Terbaru! Info SNMPTN 2022: Jadwal, Syarat, dan Tahap Pendaftarannya

BA - Info SNMPTN 2022

Siap daftar SNMPTN 2022? Berikut informasi resmi mengenai jadwal, syarat, ketentuan program studi, dan tahapan pendaftarannya.

---

Lho kok udah bulan Desember aja sih?

Aku juga nggak paham kenapa waktu muternya cepet bangeeett. Perasaan baru masuk SMA, eh sebentar lagi jadi maba. Nah, biasanya di akhir tahun kayak gini mulai bertebaran tuh, info-info terkait pelaksanaan SNMPTN maupun UTBK. Biar nggak kemakan hoax, mendingan baca artikel ini deh. Ada informasi penting mengenai jadwal, syarat, dan tahapan pendaftaran SNMPTN 2022. Yuk, simak!

 

Apa itu SNMPTN?

Just in case kalau kamu lupa, SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Kalau UTBK pake sistem tes online, SNMPTN menggunakan nilai rapor semester 1 sampai 5 SMA, prestasi non akademik yang dibuktikan dengan portofolio, akreditasi sekolah, dan penilaian masing-masing kampus. Oleh sebab itu, SNMPTN dikenal juga sebagai jalur undangan. 

Baca juga: 8 Tips Meningkatkan Peluang Lolos SNMPTN, Wajib Dicoba!

Pelaksanaan SNMPTN sendiri diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT. Lembaga ini punya aturan yang harus kamu ketahui sebelum mendaftar SNMPTN. Misalnya, tentang PDSS, akreditasi sekolah, dan pilihan program studi. Kita bahas satu persatu ya.

 

Mengenal PDSS SNMPTN

PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) adalah data yang berisi rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible untuk mendaftar SNMPTN. Pengisian PDSS dilakukan oleh sekolah dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah. PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006 KTSP dan Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS). Bagi sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperbolehkan mendaftar PDSS.

 

Persyaratan Sekolah SNMPTN 2022

  1. SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN.
  2. Ketentuan Akreditasi:
    1. Akreditasi A: 40 % terbaik di sekolahnya
    2. Akreditasi B: 25 % terbaik di sekolahnya
    3. Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya
  3. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data siswa yang diisikan hanya yang eligible sesuai dengan ketentuan poin no 2.

Ingat, Brainies, hanya sekolah dengan kurikulum nasional yang diperbolehkan mengikuti SNMPTN. Kalau kamu berasal dari SMA Internasional, kamu bisa ikut jalur UTBK atau ujian mandiri. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan akreditasi sekolah. Semakin rendah akreditasinya, maka kuota siswa yang berhak mendaftar (eligible) SNMPTN juga lebih sedikit.

 

Persyaratan Peserta SNMPTN 2022

  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2022 yang memiliki prestasi unggul:
  2. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN
  3. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
  4. Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di PDSS
  5. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio.

Kalau UTBK bisa diikuti oleh angkatan tahun sebelumnya, SNMPTN hanya ditujukan bagi siswa yang lulus di tahun yang sama. Jangan lupa siapkan portofolio apabila kamu mendaftar di jurusan seni dan olahraga. Oke? Semangat!

 

Jadwal SNMPTN 2022

jadwal SNMPTN 2022

*) Seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan akan diakhiri pada 15.00 WIB 

 

Ketentuan Pemeringkatan Siswa Eligible oleh Sekolah

  1. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah yang pada dasarnya memperhitungkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.
    • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
    • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
    • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
    • SMK : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian.
  2. Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama. 
  3. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah.

Pilihan Program Studi SNMPTN 2022

  1. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN
  2. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun
  3. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju)

 

Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2022

tahapan pendaftaran SNMPTN 2022

  1. Pengumuman kuota bagi sekolah akan diumumkan pada tanggal 28 Desember 2021. Kuota pendaftaran SNMPTN akan disesuaikan dengan akreditasi dan jumlah siswa. Layanan masa sanggah mengenai kuota harus dilakukan paling lambat pada 17 Januari 2022, pukul 15.00 WIB
  2. Bagi sekolah yang belum memiliki AKUN LTMPT, WAJIB melakukan registrasi melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Seluruh siswa kelas 12, WAJIB melakukan registrasi akun LTMPT siswa melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id
  4. LTMPT akan menginformasikan jumlah siswa yang Eligible mendaftar SNMPTN berdasarkan Akreditasi Sekolah
  5. Berdasarkan data LTMPT dari jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik-PUSDATIN Kemdikbud atau EMIS-Pendis Kemenag, sekolah dapat menentukan calon peserta SNMPTN
  6. Sekolah melakukan pengisian PDSS
  7. Sekolah dan peserta melakukan pendaftaran SNMPTN
  8. Memilih PTN dan program studi dengan paling banyak dua PTN
  9. Wajib melakukan pengunggahan portofolio bagi peserta yang memilih program studi Bidang Seni dan Olahraga
  10. Seleksi jalur SNMPTN berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN
  11. Pengumuman hasil kelulusan SNMPTN
  12. Daftar ulang SNMPTN sesuai dengan PTN tempat calon mahasiswa dinyatakan diterima

---

Aku berdoa semoga kamu yang baca artikel ini lolos di SNMPTN 2021. Biar nggak usah belajar lagi buat UTBK xixixixi. Eh, tapi, kalau misalnya nggak lolos, aku saranin daftar Brain Academy deh. Ada live teaching, kelas akselerasi, kelas pendalaman materi, dan tryout sampai 29 kali. Pasti masuk kampus impian!

BA offline

Referensi:

SNMPTN [daring]. Tautan: https://ltmpt.ac.id/?mid=4 (Diakses: 9 Desember 2021)

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!