Kupas Tuntas Jurusan Sastra Jepang dan Prospek Kerjanya

Ratu Kanaya Thalita Mirza Apr 28, 2021 • 6 min read


Jurusan Sastra Jepang-1

Artikel ini mengulas tentang jurusan sastra jepang, mulai dari apa yang dipelajari, mata kuliah yang didapat, serta prospek kerjanya.

--

Siapa nih diantara kamu yang tertarik dengan bahasa dan kebudayaan Jepang? Atau kamu suka bahasa Jepang karena membaca komik atau menonton anime, dan ingin tahu artinya tanpa bantuan terjemahan bahasa Indonesia? Jika iya, maka jurusan Sastra Jepang layak untuk kamu pertimbangkan. Walaupun kuliah di jurusan Sastra Jepang belum terlalu familiar, namun jurusan ini juga nggak sepi peminat, lho.

Faktanya, berdasarkan SBMPTN tahun 2020, jurusan Sastra Jepang di Universitas Indonesia memiliki jumlah peminat mencapai 612 peserta dengan daya tampung yang hanya 14. Meskipun tingkat persaingannya sangat ketat, kamu tetap harus belajar yang maksimal dan optimis, ya. Karena usahamu tidak akan mengkhianati hasil. Tapi, sebelum kamu benar-benar memilih jurusan Sastra Jepang, kamu harus tahu semua tentang jurusan ini terlebih dahulu. Yuk, kenalan dulu sama jurusan Sastra Jepang!

Jurusan Sastra JepangJurusan Sastra Jepang (sumber: freepik)

Apa itu jurusan Sastra Jepang dan apa saja mata kuliah yang didapat?

Sama halnya dengan jurusan sastra yang lain, jurusan Sastra Jepang mengaruskan mahasiswanya belajar tentang isi, keaslian, estetika, ciri artistik serta keindahan isi dalam teks atau tulisan karya sastra jepang. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai karya tulis baik dalam bentuk puisi, novel maupun naskah drama. Selain itu, kamu akan mempelajari kebudayaan Jepang dan pastinya akan menulis menggunakan huruf kanji. 

Umumnya, mahasiswa jurusan ini diberi tugas untuk menganalisis novel, film, dan karya sastra lainnya, yang nantinya akan dihubungkan ke materi utama seperti sejarah dan lain-lainnya.

Mata kuliah wajib yang akan kamu dapat jika memilih jurusan Sastra Jepang adalah Bahasa Jepang, sudah pasti sebagai sastrawan Jepang kamu harus mahir berbahasa Jepang. Nanti kamu juga akan belajar tentang tata bahasa (bunpou), percakapan (kaiwa) hingga pemahaman mendengar (choukai). Selanjutnya kamu akan mendapat mata kuliah Kebudayaan Jepang, kebudayaan di sini termasuk tradisional maupun modern, lho. 

Selanjutnya mata kuliah yang akan kamu dapat adalah Sejarah Jepang, sudah pasti kamu juga akan belajar sejarah dari negara ini. Lalu, mata kuliah Sastra Jepang, berlaku juga untuk karya dalam 5 periode sastra, yaitu Sastra Kuno, Klasik, Pertengahan, hingga Modern dan Kontemporer. Selanjutnya adalah mata kuliah Fukushu, yang berarti mengulang. 

Selanjutnya mata kuliah yang akan didapat adalah Membaca dan Menulis, kamu diwajibkan juga mahir membaca dan menulis huruf Jepang yang pastinya membutuhkan pelajaran yang matang. 

Lalu, mata kuliah Kanji, yaitu satu dari 4 set aksara Jepang yang menjadi tulisan modern yang sering digunakan. Lalu kamu akan mendapat mata kuliah Dounyuu, kata ini berarti perkenalan, maka umumnya mata kuliah ini memberi pengenalan tentang berbagai materi belajar. 

Selanjutnya kamu akan mendapat mata kuliah Bahasa Inggris, tidak hanya bahasa Jepang saja, para lulusan jurusan ini juga harus mahir berbahasa Inggris. Yang terakhir adalah mata kuliah Penerjemahan, kamu harus bisa menerjemahkan teks maupun karya lainnya dari bahasa Jepang ke Indonesia, maupun sebaliknya.

Prospek Kerja Jurusan Sastra Jepang

Prospek Kerja Jurusan Sastra Jepang (sumber: freepik)

Apa prospek kerja jurusan Sastra Jepang?

Lulusan sastra Jepang akan mendapatkan gelar S.Hum (sarjana humaniora) atau S.S (sarjana sastra). Peluang kerja untuk lulusan ini pun banyak, tergantung dengan minatmu. Jadi kamu nggak perlu bingung mikirin profesi apa yang bisa kamu ambil setelah lulus. Dengan perkembangan industri saat ini, banyak profesi untuk lulusan sastra Jepang yang bisa kamu pilih.

Pertama, kamu bisa menjadi penerjemah atau interpreter. Kamu bisa menjadi penerjemah bahasa Jepang ke bahasa Indonesia, begitupun sebaliknya. Tugas yang biasanya dilakukan adalah menerjemahkan pesan secara bersamaan maupun berurutan ke dalam bahasa tertentu. 

Sebagai penerjemah atau interpreter, kamu dituntut untuk sebisa mungkin menjaga konten, konteks, dan gaya bahasa agar tidak banyak berubah saat diterjemahkan. Selain itu, kamu juga akan ditugaskan untuk membaca materi-materi tertulis dan menulis ulang materi tersebut ke bahasa tertentu.

Kedua, kamu  bisa menjadi pegawai perusahaan Jepang. Mengingat banyaknya perusahaan Jepang yang ada di Indonesia, maka kamu berkesempatan untuk menjadi pegawai perusahaan multinasional Jepang. Kamu bisa menjadi staff HRD atau staff divisi lainnya di perusahaan Jepang. 

Ketiga, pemandu wisata. Khusus buat kamu yang suka jalan-jalan dan suka berinteraksi dengan banyak orang, profesi ini cocok untukmu. Kamu bisa menjadi pemandu wisata atau tour guide untuk wisatawan Jepang yang sedang berkunjung ke Indonesia atau menjadi pemandu wisata untuk orang Indonesia yang akan berkunjung ke Jepang. Kamu bisa bekerja sekaligus berlibur, deh. Seru banget, kan!

Keempat, penulis. Kamu bisa berprofesi sebagai penulis artikel atau buku-buku yang topiknya seputar negara Jepang. Salah satu mata kuliah yang akan didapat adalah mengenai sastra Jepang dan teknik menulis yang benar. Dengan begitu, sehabis lulus, kamu bisa mengembangkan dan memperdalam ilmu tersebut dalam segi menulis. 

Kelima, tenaga pengajar atau pendidik. Karena sejumlah sekolah di Indonesia memiliki mata pelajaran bahasa Jepang, jadi kamu bisa menjadi guru bahasa Jepang di salah satu sekolah tersebut. Selain guru sekolah, kamu juga bisa menjadi guru privat bahasa Jepang dan juga dosen mata kuliah bahasa Jepang maupun mata kuliah yang berhubungan dengan kebudayaan Jepang. Tentunya, kamu harus memiliki sertifikat mengajar ya, agar bisa mengambil profesi ini.

Baca Juga: Jurusan Bahasa Korea dan Prospek Kerja Buat Kamu Pecinta K-pop dan K-drama!

Universitas sastra Jepang terbaik di Indonesia

Buat kamu yang tertarik dengan jurusan sastra Jepang, ini dia beberapa rekomendasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN)  yang bisa menjadi pilihanmu.

Universitas Indonesia

Jurusan sastra Jepang di UI termasuk banyak peminatnya, lho. Karena jurusan sastra Jepang UI sudah terakreditasi A pada tahun 2017 lalu. Jurusan ini masuk dalam Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Universitas Padjadjaran

Sastra Jepang Universitas Padjadjaran juga dikenal unggul, karena sastra Jepang UNPAD merupakan salah satu jurusan bahasa jepang tertua di Indonesia. Peminatnya terbilang banyak untuk jurusan sastra asing selain Inggris. Jurusan ini sudah berstatus terakreditasi A sejak tahun 2015.

Universitas Gadjah Mada

Kampus negeri lainnya yang memiliki program studi Sastra Jepang dan terakreditasi A adalah Universitas Gadjah Mada. Sastra Jepang UGM sudah terakreditasi A pada tahun 2019 lalu.

Universitas Udayana

Universitas Udayana Bali juga sudah berpredikat A untuk jurusan Sastra Jepang sejak tahun 2016. Sastra Jepang Universitas Udayana sudah berdiri dari tahun 2005, lho!

Universitas Brawijaya 

Satu lagi perguruan tinggi negeri yang sudah berstatus terakreditasi A untuk jurusan sastra Jepang, yaitu Universitas Brawijaya Malang. Jurusan ini sudah berstatus terakreditasi A sejak tahun 2017.

Itu dia pengetahuan tentang jurusan sastra Jepang yang perlu kamu ketahui. Buat kamu yang masih bingung apakah sastra Jepang merupakan minat dan bakatmu, jangan khawatir, Brain Academy online memiliki 5 macam tes minat bakat. Selain itu, Brain Academy juga memiliki program bimbel online interaktif, klinik PR, konseling pendidikan, sampai kelas pengembangan diri, lho. Ayo daftar sekarang, dengan klik banner di bawah ini! 

BA online

Referensi

Arthasalina, Dian Septi. (2019), Tertarik Kuliah Sastra Jepang? Ini 12 Rekomendasi Kampus Terbaik [daring]. Tautan: https://www.idntimes.com/life/family/dian-arthasalina/kampus-terbaik-sastra-jepang. Diakses pada 23 April 2021.

Novita, Sri. (2019), Kuliah Jurusan Sastra Jepang [daring]. Tautan: https://calonmahasiswa.com/kuliah-jurusan-sastra-jepang/. Diakses pada 23 April 2021.

Sumber foto

Jurusan Sastra Jepang [daring]. Tautan: https://www.freepik.com/premium-vector/japanese-learning-concept_11583953.htm. Diakses pada 23 April 2021. 

Prospek Kerja Jurusan Sastra Jepang [daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-vector/blogging-illustration-concept_6192594.htm#page=1&query=writing%20illustration&position=17. Diakses pada 23 April 2021.

Beri Komentar