Sambut Tahun Ajaran Baru, Ini 7 Tips Persiapan Masuk Sekolah!

Persiapan yang Harus Disiapkan Sebelum Masuk Sekolah

Tidak perlu grogi, berikut ini hal-hal yang perlu kamu siapkan untuk persiapan masuk sekolah!

Wah! Tidak terasa liburan sekolah sebentar lagi selesai, dan tahun ajaran baru 2023/2024 sudah di depan mata. Brainies, siapa nih yang sudah tidak sabar untuk segera masuk sekolah?

Setiap provinsi memiliki kalender akademiknya masing-masing. Sehingga, peraturan terkait tahun ajaran baru di setiap wilayah akan berbeda-beda. Mendengar kabar ini, sebagian dari kamu mungkin merasa nervous sampai kepikiran, kira-kira apa saja ya yang harus dipersiapkan untuk menyambut tahun ajaran baru? Apakah harus menyampul buku dengan kertas kado warna-warni? Atau bawa tumbler Minions untuk bekal minum?

Aigoo, tidak perlu aneh-aneh, karena hal yang perlu kamu persiapkan ‘gak ribet, kok! Yuk intip tipsnya berikut ini!

1. Siapkan Kesehatan Mental dan Fisik

Hal pertama dan terpenting yang perlu kamu persiapkan yaitu kesehatan mental dan fisik. Jangan salah, kesehatan mental sangat diperlukan dalam proses belajar, lho. Karena hal ini dapat menolong kamu untuk merasa nyaman, senang, dan percaya diri saat menyambut tahun ajaran baru.

Selain itu, memastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit juga sangat penting. Sebab jika imun dalam keadaan lemah, tubuh akan mudah terserang penyakit dan belajar pun jadi tidak fokus.

Supaya kesehatan kamu terjaga, pastikan untuk menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, minum air putih dengan cukup, rutin berolahraga, dan istirahat dengan cukup.

Baca Juga: Baru! Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2022/2023

2. Mempersiapkan Peralatan Sekolah

Buku tulis? Check!

Alat tulis? Check!

Penggaris? Check!

Kira-kira, barang apa lagi, ya, yang harus dibawa di hari pertama sekolah?

Nah, membawa alat pendukung pembelajaran juga penting, sobat Brainies. Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan yang diperintah guru pada saat menyambut tahun ajaran baru. Kalau bisa sih, satu hari sebelum masuk sekolah semua sudah ada di dalam tas yang akan dibawa ke sekolah.

Bila ada barang yang sulit dicari, ada baiknya kamu persiapkan dari jauh-jauh hari. Sebab jika barangnya tidak ditemukan, kamu bisa menyampaikannya kepada orang tua dan mencari solusi bersama-sama.

siapkan perlengkapan sekolahBawa alat pendukung pembelajaran dengan lengkap (gifer.com)

3. Buat Perencanaan Waktu

Tips yang satu ini penting banget untuk diterapkan, khususnya untuk sobat Brainies yang sudah menginjak bangku SMA!

Masa SMA bisa menjadi salah satu masa yang paling sibuk bagi pelajar, selain waktu yang dipadatkan dengan belajar, kamu juga akan aktif mengikuti ekstrakurikuler, mengikuti bimbingan belajar (bimbel), hingga persiapan untuk seleksi masuk perguruan tinggi.

Di luar itu, kamu juga pasti masih ingin hang out dan menghabiskan waktu bersama teman-teman, bukan?

So, manajemen waktu yang baik sangat dibutuhkan agar kamu bisa menentukan prioritas. Hal ini juga dapat meminimalisir terjadinya benturan jadwal yang dimiliki. Jika tidak dapat mengatur jadwal dengan baik, bisa-bisa nilai akan turun karena kurangnya waktu belajar.

 

4. Rancang Tujuan dan Cita-cita

Setelah lulus SMA nanti, mau kuliah di mana? Mau ambil jurusan apa? Hayo, apakah sudah terpikirkan?

Tidak ada salahnya untuk merancang tujuan sejak awal. Karena pada dasarnya, tingkat pendidikan SMP dengan SMA sangatlah berbeda. Sebab di SMA, kamu diharuskan untuk memilih jurusan yang akan menjadi dasar konsentrasi kamu ketika memilih jurusan kelak.

Jika kamu memiliki cita-cita untuk berkecimpung di bidang Saintek seperti Kedokteran, Teknik, Matematika, Biologi, kamu dapat memilih jurusan IPA. Namun jika kamu lebih gemar mempelajari bidang Soshum seperti Politik, Hukum, Komunikasi, Akuntansi, ada baiknya kamu memilih jurusan IPS.

So, untuk menghindari salah pilih jurusan, ayo tentukan pilihan sejak awal dan belajar dengan giat supaya Brainies dapat meraih cita-cita yang diinginkan.

Baca Juga: Tips Belajar Efektif Ala Anak IPA vs Anak IPS, Kamu yang Mana?

5. Pilih Tempat Bimbel Terbaik 

Belajar tambahan lewat bimbel, adalah salah satu pilihan yang tepat, apalagi di tahun terakhir SMA dan ingin masuk perguruan tinggi impian. Selain dapat membantu kita untuk lebih mudah dalam memahami suatu konsep pelajaran, bimbel juga bisa membantu dalam memahami hingga kamu mampu menyelesaikan tugas-tugas dari sekolah.

Meskipun kita sudah full seharian belajar di sekolah, tidak ada salahnya kok untuk tetap mengikuti bimbel. Kamu dapat memilih waktu bimbel setelah jam sekolah, atau bahkan pada saat weekend. Ditambah lagi, sekarang sudah banyak bimbel yang menawarkan kelas online, sehingga jarak dan transportasi bukan lagi alasan untuk tidak ikut bimbel.

Brain Academy Online atau Brain Academy Center bisa jadi pilihan nih, untuk kamu yang lagi cari tempat bimbel dengan fasilitas yang lengkap dan kekinian.

Cuma di Brain Academy, kamu bisa menikmati akses bimbel online dan tatap muka sekaligus. Fasilitasnya juga lengkap banget, lho. Setiap branch Brain Academy menyediakan Smart Classroom yang dilengkapi AC, WiFi, headphone, serta tab yang dapat digunakan oleh siswa untuk mengakses video konsep pelajaran di aplikasi Ruangguru. Pokoknya super cozy, deh!

Tidak cuma itu aja, Brain Academy juga menyediakan layanan Konsultasi dan Perwalian serta Tes Minat Bakat yang dapat membantu kamu dalam menentukan jurusan kuliah. Wah, ini sih berguna banget untuk Brainies yang sudah kelas 12!

Adapun fitur lainnya yang ditawarkan Brain Academy seperti modul lengkap, try out gratis, klinik PR hingga rapor bulanan. Plus, gak cuma belajar, di Brain Academy kamu juga bisa mengembangkan soft skills seperti public speaking, leadership, teamwork, communication, critical thinking, sampai cara menjaga kesehatan mental di kelas pengembangan diri.

Baca Juga: Intip Keseruan Bimbel Offline di Brain Academy, Fasilitasnya Lengkap Banget!

6. Cari Tahu Gaya Belajarmu

Kamu lebih cocok belajar sambil mendengarkan musik atau di ruangan yang sepi? Nah, mengenali tipe belajar yang sesuai bisa sangat membantu kamu di tahun ajaran baru nanti. Kamu jadi bisa lebih fokus dan bisa memahami pelajaran dengan lebih baik.

 

7. Menerapkan Protokol Kesehatan

Meskipun pandemi sudah mereda dan protokol kesehatan sudah diperlonggar, ada baiknya kita tetap menerapkan protokol kesehatan selama di sekolah. Tetap gunakan masker, mencuci tangan, jaga jarak, dan rajin gunakan hand sanitizer.

Sebelum berangkat sekolah, ada baiknya kamu menyiapkan perlengkapan sekolah milik sendiri, hand sanitizer, dan juga masker cadangan di dalam tas.

Siap untuk sekolah tatap muka, Brainies? Kalau kamu punya tips yang selalu kamu lakukan, bisa banget, lho, bagikan di kolom komentar! Siapa tau, tips kamu bisa berguna untuk teman-teman lainnya. Yuk mulai tahun ajaran baru dengan semangat baru bersama Brain Academy, bimbel terbaik untuk jenjang SD, SMP, SMA, bahkan ada kelas khusus persiapan UTBK juga. Saat ini, Brain Academy telah memiliki 36 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk info lengkapnya, klik banner di bawah ini, ya!

IDN CTA Blog Brain Academy Center

Sumber:

Kamu Lulusan SMP dan Ingin Masuk SMA? Yuk, Simak 5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Untuk Sobat Sekolah. [Daring]. Tautan: https://sobatsekolah.com/tips/5-hal-saat-masuk-sma/. Diakses 8 Juli 2022.

Kapan Hari Pertama Masuk Sekolah 2022? Cek Kalender Akademik di Sini. [Daring]. Tautan: https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6166669/kapan-hari-pertama-masuk-sekolah-2022-cek-kalender-akademik-di-sini. Diakses 8 Juli 2022.

Sumber Gambar:

Bawa alat pendukung pembelajaran dengan lengkap. [Daring]. Tautan: https://gifer.com/en/1Lzx. Diakses 8 Juli 2022.

Tiara Syabanira Dewantari