Jurusan Agribisnis: Mata Kuliah hingga Prospek Kariernya

Jurusan Agribisnis

Jurusan Agribisnis itu termasuk rumpun Saintek atau Soshum sih? Lalu bagaimana dengan prospek kariernya, ya? Temukan jawabannya di sini!

Hai, Brainies! Kamu tahu nggak beberapa universitas memasukkan Jurusan Agribisnis ke fakultas yang berlainan. Ada yang memasukkannya ke Fakultas Pertanian, tetapi ada juga yang memasukkannya ke Fakultas Ekonomi.

“Loh, kalo gitu setelah lulus bakal jadi petani atau pebisnis?”

Waduh, sepertinya masih banyak yang belum kenal dengan Jurusan Agribisnis nih. Jadi, gimana kalau kita kenalan lebih jauh dulu dengan jurusan ini? Yuk, mulai perkenalannya!

 

Apa Itu Jurusan Agribisnis?

Jurusan Agribisnis adalah jurusan yang mempelajari bisnis berbasis bidang pertanian serta bidang pendukung lainnya, seperti perkebunan, peternakan, dan perhutanan. Nah, berdasarkan pengertiannya, maka jurusan ini akan mempelajari berbagai materi perkuliahan terkait ekonomi dan pertanian. Eits, meskipun belajar dua disiplin ilmu, bukan berarti materi kuliah yang kamu terima bakal setengah-setengah lho, ya.

Ketika masuk Jurusan Agribisnis, kamu akan belajar banyak hal. Belajar mengolah hasil pertanian, manajemen usaha, hingga memasarkan produk. Artinya, setelah lulus, kamu akan memiliki banyak pengetahuan dan kemampuan.

Apa saja itu? Kamu bisa tahu cara menanam dan mengembangkan pertanian yang menguntungkan. Selain itu, kamu juga mampu menciptakan dan memasarkan hasil produkmu sendiri. Gimana, produktif banget ‘kan?

Baca Juga: Intip Jurusan Akuntansi, Prodi Favorit Anak Soshum!

 

Apa Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Agribisnis?

Mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Agribisnis sangat beragam. Ada materi kuliah yang terkait dengan bidang IPA dan IPS.

Mata Kuliah Jurusan Agribisnis

“Lah, terus Jurusan Agribisnis termasuk rumpun Saintek atau Soshum?”

Wah, kalau hal itu sih tergantung pada kebijakan masing-masing universitas, Brainies. Biasanya, Jurusan Agribisnis menjadi bagian dari rumpun Saintek jika dimasukkan ke Fakultas Pertanian, contohnya di Universitas Brawijaya.

Namun, jurusan ini menjadi bagian dari rumpun Soshum bila dimasukkan ke Fakultas Ekonomi, seperti di Institut Pertanian Bogor. Makanya, kamu kudu teliti banget nih kalau mau mendaftar ke jurusan ini. Cek betul-betul universitas pilihanmu memasukkan Jurusan Agribisnis ke rumpun yang mana, ya.

Oh iya, Brainies, meski ada mata kuliah IPA, belajar di Jurusan Agribisnis ternyata jarang menghitung, lho! Cocok banget nih buat kamu yang mulai alergi dengan rumus dan angka. Eh, tapi ini cuma jarang ya bukan nggak ada sama sekali. Karena di jurusan ini, kamu akan tetap bertemu kegiatan menghitung di mata kuliah berunsur IPS, seperti Ekonomi.

 

Bagaimana Prospek Karier Jurusan Agribisnis?

Prospek karier Jurusan Agribisnis cukup luas, mulai dari karier di bawah naungan perusahaan, pemerintahan, hingga diri sendiri.

“Masa sih? Bukannya cuma bisa jadi petani atau pebisnis?”

Err… nggak kok. Meskipun belajar seluk-beluk pertanian, kamu nggak harus menjadi seorang petani karena kamu punya bekal ilmu bisnis. Begitu pun sebaliknya. Meskipun belajar tentang ekonomi, kamu nggak cuma bisa jadi pebisnis karena punya pengetahuan tentang ilmu pertanian. Menarik ‘kan?

Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

 

Mengapa Memilih Jurusan Agribisnis?

Kamu masih kurang yakin untuk memilih Jurusan Agribisnis? Kalau gitu, aku kasih alasan yang bisa memperkuat keyakinanmu, ya.

1. Indonesia adalah Negara Agraris

Pertama, Indonesia merupakan negara agraris. Sebagai negara agraris, kita memiliki kekayaan alam yang tersebar di berbagai wilayah. Bahkan, komoditas pangan dunia pun sebagian berasal dari Indonesia. Nah, kamu sebagai lulusan Jurusan Agribisnis bisa banget memanfaatkan kelebihan tersebut, Brainies.

Baca Juga: Kenalan dengan Jurusan Teknik Sipil: Info Kuliah dan Prospek Kerjanya

2. Lebih Produktif

Kedua, mempelajari banyak hal dan melatih diri menjadi lebih produktif. Ketika masuk Jurusan Agribisnis, kamu akan belajar ekonomi, manajemen, pertanian, hingga teknologi. Nah, ilmu-ilmu selama perkuliahan tersebut bisa kamu aplikasikan untuk mendukung produktivitasmu. Misalnya, kamu bisa memelopori teknologi baru untuk kegiatan pertanian yang lebih modern atau menciptakan produk pangan baru yang bermanfaat bagi masyarakat.

3. Prospek Karier Luas

Ketiga, prospek karier yang luas. Kayak yang udah dibahas sebelumnya, prospek karier lulusan Jurusan Agribisnis cukup luas. Jadi, kamu nggak perlu takut sulit mendapatkan pekerjaan setelah lulus nanti. Gimana, aku udah berhasil meyakinkan kamu belum nih?

 

Universitas dengan Jurusan Agribisnis

Ada banyak kampus terbaik di Indonesia yang memiliki jurusan Agribisnis, loh. Berikut beberapa diantaranya.

  • 1. Universitas Gadjah Mada
  • 2. Universitas Diponegoro
  • 3. IPB University
  • 4. Universitas Airlangga
  • 5. Universitas Brawijaya
  • 6. Universitas Padjadjaran
  • 7. Universitas Hasanudin
  • 8. Universitas Sebelas Maret
  • 9. Universitas Jember
  • 10. Universitas Andalas

Oke, Brainies, itulah info tentang mata kuliah, prospek karier, dan alasan mengapa harus mendaftar Jurusan Agribisnis. Kalau kamu masih belum yakin, coba deh ikut sesi konseling privat di Brain Academy Online. Kamu bisa berkonsultasi dengan konselor secara privat tentang jurusan, strategi dan motivasi belajar, rasionalisasi SNBP, serta pengembangan soft skills, lho! Yuk, jangan ditunda lagi!

[IDN] CTA Blog UTBK Brain Academy

Referensi:

Program Studi Agribisnis [Daring]. Tautan: https://fp.ub.ac.id/program-studi-agribisnis/

Agribisnis Itu Apa Sih [Daring]. Tautan: http://magri.fp.unib.ac.id/2021/05/02/agribisnis-itu-apa-sih/

10 Alasan Memilih Jurusan Agribisnis bagi yang Bingung Mau Kuliah Apa [Daring]. Tautan: http://denymeitasari.lecture.ub.ac.id/10-alasan-memilih-jurusan-agribisnis-bagi-yang-bingung-mau-kuliah-apa/

(Diakses 16 September 2021)

Tri Janarti