Jurusan PG-PAUD, Kuliahnya Beneran Gampang?

Tri Janarti Okt 15, 2021 • 9 min read


Jurusan PG-PAUD (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini)

Mata kuliah Jurusan PG-PAUD tuh gampang dan prospek kerjanya sempit. Benarkah? Yuk, kenal lebih dalam dengan jurusan ini!

--

Setelah hampir seharian belajar, kamu dan adikmu memutuskan untuk menonton acara favorit kalian, yakni The Return of Superman (TROS). Sepanjang video, kalian dibuat gemas dengan tingkah anak-anak di acara tersebut.

“Ih, gemes banget sih William sama Bentley tuh,” ucapmu.

“Iya, betul, mereka juga pinter banget kayak Naeun,” tambah Adikmu.

“Eh, ada lagi tau cast lain yang juga pinter, namanya Hao. Dia masih balita tapi penguasaan kosakata dan manner-nya good banget.” terangmu antusias.

Kemudian kamu melanjutkan, “Aku kagum sih sama cara mendidik dari orang tua dan guru mereka. Pengin deh suatu saat bisa menerapkan cara didiknya.”

“Kalo gitu, kenapa nggak masuk Jurusan PG-PAUD aja, Kak?”

“Ide bagus tuh. Aku masukin ke daftar pilihan jurusanku ah,” jawabmu semangat.

“Iya, Kak. Kayaknya juga kuliahnya bakal gampang deh ‘kan cuma ngajarin menggambar dan menyanyi balita doang,” sahut Adikmu yakin.

Prospek Kerja Jurusan PG-PAUDLulusan Jurusan PG-PAUD dapat membimbing perkembangan anak usia dini dengan cara yang menyenangkan (Sumber: freepik.com)

LAH? Tunggu, Brainies. Mari, kita luruskan pemahaman tentang apa itu Jurusan PG-PAUD terlebih dahulu, oke?

Betul, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) atau dikenal juga Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jurusan yang identik dengan balita. Bahkan, lulusan Jurusan PG-PAUD pun banyak yang menjadi Guru PAUD dan Guru TK.

Namun, kuliah di Jurusan PG-PAUD nggak bisa dibilang gampang, lho! Malahan, ketika kuliah di jurusan ini, kamu harus siap belajar tentang banyak hal yang berkaitan dengan perkembangan anak usia dini.

Jurusan PG-PAUD adalah jurusan yang mempelajari tata cara mengajar, melatih, membimbing, dan mendidik anak usia dini agar memiliki perkembangan wawasan, karakter, hingga fisik yang baik. Yaps, tugas lulusan jurusan ini bukan sekadar mengajar menggambar dan menyanyi saja, Brainies. Akan tetapi, mengaplikasikan berbagai cara yang dapat membantu tumbuh kembang anak di golden age-nya.

Apa itu golden age? Golden age merupakan masa emas dalam perkembangan anak. Kapan masa emas terjadi? Menurut Sigmund Freud, masa emas terjadi pada usia di bawah lima tahun sebab pada kurun waktu tersebut perkembangan anak sedang meningkat pesat.

Oleh karena itu, seorang lulusan Jurusan PG-PAUD punya peran besar untuk membentuk kecerdasan otak, emosi, sosial, hingga fisik anak prasekolah di masa emasnya melalui ilmu yang didapat semasa kuliah. Bukan maen ‘kan, Brainies?

Baca Juga: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD): Cuma Bisa Jadi Guru SD?

Jurusan PG-PAUD Belajar Apa?

Mata kuliah di Jurusan PG-PAUD sangat beragam. Sebab jurusan ini memiliki hubungan dengan ilmu lainnya, seperti Ilmu Psikologi, Ilmu Kesehatan, bahkan Seni dan Musik. Untuk lebih mudah, kita ambil contoh daftar mata kuliah Jurusan PG-PAUD Universitas Negeri Semarang (Unnes), ya.

Mata Kuliah PG-PAUD Semester 1 dan 2

Seperti jurusan lainnya, pada tahun pertama kuliah kamu akan bertemu dengan mata kuliah dasar dan pengantar. Misalnya, Dasar-Dasar PAUD dan Dasar-Dasar Musik di semester 1, kemudian ada Pengantar Ilmu Pendidikan di semester 2. Selain itu, kamu juga akan belajar hal terkait psikologi, seni, musik, dan olahraga seperti pada mata kuliah berikut.

  •         Tari AUD

  •         Perkembangan Fisik Motorik AUD

  •         Seni Rupa Dwimatra AUD

  •         Perkembangan Sosial dan Emosional AUD

  •         Perkembangan Moral dan Agama AUD

  •         Antropobiologi

  •         Olahraga dan Rekreasi AUD

  •         Musik dan Lagu AUD

  •         Perkembangan Kognitif AUD

Mata Kuliah PG-PAUD Semester 3 dan 4

Pada semester 3 mata kuliah Jurusan PG-PAUD di Unnes mulai merambah ke ranah bahasa, kesehatan, dan teknologi. Contohnya, ada mata kuliah Perkembangan Bahasa AUD, Bahasa Inggris Kajian AUD, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Kesehatan dan Gizi di semester 3. Sementara di semester 4 kamu akan bertemu beberapa mata kuliah berikut.

  •         Perencanaan Pembelajaran PAUD

  •         Pengembangan Kurikulum PAUD

  •         Perbandingan PAUD

  •         Kebijakan PAUD

  •         Matematika dan Sains AUD

  •         Psikologi Pendidikan

  •         Pengemabangan Karakter

Selain itu, ada pula mata kuliah pilihan, seperti Penyelenggaraan UKS PAUD dan Komposisi Musik AUD.

Mata Kuliah Jurusan PG-PAUD

Mata kuliah yang dipelajari di Jurusan PG-PAUD beragam, mulai dari yang berhubungan dengan psikologi, kesehatan, bahasa, hingga seni dan musik. (Sumber: freepik.com)

Mata Kuliah PG-PAUD Semester 5 dan 6

Menuju semester tua, mata kuliah yang dipelajari di Jurusan PG-PAUD Unnes pun lebih berfokus pada persiapan menjadi pendidik. Misalnya, Strategi dan Pengelolaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, serta Manajemen dan Kepemimpinan PAUD pada semester 5, sedangkan di semester 6 akan ada mata kuliah Model Pembelajaran PAUD.

Sama dengan dua semester sebelumnya, pada semester 5 dan 6 kamu juga diberi kebebasan mengambil mata kuliah pilihan. Mata kuliah yang bisa dipilih di antaranya sebagai berikut.

  •         Inovasi Kurikulum

  •         Pementasan AUD

  •         Pengembangan APE

  •         Desain Laporan Perkembangan AUD

  •         Manajemen TPA

  •         Ilmu Sosial AUD

Mata Kuliah PG-PAUD Semester 7 dan 8

Pada laman resmi Unnes, kurikulum sebaran mata kuliah untuk Jurusan PG-PAUD hanya sampai semester 7. Mata kuliah tersebut di antaranya ialah PLP, KKN, dan Skripsi. Nah, untuk mata kuliah Skripsi, kamu bisa menyelesaikannya hingga semester 8, ya, Brainies.

Lulusan Jurusan PG-PAUD Kerja Apa?

Peluang kerja Jurusan PG-PAUD terbilang cerah lho di masa depan. Hal ini dikarenakan pendidikan selalu dibutuhkan oleh manusia untuk mengembangkan dirinya. Makanya, lulusan jurusan ini pun akan selalu dicari, Brainies.

Prospek kerja Jurusan PG-PAUD yang paling umum adalah tenaga pengajar, seperti Guru PAUD, Guru TK, Tutor Anak Usia Dini, Guru Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), dan Dosen PAUD. Bila bekerja sebagai guru dan tutor, maka kamu harus menjadi sosok yang sabar, kreatif, dan riang. Tambahan lain untuk menjadi Guru ABK, kamu juga harus memiliki sifat telaten. Sementara untuk menjadi dosen, kamu harus melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2 dahulu, ya, Brainies

Baca Juga: 5 Pilihan Profesi Jurusan Ilmu Pendidikan Selain Menjadi Guru

Ada profesi lainnya nggak selain tenaga pengajar? Tentu ada dong. Pertama, kamu bisa bekerja sebagai Konselor Anak. Pekerjaan ini menuntutmu memiliki kemampuan problem solving yang baik, Brainies.

Kedua, kamu juga bisa lho bekerja sebagai pegawai Direktorat PAUD di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ketiga, kamu juga bisa menjadi pengusaha di bidang edukasi anak usia dini maupun usaha tempat bermain anak, lho. Gimana, banyak pilihannya ‘kan?

--

Sekian pembahasan kita tentang Jurusan PG-PAUD. Udah nggak salah kaprah lagi ‘kan tentang jurusan ini setelah tahu mata kuliah dan prospek kerjanya? Nah, Brainies, karena kuliah di jurusan ini nggak segampang yang dikira, maka kamu perlu mempersiapkan diri sejak dini, nih. Yuk, mulai persiapanmu dengan berlatih soal dari Modul Belajar dan bertanya di Klinik PR Brain Academy Online jika ada materi yang belum kamu pahami!

BA online

Referensi:

Kurikulum PGPAUD Unnes [Daring]. Tautan: https://pgpaud.unnes.ac.id/kurikulum/ (Diakses 8 Oktober 2021)

9 Peluang atau Prospek Kerja PG PAUD [Daring]. Tautan: https://www.fkip-uim.ac.id/kabar-fakultas/9-peluang-atau-prospek-kerja-pg-paud/ (Diakses 8 Oktober 2021)

Parents, Ini 6 Langkah Memaksimalkan Golden Age Balita Anda [Daring]. Tautan: https://id.theasianparent.com/5-langkah-memaksimalkan-golden-age-balita-anda (Diakses 9 Oktober 2021)

Sumber Gambar:

Lulusan Jurusan PG-PAUD [Daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-photo/kindergarten-teacher-holding-notebook_9571076.htm#page=1&query=mengajar&position=15&from_view=search

Mata Kuliah Jurusan PG-PAUD [Daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-photo/portrait-young-casual-laughing-woman-student-denim-clothes-sitting-pointing-index-finger-globe-backpack-school-books-isolated_16368612.htm#page=1&query=kuliah&position=27&from_view=search

Profile

Tri Janarti

Beri Komentar