Mau Membuat Teks Berita? Ini Unsur, Struktur, dan Kebahasaannya

teks-berita

Kamu pasti pernah membaca atau mendengar berita. Sebelum menyusun teks berita, kamu harus memahami unsur dan struktur yang ada di dalamnya.

---

Setiap hari, kita dihadapkan dengan berbagai peristiwa yang terjadi di tanah air maupun mancanegara. Baru-baru ini, ada kejadian gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Sebelumnya, terdapat konferensi tingkat tinggi atau KTT G-20 yang mempertemukan para pemimpin dunia. Acara ini berlangsung dengan meriah di kawasan Nusa Dua, provinsi Bali.

Informasi mengenai peristiwa di atas dapat kita peroleh melalui teks berita. Berita bisa disampaikan lewat televisi, radio, koran, majalah, media online, sampai media sosial. Tetapi, bagaimana ya proses penulisan teks berita itu? Apa saja yang harus dicantumkan? Kita belajar bareng di artikel ini yuk!

 

Pengertian Teks Berita

Teks berita adalah teks yang menyampaikan kabar atau informasi mengenai peristiwa faktual dan aktual kepada masyarakat. Faktual artinya sesuai fakta dan tidak mengada-ngada, sedangkan aktual artinya hangat atau baru saja terjadi.

Sifat faktual pada berita dibuktikan dengan adanya keterangan dari orang-orang yang terlibat pada peristiwa tersebut. Kalau di televisi nih, kamu pasti pernah melihat reporter yang mewawancarai narasumber. Misalnya, pada kejadian gempa bumi di Cianjur, fakta-fakta berita bersumber dari keterangan warga setempat serta bukti pendukung seperti foto atau video di lokasi kejadian.

Selain berdasarkan fakta, berita harus bersifat aktual. Berita harus disampaikan secepat mungkin supaya informasinya nggak basi, guys. Apalagi, kalau berita tersebut berhubungan dengan banyak orang atau melibatkan tokoh terkenal. Contohnya, berita mengenai Elon Musk yang menggunakan kain batik Bomba dari Sulawesi Tengah pada perhelatan B-20.

 

Tujuan Teks Berita

Tujuan atau fungsi teks berita yaitu memberikan informasi terkini dan terpercaya untuk masyarakat. Berita juga membantu kita untuk lebih berhati-hati. Hmm, maksudnya gimana sih?

pengertian-dan-tujuan-teks-berita

Contoh, memasuki penghujung tahun, beberapa daerah diguyur hujan dan angin kencang. Berita mengenai kecelakaan lalu lintas, banjir, pohon tumbang, hingga longsor ramai menghiasi koran maupun media online. Berita tersebut berguna supaya kita selalu waspada sebelum berpergian.

Selain itu, berita juga berfungsi sebagai dasar pengambilan keputusan. Misalnya berita mengenai kenaikan harga BBM membuat masyarakat beralih menggunakan transportasi umum atau mengurangi mobilitas mereka.

Baca juga: Teks Editorial itu Siapa yang Buat Sih? Yuk, Belajar Ciri dan Strukturnya

 

Unsur Teks Berita

Unsur teks berita ada 6 macam atau yang kita kenal sebagai 5W +1H, yaitu Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana. Biar lebih gampang, kamu bisa menyingkatnya menjadi ADIKSIMBA.

1. Apa (What)

Kata apa digunakan untuk menjelaskan peristiwa yang terjadi.

2. Di mana (Where)

Kata di mana digunakan untuk memberi tahu lokasi peristiwa tersebut terjadi.

3. Kapan (When)

Kata kapan digunakan untuk menjelaskan waktu terjadinya peristiwa.

4. Siapa (Who)

Kata siapa digunakan untuk menjelaskan orang-orang yang terlibat pada peristiwa tersebut. Bisa pelaku, korban, atau saksi mata.

5. Mengapa (Why)

Kata mengapa adalah jawaban dari penyebab, alasan, atau latar belakang peristiwa.

6. Bagaimana (How)

Kata bagaimana digunakan untuk menjelaskan proses terjadinya peristiwa dan kondisi terkini sesuai urutan waktu.

Live Teaching Brain Academy Online

Struktur Teks Berita

Di dalam teks berita, terdapat 3 struktur yang tak boleh dilewatkan, yaitu kepala berita, tubuh berita, dan ekor berita.

1. Kepala Berita 

Kepala berita adalah bagian awal yang memuat banyak informasi penting, yaitu apa, dimana, kapan, dan siapa. Kepala berita disebut juga sebagai lite, teras berita, atau orientasi. Jadi, nggak usah bingung ya!

2. Tubuh Berita

Tubuh berita berisi penjelasan mengenai informasi yang disampaikan pada bagian kepala berita. Pada bagian tubuh berita, terdapat jawaban atas pertanyaan mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Struktur ini memuat latar belakang, penyebab, hingga upaya yang dilakukan pihak terkait untuk menyelesaikan peristiwa itu.

3. Ekor Berita

Bagian ini mencantumkan informasi yang bersifat tambahan. Jika ekor berita dihilangkan, maka tidak terpengaruh terhadap pokok berita. Mengapa demikian? Sebab keenam unsur berita sudah dijelaskan dengan lengkap di bagian kepala dan tubuh berita.

struktur-teks-berita

Bisa kamu lihat, struktur teks berita digambarkan menyerupai piramida terbalik. Semakin ke bawah, semakin sedikit informasi yang disampaikan. Maka dari itu, penyampaian informasi secara lengkap hendaknya diletakkan di bagian awal dan tengah (tubuh berita).

Sebelum lanjut ke pembahasan selanjutnya, ada tips untuk kamu yang ingin menulis berita nih. Pilihlah judul yang menarik supaya orang-orang terdorong untuk membaca beritamu sampai habis. Tetapi ingat, jangan sampai hoax atau mengandung SARA, ya!

 

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Teks berita termasuk ke dalam karya jurnalistik. Oleh sebab itu, ada panduan yang harus kamu ikuti untuk membuat teks berita, salah satunya mengenai kaidah kebahasaan. Yuk, kita bahas!

1. Bahasa Baku

Teks berita harus ditulis dengan bahasa baku, yaitu bahasa yang bersumber pada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 

Baca juga: 600 Kata Baku dan Tidak Baku, Kamu Sudah Tahu?

2. Kata Kerja Mental

Kata kerja atau verba mental adalah kata yang menerangkan tanggapan, perasaan, pemikiran, serta perbuatan yang tidak bisa diamati secara fisik.

Contoh: Warga mengkhawatirkan kondisi rumah mereka sehingga tidak ingin berpindah ke pengungsian.

3. Konjungsi Temporal

Konjungsi temporal adalah kata penghubung yang menandai keterangan waktu.

Contoh: kemudian, setelah, akhirnya, sejak, awalnya.

4. Konjungsi  Penerang

Konjungsi penerang adalah kata yang menerangkan pernyataan sebelumnya. Biasanya, konjungsi ini digunakan dari kalimat langsung ke kalimat tidak langsung.

Contoh: Kepala BNPB mengatakan bahwa pengungsi sudah dapat kembali ke rumah karena banjir telah surut.

5. Kalimat Langsung

Ketika wartawan meliput berita, keterangan dari narasumber diperoleh secara langsung. Jadi, dalam penyajian beritanya, wartawan akan menyusun teksnya dalam berbagai ragam kalimat, salah satunya kalimat langsung.

Kalimat langsung adalah kalimat yang mengutip pernyataan seseorang sama persis tanpa menambah atau mengurangi ujaran yang disampaikan.

Contoh: "Karena beberapa hari ini cuaca agak ekstrem, masyarakat diminta siap sedia," kata wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

 

Contoh Teks Berita

 

Gempa Darat Magnitudo 2,3 Kembali Guncang Cianjur

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 2,3 mengguncang Cianjur, Jawa Barat, Senin (28/11) siang. Gempa dengan kedalaman 10 kilometer ini terjadi pukul 12.28 WIB.

Catatan BMKG, gempa berlokasi 6.82 Lintang Selatan dan 107.07 Bujur Timur.  "Pusat gempa berada di darat 7 kilometer Barat Laut Kabupaten Cianjur," demikian keterangan BMKG di akun Twitter resmi.

Gempa dirasakan di Cugenang, salah satu wilayah yang paling parah terdampak gempa Cianjur beberapa waktu lalu. Di wilayah itu skala guncangan gempa terukur III MMI.  Berdasarkan keterangan BMKG, skala III MMI artinya getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sebelumnya, kawasan Cianjur diguncang gempa magnitudo 5,6 pada 21 November lalu. Akibat gempa ini sebanyak 323 orang dinyatakan tewas hingga Senin (28/11). 

Selain itu gempa Cianjur menyebabkan 703 orang terluka, 73.693 orang pengungsi, dan sembilan orang dalam pencarian. Proses evakuasi terhadap korban yang tertimbun gempa masih dilakukan.

---

Itu tadi pembahasan lengkap dan contoh dari teks berita. Materi ini muncul di soal PTS serta PAS, lho. Biar makin jago, kamu bisa belajar di Brain Academy. Ada kelas online dan offline sesuai dengan kebutuhanmu. Masih ragu? Tenang, bisa coba kelas gratis dulu kok.

New call-to-action

Referensi:

Gempa kembali mengguncang Cianjur [Daring]. Tautan: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221128125357-20-879713/gempa-darat-magnitudo-23-kembali-guncang-cianjur 

(Diakses 28 November 2022)

 

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!