Info Lengkap Jurusan Peternakan yang Sering Dicap Cuma Bisa Beternak

Tri Janarti Okt 25, 2021 • 9 min read


Jurusan Peternakan

Mahasiswa Jurusan Peternakan belajar mata kuliah dari hulu sampai hilir, sehingga peluang kerjanya di masa depan tidak akan sempit. Gimana, kamu minat nggak nih?

--

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar Jurusan Peternakan? Setelah lulus, mahasiswanya bakal jadi peternak? Mahasiswanya belajar menggembala hewan, seperti sapi dan kambing? Tetot! Bukan gitu ya, Brainies.

Jurusan Peternakan merupakan salah satu cabang ilmu dari pertanian. Namun, jurusan ini lebih fokus terhadap hewan ternak bukan tumbuh-tumbuhan. Fokus ini mungkin yang bikin orang salah paham tentang prospek kerja Jurusan Peternakan cuma bisa jadi peternak. Nah, biar nggak ada kesalahpahaman lagi, kita kenalan dengan perkuliahan dan prospek kerja Jurusan Peternakan, yuk!

Apa Itu Jurusan Peternakan?

Jurusan Peternakan adalah jurusan yang mempelajari pemeliharaan, pengelolaan, pengembangan, hingga pemasaran hewan ternak beserta hasil ternaknya agar memiliki nilai tambah. Yups, mahasiswa jurusan ini bukan hanya belajar memelihara dan mengelola hewan ternak agar tetap dalam kondisi sehat, tetapi juga mengembangkan teknologi ternak dan memasarkan hasil produksinya.

Dilihat dari pengertiannya, selain belajar beternak, mahasiswa Jurusan Peternakan juga akan belajar tentang manajemen dan teknologi. Hal ini ngingetin aku dengan Jurusan Agribisnis. Bahkan, jurusan ini juga disebut sebagai jurusan yang bidang kerjanya dapat bergerak dari hulu sampai hilir lho, Brainies.

Apaan tuh bergerak dari hulu sampai hilir?”

Maksudnya, lulusan Jurusan Peternakan bisa melakoni pekerjaan mulai dari awal, yakni merawat hewan ternak, sampai dengan tahap akhir, yakni mengelola dan memasarkan hewan ternak beserta hasil produksi ternaknya. Misalnya, ketika beternak sapi, mereka akan mampu merawatnya dengan baik, seperti menyiapkan nutrisi yang layak, agar sapi menjadi berkualitas tinggi. Selain itu, hasil produksi sapinya, seperti susu, juga bisa mereka jual langsung maupun diolah menjadi keju, yoghurt, atau es krim.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Peternakan?

Belajar apa sih di Jurusan Peternakan? Yang jelas bukan menggembalakan hewan ternak ya, Brainies. Mata kuliah Jurusan Peternakan mengharuskan kamu menguasai ilmu pengetahuan alam (IPA), seperti Biologi, Matematika, Kimia, dan Fisika sebagai dasar. Di samping itu, kamu juga akan diajarkan tentang Ilmu Manajemen, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosiologi.

Mata Kuliah Jurusan PeternakanMata kuliah yang dipelajari di Jurusan Peternakan bukan hanya soal cara menernakkan hewan. (Sumber: freepik.com)

Agar lebih jelas, aku akan ambil contoh mata kuliah Jurusan Peternakan Universitas Padjadjaran (Unpad), ya. Di Jurusan Peternakan Unpad, mata kuliahnya dibedakan menjadi mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Oke, aku mulai dari mata kuliah wajibnya, ya.

Mata Kuliah Jurusan Peternakan Semester Ganjil

  •         Kimia
  •         Matematika
  •         Pengantar Peternakan
  •         Genetika
  •         Nutrisi Ternak
  •         Ilmu Lingkungan
  •         Teknologi Hasil Ternak
  •         UU dan Kebijakan Peternakan
  •         Pengelolaan Limbah Ternak

Mata Kuliah Jurusan Peternakan Semester Genap

  •         Biologi
  •         Fisika
  •         Sosiologi
  •         Pengantar Ekonomi
  •         Manajemen Kesehatan Ternak dan Kesejahteraan Ternak
  •         Bahan Pakan dan Pemberian Ransum
  •         Pengendalian Mutu Hasil Ternak
  •         Studi Kelayakan
  •         Metodologi Penelitian

Itulah mata kuliah Jurusan Peternakan Unpad untuk semester ganjil (semester 1, 3, dan 5) serta semester genap (semester 2, 4, dan 6). Sementara untuk semester 7 dan 8, kamu akan bertemu mata kuliah wajib Seminar Usulan Penelitian dan Skripsi.

Selanjutnya, mata kuliah pilihan yang disediakan Unpad untuk jurusan ini di antaranya Ekonomi Pembangunan, Sosiologi Pedesaan, Bioteknologi Pangan, Kimia Pakan, Manajemen Usaha Ternak, Produksi Satwa Harapan, Produksi Kuda, dan masih banyak lagi. Gimana, beragam banget ‘kan mata kuliahnya?

Baca Juga: 5 Jurusan Kuliah untuk Pecinta Hewan

Selain itu, Jurusan Peternakan biasanya dibagi menjadi beberapa peminatan, lho. Kalau di Jurusan Peternakan Unpad, ada empat peminatan, yaitu Produksi Ternak, Nutrisi dan Makanan Ternak, Teknologi Hasil Ternak, serta Sosial Ekonomi Peternakan. Apakah perbedaan peminatan Jurusan Peternakan itu?

Peminatan Produksi Ternak adalah peminatan yang belajar cara memelihara hewan ternak agar mampu menghasilkan produk berkualitas. Di peminatan ini, kamu akan menerima mata kuliah Teknologi Reproduksi Ternak, Produksi Kelinci, Manajemen Pemuliaan Ternak, serta Manajemen Pastura dan Penggembalaan Ternak.

Selanjutnya, peminatan Nutrisi dan Makanan Ternak adalah peminatan yang belajar gizi dalam pakan ternak beserta pengolahannya. Untuk peminatan ini, kamu akan belajar mata kuliah Fisiologi Produksi, Nutrisi Ternak Unggas dan Non Ruminansia, dan Nutrisi Ternak Ruminansia. Jadi, komplet deh tuh pengetahuanmu tentang gizi yang dibutuhkan oleh tiap jenis hewan ternak.

Sementara di peminatan Teknologi Hasil Ternak, kamu akan belajar cara mengolah hasil produksi ternak agar memiliki manfaat dan daya jual. Contohnya kayak tadi, hewan ternak sapi bisa menghasilkan produk susu, keju, yoghurt, dan es krim asal kamu menguasai teknologi pengolahannya. Nah, untuk mata kuliahnya, ada Analisis Pangan, Prinsip Pengawetan dan Pengolahan Bahan Pangan, serta Keamanan Pangan dan Sanitasi Hasil Ternak.

Yang terakhir, peminatan Sosial Ekonomi Peternakan. Di peminatan ini, kamu akan mempelajari peternakan dilihat dari sisi ekonominya. Makanya, mata kuliahnya nggak jauh-jauh deh dengan ekonomi, seperti Ekonomi Produksi, Pemasaran, dan Sosiologi Pembangunan.

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Peternakan?

Prospek kerja atau peluang kerja untuk Jurusan Peternakan nggak sesempit hanya bisa menjadi peternak kok. Sebab, mahasiswa Jurusan Peternakan ditempa untuk memiliki kemampuan wawasan, keterampilan, manajemen, dan kewirausahaan sehingga siap bekerja di berbagai sektor pekerjaan. Makanya, kamu nggak usah bingung setelah lulus dari Jurusan Peternakan bakal kerja apa, oke?

Peluang Kerja Jurusan PeternakanKarena mata kuliah yang dipelajari, prospek kerja Jurusan Peternakan menjadi sangat beragam lho. (Sumber: freepik.com)

Berbekal ilmu semasa kuliah, kamu bisa bekerja sebagai Pengajar, Ahli Bioteknologi, Peneliti Hewan Ternak, Penyuluh Peternakan, Formulator Pakan Ternak, Quality Controller, Manajer Pertanian dan Peternakan, dan lain-lain. Lalu bagi kamu yang berjiwa wirausaha juga bisa lho menjadi Pengusaha di bidang peternakan dengan mengandalkan kemampuan manajemen, keterampilan, dan wawasanmu. Yakin deh usaha ternakmu bisa berjalan dengan lancar karena ilmu yang kamu miliki!

Apa Saja Kampus yang Memiliki Jurusan Peternakan di Indonesia?

Ada banyak kampus yang memiliki Jurusan Peternakan di Indonesia. Nggak sedikit juga kampus yang memiliki Jurusan Peternakan terbaik di Indonesia dengan akreditasi, lho. Berikut beberapa kampus dengan Jurusan Peternakan terakreditasi A dilansir dari Ban-PT.

  •         Universitas Sebelas Maret (UNS)
  •         Universitas Mataram (Unram)
  •         Universitas Udayana (Unud)
  •         Universitas Jambi (Unja)
  •         Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
  •         Universitas Hasanuddin (Unhas)
  •         Universitas Bengkulu (Unib)
  •         Universitas Sriwijaya (Unsri)
  •         Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)
  •         Universitas Halu Oleo (UHO)
  •         Universitas Sumatera Utara (USU)
  •         Universitas Nusa Cendana (Undana)
  •         Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)
  •         Universitas Mulawarman (Unmul)
  •         Universitas Andalas (Unand)
  •         Universitas Padjadjaran (Unpad)

--

Nah ‘kan, Brainies, prospek kerja Jurusan Peternakan bukan cuma jadi peternak. Hal ini berkaitan dengan keragaman mata kuliah Jurusan Peternakan yang mampu menghasilkan mahasiswa dengan kemampuan mantul. Hayoo, kamu mau pilih masuk ke Jurusan Peternakan di kampus yang mana? Masih galau? Yaudah konsultasi dulu saja ke Konselor Brain Academy Online, yuk! Langsung klik banner di bawah ini, ya!

BA online

Referensi:

Program Studi Ilmu Peternakan [Daring]. Tautan: http://prodi.peternakan.unpad.ac.id/program-sarjana/#page-content (Diakses 18 Oktober 2021)

Kuliah di Jurusan Peternakan Bukan Berarti Jadi Peternak [Daring]. Tautan: https://www.ruangguru.com/blog/kuliah-di-jurusan-peternakan-bukan-berarti-jadi-peternak (Diakses 18 Oktober 2021)

Jurusan Peternakan [Daring]. Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Jurusan_Peternakan (Diakses 20 Oktober 2021)

Direktori Hasil Akreditasi Program Studi [Daring]. Tautan: https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php (Diakses 20 Oktober 2021)

Sumber Gambar:

Mata Kuliah Jurusan Peternakan [Daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-vector/group-happy-farmers-keeping-cow-poultry-gathering-harvest-holding-crates-with-fruits-vegetables-cartoon-illustration_12699097.htm#page=1&position=17&from_view=detail#query=peternakan&position=17&from_view=detail (Diakses 22 Oktober 2021)

Peluang Kerja Jurusan Peternakan [Daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-vector/happy-female-farmer-working-farm-feed-population-flat-vector-illustration-cartoon-farm-with-automation-technology_10172819.htm#page=1&query=peternakan&position=1&from_view=search (Diakses 22 Oktober 2021)

Profile

Tri Janarti

Beri Komentar