Yuk, Belajar tentang Manusia di Jurusan Antropologi!

Tri Janarti Okt 30, 2021 • 8 min read


Jurusan Antropologi

Jurusan Antropologi mempelajari tentang manusia. Apa sih yang bisa dipelajari dari manusia? Banyak dong! Yuk, simak info mata kuliah, prospek kerja, dan kampus Jurusan Antropologi!

--

Pernahkah kamu mendengar Jurusan Antropologi? Jurusan yang sepi peminatnya, tetapi sangat asyik untuk dipelajari. Apalagi bagi kaum kepoan pada hal-hal baru kayak aku dan mungkin kamu.

Nahlo, jadi penasaran nggak tuh dengan jurusan ini? Langsung cus kita bahas apa itu Jurusan Antropologi, mata kuliah, prospek kerja, dan kampus-kampusnya, yuk!

Apa Itu Jurusan Antropologi?

Kalau ngomongin soal ini, nggak jarang awam seperti kita yang salah kaprah menyamakan Jurusan Antropologi dengan Jurusan Sosiologi dan Jurusan Arkeologi. Namun, setelah kita pikirkan lagi, jika sama saja mengapa ilmu-ilmunya nggak dijadiin satu jurusan saja? Ya, nggak sih, Brainies?

Untuk itu, kita bakal berkenalan dengan jurusan ini, mulai dari apa itu Jurusan Antropologi? Secara etimologis, kata antropologi berasal dari bahasa Yunani, yakni anthropos yang berarti manusia dan logos yang berarti ilmu. Dengan begitu, antropologi adalah ilmu tentang manusia.

Nah, pertanyaan berikutnya, apa sih yang dipelajari Jurusan Antropologi dari manusia? Wah, buat menjawab ini kita perlu perluas pemahaman tentang jurusan ini, Brainies.

Jurusan Antropologi adalah jurusan yang mempelajari seluk-beluk kehidupan manusia secara luas tanpa membatasinya dengan ruang dan waktu sehingga studinya lebih dinamis dan kompleks. Jurusan ini akan belajar segala hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia, mulai dari biologi, budaya, sosial, bahasa, pola pikir dan sebagainya. Pembelajarannya pun nggak cuma dilakukan pada masyarakat saat ini, tetapi juga pada masyarakat masa lalu dan masa depan, lho! Seru ya, Brainies?

Baca Juga: Serunya Jurusan Sejarah, Menyelami Masa Lalu Lewat Mata Kuliah

Apa yang Dipelajari di Jurusan Antropologi?

Mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Antropologi sangat beragam karena banyaknya hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Apalagi Ilmu Antropologi terbagi menjadi dua, yaitu Antropologi Fisik dan Antropologi Budaya. Ditambah lagi adanya penjelasan dari Koentjaraningrat, Bapak Antropologi Indonesia, bahwa unsur budaya dapat berupa bahasa, pengetahuan, organisasi sosial, peralatan hidup dan teknologi, ekonomi, religi, serta kesenian.

Jurusan Antropologi

Keragaman mata kuliah Jurusan Antropologi sudah bisa dilihat dari sejumlah materi pengantar yang akan dipelajari, seperti Pengantar Antropologi, Pengantar Sosiologi, Pengantar Ilmu Politik, dan Pengantar Statistik Sosial. Tuh, beragam ‘kan?

Pada mata kuliah Pengantar Antropologi, kamu akan diberikan pemahaman mengenai ruang lingkup dan konsep dasar ilmu ini. Sementara pada mata kuliah Pengantar Sosiologi, kamu akan diperkenalkan dengan teori Sosiologi serta penerapannya. Lalu kamu juga akan belajar tentang teori Ilmu Politik dan penerapannya di mata kuliah Pengantar Politik, sedangkan di mata kuliah Pengantar Statistik Sosial kamu akan belajar menyajikan data.

Setelah menerima mata kuliah pengantar, materi yang kamu pelajari selanjutnya akan lebih fokus pada bidang Antropologi. Misalnya, Antropologi Biologi, Antropologi Sosial Budaya, dan Antropologi Linguistik. Masing-masing mata kuliah tersebut memiliki lingkup yang berbeda, yakni evolusi serta keragaman manusia, permasalahan sosial-budaya, dan bahasa.

Baca Juga: Jurusan Sastra Indonesia, Mata Kuliah dan Peluang Kerja

Bukan hanya itu, ada pula mata kuliah Arkeologi, Antropologi Kesenian, Antropologi Hukum, Antropologi Maritim, Antropologi Psikologi, Antropologi Ekologi, Antropologi Agama, Antropologi Ekonomi, Antropologi Kesehatan, Antropobiologi, dan masih banyak lagi. Gimana, udah siap belum mengikuti mata kuliah Jurusan Antropologi yang seabrek?

Lulusan Jurusan Antropologi Kerja Apa?

Prospek kerja Jurusan Antropologi sebenarnya nggak sempit kok, Brainies. Hal ini dikarenakan lulusan jurusan ini telah mempelajari seluruh hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Dengan demikian, lulusannya pun bisa memasuki berbagai bidang selain menjadi seorang antropolog.

Dilansir dari laman Antropologi UGM, alumni Jurusan Antropologi bisa bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), Departemen Dalam Negeri (Depdagri), Departemen Sosial (Depsos), dan sebagainya. Alumninya juga bisa bekerja di sektor swasta, seperti wartawan, peneliti, lembaga swadaya masyarakat (LSM), community development staff, dan pengusaha.

Jurusan Antropologi

Beragamnya mata kuliah yang dipelajari membuat lulusan Jurusan Antropologi memiliki banyak pengetahuan terkait manusia. Oleh karena itu, prospek kerja Jurusan Antropologi pun turut beragam, bukan hanya menjadi seorang antropolog. (Sumber: freepik.com)

Selain itu, lulusan Jurusan Antropologi bisa menjadi pengajar, etnografer, kurator, konsultan, manajer sumber daya manusia (SDM), juru arsip, teknisi museum dan konservator, ahli antropologi forensik, arkeolog, corporate social responsibility staff, training & people development staff, dan lain-lain

Wih, banyak ya, Brainies, prospek kerjanya? Makanya, nggak perlu gelisah setelah lulus dari Jurusan Antropologi mau kerja apa. Oke?

Apa Saja Kampus yang Memiliki Jurusan Antropologi?

Jawabannya, banyak kok kampus yang memiliki Jurusan Antropologi di Indonesia, Brainies! Namun, tiap kampus memiliki penamaan yang berbeda-beda untuk Jurusan Antropologi. Yups, ada yang menamakannya Jurusan Antropologi, Jurusan Antropologi Budaya, dan Jurusan Antropologi Sosial. Terus apa bedanya?

Antropologi Budaya menekankan variasi kebudayaan sebagai variabel independen yang mengacu pada pendekatan antropolog dan ilmuwan sosial di Amerika. Sementara Antropologi Sosial menilai variasi kebudayaan sebagai variabel dependen yang mengacu pada pendekatan antropolog dan ilmuwan sosial di Eropa dan Inggris. Namun, sejatinya yang dipelajari tetap sama kok, yakni kehidupan manusia.

Baca Juga: Belajar Pakai Teknik Feynman, Lebih Cepet Ngertinya!

Selain itu, Jurusan Antropologi juga dimasukkan ke fakultas yang berbeda tergantung pada kebijakan universitasnya. Ada yang memasukkannya ke Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP).

Lalu apa saja kampus dengan Jurusan Antropologi di Indonesia? Ada beberapa kampus yang memiliki Jurusan Antropologi terbaik di Indonesia karena telah mendapat akreditasi A dari Ban-PT. Di sini aku bakal menyebutkan kampus dengan Jurusan Antropologi terakreditasi A berdasarkan fakultasnya, ya.

Fakultas Ilmu Budaya (FIB)

  • Jurusan Antropologi Universitas Halu Oleo (UHO)

  • Jurusan Antropologi Budaya Universitas Udayana (Unud)

  • Jurusan Antropologi Budaya Universitas Gadjah Mada (UGM)

  • Jurusan Antropologi Sosial Universitas Khairun (Unkhair)

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP)

--

Gimana, Brainies, tertarikkah kamu belajar tentang manusia di Jurusan Antropologi? Jurusan yang masih sepi peminat, tetapi mata kuliahnya asyik untuk dipelajari dan prospek kerjanya luas. Jika tertarik, maka kamu harus segera mempersiapkan dirimu dengan belajar di Brain Academy Online nih! Yuk, buruan klik banner di bawah!

BA online

Referensi:

Selamat Datang Mahasiswa Baru Antropologi [Daring]. Tautan: http://antronesia.com/selamat-datang-mahasiswa-baru-antropologi/ (Diakses 28 Oktober 2021)

Pengantar Singkat tentang Antropologi [Daring]. Tautan: http://antronesia.com/pengantar-singkat-tentang-antropologi/ (Diakses 28 Oktober 2021)

Kurikulum Pendidikan Tinggi Program Studi Antropologi [Daring]. Tautan: https://fib.uho.ac.id/wp-content/uploads/2020/08/KURIKULUM-PENDIDIKAN-TINGGI-JURUSAN-ANTROPOLOGI.-Fix-dikonversi.pdf (Diakses 28 Oktober 2021)

Program Studi Sarjana Antropologi [Daring]. Tautan: https://anthropology.fisip.ui.ac.id/sarjana/ (Diakses 28 Oktober 2021)

Perkuliahan Struktur Kurikulum [Daring]. Tautan: http://antro.fisip.unair.ac.id/id_ID/kurikulum/ (Diakses 28 Oktober 2021)

Antropologi [Daring]. Tautan: https://fib.ugm.ac.id/akademik/program-sarjana/antropologi (Diakses 28 Oktober 2021)

Suka Traveling dan Eksplorasi Budaya? Jurusan Antropologi Jawabannya [Daring]. Tautan: https://www.ruangguru.com/blog/jurusan-antropologi (Diakses 28 Oktober 2021)

Koentjaraningrat, Bapak Antropologi Indonesia [Daring]. Tautan: https://www.ui.ac.id/download/kliping/220504/Koentjaraningrat_Bapak_Antropologi_Indonesia.pdf  (Diakses 28 Oktober 2021)

Direktori Hasil Akreditasi Program Studi [Daring]. Tautan: https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php  (Diakses 28 Oktober 2021)

Sumber Gambar:

Keanekaragaman Prospek Kerja Jurusan Antropologi [Daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-vector/business-team-working-project-project-management-business-analysis-planning-brainstorming-research-consulting-motivation-concept-vector-isolated-illustration_11668756.htm#page=1&query=research&from_query=peneliti&position=26&from_view=search (Diakses 29 Oktober 2021)

Profile

Tri Janarti

Beri Komentar