Intip Jurusan Bisnis Digital, Program Studi ala Drama Korea Start-up

jurusan bisnis digitalMengenal lebih jauh Jurusan Bisnis Digital, mulai dari pengertian, mata kuliah, prospek kerja, hingga daftar universitas

--

Brainies, ingat tidak saat awal pandemi, ada salah satu drama Korea yang hits banget berjudul Start-up? Beberapa dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dong dengan drakor yang satu ini.

 

Sesuai judulnya, Start-up menceritakan tentang sekelompok anak muda yang sedang membangun usaha rintisan. Drama ini berfokus pada karakter Seo Dalmi, seseorang yang memiliki ambisi untuk membangun sebuah bisnis dan Nam Dosan, seorang pendiri Samsan Tech dan jenis teknik informatika dan matematika.

 

Meskipun fiktif, drama ini dianggap sangat relate oleh penontonnya. Sebab, drama Start-up banyak menunjukkan proses hingga tantangan yang pasti dihadapi oleh pelaku usaha start-up di dunia nyata. Tidak hanya itu, drama ini juga membuat kita sadar bahwa kini teknologi telah sangat maju, sehingga banyak orang yang berlomba-lomba untuk membangun usaha start-up-nya sendiri.

 

Nah, kalau kamu tertarik untuk menjadi salah satu pelaku start-up seperti Seo Dalmi, kamu ada di artikel yang tepat! Karena kali ini, kami akan membahas tentang jurusan yang Dalmi banget!

 

Yap, apalagi kalau bukan Jurusan Bisnis Digital!

 

Apa itu Jurusan Bisnis Digital? Pada dasarnya, Jurusan Bisnis digital adalah jurusan yang mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Ilmu yang akan diperoleh merupakan perpaduan dari ilmu bisnis, manajemen, sistem informasi, hingga teknik informatika. Gelar sarjana yang diperoleh lulusannya pun bukan Sarjana Ekonomi maupun Sarjana Manajemen, melainkan Sarjana Bisnis Digital (S.BD).

 

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah IPS dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Wajib Dicoba!

 

Mata Kuliah Jurusan Bisnis Digital

Jurusan Bisnis Digital sendiri mencakup banyak bidang, sehingga mata kuliah yang dipelajari pun sangat beragam. Mahasiswa akan mendapatkan ilmu menarik yang berkaitan dengan start-up digital, big data, hingga artificial intelligence (AI). Makanya, dosen yang akan mengajar di jurusan ini pun berasal dari berbagai bidang, mulai dari ekonomi, teknik informatika, komunikasi, hingga hukum.

 

Selama masa perkuliahan, tentunya kamu akan banyak mempelajari tentang ilmu tentang e-commerce, user experience, social media management, hingga programming. Yup, kamu ‘gak salah baca. Di jurusan bisnis yang satu ini, mahasiswa juga akan mempelajari dasar-dasar programming hingga web & mobile technology. Kenapa? Karena jika kamu bergelut di bidang bisnis digital namun tidak memahami aspek-aspek yang ada di dalamnya, maka hal ini dapat menghambat berjalannya bisnis.

 

mata kuliah jurusan bisnis digital

 

Baca juga: Bedah Teknik Informatika, Jurusan Favorit Rumpun Saintek

 

Tapi, ilmu bisnis yang dipelajari di jurusan ini tidak sebatas bisnis dengan teknologi digital. Mahasiswa tetap akan mengulik teori dasar terkait bisnis secara umum, seperti pengantar bisnis, pengantar manajemen, hukum bisnis, perilaku konsumen, hingga kewirausahaan dan inovasi.

 

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari melalui program magang atau kerja praktik lainnya.

 

Prospek Karier Lulusan Bisnis Digital

Di era yang serba digital kini, prospek karier bagi para lulusan Bisnis Digital pastinya sangat luas banget. Faktanya, sepanjang tahun 2021, transaksi e-commerce di Indonesia mencapai Rp401 triliun! Tidak diragukan lagi, lulusan dari Jurusan Bisnis Digital tentunya sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan saat ini.

 

Beberapa karier yang dapat menjadi pilihan di antaranya yaitu membuat start-up entrepreneur, start-up consultant, business intelligent manager, data analyst, marketing analyst, data scientist, atau bahkan membangun start-up sendiri di bidang yang kamu minati.

 

Baca juga: Jurusan Ilmu Ekonomi, Nggak Kalah Keren dari Manajemen dan Akuntansi!

 

Kampus dengan Jurusan Bisnis Digital di Indonesia

So, gimana Brainies? Apakah mulai tertarik untuk masuk Jurusan Bisnis Digital? Jika iya, Brain Academy punya rekomendasi 6 kampus negeri dan swasta terbaik di Indonesia yang memiliki Jurusan Bisnis Digital, nih.

 

  1. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

UNPAD menjadi kampus pertama yang membuka Jurusan Bisnis Digital. Berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Jurusan Bisnis Digital UNPAD dibuka pada tahun 2018 lalu dengan daya tampung 28 mahasiswa (2022). Program studi ini dikembangkan untuk dapat melahirkan alumni yang berkualitas di bidang marketplace, big data, artificial intelligence (AI), hingga start-up.

 

  1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Pada tahun 2020, UNJ telah resmi membuka program Studi (S1) Bisnis Digital. Pada tahun 2021, Jurusan Bisnis Digital UNJ menjadi salah satu jurusan yang banyak diincar dengan jumlah peminat mencapai 2.265. Sedangkan, daya tampungnya hanya 48 mahasiswa saja.

 

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) didirikan pada tahun 2019. Fakultas ini membawahi 6 departemen, yaitu; Desain Produk Industri, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Manajemen Bisnis, Manajemen Teknologi, dan Studi Pembangunan.

 

  1. Universitas Prasetya Mulya

Universitas Prasetya Mulya memiliki program studi Digital Business Technology (Software Engineering) yang berfokus pada pengembangan solusi bisnis berbasis teknologi digital. Kurikulum pembelajaran yang diterapkan di kampus ini dikembangkan bersama beberapa industri seperti Alibaba, Cloud Partner, AWS Academy, dan Start-up Incubator.

 

  1. Binus University

Selain Universitas Prasetya Mulya, kampus swasta lain yang memiliki jurusan serupa adalah Binus University. Program Studi Business Creation atau Penciptaan Bisnis yang didirikan oleh Binus University dirancang untuk membentuk pengusaha masa depan yang kreatif dan inovatif. Serunya, kuliah di jurusan ini gak cuma belajar teori, tapi mahasiswa juga akan langsung melakukan praktik yaitu memulai bisnis baru di tahun ketiga perkuliahan.

 

  1. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Terakhir, yaitu Jurusan Bisnis Digital yang dikembangkan oleh Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR). Pada program studi ini, mahasiswa akan difokuskan untuk mempelajari pengelolaan bisnis secara digital dibandingkan penguasaan berbagai aplikasi online yang sebenarnya dapat dipelajari sendiri.

 

Meskipun program studi ini masih bisa dikatakan baru seumur jagung, tapi peminatnya sudah banyak banget, lho. Jadi Brainies, ayo terus tingkatkan kualitas belajar kamu bersama fasilitas Klinik PR dan Banksoal dari Brain Academy supaya bisa lolos seleksinya!

BA offline

Sumber:

Universitas Padjadjaran (UNPAD. Bachelor in Digital Business. [Daring]. Tautan: http://digital.feb.unpad.ac.id/. Diakses 12 April 2022.

Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurusan Kekinian Bisnis Digital, Bagaimana Peluang Masa Depannya?. [Daring]. Tautan: https://umt.ac.id/2021/07/07/jurusan-kekinian-bisnis-digital-bagaimana-peluang-masa-depannya/. Diakses 12 April 2022.

​​Natasya Primatyassari. 6 Kampus dengan jurusan Bisnis Digital terbaik di Indonesia. Ekrut. [Daring]. Tautan: https://www.ekrut.com/media/jurusan-bisnis-digital. Diakses 12 April 2022.

Maria Elena. BI Catat Nilai Transaksi E-Commerce Tembus Rp401 Triliun pada 2021. 27 Januari 2022. [Daring]. Tautan: https://ekonomi.bisnis.com/read/20220127/9/1494047/bi-catat-nilai-transaksi-e-commerce-tembus-rp401-triliun-pada-2021. Diakses 12 April 2022.

Profile

Tiara Syabanira Dewantari