20 Jurusan Kuliah IPS dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Mana Pilihanmu?

BLOG_POJOK KAMPUS_JURUSAN IPS

Jurusan untuk anak IPS ada apa aja sih? Bener nggak kalau prospek kerjanya nggak semenjanjikan anak IPA? Hmm, kamu harus tahu nih jurusan soshum yang punya masa depan cerah. Yuk, kita bahas!

---

Yup, memilih program studi dan perguruan tinggi memang nggak semudah masak mie instan. Apalagi, kalau kamu masih ragu dengan kemampuan diri sendiri. Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, seperti biaya, mata kuliah, sampai peluang karir.

Kabar baiknya, mulai tahun 2023, kamu bebas memilih jurusan yang kamu mau. Bahkan, lintas jurusan di SNBP/SNMPTN juga sudah diperbolehkan, lho. Anak IPS boleh mendaftar ke jurusan IPA, begitupun sebaliknya.

Nah, kamu sendiri lebih tertarik ke Soshum atau Saintek nih? Di artikel ini, kita bakal ngomongin macam-macam fakultas dan jurusan IPS terbaik. Let's go!

 

Pengertian Soshum

Sebelum lanjut ke pembahasan program studi IPS, kita kenalan dulu yuk sama definisi Soshum. Soshum adalah singkatan dari Sosial dan Humaniora. Pada perguruan tinggi, Soshum melahirkan banyak fakultas dan jurusan yang berakar dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Di jenjang SMA, lingkup pembelajaran Soshum berkutat pada Kebahasaan, Geografi, Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, dan Matematika IPS. Saat berkuliah, kamu akan mempelajari materi-materi tadi dengan lebih detail dan mendalam.

 

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP)

 

1. Jurusan Hubungan Internasional

Program studi Hubungan Internasional, atau yang sering disebut HI, mempelajari berbagai isu yang terjadi di belahan dunia. Mulai dari ekonomi, politik, sosial, serta kebudayaan. Jurusan HI cocok buat kamu yang suka membaca dan menulis. Soalnya, dosen di jurusan ini sering banget ngasih tugas esai nih...

Mata kuliah: Kebijakan Luar Negeri, Hukum Internasional, Hak Asasi Manusia, Manajemen Resolusi Konflik, Praktik Diplomasi, dll.

Prospek kerja: Diplomat, Jurnalis, Konsultan, HR Manager.

 

2. Jurusan Ilmu Komunikasi

Sebagian kampus memasukkan Jurusan Komunikasi di bawah naungan FISIP, tetapi ada pula yang berdiri sebagai fakultas sendiri. Ilmu Komunikasi mempelajari proses penyampaian pesan dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, kelompok, massa, dan lintas budaya. Jurusan Komunikasi juga memiliki beberapa sub-ilmu yaitu Periklanan, Humas, Broadcasting, serta Kajian Media.

Mata kuliah: Komunikasi Antar Pribadi, Komunikasi Antar Kelompok, Komunikasi Massa, Komunikasi Antar Budaya, Psikologi Komunikasi, dll.

Prospek kerja: Jurnalis, Copywriter, Public Relation, Content Creator, Penyiar Radio.

 

3. Jurusan Kriminologi

UI, Universitas Riau, dan Universitas Budi Luhur adalah 3 kampus yang memiliki program studi Kriminologi. Jurusan ini memang asing di telinga, tetapi cocok untuk kamu yang pemberani dan mampu berpikir kritis dalam memecahkan fenomena kejahatan. Kamu dilatih untuk menganalisa sebuah kasus dari sudut pandang pelaku maupun korban.

Mata kuliah: Hukum Acara Pidana, Strategi Pencegahan Kejahatan, Teori Kriminologi, Kriminologi Forensik, Kejahatan Siber, dll.

Prospek kerja: Staf KPK, Anggota Kepolisian, Pegawai Kementerian Hukum dan HAM, Jurnalis Investigasi, Private Investigator

 

4. Jurusan Sosiologi

Tahukah kamu semua kebijakan yang dibuat oleh pemerintah maupun pengusaha dilandaskan dari penelitian atau data? Nah, sebagai anak IPS, kamu pasti sudah tak asing dengan metode penelitian. Jurusan Sosiologi mempelajari sebab akibat dari segala permasalahan sosial yang dialami oleh warga negara, seperti kemiskinan atau kenakalan remaja.

Mata kuliah: Sosiologi Perkotaan, Sosiologi Pedesaan, Gender dan Pembangunan, Riset Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kebijakan Kesejahteraan, dll.

Prospek kerja: Konsultan, Researcher, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Community Officer, Jurnalis.

 

5. Jurusan Administrasi Fiskal

Siapa di sini yang jago hafalan sekaligus hitung-hitungan? Ada lho jurusan IPS yang cocok buat kamu, namanya Administrasi Fiskal atau Administrasi Pajak. Program studinya berkaitan dengan kebijakan dan administrasi pajak. Kemampuan menghitung, memahami, dan menghafal aturan pajak jadi makanan sehari-hari. Kamu juga dituntut untuk teliti serta rapi.

Mata kuliah: Pajak dan Retribusi Daerah, Manajemen Perpajakan, Pengauditan, Kapabeanan dan Cukai, Peradilan Pajak, dll.

Prospek kerja: Staf Kementerian Keuangan, Pegawai Bank, Staf di Bea Cukai, Pegawai Pajak, Konsultan Pajak.

 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FE)

 

1. Jurusan Bisnis Digital

Bisa dibilang, Bisnis Digital adalah program studi yang 'daging banget'. Kalau kamu tertarik belajar bisnis sekaligus digital marketing, coba deh pertimbangkan untuk mendaftar ke jurusan ini. Bisnis Digital melahirkan calon-calon entrepreneur handal dengan segudang inovasi untuk menghasilkan produk yang mampu bersaing di pasar nasional maupun global.

Mata kuliah: Data Analytics, Digital Marketing, Search Engine Optimization, Analytical & Creative Thinking, Business Creation, dll.

Prospek kerja: CEO, Digital Marketing Specialist, Market Researcher, SEO Specialist, Business Development Officer.

 

2. Jurusan Manajemen

Manajemen adalah salah satu prodi yang banyak diminati setiap tahunnya. Peminatnya bisa mencapai 3 ribu orang dengan daya tampung kurang dari 100 saja. Sebagai anak IPS sejati, manajemen pernah kamu temui di mata pelajaran Ekonomi. Nah, di perguruan tinggi, materi kuliahnya nggak jauh-jauh dari bidang ekonomi, bisnis, keuangan, hingga sumber daya manusia.

Mata kuliah: Statistika Bisnis, Manajemen Operasi dan Inovasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Teori Portofolio dan Analisis Investasi, dll.

Prospek kerja: Management Trainee, HR, Project Manager, Konsultan.

Baca juga: Pengertian, Keuntungan, Gaji, dan Jobdesk Management Trainee

 

3. Jurusan Akuntansi

Semua jenis usaha pasti memerlukan laporan keuangan. Nggak heran, jurusan Akuntansi selalu dibutuhkan di dunia kerja. Tak sekedar menghitung jumlah keuntungan atau mencatat penjualan, akuntansi juga mempelajari arus kas, nilai aset, dan memberitahu bagian mana dari bisnis yang benar-benar menghasilkan uang.

Mata kuliah: Akuntansi Biaya, Akuntansi Sektor Publik, Statistika Ekonomi, Pengauditan, Akuntansi Pemerintahan, dll.

Prospek kerja: Akuntan Publik, Akuntan Pajak, Auditor, Analis Investasi, Dosen.

 

4. Jurusan Manajemen Event (MICE)

Pengen bisnis tapi nggak terlalu suka hitung-hitungan banget? Manajemen event adalah jurusan idaman bagi mereka yang kreatif, senang berorganisasi, dan berkontribusi dalam sebuah acara. Di Indonesia, jurusan ini terdapat di Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Bandung, Universitas Prasetiya Mulya, dan vokasi Universitas Indonesia.

Mata kuliah: HospitalityEvent Production, Audience Analysis, Business Communication, Event Sponsorship & Fund Raising.

Prospek kerja: Pendiri Event Organizer (EO), Wedding Organizer (WO), Promotor Konser Musik, Pengusaha Media.

Brain Academy SNBT

 

Fakultas Bahasa dan Seni

 

1. Sastra dan Kebudayaan Korea

Tren Korea memang nggak ada habisnya ya, dari film, musik, sampai produk kecantikan. Kalau kamu tertarik mempelajari seluk beluk negara Korea Selatan, coba deh daftar jurusan Sastra Korea. Mata kuliahnya nggak melulu tentang linguistik kok. Malah, lebih seru dan menyenangkan. Ada pariwisata, bisnis, hingga drama.

Mata kuliah: Tata Bahasa Korea, Sejarah Korea, Masyarakat dan Kebudayaan Korea, Bahasa Korea Bisnis, Pariwisata Korea, dll.

Prospek kerja: Penerjemah, Copywriter, Content Creator, Tour Guide, Personal Assistant di Perusahaan Korea, Staf Agensi.

 

2. Sastra Cina

Teman-teman, tahu nggak ada beberapa perusahaan Tiongkok yang mendirikan kantor cabangnya di Indonesia? Salah satunya Tiktok. Nah, terkadang mereka memasukkan kemampuan bahasa Mandarin di sebagian lowongan kerjanya, lho. Hal ini menjadi poin plus jika kamu melamar pekerjaan nanti.

Mata kuliah: Pengantar Linguistik Cina, Sejarah Kontemporer Cina, Pengantar Kebudayaan Cina, Terjemahan Cina Indonesia, Pengkajian Kesustrasaan Cina, dll. 

Prospek kerja: Penerjemah, Personal Assistant di Perusahaan Cina, Jurnalis, Tenaga Pengajar.

 

3. Sastra Jepang

Peminat jurusan Sastra Jepang tak sebanyak jurusan Sastra lainnya. Namun, prospek kerjanya nggak kalah menjanjikan kok. Apalagi kalau kamu suka baca manga atau menonton anime, belajar di jurusan ini terasa seperti me time! Selain itu, kamu juga mempelajari kebudayaan, pendidikan, perekonomian, perdagangan, pertanian, perikanan dan pariwisata Jepang.

Mata kuliah: Kiso Nihongo, Kiso Kaiwa, Kiso Moji Goi, Nihonjijo, Nihon Bungaku Nyumon, dll.

Prospek kerja: Penerjemah, Personal Assistant di Perusahaan Jepang, Jurnalis, Tour Guide, Tenaga Pengajar.

 

4. Desain Komunikasi Visual

Zaman sekarang, visualisasi itu penting banget, lho. Terutama saat menyampaikan pesan di media massa. Makanya, jurusan DKV menjadi prodi dengan prospek masa depan yang cerah. Kalau kamu suka gambar, kreatif, punya daya imajinasi tinggi, serta detail, tandanya cocok nih masuk jurusan DKV. Kamu juga bisa bekerja part time atau freelancer sebelum lulus, lho!

Mata kuliah: Nirmana, Tipografi, Seni Rupa, Psikologi Visual, Fotografi, dll.

Prospek kerja: Desainer Grafis, Ilustrator, Content Creator.

Baca juga: Mengenal Nirmana, Mata Kuliah Wajib Anak DKV

 

5. Jurusan Televisi dan Film

Yup, siapa sih yang nggak pernah nonton series atau film? Keduanya adalah alternatif hiburan yang bisa diakses dari mana saja. Industri perfilman negara kita juga sedang berkembang, lho. Buat kamu yang punya ide-ide liar, suka menulis, dan berani coba tantangan baru, jurusan Televisi dan Film bisa jadi pilihan yang oke nih.

Mata kuliah: Produksi Film, Penulisan Skenario, Tata Artistik dan Estetika, Bisnis Film, Dramaturgi, Penyutradaraan, dll.

Prospek kerja: Produser, Sutradara, Aktor, Penulis Naskah (Scriptwriter).

 

Fakultas Pendidikan

 

1. Jurusan PG-PAUD

Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD) adalah salah satu jurusan kuliah yang bisa dipilih siswa IPS. Jurusan ini cocok untuk mereka yang sabar dan memiliki ketertarikan terhadap tumbuh kembang anak usia dini. Seorang lulusan PG-PAUD punya peran besar untuk membentuk kecerdasan otak, emosi, sosial, hingga fisik anak Indonesia. Jadi, bukan cuma menggambar dan menari aja ya..

Mata kuliah: Perkembangan Fisik dan Motorik, Perkembangan Sosial dan Emosional, Perkembangan Kognitif, Psikologi Pendidikan, Pengembangan Karakter Anak.

Prospek kerja: Guru TK, Content Creator Parenting, Penulis Buku, Konselor Anak, Dosen.

 

2. Jurusan PG-SD

Pernah nggak sih kamu berpikir kenapa ya guru SD itu jago-jago banget? Bisa ngajarin Matematika, Seni Budaya, sampai membuat Prakarya. Nah, mereka mempelajari ini di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Hampir mirip dengan PG-PAUD, jurusan PGSD juga nggak melulu belajar tentang akademis, melainkan perkembangan kognitif anak usia sekolah dasar.

Mata kuliah: Konsep Dasar IPA, Konsep Dasar IPS, Strategi Pemecahan Matematika SD, Pendidikan Kesehatan Anak, Pembelajaran Seni SD, dll.

Prospek kerja: Guru SD, Tutor Privat, PNS, Dosen, Penulis Buku, Content Creator Pendidikan.

 

3. Jurusan Manajemen Pendidikan

Masih asing dengan jurusan ini? Manajemen Pendidikan mempelajari tata kelola admistrasi dan peningkatan kualitas pendidikan dari segi guru, infrastruktur, sampai kurikulum. Jadi, kamu nggak belajar tentang mata pelajaran IPA, IPS, atau Bahasa ya, melainkan perencanaan dan pengelolaan suatu instansi pendidikan.

Mata kuliah: Manajemen Pendidikan Sekolah, Manajemen Pendidikan Nasional, Pembinaan Kompetensi Mengajar, Penganggaran dan Studi Kelayakan, Manajemen Mutu Pendidikan.

Prospek kerja: Staf Kemendikbud, Dosen, Pengembang Kurikulum, Kepala Sekolah, Pemilik Yayasan Pendidikan.

 

Fakultas Psikologi

 

1. Jurusan Psikologi

Yup, di sebagian kampus jurusan Psikologi termasuk ke ranah Soshum atau IPS. Prodi ini cocok untuk mereka yang punya empati tinggi, suka mendengarkan, serta mencari solusi atas permasalahan orang lain. Perlu kamu ketahui, lulusan Psikologi nggak harus jadi Psikolog kok. Ilmunya bisa diterapkan di berbagai bidang pekerjaan.

Mata kuliah: Teori Kepribadian, Teori Perkembangan, Konseling dan Psikoterapi, Tes Proyeksi, Kognisi Sosial, dll.

Prospek kerja: Psikolog, Penulis Buku, Researcher, Staf HRD.

 

Fakultas Hukum

 

1. Jurusan Hukum

Selain Manajemen, Akuntansi, dan Komunikasi, prodi Hukum menjadi jurusan favorit anak IPS. Kamu diharuskan untuk mempelajari lebih rinci mengenai suatu aturan atau hukum yang diterapkan dalam masyarakat. Selain itu, subjek utama pada jurusan Hukum adalah ilmu sosial dan kemanusiaan. Cocok buat kamu yang jago menganalisis dan punya wawasan luas.

Mata kuliah: Hukum Acara Pidana, Hukum Acara Perdata, Arbitrase, Hak Asasi Manusia, Hukum Waris, dll.

Prospek kerja: Jaksa, Hakim, Pengacara, Staf Legal, Notaris.

 

Fakultas Pariwisata

 

1. Jurusan Pariwisata

Jurusan ini memang kerap dipandang sebelah mata. Bahkan, ada yang bilang kalau kerjanya cuma jalan-jalan dan ngabisin uang. Hmm, kamu nggak tahu aja kalau jurusan Pariwisata belajar tentang ekonomi, manajemen, bahasa asing, komunikasi, dan tentunya hospitality. Peluang kerjanya juga beragam kok, tenang aja!

Mata kuliah:  Dasar MICE, Public Relation, Tarif Dokumen Pasasi, Ekonomi Pariwisata, Operasi Perjalanan Wisata, dll.

Prospek kerja: Pengusaha Travel Agent, Sales Executive, Pramugari, Staf Hotel, Staf Bandara.

---

Itu tadi jurusan IPS yang bisa jadi pilihan kamu untuk berkuliah. Yuk, persiapkan dirimu masuk ke prodi dan kampus impian dengan bantuan Brain Academy. Modul belajarnya lengkap, didukung dengan guru berpengalaman, dan bisa coba gratis dulu lho!

New call-to-action

 

Referensi:

Karir Jurusan Sosiologi [Daring]. Tautan: https://www.thebalancecareers.com/top-jobs-for-sociology-majors-2059633#market-research-analyst 

Gaji Translator [Daring]. Tautan: https://www.payscale.com/research/ID/Job=Translator/Salary 

Mata Kuliah Bisnis Digital [Daring]. Tautan: https://fe.unj.ac.id/?page_id=10969

Jurusan Manajemen Event [Daring]. Tautan: https://www.easyuni.co.id/event-management/

Jurusan DKV [Daring]. Tautan: https://www.its.ac.id/dkv/id/akademik/program-studi/sarjana-s1/

Jurusan Tata Rias [Daring]. Tautan: https://unnes.ac.id/prodi/pendidikan-kesejahteraan-keluarga-tata-kecantikan-s1

Bahasa Cina [Daring]. Tautan: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/01/inilah-bahasa-yang-paling-banyak-dipakai-di-dunia-bagaimana-bahasa-indonesia

Gaji Desainer Interior [Daring]. Tautan: https://id.indeed.com/career/desainer-interior/salaries 

(diakses 11-13 Oktober 2021)

Artikel ini terakhir diperbarui tanggal 12 Januari 2023.

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!