20 Contoh Teks Berita dan Strukturnya dalam Berbagai Topik

contoh teks berita

Teks berita berisi informasi yang aktual dan faktual. Yuk, simak 15 contoh teks berita dalam berbagai bidang di artikel ini!

Di artikel sebelumnya, kita telah mempelajari pengertian, struktur, tujuan, unsur, dan kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks berita. Teks ini bisa kamu temukan di media cetak, media online, sampai media sosial, lho. Nah, seperti apa sih bentuk dari teks berita itu? Apakah hanya membicarakan hal-hal serius seperti politik dan ekonomi? Hmm, tentu tidak ya! 

Teks berita adalah teks memuat berbagai informasi seperti teknologi, olahraga, sosial budaya, ekonomi, politik, otomotif, sampai lingkungan. Kunci dari teks berita ada 2, yaitu faktual dan aktual. Faktual artinya berdasarkan fakta, sedangkan aktual artinya kejadian terkini.

Dalam teks berita, kita juga menemukan 2 sampai 3 struktur penting. Hayo, masih ingat nggak? Yup, betul! Jawabannya ada Kepala Berita, Tubuh Berita, dan Ekor Berita. Khusus Ekor Berita sifatnya opsional ya, alias boleh ditambahkan atau tidak sama sekali.

Biar makin paham, berikut contoh teks berita beserta strukturnya yang bisa kamu jadikan acuan!

 

1. Teks Berita tentang Mancanegara

PM Selandia Baru: Pasifik Jadi Kurang Aman karena Agresivitas China

Kepala Berita

Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Chris Hipkins menyebut kawasan Pasifik menjadi lebih diperebutkan dan kurang aman setelah China menjadi semakin agresif di kawasan tersebut. Hipkins menyatakan negaranya perlu bekerja sama dengan mitra-mitra yang satu pemikiran sembari tetap terlibat dengan Beijing.

Seperti dilansir Reuters, Senin (17/7/2023), kebangkitan China dan bagaimana negara itu berupaya memberikan pengaruhnya, sebut Hipkins, telah menjadi pendorong utama meningkatnya persaingan strategis, khususnya di kawasan Indo-Pasifik.

Tubuh Berita

“Wilayah kami menjadi lebih diperebutkan, kurang bisa diprediksi dan kurang aman,” sebut Hipkins saat berpidato dalam China Business Summit di Auckland, pada Senin (17/7) waktu setempat.

“Dan itu menimbulkan tantangan bagi negara-negara kecil seperti Selandia Baru, yang bergantung pada stabilitas dan prediktabilitas aturan internasional untuk kemakmuran dan keamanan kita,” imbuhnya.

Hubungan itu, menurut Hipkins, membutuhkan pengelolaan yang penuh kehati-hatian namun demikian, China tetap menjadi mitra dagang utama bagi Selandia Baru.

Pidato Hipkins itu disampaikan dalam acara tahunan yang digelar kurang dari sebulan setelah dia memimpin misi perdagangan yang sukses ke China — mitra dagang terbesar Selandia Baru. Dalam misi itu, dia menghadapi beberapa kritikan dalam negeri karena dirinya tidak vokal soal hak asasi manusia (HAM) dan masalah-masalah lainnya seperti yang diharapkan beberapa pihak.

“Dalam lingkungan global yang semakin kompleks ini, hubungan kita dengan China akan terus memerlukan pengelolaan yang hati-hati,” ucapnya.

Selandia Baru secara historis mengambil pendekatan yang lebih damai terhadap China, daripada Australia atau mitra keamanan Five Eyes lainnya — yang juga terdiri atas Kanada, Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

“Kepentingan dan perhatian yang sama tidak berarti kita akan selalu mengambil pendekatan yang sama. Terkadang ada kekuatan taktis dalam keragaman pendekatan untuk mencapai hasil yang sama,” cetus Hipkins dalam pidatonya.

Ekor Berita

Dalam pidato terpisah, Duta Besar China untuk Selandia Baru Wang Xiaolong menyebut hubungan Beijing dan Wellington tergolong sehat, stabil dan berkembang.

“Tidak mengherankan jika ada perbedaan antara kedua negara kita, mengingat perbedaan keadaan kita masing-masing. Namun tidak bisa dihindari, bahwa negara-negara kita dengan sistem sosial dan tingkat pembangunan yang berbeda tidak bisa hidup berdampingan secara damai,” sebutnya dalam forum yang sama.

(Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-6827129/pm-selandia-baru-pasifik-jadi-kurang-aman-karena-agresivitas-china)

 

Psst, udah tau belum kalau di Aplikasi belajar Ruangguru, ada fitur Drill Soal? Aplikasi ini berisi kumpulan contoh soal latihan beserta pembahasannya, loh. Pas banget buat kamu mempersiapkan ujian. Langsung aja cobain dengan klik banner di bawah ini!

Drill Soal

 

2. Teks Berita tentang Kriminalitas

Kasus Tinder Swindler Indonesia, Kerugian Korban Ditaksir Ratusan Juta

Kepala Berita

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya tengah menyelidiki kasus penipuan lewat aplikasi kencan atau yang diidentikkan dengan film dokumenter berjudul The Tinder Swindler. Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak menyebut ada dua korban yang membuat laporan ke pihak berwajib. Ia juga membeberkan aksi penipuan itu terjadi pada tahun ini.

“Ini masih kita lakukan penyelidikan, di laporan itu ada dan saat ini kita lakukan serangkaian upaya penyelidikan oleh tim penyelidik Subdit Siber Polda Metro Jaya,” kata Ade di Polda Metro Jaya, Selasa (22/8).

Tubuh Berita

Ade menerangkan kasus penipuan ini bermula saat korban dan terduga pelaku berkenalan dalam sebuah aplikasi kencan. Dari perkenalan itu, keduanya intens berkomunikasi dan menjadi akrab.

Setelah itu, pelaku mulai melancarkan aksinya. Pelaku pun melakukan berbagai bujuk rayu hingga korban akhirnya terbuai.

“Pada akhirnya korban tertarik dengan iming-iming maupun rayuan, kemudian menyerahkan sejumlah uang kepada pelaku,” ucap Ade.

“Iming-iming, rayuan, mengelabui korban untuk serahkan sejumlah uang yang merupakan janji dari pelaku ini membuat bisnis baru dan sebagainya,” sambungnya.

Ade menyebut aksi penipuan ini sebenarnya mirip dengan kasus-kasus pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah cara pelaku berkenalan dengan korban.

“Ini murni penipuan sebenarnya, sedangkan modus yang digunakan untuk masuk bisa bermacam hal ya, salah satunya tadi itu untuk mengenal korban lebih dalam, kemudian melakukan aksi rayu iming-iming dan sebagainya, kemudian barulah dilakukan aksi penipuan yang dimaksud,” tutur Ade.

Ekor Berita

Ade belum menjelaskan secara rinci soal aksi tipu daya pelaku dalam kasus tinder swindler ini. Ia hanya mengungkapkan kerugian yang diderita korban mencapai ratusan juta.

“Mungkin (kerugian) masih ratusan juta ya,” ucap dia.

Lebih lanjut, Ade mengatakan proses penyelidikan masih terus dilakukan. Termasuk, mencari unsur pidana dalam laporan ini.

“Apabila nanti ditemukan peristiwa pidana, kita akan lakukan gelar perkara untuk menaikkan status dari lidik menjadi sidik, sekaligus penetapan tersangkanya,” pungkas Ade.

(Sumber:https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230822171544-12-989145/kasus-tinder-swindler-indonesia-kerugian-korban-ditaksir-ratusan-juta.)

 

3. Teks Berita tentang Teknologi

300 Juta Data Dukcapil Diduga Bocor, Kominfo Lakukan Prosedur Standar

Kepala Berita

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut pihaknya akan melakukan prosedur standar untuk menelusuri dugaan kebocoran data Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

“Kita biasanya akan memanggil atau berkoordinasi dengan yang namanya pengendali data, dalam hal ini kalau Dukcapil itu kan adanya di Kemendagri, nanti kita akan koordinasi termasuk juga dengan BSSN,” ujar Usman Kansong , Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo di Kantor Kominfo, Jakarta, Senin (17/7).

Tubuh Berita

“Ya itu standar,” imbuhnya.

Usman menyebut pihaknya akan mendengarkan laporan dari Disdukcapil. Kemudian, BSSN biasanya akan melakukan audit untuk “mencari tau data yang mana yang bocor, berapa banyak, baru kemudian dilaporkan ke Kominfo kita akan lihat kalo ada pengendalian data yang tidak baik maka sudah diatur dalam PP 71 tahun 2019 sanksi apa yg bisa kita jatuhkan kepada pengendali data.”

Sebelumnya, sebanyak 337 juta data masyarakat di Direktorat Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) diduga mengalami kebocoran dan dijual di forum online hacker BreachForums.

Kebocoran itu diungkap Teguh Aprianto, pendiri Ethical Hacker Indonesia, di media sosial pada Minggu (16/7). Teguh menjelaskan data yang dipastikan bocor adalah nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), tanggal lahir, alamat, nama ayah, nama ibu, NIK ibu, nomor akta lahir, nomor akta nikah dan lainnya.

“Kali ini yang bocor adalah data kita semua di Dukcapil sebanyak 337 juta data,” tulis Teguh.

Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi sudah merespons dugaan kebocoran data yang menimpa pihaknya. Menurutnya, data yang disebar di BreachForums tersebut tidak sama dengan data yang ada di database Ditjen Dukcapil.

“Yang bisa kami informasikan adalah bahwa data yang ada di Breachforums dilihat dari format elemen datanya tidak sama dengan yang terdapat di database kependudukan yang ada di Direktorat Jenderal (Ditjen) Dukcapil saat ini,” kata Teguh kepada wartawan di Jakarta, Senin (17/7).

Ekor Berita

Saat ini, lanjut Teguh, pihaknya bersama para pemangku kepentingan terkait, seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melaksanakan dua agenda, yakni audit investigasi dan mitigasi preventif.

 (Sumber: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230717173708-192-974565/300-juta-data-dukcapil-diduga-bocor-kominfo-lakukan-prosedur-standar)

 

Baca juga: Pengertian Teks Berita, Unsur, Struktur, Jenis dan Contoh

 

4. Teks Berita tentang Kesehatan

Intip 12 Fasilitas KRIS, Penganti Kelas 1,2,3 BPJS Kesehatan!

Kepala Berita

Pemerintah akan menerapkan sistem kelas rawat inap standar (KRIS) mulai tahun ini hingga 2025. KRIS ini akan menggantikan sistem kelas 1, 2, 3 bagi peserta BPJS Kesehatan.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, implementasi KRIS hanya sebatas menstandarisasi ruang rawat inap kelas 3 BPJS Kesehatan di tiap-tiap rumah sakit.

Kelas 3 ini, lanjutnya, akan memiliki fasilitas yang lebih baik seperti pendingin ruangan hingga kamar mandi di dalam.

“Kelas 3 ada yang 4 bed, ada yang 6, ada yang 8, ada wc di dalam, wc di luar, itu yang kita standarkan,” tegas Nadia.

Tubuh Berita

Kementerian Kesehatan telah menyelesaikan uji coba penerapan kelas rawat inap standar (KRIS) di 10 rumah sakit berbagai tipe pada awal tahun ini. Adapun, 10 RS ini merupakan perluasan dari uji coba sebelumnya yang dilakukan di 4 RS vertikal pemerintah.

“Jadi dari hasil uji coba tersebut juga membuat dampak indeks kepuasan masyarakat meningkat dan pendapatan RS tidak berkurang dengan menerapkan implementasi KRIS,” tutur Dante.

Lantas, seperti apa fasilitas KRIS tersebut?

Berikut ini 12 kriteria fasilitas kelas rawat inap dengan sistem KRIS:

  1. Komponen bangunan yang digunakan tidak memiliki tingkat porositas yang tinggi
  2. Ventilasi udara memenuhi pertukaran udara pada ruang perawatan biasa minimal 6 (enam) kali pergantian udara per jam
  3. Pencahayaan ruangan buatan mengikuti kriteria standar 250 lux untuk penerangan dan 50 lux untuk pencahayaan tidur
  4. Kelengkapan tempat tidur berupa adanya 2 (dua) kotak kontak dan nurse call pada setiap tempat tidur
  5. Adanya nakes per tempat tidur
  6. Dapat mempertahankan suhu ruangan mulai 20 sampai 26 derajat celcius
  7. Ruangan telah terbagi atas jenis kelamin, usia, dan jenis penyakit (infeksi dan non infeksi)
  8. Kepadatan ruang rawat inap maksimal 4 (empat) tempat tidur, dengan jarak antar tepi tempat tidur minimal 1,5 meter
  9. Tirai/partisi dengan rel dibenamkan menempel di plafon atau menggantung
  10. Kamar mandi dalam ruang rawat inap
  11. Kamar mandi sesuai dengan standar aksesibilitas
  12. Outlet oksigen

(sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20230720064702-4-455692/intip-12-fasilitas-kris-penganti-kelas-123-bpjs-kesehatan)

 

5. Contoh Teks Berita tentang Transportasi

Tarif Rp24 Ribu Rute Terjauh LRT Dinilai Wajar

Kepala Berita

PENGAMAT transportasi Djoko Setijowarno mengungkapkan tarif LRT Jabodebek yang diputuskan oleh Kementerian Perhubungan sebesar Rp24 ribu untuk rute terjauh dari Stasiun Harjamukti ke Dukuh Atas sudah wajar dan sesuai. Angka tersebut sudah sesuai dengan perhitungan jarak tempuh yang mencapai 27,3 km serta sesuai kemampuan calon penumpang. 

“Ini sudah sesuai. Apalagi ini sudah disubsidi. Tanpa subsidi tarifnya Rp50 ribu,” kata Djoko saat dikonfirmasi Media Indonesia, Minggu (23/7). Djoko mengatakan, salah satu sasaran penumpang LRT Jabodebek merupakan warga perumahan yang tinggal di kawasan elit seperti Sentul, Bogor, hingga Kota Bekasi.

Tubuh Berita

Dalam sebuah survei kecil-kecilan yang pernah ia lakukan, warga Bekasi dan Bogor yang mengendarai mobil untuk bekerja ke Jakarta setiap hari rata-rata mengeluarkan biaya Rp75 ribu hingga Rp100 ribu per hari.

“Itu termasuk tarif tol, bensin, dan biaya parkir,” ujarnya.

Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodebek (BPTJ) menyediakan layanan pengumpan atau ‘feeder’ dalam bentuk bus. BPTJ sebelumnya sudah memiliki layanan ini melalui bus JR Connexion. Penyediaan bus atau angkutan pengumpan ini juga bisa bekerja sama dengan pemda setempat yang wilayahnya dilalui oleh LRT Jabodebek.

 “Yang harus dilakukan adalah menekan ongkos dari rumah ke stasiun. Ini bisa dengan bus. Busnya wara-wiri saja dari komplek perumahan ke stasiun bayar Rp10 ribu. Ini sudah cukup menjanjikan bisa menekan,” tuturnya. 

Penyediaan bus pengumpan, dinilainya lebih efektif ketimbang menyediakan sarana kantong parkir atau ‘park and ride’. Sebab, berbeda dengan PT KCI yang memiliki lahan luas di beberapa area stasiunnya sehingga bisa menyediakan parkir, Kemenhub tidak memiliki lahan di sekitar stasiun-stasiun LRT Jabodebek yang bisa dijadikan lahan parkir.

(Sumber: https://mediaindonesia.com/megapolitan/598789/tarif-rp24-ribu-rute-terjauh-lrt-dinilai-wajar)

 

6. Teks Berita tentang Olahraga

Indonesia Juara SEA V League 2023 Pekan Pertama

Kepala Berita

TIMNAS voli putra Indonesia berhasil meraih gelar juara SEA V League 2023 pekan pertama usai mengalahkan Thailand 3-1 (21-25, 25-17, 25-23, dan 27-25) di GOR Candradimuka Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Minggu (23/7) malam. Ini merupakan kemenangan ketiga dari tiga laga di kompetisi liga antarnegara. 

Tubuh Berita

Dua laga sebelumnya didapatkan dari Filipina dan Vietnam dengan skor sama 3-0.  Pelatih timnas Indonesia Jeff Jiang mengaku bangga dengan perjuangan anak asuhnya di laga pamungkas. “Saya bangga dengan anak-anak. Mereka bekerja keras dan bermain baik.  Teamwork juga sangat baik, berbeda dengan saat di Cina Taipei, mungkin kalau di Taipei bermain seperti ini kami bisa menang,” ujar Jiang.

Di Filipina pekan ini, Indonesia akan turun dengan materi pemain yang sama. Di Filipina, akan berlangsung event yang sama pekan kedua, pada 28-30 Juli mendatang. Sementara tim Thailand akan turun dengan materi pemain yang berbeda. Pasalnya, tim Thailand yang berlaga di Sentul ini akan langsung bertolak ke Qatar menghadapi FIVB Challenge Cup 2023 pada pekan depan. Pemain terbaik (MVP), Fahri Septian Putratama menyebut laga terakhir ini dia dan rekan-rekannya bermain lebih baik. “Semua berjalan sesuai rencana,” kata Fahri.

Kekalahan di Taiwan dari Thailand, katanya juga sudah dievaluasi. “Thailand sebenarnya bermain sama seperti di Taiwan tetapi kami bermain jauh lebih baik dibanding di Taiwan,” lanjut Fahri.

(Sumber: https://mediaindonesia.com/olahraga/598863/indonesia-juara-sea-v-league-2023-pekan-pertama)

 

Baca juga: Cara Membuat Teks Laporan Percobaan, Pahami Struktur & Cirinya Yuk!

 

7. Teks Berita tentang Travel

Bandara Soekarno-Hatta Direvitalisasi, Catat Area yang Terdampak

Kepala Berita

Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten akan direvitalisasi selama sekitar enam bulan ke depan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan produktivitas pergerakan penumpang dan pesawat.

“Kurang lebih sekitar enam bulan lagi ini semua bisa diselesaikan sehingga dapat memenuhi demand yang semakin meningkat. Bandara Soetta akan menjadi showcase-nya negara Indonesia di mata dunia,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sabtu (22/7/2023), seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Tubuh Berita

Budi Karya menambahkan, kapasitas Bandara Soekarno-Hatta akan ditingkatkan menjadi 110 juta penumpang per tahun, dari kapasitas sebelumnya 65 juta per tahun. Kapasitas Bandara Soekarno-Hatta akan ditingkatkan menjadi 110 juta penumpang per tahun, dari kapasitas sebelumnya 65 juta per tahun. 

Jika berencana terbang dari atau ke Bandara Soekarno-Hatta, ketahui beberapa area yang menjadi objek revitalisasi. Untuk sisi darat (land side) dikerjakan oleh Angkasa Pura II (AP II) bersama kontraktor PT PP di Terminal 1B dan 1C domestik, sementara di Terminal 2F internasional dikerjakan oleh AP II dan Adhi Karya.

Sedangkan untuk sisi udara (air side), landas pacu atau runway dikerjakan oleh AP II dan pemasangan sistem untuk meningkatkan produktivitas pergerakan pesawat oleh Airnav Indonesia. 

Revitalisasi Terminal 1C dilakukan di lantar dasar seluas 46.100 meter persegi dan lantai 1 seluas 38.200 meter persegi. Revitalisasi meliputi: Area pelayanan penumpang keberangkatan dan kedatangan, area komersial, area perkantoran, connecting boarding lounge, area bagasi penumpang, dan pekerjaan MEP (mechanical, electrical, plumbing).

Secara keseluruhan, kapasitas Terminal 2 akan ditingkatkan menjadi 21 juta penumpang per tahun, dari semula hanya 9 juta per tahun. Total luas Terminal 2 mencapai 173.608 meter persegi, setelah revitalisasi ditargetkan mencapai 234.50 meter persegi untuk Terminal 2D, 2E, dan 2F. Revitalisasi meliputi desain interior terminal, penggantian peralatan dan jaringan MEP, pembuatan connecting antar-boarding lounge dan lounge umroh, serta penerapan IBMS (Integrated Building Management Sistem).

(Sumber: https://travel.kompas.com/read/2023/07/23/214143227/bandara-soekarno-hatta-direvitalisasi-catat-area-yang-terdampak)

 

PTS sudah di depan mata! Siap taklukan PTS dengan paket master khusus buat kamu. Yuk, ambil promonya sekarang dengan klik banner di bawah ini!

PTS Master

 

8. Teks Berita tentang Politik

Jokowi Terbang ke Cina Pagi Ini, Temui Xi Jinping untuk Bahas Investasi

Kepala Berita

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak ke Chengdu, China pagi ini, Kamis, 27 Juni 2023 dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Dalam lawatannya ke negeri tirai bambu tersebut, salah satu agenda utamanya adalah bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping. 

Tubuh Berita

Jokowi mengklaim kunjungannya ke Cina juga dalam rangka memenuhi undangan Xi Jinping dan sekaligus memperingati 10 tahun kemitraan komprehensif Indonesia-Cina. Menurut Jokowi, Cina adalah mitra dagang dan investasi terbesar bagi Indonesia

“Saya akan melakukan pertemuan dengan Presiden Xi Jinping dan sejumlah agenda prioritas akan saya bahas bersama Presiden Xi, baik investasi maupun proyek strategis Indonesia dan RRT (Republik Rakyat Tiongkok), juga di bidang perdagangan dan kesehatan serta isu-isu regional dan global,” ujar Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis, 27 Juli 2023. 

Selain bertemu dengan Xi, Jokowi menyebut dirinya juga mengagendakan bertemu dengan para CEO dan pimpinan perusahaan Cina yang telah melakukan investasi di Indonesia. Para pengusaha itu, kata Jokowi, telah berinvestasi di sektor hilirisasi industri, petrokimia, energi baru terbarukan, dan kesehatan. 

“Saya juga akan menghadiri FISU World University Games untuk menyemangati kontingen kita yang juga berlaga di sana. Pada Sabtu pagi insya Allah saya sudah tiba di Jakarta,” ujar Jokowi.

Ekor Berita

Dalam kunjungannya ke Cina, Jokowi ditemani oleh Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

 

9. Teks Berita tentang Otomotif

Indonesia Akan Dijadikan Industri Baterai Mobil Listrik Terbesar

Kepala Berita

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia melaporkan bahwa Indonesia ditargetkan menjadi negara industri baterai mobil listrik terbesar. Caranya dengan program hilirisasi sumber daya alam, terutama bahan baku baterai.

Beberapa bahan baku utama dari baterai kendaraan listrik tersebut adalah nikel, kobalt, mangan dan litium. Menurut Bahlil, Indonesia memiliki cadangan nikel sebanyak 25 persen dari total secara global.

“Kita ingin menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara industrialis baterai mobil terbesar di dunia,” kata Bahlil dalam sebuah sesi kuliah umum online di Universitas Sebelas Maret, dikutip Tempo.co dari kantor berita Antara hari ini, Rabu, 23 Agustus 2023.

Tubuh Berita

Lebih lanjut Bahlil mengatakan bahwa tren industri otomotif saat ini tengah mengarah ke pemanfaatan kendaraan dengan bahan bakar berbasis listrik. Baterai, tambah dia, menjadi salah satu komponen penting yang dibutuhkan dalam produksi kendaraan listrik.

“Ke depan (bahan bakar) fosil, batubara akan ditinggalkan. (Tahun) 2030 mobil-mobil di dunia hampir semua pakai mobil listrik, dan mobil listrik itu komponennya 40-60 persen baterai,” ujar Bahlil menambahkan

Dengan cadangan nikel yang dimiliki Indonesia, Bahlil berharap negara ini bisa jadi industri baterai mobil listrik terbesar di dunia. Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan untuk menghentikan ekspor bahan baku mentah, dan memulai hilirisasi.

“Nikel ini, Indonesia (memiliki) cadangan nikel dunia 25 persen. Pada tahun 2017-2018 ekspor kita itu hanya 3,3 miliar dollar AS kemudian Jokowi perintahkan stop ekspor,” jelas Bahlil.

Setelah larangan ekspor dan kebijakan pembangunan industri hilirisasi nikel diterapkan, Bahlil mengatakan bahwa pendapat ekspor nikel pada 2022 naik hampir 10 kali lipat.

“Begitu kita menyetop ekspor nikel kita bangun smelter, kita bangun industri, dan sekarang hasilnya dari 2019-2020 sampai dengan 2022 nilai ekspor kita dari nikel menjadi 30 miliar US dollar (Rp 459 triliun),” tutup dia.

(Sumber:https://otomotif.tempo.co/read/1763112/indonesia-akan-dijadikan-industri-baterai-mobil-listrik-terbesar)

 

10. Teks Berita tentang Bencana Alam

Banjir Terjang 28 Desa di Aceh Tenggara, 4.843 Jiwa Terdampak

Kepala Berita

Banjir masih melanda wilayah Aceh Tenggara, Provinsi Aceh. Banjir pada sejumlah desa berlangsung sejak Kamis 17 Agustus 2023 membuat 4.843 jiwa terdampak, namun tidak ada laporan warga terdampak yang mengungsi. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara mencatat sejumlah 28 desa atau gampong yang tersebar di 5 kecamatan dilanda banjir.

“Populasi terdampak, BPBD mendata sebanyak 1.177 KK atau 4.843 jiwa. Penanganan darurat telah diupayakan BPBD setempat sejak awal kejadian,” ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Senin (21/8/2023).

Tubuh Berita

Pemkab Aceh Tenggara telah mendistribusikan bantuan 115 paket berupa makanan dan non makanan. Selain itu, Tim Reaksi Cepat BPBD memasang tenda untuk mengantisipasi apabila ada warga yang harus diungsikan ke tempat aman. 

BPBD juga memasang hidran umum di beberapa lokasi sehingga warga dapat mengakses air bersih. Bencana ini menjadi perhatian Forum Koordinasi Pimpinan Daerah yang kemudia memantau dan meninjau langsung wilayah terdampak banjir. 

Personel BPBD berada di lokasi untuk bersiaga di lokasi terdampak. Di samping itu, mereka melakukan kaji kebutuhan dan berkoordinasi dengan aparat desa dan kecamatan terdampak.

Sejumlah desa yang tersebar di 5 kecamatan yang masih tergenang banjir yaitu Desa Kuta Buluh, Lawe Hijo metuah, Lawe Hijo Gabungan, Lawe Hijo, Kuning I, Kute Seri, Rikit, Pedesi, Pinding, Seperai, Pulo Perengge.

Kemudian Terutung Payung Gabungan dan Terutung Payung Hulu di Kecamatan Bambel.Kecamatan Bukit Tusam, desa terdampak yaitu Desa Darul Imami, Gumpang, Kuta Lingga, Tenembak Bintang, Kuta Gekhat dan Maha Singkil.

Banjir yang terjadi setelah hujan lebat mengguyur pada Kamis (17/8) malam pukul 21.00 WIB menyebabkan tanggul jebol dan debit air Sungai Lawe Kinga dan Alas meluap. Kerugian akibat banjir tercatat sebanyak rumah terendam 338 unit, fasilitas pendidikan 2 unit. 

Banjir merusak lahan padi 350,50 hektare dan lahan jagung 53 hektar. BPBD juga melaporkan jembatan Lawe Hijo Ampera putus. BNPB mengimbau BPBD dan warga setempat untuk tetap waspada dan siaga apabila banjir mengalami ketinggian. 

Ekor Berita

BPBD diharapkan tetap menyiagakan personel apabila warga membutuhkan pertolongan dan evakuasi. Prakiraan cuaca di Aceh Tenggara masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga dua hari kedepan.

(Sumber: https://daerah.sindonews.com/read/1181083/174/banjir-terjang-28-desa-di-aceh-tenggara-4843-jiwa-terdampak-1692590917/10)

 

Baca juga: Mau Buat Proposal? Simak Pengertian, Struktur, Jenis, dan Kaidah Kebahasaannya

 

11. Contoh Teks Berita tentang Krisis Populasi

Jepang Krisis Populasi, Jumlah Warga Anjlok di Semua Prefektur

Kepala Berita

Untuk pertama kalinya Jepang mencatat rekor populasi terendah pada 2022. Penurunan populasi ini bahkan terjadi di semua prefektur di Jepang. Menurut data pemerintah Jepang per Rabu (26/7), jumlah populasi di Jepang turun selama 14 tahun berturut-turut.

Dilansir AFP, Kementerian Dalam Negeri Jepang mencatat bahwa jumlah orang Jepang turun 800.523 atau 0,65 persen pada tahun 2022. Selain itu untuk pertama kalinya, jumlah populasi turun di seluruh total 47 prefektur di Jepang.

Tubuh Berita

Kemendagri Jepang menyebut penurunan populasi secara keseluruhan merupakan penurunan tertajam yang tercatat sejak tahun 1968.

“Penurunan jumlah anak dan populasi adalah masalah penting yang melibatkan masalah sosial, ekonomi, dan kesejahteraan sosial. Sebaliknya, jumlah populasi warga negara asing di Jepang justru meningkat dengan rekor 289.498 orang atau 10,7 persen menjadi 2.993.839 orang. Ini merupakan kenaikan jumlah WNA tertinggi sejak 2013.

Jepang punya aturan imigrasi yang cukup ketat. Namun beberapa tahun terakhir, Negeri Matahari Terbit mulai melonggarkan batasan secara bertahap, demi mengatasi masalah kekurangan tenaga kerja.

Untuk itu pemerintah Jepang berencana mendorong perempuan dan orang lanjut usia, untuk memasuki angkatan kerja lewat reformasi pasar tenaga kerja.

Negara berpenduduk 125 juta jiwa ini mencatat kurang dari 800 ribu angka kelahiran tahun lalu. Sementara itu biaya perawatan lansia justru melonjak.

Ekor Berita

Bulan lalu Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida meluncurkan rencana dengan anggaran USD25 miliar (setara Rp375 triliun) untuk mendukung kaum muda dan keluarga meningkatkan angka kelahiran yang semakin anjlok di negara itu.

(Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230726142854-113-978101/jepang-krisis-populasi-jumlah-warga-anjlok-di-semua-prefektur)

 

12. Teks Berita tentang Pendidikan

Siswa SMA Belajar di Lokasi Darurat, Pemkab Klaten Siapkan Rp 4 Miliar

Kepala Berita

Pemkab Klaten menyiapkan anggaran Rp 4 miliar gegara siswa baru SMAN I Karangnongko kelas jauh belajar di tenda dan aula kantor Desa Tlogowatu, Kecamatan Kemalang. Anggaran sebesar itu untuk pengadaan lahan yang akan dibangun gedung sekolah.

“Sementara kemarin kita itu punya uang ganti rugi proyek tol dari tanah asetnya Dinas Kebudayaan Pemuda Olah dan Pariwisata yang kena, kurang lebih Rp 4 miliar. Sangat cukup, insyaallah kalau cuma satu hektare cukup,” ungkap Sekda Kabupaten Klaten, Jajang Prihono kepada wartawan di Pemkab Klaten, Senin (7/8/2023) siang.

Tubuh Berita

Menurut Jajang, pemkab sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jateng. Ia mengatakan pemprov siap membangun namun Pemkab Klaten diminta menyediakan lahan.

“Kita diminta menyiapkan lahan, oke kita siapkan lahan. Jadi saya sudah minta segera cek lahan mana dan dipastikan yang mau dipakai untuk segera diinformasikan ke provinsi, biar segera dipasang anggaran pembangunannya oleh provinsi,” jelas Jajang.

Pemkab, kata Jajang, tidak mempermasalahkan pengadaan lahan karena jangka panjang untuk kepentingan masyarakat. Secara kebetulan ada lahan milik Pemkab Klaten yang terkena proyek tol dan mendapatkan ganti rugi.

“Anggaran sudah ada karena ada tanah aset kita yang kena tol yang juga harus dicarikan tanah pengganti juga. Untungnya pas waktunya,” papar Jajang.

Luas tanah yang diperlukan diperkirakan sekitar 6.500 meter persegi. Akan tetapi untuk mengakomodir kebutuhan lainnya disediakan sekitar 10.000 meter persegi.

“Kemarin kita koordinasi luasan minim ya 6.500 meter tapi kita upayakan di angka 10.000 meter persegi. Kalau kita prinsipnya semakin cepat semakin baik,” lanjut Jajang.

Diharapkan tahun depan warga sudah bisa sekolah di gedung baru. Meski demikian lokasi baru yang akan dibangun bangunan sekolah masih terus dikoordinasikan di tingkat wilayah.

“Segera koordinasi dengan wilayah tanah mana yang representatif bisa kita beli untuk sekolah itu segera diselesaikan. Harapannya tahun depan sudah sekolah,” sambung Jajang.

Senada, Kades Tlogowatu, Kecamatan Kemalang, Suprat Widoyo menyatakan berdasarkan rapat, pemerintah provinsi menunggu pengadaan lahan dari Pemkab Klaten.

“Masih menunggu pemerintah kabupaten untuk mengalokasikan pembelian tanah, sebagai lokasi sekolah. Jika tanah sudah siap dari Pemkab Klaten, pembangunan dari pemerintah provinsi segera dilakukan,” kata Suprat.

Ekor Berita

Sebelumnya diberitakan, sebagian siswa SMA Negeri (SMAN) 1 Karangnongko, Kabupaten Klaten, terancam harus belajar di tenda. Sebab, siswa kampus 2 SMAN 1 Karangnongko tidak tertampung di gedung pinjaman milik SD Negeri (SDN) 1 Tlogowatu, Kecamatan Kemalang.

(Sumber: https://www.detik.com/jateng/berita/d-6863260/siswa-sma-belajar-di-lokasi-darurat-pemkab-klaten-siapkan-rp-4-miliar)

 

13. Teks Berita tentang Lingkungan

Inmendagri Pengendalian Polusi Udara: ASN Jabodetabek WFH 50 Persen, Karyawan Swasta Diminta Ikut

Kepala Berita

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) tentang Pengendalian Pencemaran Udara pada wilayah Jabodetabek. Inmendagri ini memuat beberapa hal pokok yang perlu dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Banten serta Bupati/Walikota se-Jabodetabek. 

Instruksi tersebut meliputi sistem kerja hybrid, pembatasan kendaraan bermotor, peningkatan pelayanan transportasi publik, pengetatan uji emisi optimalisasi penggunaan masker, pengendalian emisi lingkungan dan penerapan solusi hijau, serta pengendalian pengelolaan limbah industri.

Tubuh Berita

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal ZA, menjelaskan, Inmendagri Nomor 2 Tahun 2023 ini merupakan tindak lanjut atas arahan Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas peningkatan kualitas udara di kawasan Jabodetabek yang dilaksanakan hari Senin tanggal 14 Agustus 2023. 

“Kepala Daerah diminta untuk melakukan penyesuaian kebijakan pengaturan sistem kerja yakni dengan sedapat mungkin melakukan penerapan Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO) masing-masing sebanyak 50% bagi ASN di lingkungan perangkat daerah, karyawan BUMN dan BUMD dengan catatan dikecualikan bagi mereka yang memberikan layanan publik secara langsung/pelayanan esensial” kata Safrizal dalam keterangannya, Rabu (23/8/2023).

“Selain itu Pemda di wilayah Jabodetabek agar mendorong karyawan swasta dan dunia usaha untuk melakukan WFH dan WFO sesuai kebijakan instansi/pelaku usaha terkait,” tambahnya. 

Kebijakan WFH-WFO diharapkan dapat mengurangi mobilitas yang menyebabkan polusi udara, mengingat sebagian besar masyarakat menggunakan kendaraan bermotor baik mobil atau motor dalam beraktivitas seperti ke kantor. 

Ekor Berita

Safrizal mengingatkan agar upaya pembatasan kendaraan bermotor diberlakukan dengan mengoptimalkan penggunaan moda transportasi massal atau transportasi umum, penggunaan kendaraan yang tidak beremisi atau kendaraan listrik. Hal ini karena berdasarkan data yang ada, salah satu faktor penyebab polusi udara di Jabodetabek disumbang oleh sektor transportasi dan industri. 

(Sumber: https://www.inews.id/news/nasional/inmendagri-pengendalian-polusi-udara-asn-jabodetabek-wfh-50-persen-karyawan-swasta-diminta-ikut)

 

14. Teks Berita tentang Timnas Indonesia

1 Keuntungan Timnas Indonesia Jelang Semifinal Piala AFF U-23 2023

Kepala Berita

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos dari lubang jarum dan akan berlaga di babak semifinal Piala AFF U-23 2023. Skuad Garuda Muda punya keuntungan dibandingkan Thailand.

Timnas Indonesia yang sudah lebih dulu bermain pada Minggu (20/8) harus menanti selama dua hari untuk menentukan kelanjutan nasib mereka. Setelah menyimak hasil-hasil yang ada selama dua hari, Timnas Indonesia U-23 akhirnya ikut memperoleh tiket menuju babak semifinal.

Tubuh Berita

Dengan status sebagai runner up terbaik, Timnas Indonesia bakal menghadapi Thailand yang merupakan juara grup A. Laga ini bakal terasa berat bila mengingat kualitas yang dimiliki oleh Thailand.

Namun setidaknya Indonesia punya satu keunggulan yang bisa jadi keuntungan menghadapi laga semifinal. Hal itu adalah terkait waktu istirahat.

Laga semifinal akan dimainkan pada Kamis (24/8). Hal itu berarti Indonesia punya waktu bersih istirahat dan bersiap selama tiga hari. Sedangkan Thailand yang masih bermain pada Senin (21/8) otomatis hanya memiliki waktu istirahat dan bersiap selama dua hari.

Thailand sendiri memang patut diwaspadai oleh Skuad Garuda Muda. Thailand jadi tim paling subur dengan torehan 10 gol sepanjang fase grup. Walaupun grup A berisi empat tim, jumlah gol Thailand tetap paling tinggi bila merujuk rata-rata gol per pertandingan jika dibandingkan tim lain.

Selain ganas di lini depan, Thailand juga sangat solid di lini belakang. Thailand belum pernah memungut bola dari gawang mereka dalam tiga laga yang telah dijalani.

Ekor Berita

Timnas Indonesia U-23 sendiri sejauh ini terbilang belum tampil meyakinkan. Ramadhan Sananta dan kawan-kawan kalah 1-2 dari Malaysia di laga perdana. Sedangkan di laga kedua, Timnas Indonesia U-23 hanya menang tipis 1-0 lawan Timor Leste.

Pemanfaatan peluang Timnas Indonesia U-23 sejauh ini masih kurang maksimal. Alhasil hanya dua gol yang berhasil mereka bukukan. Kedua gol itu sendiri lahir dari kaki Ramadhan Sananta.

(Sumber: https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20230823063257-142-989288/1-keuntungan-timnas-indonesia-jelang-semifinal-piala-aff-u-23-2023) 

 

15. Teks Berita tentang Bisnis

Rencana Besar Erick Thohir Kawinkan Garuda, Citilink dan Pelita Air

Kepala Berita

Tiga maskapai BUMN yakni Garuda Indonesia, Citilink dan Pelita Air akan digabung. Penggabungan ini sebagai upaya menekan biaya logistik.

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan, pihaknya terus mendorong rencana penurunan biaya logistik di Indonesia guna meringankan dunia bisnis. Ia pun mendorong agar efisiensi terus menjadi agenda utama pada BUMN.

Tubuh Berita

Usai melakukan rangkaian program efisiensi pada empat Pelindo, Erick mengatakan akan melanjutkan ke BUMN pada klaster lain, yaitu maskapai penerbangan. Saat ini, terdapat tiga BUMN yang bergerak di bidang penerbangan, yaitu Garuda Indonesia, Citilink, dan Pelita Air.

Erick menjelaskan saat ini Indonesia masih kekurangan sekitar 200 pesawat. Perhitungan itu diperoleh dari perbandingan antara Amerika Serikat dan Indonesia. Di Amerika Serikat, terdapat 7.200 pesawat yang melayani rute domestik, di mana terdapat 300 juta populasi yang rata-rata GDP (pendapatan per kapita) mencapai US$ 40 ribu.

Sementara di Indonesia terdapat 280 juta penduduk yang memiliki GDP US$ 4.700. Oleh sebab itu, Indonesia membutuhkan 729 pesawat, di mana saat ini baru memiliki 550 pesawat.

“Jadi perkara logistik kita belum sesuai,” ujar Erick dalam keterangan tertulis, Selasa (22/8/2023).

Untuk mengurangi ketertinggalan jumlah pesawat, Erick mengatakan tidak menutup kemungkinan adanya penggabungan ketiga maskapai BUMN tersebut seperti halnya merger Pelindo.

“BUMN terus menekan logistic cost. Pelindo dari 4 (perusahaan) menjadi 1. Sebelumnya, logistic cost mencapai 23 persen, sekarang jadi 11 persen. Kita juga upayakan Pelita Air, Citilink, dan Garuda merger untuk menekan cost,” jelas dia.

Merespons rencana penggabungan ini,Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, penjajakan terkait aksi korporasi tersebut berlangsung secara intensif.

“Sehubungan dengan adanya informasi terkait rencana merger bisnis Garuda Indonesia Group bersama dengan Pelita Air, dengan ini dapat kami sampaikan bahwa hingga saat ini proses diskusi terkait langkah penjajakan aksi korporasi tersebut masih terus berlangsung intensif,” kata Irfan dalam keterangan tertulis.

Pihaknya mendukung wacana merger tersebut. Tentunya, kata dia, akan dilandasi dengan kajian yang mendalam.

“Oleh karenanya, Garuda Indonesia Group tentunya akan mendukung dan memandang positif upaya wacana merger tersebut yang tentunya akan dilandasi dengan kajian outlook bisnis yang prudent,” jelas dia.

Ekor Berita

Dia melanjutkan, rencana pengembangan sendiri masih dalam tahap awal. Dia bilang, pihaknya tengah mengeksplorasi secara mendalam atas berbagai peluang sinergi bisnis yang dapat dihadirkan untuk bersama-sama. Kemudian, dapat mengoptimalkan aspek profitabilitas kinerja yang sekaligus memperkuat ekosistem bisnis industri transportasi udara di Indonesia guna membawa manfaat berkelanjutan bagi masyarakat.

Tambahnya, hal tersebut turut menjadi sinyal positif bagi upaya penguatan fundamental kinerja perusahaan khususnya pasca restrukturisasi.

“Oleh karenanya, mengenai mengenai proyeksi dari proses merger ini tentunya akan terus kami sampaikan secara berkelanjutan sekiranya terdapat tindak lanjut penjajakan yang lebih spesifik atas realisasi rencana strategis tersebut,” ujarnya.

(Sumber: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6890579/rencana-besar-erick-thohir-kawinkan-garuda-citilink-dan-pelita-air)

 

16. Teks Berita tentang Demonstrasi

Partai Buruh Dukung Demonstrasi Tolak Kenaikan UMP 2024 di Bawah 15 Persen di Berbagai Daerah

Kepala Berita

Partai Buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mendukung langkah kaum buruh yang belakangan masif melakukan demonstrasi perihal penolakan kenaikan Upah Minimum Provinsi atau UMP 2024 yang dinilai masih tak mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Kaum buruh menuntut para gubernur di wilayah industri seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Kepulauan Riau, dan daerah lainnya agar dilakukan revisi penetapan kenaikan UMP 2024,” kata Presiden Partai Buruh Said Iqbal dalam konferensi pers via Zoom, Jumat, 15 Desember 2023.

Tubuh Berita

Ia pun mencontohkan kenaikan UMP 2024 yang tak sesuai dengan biaya hidup di DKI Jakarta menurut data Badan Pusat Statistik Nasional (BPS) yang mendekati angka Rp 15 juta per bulan. “Bandingkan dengan nilai UMP 2023 ini Rp 4,9 juta. Hanya sepertiga dari biaya hidup, sisanya kalau buruh menombok sangat tak masuk akal,” katanya.

Kendati UMP DKI Jakarta naik menjadi Rp 5,2 juta perbulan di tahun 2024, kata Said, tetap tak bisa memenuhi kebutuhan hidup berdasarkan angka dari BPS. Sementara, kata dia, buruh tak bisa cari pendapatan sampingan, karena bekerja dari pagi hingga malam.

“Makanya buruh marah dan kemarin melakukan demonstrasi ke Kantor Gubernur Jawa Barat dan tak ada respon. Kemacetan Tol Cipularang itu karena buruh marah, namun mereka tak menutup jalan,” katanya.

Sebelumnya, Said Iqbal mengancam akan melakukan mogok kerja jika pemerintah tetap ngotot menetapkan kenaikan upah minimum provinsi atau UMP 2024 di bawah 15 persen. “Bila mana usulan unsur dari serikat buruh tidak diterima, maka kami akan melakukan mogok nasional,” kata Said, dalam keterangan tertulis pada Senin, 20 November 2023.

Ekor Berita

Menurut dia, mogok nasional merupakan suatu jalan yang harus dilakukan supaya pemerintah bisa mendengarkan apa yang diperjuangkan kaum buruh.

Presiden KSPI itu juga menyatakan aksi mogok nasional ini diorganisir oleh Serikat Buruh, bukan Partai Buruh. Tujuannya memaksa pemerintah mau mendengarkan apa yang diperjuangkan kaum buruh.

Said menyatakan mogok nasional itu akan dilakukan selama dua hari di antara 30 November-13 Desember 2023. Tujuannya adalah melumpuhkan ekonomi secara nasional, melumpuhkan pabrik, dan perusahaan agar pemerintah mau berunding.

(Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1809824/partai-buruh-dukung-demonstrasi-tolak-kenaikan-ump-2024-di-bawah-15-persen-di-berbagai-daerah)

 

17. Teks Berita tentang Konflik di Palestina

Terus Bertambah, Korban Tewas di Palestina Jadi 26.422 Orang

Kepala Berita

Jumlah korban tewas di Gaza terus bertambah akibat perang antara Israel dan Hamas di jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023. Saat ini jumlah korban tewas sebanyak 26.422 orang.

“Setidaknya 26.422 warga Palestina telah tewas dan 65.087 terluka dalam serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober,” kata Kementerian Kesehatan Gaza dalam sebuah pernyataan, dilansir Reuters, Minggu (28/1/2024).

Dalam 24 jam terakhir, 165 warga Palestina tewas dan 290 lainnya luka-luka.

Tubuh Berita

Pada Sabtu (27/1), Israel terus melakukan serangan dan kampanyenya melawan Hamas di wilayah Khan Younis, Gaza Selatan. Sementara cuaca buruk melanda warga Palestina yang mengungsi dan yang mencari perlindungan lebih jauh ke utara di wilayah kantong Gaza.

Warga melaporkan tembakan udara dan tank besar-besaran di Khan Younis, bagian selatan Gaza yang menjadi fokus serangan darat Israel terhadap Hamas, dan di sekitar dua rumah sakit utama di sana.

Hamas mengatakan pejuangnya menembakkan rudal anti-tank ke tank Israel di barat daya Khan Younis.

Militer Israel mengatakan pihaknya menewaskan sedikitnya 11 pria bersenjata yang mencoba memasang bahan peledak di dekat pasukan dan lainnya menembakkan senapan dan granat berpeluncur roket ke arah tentara di Khan Younis. Selama seminggu terakhir, tambahnya, pasukan komando membunuh lebih dari 100 militan dan menggerebek gudang senjata.

Kelompok Jihad Islam Palestina, yang bersekutu dengan Hamas, mengatakan para pejuangnya melawan pasukan Israel di wilayah tersebut dan telah menembakkan roket ke Israel.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan serangan Israel terjadi di dekat fasilitas medis terbesar yang berfungsi di selatan, Rumah Sakit Nasser, dan Rumah Sakit Al-Amal, di mana satu orang tewas di halamannya, menurut Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina.

“Pemboman Israel membahayakan layanan kesehatan dan membahayakan nyawa dokter, pasien, dan pengungsi,” kata juru bicara kementerian Ashraf Al-Qidra.

(Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-7164928/terus-bertambah-korban-tewas-di-palestina-jadi-26-422-orang)

 

18. Contoh Teks Berita tentang Hewan

Berapa Umur Kucing yang Tertua di Dunia?

Kepala Berita

Kucing merupakan hewan peliharaan yang memiliki rerata umur antara 11 sampai 15 tahun. Umur ini bergantung pada jenis ras, perawatan, pola makan, kesehatan, dan lingkungan. Namun, berapakah umur kucing tertua di dunia?

Tubuh Berita

Mengutip BBC Science Focus, kucing betina diketahui bisa hidup lebih lama dibandingkan kucing jantan. Sementara kucing yang dikebiri bisa hidup lebih lama dibandingkan kucing yang tidak dikebiri.

Kemudian dari segi jenisnya, kucing persilangan biasanya cenderung bisa hidup lebih lama dibanding kucing ras murni.

Guinness World Records mencatat kucing tertua di dunia yang hidup adalah Flossie. Kucing asal London, Inggris lahir pada Desember 1995. Per Januari 2024, berarti usianya sekitar 28 tahun.

Jika dibandingkan dengan umur manusia, maka kucing betina Flossie setidaknya setara dengan usia 120 tahun manusia, sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia. Meski dalam keadaan sehat, tetapi kondisi penglihatan Flossie cukup buruk dan tuli.

(Sumber: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7152541/stok-weekend-berapa-umur-kucing-yang-tertua-di-dunia)

 

19. Teks Berita tentang Ekonomi

Anggaran Bansos Naik Rp20,5 T Jadi Rp493,5 T Tahun Ini

Kepala Berita

Alokasi dana bantuan sosial naik Rp20,5 triliun menjadi Rp493,5 triliun pada 2024 atau tahun pemilu ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengklaim bahwa kenaikan ini tidak dilakukan pemerintah sendiri, melainkan atas persetujuan DPR. Hal tersebut ia sampaikan dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Jakarta, Selasa (30/1).

Tubuh Berita

Dengan fakta itu, Sri Mulyani menegaskan bahwa bansos merupakan salah satu program Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)

“Jadi, kalau pemerintah menggunakan APBN, itu adalah uang APBN di mana sumber dan penggunaannya dibahas dan disetujui oleh DPR,” katanya.

Sri Mulyani mengatakan bahwa APBN akan terus digunakan sebagai shock absorber untuk melindungi masyarakat, baik dari risiko perlambatan ekonomi global maupun situasi ekonomi domestik.

Bansos sendiri merupakan salah satu intervensi APBN dalam upaya menjaga daya beli masyarakat. Maklum, volatilitas harga pangan bergejolak.

Kendati, Sri Mulyani mengatakan intervensi APBN dalam mengendalikan harga pangan tidak hanya melalui bansos.

Ia menyebut intervensi juga dilakukan melalui anggaran ketahanan pangan, yang tercatat sebesar Rp104,2 triliun pada 2023 dan Rp114,3 triliun pada tahun ini.

“Ini termasuk berbagai program untuk ketahanan produksi, ketahanan pertanian, infrastruktur pertanian, juga pengembangan sentra produksi,” katanya.

(Sumber: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240130143429-532-1056213/anggaran-bansos-naik-rp205-t-jadi-rp4935-t-tahun-ini)

 

20. Teks Berita tentang Judi Online

Bisa Bikin Candu, OJK Bongkar Modus & Jebakan Judi Online

Kepala Berita

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengaku, masih banyak temuan rekening masyarakat yang disalahgunakan menjadi rekening depo judi online. Pada akhir tahun 2023, Satgas PASTI telah menemukan 38 rekening bank atau virtual account yang dilaporkan masyarakat terkait dengan aktivitas pinjaman online ilegal.

Tubuh Berita

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen Friderica Widyasari mengatakan, banyak masyarakat yang telah terlanjur terdorong untuk mengakses situs judi online, beberapa modus yang ditemukan dan telah diberitakan adalah penipuan demo slot gratis memberikan fantasi bahwa akun slot seakan-akan berisi sejumlah uang dalam jumlah besar.

“Padahal iming-iming itu bersifat fiktif, tak dapat diuangkan, dan hanya untuk menggugah ketertarikan pengguna. Hal yang sama, juga berlaku untuk bonus deposit. Angka-angka fantasi itu mendorong peserta untuk mengikuti permainan dan terus melakukan deposit,” jelasnya, Kamis (11/1).

Terdapat begitu banyak modus penawaran judi online yang semakin sering muncul di media social seperto platform Instagram, Facebook, Twitter/X, Tiktok, dan lain-lain. Beberapa contoh modus penawaran yang menipu antara lain situs judi memakai modus website cerita dongeng anak-anak, metode clickbait dengan menggunakan model iklan wanita/pria yang menarik namun ternyata terang-terangan mempromosikan judi online.

“Padahal iming-iming itu bersifat fiktif, tak dapat diuangkan, dan hanya untuk menggugah ketertarikan pengguna. Hal yang sama, juga berlaku untuk bonus deposit. Angka-angka fantasi itu mendorong peserta untuk mengikuti permainan dan terus melakukan deposit,” jelasnya, Kamis (11/1).

Terdapat begitu banyak modus penawaran judi online yang semakin sering muncul di media social seperto platform Instagram, Facebook, Twitter/X, Tiktok, dan lain-lain. Beberapa contoh modus penawaran yang menipu antara lain situs judi memakai modus website cerita dongeng anak-anak, metode clickbait dengan menggunakan model iklan wanita/pria yang menarik namun ternyata terang-terangan mempromosikan judi online.

(Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/market/20240111181849-17-504928/bisa-bikin-candu-ojk-bongkar-modus-jebakan-judi-online)

Bagaimana? Sudah lebih paham kan tentang isi teks berita dan strukturnya? Kalau kamu masih bingung, coba deh tanya Master Teacher di Brain Academy. Tinggal pilih belajar online atau datang langsung ke cabang terdekat dari rumahmu!

Brain Academy Center

Salsabila Nanda