Jurusan Ilmu Administrasi Fiskal, Negara, dan Niaga: Apa Bedanya Sih?

Tri Janarti Sep 6, 2021 • 4 min read


Jurusan Administrasi Fiskal, Jurusan Administrasi Negara, Jurusan Administrasi Negara

Meskipun namanya mirip, ternyata Jurusan Ilmu Administrasi Fiskal, Negara, dan Niaga banyak banget perbedaannya lho! Yuk, cari tahu apa saja perbedaannya di sini!

--

Jurusan Ilmu Administrasi tidak pernah sepi peminat, baik itu Ilmu Administrasi Fiskal, Ilmu Administrasi Negara, maupun Ilmu Administrasi Niaga. Bahkan, Ilmu Administrasi Niaga yang dikenal juga sebagai Ilmu Administrasi Bisnis, menjadi salah satu Prodi Soshum yang paling diminati di UTBK-SBMPTN 2021. Widih, mantap nggak, tuh?

Eh tapi, Brainies udah tahu belum bahwa ketiga Ilmu Administrasi ini memiliki perbedaan yang sangat kentara? Mulai dari perbedaan materi yang dipelajari, hingga prospek kerjanya nanti. Kalau belum tahu, cek info lengkapnya di artikel ini, kuy!

Jurusan Ilmu Administrasi Fiskal

Hayoo, siapa yang jago banget menghitung sekaligus menghafal? Kalau itu kamu, maka kamu bisa mempertimbangkan jurusan ini untuk kuliahmu nanti. Hal ini dikarenakan Jurusan Administrasi Fiskal selalu terkait dengan pajak dan akuntansi. Makanya, kemampuan menghitung dibutuhkan untuk melakukan perhitungan keuangan dalam akuntansi, sedangkan menghafal dibutuhkan untuk memahami berbagai aturan perpajakan dan tarif pajak yang seabrek. Selain itu, sifat teliti, rapi, dan terampil juga diperlukan lho agar kamu bisa menyusun laporan pajak sesuai peraturan dan ketentuan perpajakan.

Mata kuliah dari jurusan yang juga dikenal dengan Jurusan Administrasi Pajak ini di antaranya Pengantar Administrasi Pajak, Kepabean dan Cukai, Akuntansi Pajak, Akuntansi Keuangan, dan sebagainya. Jadi, jangan ngeluh kalau nanti tugas kuliahmu itu menghitung pajak, membuat laporan pajak, dan lain-lain.

Baca Juga: Kumpulan Istilah Dunia Perkuliahan, Maba Wajib Tahu!

Gimana, udah mulai tertarik belum? Supaya lebih tertarik, kamu wajib tahu juga nih prospek kerja menjanjikan untuk lulusan Jurusan Ilmu Administrasi Fiskal.

Jurusan Administrasi Fiskal, Jurusan Administrasi Negara, Jurusan Administrasi Negara

Jurusan Ilmu Administrasi Negara

Si pandai berkomunikasi dan bersosialisasi yang bercita-cita untuk memperbaiki pelayanan publik akan sangat cocok masuk ke jurusan ini. Lho kok jadi pelayan publik? Iya, Brainies. Jika masuk ke jurusan ini, kamu tidak hanya belajar mengenai pelayanan negara terhadap rakyatnya, tetapi juga administrasi di dunia bisnis, kemasyarakatan, dan kebijakan publik. Makanya, nggak heran jurusan ini juga sering disebut dengan Ilmu Administrasi Publik.

Oh iya, ketika masuk ke jurusan ini, daya pikir kritis dan daya analisismu akan sangat diuji, lho! Kamu akan mempelajari tata cara mengelola data, melayani publik, mengimplementasi dan mengevaluasi kebijakan yang dibuat, serta memahami sistem pemerintahan hingga birokrasinya. Oleh karena itu, mata kuliah yang akan kamu terima pun terkait dengan pemerintahan dan publik, seperti Pengantar Ilmu Administrasi Publik, Teori Manajemen Publik, Sistem Politik Indonesia, Sistem Pemerintahan Indonesia, Teori Birokrasi Publik, dan sebagainya.

Untuk prospek kerjanya dari jurusan ini nggak kalah keren kok dari jurusan sebelumnya. Lulusan Jurusan Ilmu Administrasi Negara bisa bekerja di instansi pemerintah maupun instansi nonpemerintah. Keren, ya?

Baca Juga: Apa Sih Bedanya Kuliah S1 dengan D3?

Jurusan Ilmu Administrasi Niaga

Jurusan selanjutnya merupakan jurusan yang tepat bagi si inovatif yang senang menghitung dan melakukan riset untuk pekerjaannya. Yups, Jurusan Ilmu Administrasi Niaga atau yang dikenal juga sebagai Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis merupakan jurusan yang mempelajari segala hal terkait dengan operasional dan perencanaan bisnis, pengelolaan keuangan, manajemen sumber daya manusia, hingga penciptaan produk.

Yang jelas, jurusan ini akan membantumu mengembangkan ilmu tata kelola, pembentukan innovation mindset, strategic leadership, dan entrepreneurship. Ilmu-ilmu tersebut bisa kamu terapkan di berbagai bidang, lho! Makanya, bakal banyak banget peluang kerja untukmu setelah lulus dari jurusan ini.

Lalu, apa saja mata kuliah untuk Jurusan Ilmu Administrasi Niaga? Mata kuliah yang akan kamu terima, di antaranya Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis, Ekonomi Bisnis, Manajemen Pemasaran Bisnis, Perilaku Konsumen, Bisnis Internasional, dan lain-lain. Pokoknya, akan ada banyak mata kuliah yang berguna untuk kehidupanmu di masa depan, deh

Jurusan Administrasi Fiskal, Jurusan Administrasi Negara, Jurusan Administrasi Negara

---

Jadi, itulah perbedaan Jurusan Ilmu Administrasi Fiskal, Ilmu Administrasi Negara, dan Ilmu Administrasi Niaga. Brainies udah nggak bingung lagi ‘kan menentukan mau masuk jurusan yang mana? Berarti sekarang saatnya kamu mempersiapkan dirimu dengan belajar bersama STAR Master Teacher melalui sesi live teaching Brain Academy Online. Yuk, langsung ikuti kelasnya!

BA online

Referensi:

Sarjana Fakultas Ilmu Administrasi [Daring]. Tautan:  https://fia.ui.ac.id/sarjana/

Mau Masuk Jurusan Ilmu Administrasi? Yuk, Kenalan dengan 4 Macam Jurusannya [Daring]. Tautan: https://www.ruangguru.com/blog/jurusan-ilmu-administrasi

Jurusan Administrasi Fiskal [Daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/pendidikan/jurusan-administrasi-fiskal/

Ilmu Administrasi Negara: Pengertian dan Prospek Kerjanya [Daring]. Tautan:  https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5508157/ilmu-administrasi-negara-pengertian-dan-prospek-kerjanya

7 Prospek Kerja Administrasi Bisnis [Daring]. Tautan: https://glints.com/id/lowongan/7-prospek-kerja-administrasi-bisnis/#.YScaY44zbIW

(Diakses 24 Agustus 2021)

Profile

Tri Janarti

Beri Komentar