Mengenal Jurusan Kriminologi yang Masih Langka di Indonesia

Tri Janarti Okt 2, 2021 • 6 min read


Jurusan Kriminologi

Jurusan Kriminologi memang nggak akan bisa membuatmu bak Sherlock Holmes, tetapi bisa memberikan prospek kerja yang menjanjikan, lho! Yuk, mengenal lebih dalam jurusan dengan mata kuliah yang unik banget ini!

--

Brainies, apa hal pertama yang kamu lakukan pas bangun tidur? Kalau aku sih buka media sosial buat cek berita yang lagi trending biar nggak ketinggalan informasi. Hehe.

Tapi ada hal yang bikin aku sebel, Brainies, karena terkadang aku justru menemukan cyberbullying di media sosial. Entah itu ditujukan pada artis, pejabat, ataupun orang biasa. Aku pun jadi kepikiran kenapa ya orang-orang ngelakuin itu? Terus apa yang akan terjadi pada si korban bullying?

Pikiran-pikiran itu bikin aku berandai-andai, “Coba aja dulu aku ambil kuliah Jurusan Kriminologi. Pasti kejawab deh semua pertanyaanku tadi.”

Tapi, omong-omong, Brainies, udah tahu belum apa itu Jurusan Kriminologi? Kalau belum, yuk aku ajak kenalan dengan jurusan ini!

Mengenal Jurusan Kriminologi

Jurusan Kriminologi adalah jurusan yang belajar menganalisis fenomena kejahatan, mulai dari penyebab, dampak, dan penanggulangannya. Jurusan ini memiliki 4 fokus bahasan, yaitu pelaku, korban, tindak kejahatan, dan respons masyarakat terhadap kejahatan yang terjadi.

Artinya, jurusan ini bukan sekadar ngurusin aksi kriminalnya saja, melainkan juga manusia sebagai pelaku atau korban yang merupakan makhluk sosial. Makanya, Jurusan Kriminologi dimasukkan ke ranah Soshum atau bidang IPS, Brainies.

Baca Juga: 5 Prodi Soshum Paling Diminati di UTBK-SBMPTN 2021

Hal tersebut juga didukung oleh materi kuliah Jurusan Kriminologi yang berhubungan dengan ilmu-ilmu sosial lainnya, seperti Ilmu Sosiologi, Ilmu Psikologi, Ilmu Antropologi, dan Ilmu Hukum. Biar nggak penasaran, aku kasih tahu juga ya apa saja yang dipelajari di Jurusan Kriminologi.

Mata Kuliah Jurusan Kriminologi

Mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Kriminologi tentu akan berkaitan dengan pembahasan tindak kejahatan, baik skala nasional maupun internasional. Yaps, di jurusan ini, pengetahuanmu tentang berbagai fenomena kejahatan harus luas, lho! Makanya, ada mata kuliah pilihan Kejahatan Transnasional dan Globalisasi Dasar kayak di Universitas Indonesia (UI).

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Kriminologi

Agar pengetahuanmu semakin luas, kuliah di Jurusan Kriminologi juga ada kegiatan observasi lapangan, lho! Biasanya, mahasiswa jurusan ini diberi kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan para pelaku kejahatan di penjara. Hal ini bisa membantumu mengetahui penyebab suatu kejahatan terjadi. Menarik ‘kan?

Selain itu, materi kuliah yang berkaitan dengan ilmu sosial lainnya akan membuat pandanganmu terhadap suatu kejahatan semakin terbuka lebar. Dengan adanya ilmu-ilmu tersebut, kamu bisa mencoba mengendalikan tindak kejahatan lain yang mungkin terjadi di waktu berikutnya. Misalnya, kamu akan belajar Pengantar Antropologi, Sosiologi Peradilan Pidana, Psikologi Kejahatan Dasar, dan Hukum Acara Pidana.

Oh iya, di Jurusan Kriminologi kejahatan yang dipelajari bukan hanya tindak pencurian, pembunuhan, atau pemerkosaan. Ada kejahatan lainnya, seperti aksi terorisme, whiter-collar crime, pengabaian HAM, hingga penyalahgunaan siber. Nggak heran deh ada mata kuliah Teror dan Terorisme Dasar, Kejahatan White-collar, HAM dalam Perspektif Kriminologi Dasar, serta Kejahatan Siber. Wah, berarti kamu bisa nih menganalisis penyebab dan dampak cyberbullying yang tadi bikin aku bertanya-tanya. Jangan lupa kasih tahu aku jawabannya, ya, Brainies!

Prospek Kerja Jurusan Kriminologi

Lalu Jurusan Kriminologi kerja apa setelah lulus? Ada 3 hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu, Brainies. Pertama, lulusan jurusan ini masih sangat langka di Indonesia. Kedua, kayak yang kamu tahu tindak kriminalitas tidak ada habisnya. Ketiga, mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini sangat luas.

Jurusan Kriminologi-1Investigasi Jurusan Kriminologi (Sumber: freepik.com)

Berdasarkan ketiga hal itu, maka prospek kerja Jurusan Kriminologi cukup banyak kok, Brainies. Misalnya, di instansi pemerintahan kamu bisa bekerja di Kepolisian, Kejaksaan, BIN, BNN, dan BNPT. Kamu juga bisa bekerja di bidang lain, seperti media, lho! Biar lebih jelas, berikut aku berikan beberapa contoh prospek kerja Jurusan Kriminologi.

  •         Jurnalis Investigasi
  •         Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)
  •         Penyidik dan Penyelidik
  •         Private Investigator
  •         Peneliti
  •         Staf Pengajar

Baca Juga: Jurusan Ini Sepi Peminat Tapi Prospek Kerjanya Menjanjikan? Mungkin Cocok Untukmu!

Kampus dengan Jurusan Kriminologi

Jurusan Kriminologi di Indonesia masih langka, Brainies. Makanya, lulusannya pun juga masih langka. Sampai tahun 2021, hanya ada 3 kampus yang memiliki Jurusan Kriminologi di Indonesia. Apa saja kampusnya?

  1.   Universitas Indonesia (UI)
  2.   Universitas Islam Riau (UIR)
  3.   Universitas Budi Luhur

Eits, tapi Brainies, nggak perlu risau karena kampus dengan Jurusan Kriminologi di luar negeri juga ada kok. Lebih banyak malah pilihannya. Berikut aku sebutin beberapa kampus di luar negeri yang memiliki Jurusan Kriminologi.

  1.   University of Pennsylvania
  2.   University of Florida
  3.   The University of Sydney
  4.   The University of Hongkong
  5.   University of Leicester

--

Itulah perkenalan kita dengan Jurusan Kriminologi yang masih langka di Indonesia. Meskipun begitu, prospek kerjanya sangat menjanjikan dan mata kuliah yang dipelajari pun menarik ‘kan, Brainies? Gimana, masih ragu untuk mendaftar ke Jurusan Kriminologi? Kalau iya, aku kasih saran mendingan kamu konsultasi deh ke konselor yang ada di Brain Academy Online. Yuk, buruan bilang bye sama keraguanmu itu!

BA online

Referensi:

Program Sarjana Departemen Kriminologi FISIP Universitas Indonesia. [Daring]. Tautan: https://criminology.fisip.ui.ac.id/sarjana/ (Diakses 19 September 2021)

Prospek Lulusan Kriminologi [Daring]. Tautan: http://fisip.budiluhur.ac.id/program-studi-2/kriminologi/ (Diakses 19 September 2021)

10 Sekolah Kriminologi Terbaik di Dunia | 2021 [Daring]. Tautan: https://worldscholarshipforum.com/id/best-criminology-schools-world/ (Diakses 22 September 2021)

Profile

Tri Janarti

Beri Komentar