program studi Saintek favorit UGM yaitu Kedokteran dengan jumlah pendaftar sebanyak 3.565 siswa dan program studi Soshum paling diminati yaitu Psikologi dengan 3.655 pendaftar. Siap-siap banyak saingan! BTW, kalau belum lolos UTBK, kamu bisa ikutan UM UGM lho.

2. Universitas Brawijaya

Di posisi kedua, ada Universitas Brawijaya yang memiliki peminat sebanyak 61.743 peserta. Sama seperti UGM, jurusan favorit UB Malang yakni Kedokteran dengan jumlah pendaftar sebanyak 2.847. Sedangkan jurusan Soshum favorit di UB jatuh pada prodi Hukum yang dipilih oleh 2.992 peserta. Tapi, nggak perlu khawatir, kamu bisa masuk UB lewat jalur lain kok. Selma UB misalnya.

3. Universitas Padjadjaran

Ingat ya, kampus D4 dan S1 UNPAD terletak di Jatinangor, bukan Bandung. Hehe. Ada 56.446 peserta yang mendaftar ke UNPAD pada UTBK-SBMPTN tahun 2021. Prodi Saintek favorit tentu saja Psikologi dengan (yup, Psikologi UNPAD masuk ke ranah IPA ya, Brainies) 3.189 peminat. Sedangkan Hukum menempati peringkat pertama prodi Soshum yang paling diminati dengan 3.408 pendaftar.

4. Universitas Indonesia

Tim almet kuning mana suaranya? UI menempati posisi keempat PTN yang dengan pendaftar terbanyak di UTBK. Total peserta yang memilih UI yaitu 54.897 siswa. Jurusan Kedokteran lagi-lagi jadi favorit dengan 2.747 pendaftar. Kalau prodi Soshum terketat UI apa ya? Tentu saja Komunikasi yang mempunyai 1.977 peminat. Padahal, daya tampungnya cuma 21 kursi. Takut banget loch.

5. Universitas Sebelas Maret

Kampus yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah ini menerima 51.947 pendaftar UTBK. Tetapi, hanya 5,46 % aja yang berhasil menjadi mahasiswa baru. Farmasi menjadi prodi Saintek yang paling diminati dengan 1.581 pendaftar. Sementara Komunikasi menempati posisi pertama prodi Soshum dengan pendaftar terbanyak, yakni sebesar 1.871. Yuk, belajar yang rajin biar jadi maba UNS!

Baca Juga: Kupas Jurusan Kedokteran, Kuliahnya Lama Tapi Peminatnya Banyak

6. Universitas Diponegoro

Geser ke Semarang, UNDIP mempunyai 51.418 peminat di UTBK-SBMPTN. Prodi Saintek favorit yaitu Kedokteran yang mencapai 2.583 pendaftar. Di rumpun Soshum, Psikologi masih jadi primadona dengan jumlah peserta sebanyak 3.401. Ragu masuk S1 UNDIP? Tenang, mereka juga punya jurusan D4 yang nggak kalah menarik. Pendaftarannya dibuka sekitar bulan Juli s/d Agustus.

7. Universitas Pendidikan Indonesia

Pernah dengar UPI? Kampus ini berlokasi di Bandung dan identik dengan jurusan pendidikan. Meski begitu, peminat PTN ini lumayan tinggi lho. Tercatat 45.767 siswa yang mendaftar ke sana. Tidak hanya pendidikan, jurusan lain pun jadi favorit para peserta UTBK. Seperti Ilmu Komputer dengan 1.001 peminat di rumpun Saintek serta Komunikasi yang memiliki 1.731 pendaftar di rumpun Soshum.

8. Universitas Negeri Yogyakarta

Selain UGM, Yogya juga punya kampus favorit lain yaitu UNY. Ada 42.542 peserta yang memilih UNY di UTBK. Teknik Sipil menjadi prodi Saintek dengan peminat tertinggi yaitu 987 pendaftar. Di sisi lain, Komunikasi masih menempati prodi Soshum terketat dengan jumlah peminat mencapai 2.671. That's okay, jurusan IPS lain juga punya prospek kerja yang menjanjikan kok. Siapa tau cocok dengan passion kamu.

9. Universitas Negeri Jakarta

Masuk UNJ mau jadi guru ya? Hmm, nggak juga sih. Universitas Negeri Jakarta punya banyak jurusan non pendidikan yang nggak kalah keren. Jumlah pendaftar kampus ini yaitu 39.542dengan peminat Ilmu Komputer sebanyak 1.079 orang serta Psikologi yang memiliki 3.536 pendaftar. Selain UTBK, kamu bisa mengikuti jalur Penmaba untuk menjadi mahasiswa baru UNJ.

10. Universitas Sumatera Utara

Terakhir, kita jalan-jalan ke pulau Sumatera. Kota Medan juga punya kampus keren, salah satunya USU. Sebanyak 33.448 siswa mendaftar ke PTN ini. Prodi Saintek terketat USU jatuh kepada Pendidikan Dokter dengan 1.970 peminat. Sedangkan Hukum menjadi prodi Soshum favorit karena mencapai 2.949 pendaftar. Siap jadi maba USU selanjutnya?

---

Segitu dulu pembahasan 10 kampus yang paling diminati di UTBK-SBMPTN. Mudah-mudahan bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum mendaftar. Nantikan update selanjutnya di blog Brain Academy ya.  Kamu juga bisa nyicil materi UTBK dari sekarang lho. Jangan sampai keduluan yang lain!

Paket Gap Year UTBK Brain Academy

Referensi:

PTN yang Paling Diminati di UTBK [Daring]. Tautan: https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5798151/10-universitas-negeri-yang-paling-banyak-diminati-pada-sbmptn-2019-2021 

Jurusan Favorit di UGM, UB, UNS, UPI, UNY, dan USU [Daring]. Tautan: https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sb.php 

Jurusan Favorit di UNPAD [Daring]. Tautan: https://www.unpad.ac.id/2021/06/ini-daftar-prodi-dengan-peminat-terbanyak-dan-terketat-di-sbmptn/

Jurusan Favorit di UI [Daring]. Tautan: https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-5600264/10-jurusan-di-ui-dengan-keketatan-tertinggi-di-utbk-sbmptn-2021. 

Jurusan Favorit di UNDIP [Daring]. Tautan: https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5615869/10-jurusan-undip-dengan-tingkat-keketatan-tinggi-pada-utbk-sbmptn-2021 

Jurusan Favorit di UNJ [Daring]. Tautan: https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-5596623/10-jurusan-unj-dengan-peminat-terbanyak-di-utbk-sbmptn-2021/2 

 

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar