Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, untuk Si Gemar Bersosialisasi

Tri Janarti Okt 27, 2021 • 8 min read


Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial cocok untuk seseorang yang senang bersosialisasi. Memangnya seperti apa sih kuliah di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial? Yuk, cari tahu info mata kuliah, prospek kerja, dan kampusnya di sini!

--

Brainies, menurutmu, apa sih yang dimaksud dengan kesejahteraan sosial? Seberapa pentingkah kesejahteraan bagi masyarakat sebagai makhluk sosial?

Kalau menurutku, kesejahteraan sosial sangat penting untuk dinikmati oleh masyarakat. Sebab, keberadaannya dapat membuat masyarakat mampu melangsungkan kehidupannya. Hal ini sesuai dengan pasal 1 ayat 1 dalam UU tentang Kesejahteraan Sosial yang menjelaskan bahwa kesejahteraan sosial adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan material, spiritual, dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya.

Nah, berdasarkan hal itu, kita bisa simpulkan bahwa kesejahteraan sosial memang perlu diciptakan agar kehidupan yang nyaman dapat dirasakan oleh masyarakat. Makanya, lahirlah Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial di beberapa perguruan tinggi sebagai studi yang khusus mempelajari ilmu ini.

Brainies, udah pernah dengar belum tentang apa itu Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial? Mulai dari mata kuliah yang dipelajari, prospek kerja, hingga perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini? Kalau belum, yuk aku ajak kenalan dengan Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial!

Mengenal Perkuliahan di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial adalah jurusan yang mempelajari cara mengidentifikasi, mencegah, dan mencari solusi untuk suatu permasalahan sosial agar dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara berkelanjutan. Dengan demikian, lulusannya diharapkan mampu berkontribusi untuk mengurangi ketidakadilan sosial maupun kesenjangan sosial yang terjadi. Gimana caranya?

Caranya dengan melakukan observasi langsung di lapangan agar dapat mengambil keputusan yang tepat untuk menyelesaikan suatu permasalahan sosial, seperti ketidakadilan ataupun kesenjangan. Makanya, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial bakal cocok banget buat seseorang yang senang berinteraksi dengan banyak orang dan berkegiatan outdoor.

Baca Juga: Inilah 6 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Si Introvert

Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial pun dapat berkunjung ke organisasi sosial untuk memperdalam wawasan, bahkan melakukan eksperimen sosial kayak video-video yang sering seliweran di media sosial, lho. Widih, seru banget nggak tuh?

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Lalu di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial belajar apa? Mata kuliah Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial akan selalu berkaitan dengan masyarakat, mulai dari kehidupan sosial hingga kesehatan mentalnya. Makanya, mata kuliah yang dipelajari pun akan bersinggungan dengan Ilmu Sosiologi dan Ilmu Psikologi, Brainies.

Materi kuliah Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial sebenarnya memiliki tiga ruang lingkup yang penting, yaitu mikro, mezzo, dan makro. Mikro fokus terhadap individu dan kelompok kecil, seperti keluarga. Sementara mezzo, memiliki fokus terhadap komunitas, organisasi, atau perusahaan, sedangkan makro lebih fokus pada skala nasional, misalnya suatu kebijakan sosial atau pemerintahan.

Sebagai contoh, kita akan melihat mata kuliah Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Indonesia (UI), ya. Ingat, Brainies, ini hanya contoh sehingga bisa saja mata kuliah Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial UI akan memiliki perbedaan dengan mata kuliah yang ada di Jurusan Ilmu Kesejahteraan UGM, Undip, Unpad, Unib, atau lainnya. 

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Itulah beberapa mata kuliah Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial UI, mulai dari semester 1 sampai dengan semester 6. Sementara untuk semester 7 dan 8, kamu akan dihadapkan dengan Seminar Tugas Akhir serta Skripsi atau Tugas Karya Akhir.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Setelah lulus dari Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial kerja apa? Jangan khawatir, Brainies, prospek kerja Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial tuh nggak sempit kok.

Bermodalkan ilmu yang telah ‘ditelan’ selama kuliah, kamu bisa menjadi seorang Peneliti Sosial, Analis Kebijakan Sosial, ataupun Pekerja Sosial untuk lembaga pemerintah maupun nonpemerintah di skala lokal, nasional, atau internasional, seperti Kementerian Sosial, Dinas Sosial, UNICEF, WHO, Save the Children, dan lain sebagainya. Eits, bukan cuma itu, Brainies.

Pada lembaga pemerintahan, seperti BUMN, kamu juga bisa menjadi seorang Ahli Sosial dan Pengembangan Masyarakat. Karier tersebut juga bisa kok kamu titi di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Nggak mau berkarier di profesi-profesi tersebut? Tenang masih ada pilihan lainnya, Brainies. Kamu bisa menjadi pekerja kantoran dengan berkarier di bidang Corporate Social Responsibility (CSR), Management Trainee, atau Officer Development Program. Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang Akademisi dan Wirausaha, lho.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Kesejahteraan SosialSelain menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), prospek kerja Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial terbilang luas kok, mulai dari bekerja di lembaga pemerintah  lembaga internasional, hingga perusahaan swasta.

(Sumber: freepik.com)

Tuh ‘kan banyak kok prospek kerja Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Gimana, udah yakin belum buat masuk ke jurusan ini?

Kampus yang Memiliki Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial ada di universitas mana saja, ya? Wah, banyak, Brainies, universitas yang menawarkan jurusan ini. Bahkan, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial nggak cuma ada di perguruan tinggi berjenis universitas lho, tetapi juga politeknik dan akademi.

Baca Juga: Mengenal Jurusan Kriminologi yang Masih Langka di Indonesia

Nah, tiap perguruan tinggi tersebut menawarkan jenjang pendidikan awal yang berlainan untuk Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial atau sejenisnya, seperti Jurusan Pekerja Sosial, yakni D-III, D-IV, dan S-1. Selain itu, mereka juga memiliki kebijakan masing-masing untuk gelar lulusannya, misalnya S.Sos dan S.Kesos. Berikut kampus-kampus dengan Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial.

D-III Jurusan Pekerja Sosial

  •         Akademi Pekerjaan Sosial Kupang

D-IV Jurusan Pekerjaan Sosial

  •         Politeknik Kesejahteraan Sosial

S-1 Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

  •         Universitas Sumatera Utara
  •         Universitas Halu Oleo
  •         Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  •         Universitas Bengkulu
  •         Universitas Indonesia
  •         Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  •         Universitas Padjadjaran
  •         Universitas Pasundan
  •         Universitas Muhammadiyah Jakarta
  •         Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  •         Universitas Muhammadiyah Malang

--

Tuh, Brainies, nggak cuma mata kuliah dan prospek kerja Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial saja yang beragam, tetapi juga pilihan perguruan tingginya. Sekarang giliranmu memantapkan hati buat memilih jurusan ini atau nggak? Eh, tapi jangan cuma hati yang dimantapkan, amunisi materi untuk menghadapi UTBK-SBMPTN juga harus makin matang dong. Untuk itu, yuk gabung ke Brain Academy Online! Ikuti kelas Live Teaching Interaktif yang nggak bosenin bersama Star Master Teacher!

BA online

Referensi:

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial [Daring]. Tautan: https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/16614/UU0112009.htm#:~:text=Kesejahteraan%20Sosial%20adalah%20kondisi%20terpenuhinya,sehingga%20dapat%20melaksanakan%20fungsi%20sosialnya. (Diakses 22 Oktober 2021)

Ilmu Kesejahteraan Sosial UI (Maul) [Daring]. Tautan: https://intipkuliah.com/ilmu-kesejahteraan-sosial-ui-maul/  (Diakses 22 Oktober 2021)

Distribusi Mata Kuliah per Semester Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial [Daring]. Tautan: https://socialwelfare.fisip.ui.ac.id/id/sarjana/  (Diakses 22 Oktober 2021)

Profil Lulusan Kesejahteraan Sosial Universitas Islam Syarif Hidayatullah [Daring]. Tautan: http://fidkom.uinjkt.ac.id/kesejahteraan-sosial/  (Diakses 22 Oktober 2021)

Apa Sih Prospek Kerja Lulusan IKS? [Daring]. Tautan: http://himakes.fisip.unej.ac.id/category/tentang-ke-kesejahteraan-sosial/  (Diakses 22 Oktober 2021)

Direktori Hasil Akreditasi Program Studi [Daring]. Tautan: https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php  (Diakses 22 Oktober 2021)

Sumber Gambar:

Prospek kerja Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial [Daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-vector/set-diverse-people-holding-papers-bags_6976381.htm#page=1&query=pegawai&position=11&from_view=search (Diakses 27 Oktober 2021)

Profile

Tri Janarti

Beri Komentar