Profil dan Informasi Lengkap Universitas Gadjah Mada (UGM)

Profil dan Informasi UGM

Simak informasi seputar UGM, mulai dari jurusan, pendaftaran, biaya kuliah, fasilitas, hingga transportasi dan kost di sekitar kampus.

Siapa yang nggak kenal dengan UGM? Universitas ini menempati peringkat pertama sebagai kampus terbaik di Indonesia versi UniRank. Sebagai pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, UGM menyelenggarakan program pendidikan sarjana, sarjana terapan (vokasi), magister, doktor, dan kelas internasional. Didukung juga dengan sarana prasarana yang lengkap, seperti perpustakaan pusat, gelanggang mahasiswa, rumah sakit, dan sebagainya.

Udah nggak sabar jadi maba UGM selanjutnya? Yuk, kita bahas serba-serbi perkuliahan di Universitas Gadjah Mada.

Sejarah Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada adalah gabungan dari beberapa sekolah tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Teknik, Akademi Politik Yogyakarta, Balai Pendidikan Ahli Hukum di Solo, serta Perguruan Tinggi Kedokteran Bagian Praklinis di Klaten. Berdirinya universitas ini disahkan oleh Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 1949 tentang penggabungan perguruan tinggi menjadi universitas.

Nama UGM diambil dari nama Mahapatih Gadjah Mada yang berhasil mempersatukan Nusantara. Diharapkan UGM berkembang menjadi universitas teladan, universitas perjuangan, universitas kerakyatan, universitas nasional, dan pusat kebudayaan. Saat pertama kali berdiri, UGM memiliki beberapa fakultas sebagai berikut:

  1. Fakultas Kedokteran
  2. Fakultas Sastra dan Filsafat
  3. Fakultas Kedokteran Hewan
  4. Fakultas Pertanian
  5. Fakultas Teknik
  6. Fakultas Hukum

Pada awalnya, kegiatan belajar dilakukan di Sitinggil dan Pagelaran dengan memanfaatkan fasilitas di Kraton Yogyakarta. Barulah pada tahun 1951, pembangunan di kampus Bulaksumur pun dimulai. Hingga saat ini, UGM memiliki 18 fakultas, satu Sekolah Pascasarjana, serta satu Sekolah Vokasi dengan puluhan program studi.

Akreditasi dan Ranking Universitas Gadjah Mada

  • Terakreditasi A oleh BAN-PT
  • Ranking #1 di Indonesia versi UniRank
  • Ranking #16 di Asia Tenggara versi Webometrics
  • Ranking #254 di Dunia versi QS World

Fakultas dan Jurusan di UGM

Jurusan apa saja yang ada di UGM? Kampus ini memiliki 69 program studi Sarjana dan 21 program studi Vokasi atau Sarjana Terapan. Brainies udah tahu belum bedanya Sarjana dengan Sarjana Terapan? Kedua jenjang studi ini punya beberapa perbedaan lho. Baca di artikel ini deh, biar nggak salah pilih.

Baca Juga: S1 dan D4, Mana yang Lebih Cepat Dapat Kerja?

Jurusan IPA Saintek di UGM

Jurusan IPS Soshum di UGM

Jurusan Vokasi D4 di UGM

Pendaftaran dan Jalur Masuk UGM

UGM menyediakan beberapa jalur pendaftaran untuk mahasiswa baru. Selain SNMPTN dan UTBK, jalur mandiri UGM juga terbagi menjadi 2 kategori. Ada seleksi mandiri prestasi dan seleksi mandiri tes tulis. Semua jalur ini terbuka untuk jenjang studi S1 dan D4. Catat ketentuan, jadwal, dan biayanya!

1. SNMPTN

  • Menggunakan nilai rapor semester 1 s/d 5
  • Jadwal seleksi antara bulan Januari-Februari
  • Terbuka untuk calon mahasiswa S1 dan D4
  • Seleksi secara online
  • Gratis

2. Seleksi Mandiri UGM Jalur Prestasi

Berbeda dari kampus lain, seleksi mandiri UGM jalur prestasi dibagi menjadi 4 jenis, yaitu: Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK), Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM), Penelusuran Bibit Unggul Prestasi (PBUB), dan Penelusuran Bibit Unggul SMA/SMK/MA (PBUSMAK). Berikut ketentuan jalur mandiri prestasi UGM:

  • Menggunakan nilai rapor (PBUK, PBUTM, PBUSMAK) dan gabungan prestasi akademik maupun non akademik (PBUB)
  • Jadwal seleksi antara bulan April – Mei
  • Terbuka untuk calon mahasiswa S1 dan D4
  • Seleksi secara online
  • Biaya pendaftaran sebesar 25.000 – 350.000 rupiah

Baca Juga: Profil dan Informasi Lengkap Universitas Airlangga (UNAIR)

3. UTBK SBMPTN

  • Menggunakan skor ujian UTBK-SBMPTN
  • Jadwal seleksi antara bulan April – Mei
  • Terbuka untuk calon mahasiswa S1 dan D4
  • Seleksi ujian online atau di beberapa titik lokasi
  • Biaya pendaftaran sebesar 200.000 – 300.000 rupiah

4. Ujian Mandiri CBT UGM

  • Telah mengikuti UTBK SBMPTN
  • Menggunakan skor ujian Computer Based Test UGM 
  • Jadwal seleksi antara bulan Juni – Juli
  • Terbuka untuk calon mahasiswa S1 dan D4
  • Seleksi ujian di Jakarta dan Yogyakarta
  • Biaya pendaftaran sebesar 325.000 – 350.000

Biaya Kuliah di UGM

Kuliah di sini nggak perlu pusing mikirin biaya. Karena UGM memberlakukan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) untuk semua jalur masuk. Yup, betul banget! Mahasiswa yang diterima di jalur mandiri pun tidak perlu membayar uang gedung, alias UKT aja cukup. Penentuan UKT dilakukan dengan melihat kondisi keuangan keluarga mahasiswa.

Biaya Kuliah UKT UGM

Fasilitas di UGM

1. Email Kampus

Kalau sudah resmi jadi mahasiswa UGM, kamu akan diberikan akun email khusus untuk mengakses jurnal berbahasa Indonesia dan internasional. UGM juga menyediakan layanan Office 365 premium dan Google Drive unlimited kepada mahasiswa untuk menyimpan ebook, tugas, dan materi kuliah. Semuanya gratis sampai kamu lulus. Asyik ya?

2. Sepeda Kampus

Ada kelas di fakultas lain tapi mager jalan? Tenang, ada penyewaan sepeda gratis yang bisa kamu gunakan sampai pukul 18.00 WIB. Cukup tunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)  dan kamu bebas keliling kampus pakai sepeda. Jangan lupa dikembalikan di shuttle setelah digunakan ya.

3. Toyagama

Masih ingat dengan Jalatista UNPAD? Fasilitas air minum gratis ini juga tersedia di UGM lho. Namanya Toyagama, yaitu dispenser atau keran air yang dapat diminum langsung oleh sivitas UGM. Toyagama tersebar di semua fakultas, Perpusat, Gelanggang, dan tempat lalu lalang lainnya. Dengan Toyagama, mahasiswa bisa menghemat pengeluaran dan belajar mencintai lingkungan!

Baca Juga: Profil dan Informasi Lengkap Universitas Diponegoro (UNDIP)

4. Gadjah Mada Medical Center (GMC)

Namanya juga anak kost, pasti pernah sakit dan bingung harus apa. Nggak perlu khawatir, UGM punya klinik dengan tenaga medis berkualitas yang melayani mahasiswa tanpa dipungut biaya. Gadjah Mada Medical Center memiliki beberapa poli, diantaranya: poli umum, poli gigi, poli gizi, konseling dengan psikolog, dan fitness.

5. Innovative Academy Hub

Punya mimpi mendirikan start-up atau perusahaan rintisan? UGM mendukung cita-cita mahasiswanya dengan mendirikan Innovative Academy Hub, yaitu bangunan co-working space yang dilengkapi oleh WiFi, ruang kerja nyaman, dan mentor dari pakar aplikasi serta bisnis digital. 

Innovative Academy Hub UGM

Co-working space di kampus UGM (Sumber: ditpui.ugm.ac.id/)

6. Gelanggang Mahasiswa

Gelanggang mahasiswa adalah tempat berlangsungnya kegiatan UKM di Universitas Gadjah Mada. Gedung ini terletak di Jalan Pancasila, Bulaksumur, bersebrangan dengan UC Hotel. Setiap tahunnya, diselenggarakan Gelanggang Expo, yaitu pertunjukkan untuk memperkenalkan setiap UKM yang terdapat di Universitas Gadjah Mada.

7. Kantin, Tempat Ibadah, Perpustakaan, dan Auditorium

Selain fasilitas tadi, UGM memiliki kantin, tempat ibadah, dan perpustakaan di setiap fakultas. Kampus ini juga dilengkapi dengan auditorium untuk keperluan wisuda dan acara kampus lainnya. Sebagai kampus berkelas dunia, UGM memberikan fasilitas yang nyaman dan lengkap untuk para mahasiswanya.

Lokasi dan Akses di Sekitar Kampus UGM

Kampus UGM:

Bulaksumur, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Akses Transportasi:

  • Bandara Adisucipto
  • Stasiun Lempuyangan
  • Stasiun Tugu
  • Terminal Giwangan
  • Terminal Jombor
  • Halte Trans Jogja rute 1B, 2A, 3A, dan 3B turun di Bundaran UGM

Akomodasi:

  • Asrama Mahasiswa Putra dan Putri
  • Kost daerah Depok, Mlati, Pogung, Klebengan Karanggayam, Gondokusuman, dan sekitarnya.

Banyak manfaat yang kamu dapatkan jika berkuliah di UGM. Ayo, mulai belajar untuk persiapan UTBK dan Ujian Mandiri yang tinggal beberapa bulan lagi. Brain Academy Online siap membantu kamu dengan fasilitas live teaching, kelas akselerasi, kelas privat, kelas pengembangan diri, modul soal, dan try out sampai 20 kali! Kalau ragu, bisa coba gratis dulu lho.

BA online - Brain Academy

Referensi:

Seputar UGM [Daring]. Tautan: https://ugm.ac.id/

Pendaftaran UGM [Daring]. Tautan: https://um.ugm.ac.id/

Fasilitas di UGM [Daring]. Tautan: https://id.quora.com/Apa-saja-kelebihan-akun-email-yang-diberikan-oleh-UGM

https://debtconsolidationo.com/fasilitas-ugm/

Akses Transportasi ke UGM [Daring]. Tautan: https://mamikos.com/info/rute-transportasi-umum-menuju-universitas-gadjah-mada-ugm/

Sumber Gambar:

Innovative Academy Hub [Daring]. Tautan: https://ditpui.ugm.ac.id/selamat-datang-di-innovative-academy-hub/ 

Salsabila Nanda