Teks Cerita Fantasi: Pengertian, Unsur, Struktur, Jenis & Contoh

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang teks cerita fantasi, meliputi pengertian, unsur, struktur, jenis, hingga contohnya. Yuk, kita belajar bersama!

Saat kamu membaca buku cerita, seperti novel atau cerpen, genre apa yang jadi favoritmu? Apakah kamu suka cerita horor, action, atau fantasi? Nah, kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang teks cerita fantasi yang banyak mengandalkan imajinasi penulis dalam ceritanya. Seperti apa sih teks cerita fantasi itu?

 

Pengertian Teks Cerita Fantasi

Teks cerita fantasi adalah teks berisi cerita yang didasarkan pada imajinasi penulis. Oleh karena itu, segala sesuatu yang diceritakan di dalamnya tidak terjadi di dunia nyata. Bahkan, imajinasi penulis dalam teks cerita fantasi bisa jadi tidak dapat diterima logika atau tidak masuk akal.

Cerita fantasi sendiri merupakan cerita fiksi yang bergenre fantasi, yakni dunia imajinatif yang diciptakan oleh penulis. Dalam teks cerita fantasi, segala hal yang tidak mungkin dapat diwujudkan oleh penulis menjadi sebuah cerita yang utuh. Tokoh dan latar yang ada dalam cerita fantasi juga murni merupakan karangan penulis yang bisa jadi berdasarkan kejadian asli di dunia nyata, tetapi disertai modifikasi.

Salah satu contoh teks cerita fantasi yang sangat populer adalah novel Harry Potter karya J. K. Rowling. Novel yang terdiri atas tujuh seri ini berkisah tentang petualangan seorang penyihir remaja bernama Harry Potter bersama dua sahabatnya, yaitu Ronald Bilius Weasley dan Hermione Jean Granger yang merupakan pelajar di Sekolah Sihir Hogwarts.

 

Unsur-Unsur Teks Cerita Fantasi

Terdapat beberapa unsur yang dapat ditemukan pada setiap teks cerita fantasi, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Mengandung keajaiban, keanehan, dan kemisteriusan

Teks cerita fantasi ditulis dengan ide cerita berdasarkan imajinasi yang tidak terbatas. Umumnya, pada teks cerita fantasi kerap ditemukan unsur keajaiban, keanehan, kemisteriusan, ataupun hal-hal lainnya yang bersifat gaib atau tidak nyata, serta tidak masuk akal.

Baca juga: Contoh Teks Drama beserta Unsur, Ciri, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

 

2. Menggunakan berbagai latar (lintas ruang dan waktu)

Berbeda dengan cerita biasa, cerita bergenre fantasi umumnya akan menggunakan berbagai macam latar bahkan hingga melintasi ruang dan waktu. Misalnya, latar ruang angkasa, kerajaan bawah laut, atau dunia multiverse.

 

3. Tokoh unik (memiliki kesaktian)

Tokoh dalam teks cerita fantasi biasanya memiliki keunikan tersendiri, seperti memiliki kesaktian, superpower, atau kekuatan sihir. Selain itu, ada juga teks cerita fantasi yang karakternya merupakan makhluk selain manusia, seperti putri duyung, manusia setengah kuda, manusia bersayap kupu-kupu, alien, dan lain sebagainya.

 

4. Bersifat fiksi

Karena ceritanya yang pure imagination, maka teks cerita fantasi tergolong dalam teks yang bersifat fiksi alias merupakan karangan penulis dan tidak terjadi di dunia nyata.

 

Struktur Teks Cerita Fantasi

Teks cerita fantasi memiliki struktur yang perlu kamu tahu agar dapat mempermudah kamu ketika membedah teks tersebut. Struktur teks cerita fantasi terdiri atas:

 

1. Orientasi

Orientasi adalah struktur awal atau pembuka dalam teks cerita fantasi. Bagian orientasi berisi pengenalan tokoh, latar, karakter atau watak tokoh, serta pengenalan konflik awal kepada pembaca.

 

2. Komplikasi

Pada bagian komplikasi, konflik atau masalah dalam cerita mulai banyak bermunculan dan mencapai puncaknya (klimaks). Bagian ini biasanya berisi hubungan sebab-akibat sehingga muncul permasalahan satu per satu hingga masalah-masalah tersebut mencapai klimaks.

 

3. Resolusi

Bagian resolusi merupakan bagian akhir dalam cerita fantasi. Bagian ini berisi penyelesaian dari masalah atau konflik yang muncul pada bagian komplikasi.

 

Jenis-Jenis Teks Cerita Fantasi

Teks cerita fantasi memiliki beberapa jenis yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Jenis-jenis teks cerita fantasi antara lain yaitu sebagai berikut.

 

1. Jenis Teks Cerita Fantasi Berdasarkan Kesesuaian dengan Kehidupan Nyata

Berdasarkan tingkat kesesuaiannya dengan dunia atau kehidupan nyata, teks cerita fantasi dibagi menjadi dua macam, yaitu cerita fantasi total dan cerita fantasi irisan.

a. Cerita Fantasi Total

Pada cerita fantasi total, tokoh, latar, ide cerita, bahkan semua unsur di dalamnya merupakan fantasi sepenuhnya dan tidak ada campuran kejadian dunia nyata di dalamnya. Misalnya, cerita tentang alien yang berlatar tempat di suatu planet asing.

b. Cerita Fantasi Irisan

Pada cerita fantasi irisan, masih terdapat unsur di dalamnya yang merupakan campuran antara kejadian dunia nyata dengan fantasi. Misalnya, cerita tentang putri salju dan tujuh kurcaci yang mengambil latar tempat di hutan. Hutan di sini merupakan unsur irisan yang masih terjadi di dunia nyata.

Baca juga: Pengertian Teks Resensi, Struktur, Jenis, dan Contoh Lengkapnya!

 

2. Jenis Teks Cerita Fantasi Berdasarkan Latar Cerita

Berdasarkan latar ceritanya, teks cerita fantasi dibagi menjadi dua macam, yaitu cerita fantasi sezaman dan cerita fantasi lintas waktu.

a. Cerita Fantasi Sezaman

Cerita fantasi sezaman merupakan cerita fantasi yang hanya menggunakan satu latar waktu saja. Misalnya, latar waktu masa kini, masa lampau, atau masa depan.

b. Cerita Fantasi Lintas Waktu

Cerita fantasi lintas waktu merupakan cerita fantasi yang menggunakan dua atau lebih latar waktu yang berbeda. Misalnya, penulis menggunakan latar waktu masa lampau dan masa kini dalam satu rangkaian cerita.

 

Contoh Teks Cerita Fantasi

Untuk kamu yang penasaran, seperti apa sih, contoh teks cerita fantasi itu? Berikut beberapa contoh teks cerita fantasi yang bisa kamu baca-baca sambil menjadikannya sebagai referensi. Simak contoh-contoh berikut ini, ya!

 

1. Contoh Teks Cerita Fantasi Berlian Tiga Warna

Berlian Tiga Warna

Anika menemukan tiga kotak berwarna ungu, biru, dan kuning di kamar ibunya. Kata ibunya jika ada tiga sahabat yang menyukai warna seperti pada kotak itu akan mendapatkan petualangan indah dan sekaligus mendapatkan berlian itu. Tapi waktu yang diberikan untuk berpetualang hanya satu jam. Anika menyukai warna ungu. Tamika, teman dekat Anika, menyukai warna biru. Dan Chika menyukai warna kuning.

“Saya ingin mencoba petualangan indah itu Bu. Saya punya sahabat yang menyukai warna itu,” Anika meyakinkan ibunya.

Dengan kesepakatan ketiga sahabat itu berkumpul di rumah Anika. Minggu pukul 6 mereka semua masuk ke kamar Anika yang serba Biru. Di kamar Anika serasa ada di langit.

“Ayo kita buka kotak masing-masing sesuai dengan warna kesukaan. Sekarang kita buka satu… dua… tiga!!!”

“WAWWWWW,” lima detik kemudian mereka terlempar di gerbang sebuah kerajaan. Mereka terkejut karena di hadapannya berdiri seorang ratu yang seluruh tubuhnya dihiasi berlian.

“Selamat datang di negeri kami, peramal kerajaan mengatakan bahwa akan datang tiga anak yang akan menyelamatkan putri kami. Saya mempunyai anak yang bernama Candy. Ia tertidur sejak dua tahun yang lalu dikarenakan ia memakai tiga kalung berlian sekaligus,” Setetes air mata pun jatuh dari wajah Sang Ratu. “Tolong selamatkan puteriku,”

“Ta…ta…tapi…” Cika dan Tamika memprotes bersamaan karena mereka berdua membayangkan akan bersenang-senang dalam petualangannya.

“Cika, Tamika ayo kita tolong Puteri, mereka sedang menghadapi masalah,” Anika mantap menjawab sambil menarik dengan paksa kedua tangan sahabatnya yang masih ragu.

“Itu puteri Candy,” Anika berlari menuju puteri tempat tidur Candy. Dengan ragu Tamika dan Cika ikut mendekat.

“Ayo kita ambil sesuai warna!” Anika menjelaskan. “Baik!” Jawab Tamika dan Cika serempak. Setelah itu…

“Hoooaaii…” Putri Candy menguap. Pelan-pelan matanya terbuka. “Oh! Terima kasih! Terima kasih! Sebagai hadiahnya ambil ini!” Ratu memeluk ketiga gadis itu lalu memberikan tas yang lumayan besar.

“Terimalah ini sebagai ungkapan terima kasih kami,” Ratu berucap penuh haru. Dengan cepat Tamika dan Chika menyahut tas yang diberikan Ratu. Tapi mereka berdua tidak kuat mengangkat tas besar itu.

“Waktu kita tinggal 15 menit lagi kita harus segera pergi,” Anika berteriak.

“Tapi tas berisi berlian ini tidak bisa kita bawa,” kata Tamika dan Chika hampir bersamaan.

“Tinggalkan saja tas itu yang penting kita harus keluar dari kerajaan ini,” tegas Ani a.

Anika menarik kedua tangan sahabatnya untuk menyatukan ketiga kotak berlian tiga warna.

Dan buuumm…! Mereka terlempar kembali ke atas tempat tidur Anika.

“Gagal total petualangan kita karena kita meninggalkan satu tas besar isi berlian itu,” Tamika berteriak ke arah Anika.

“Kamu menyia-nyiakan rejeki yang ada di depan kita,” Chika menimpali dengan keras.

Anika dengan tenang memegang kedua tangan sahabatnya.

“Kita tidak gagal dan kita tidak sia-sia. Kita telah berhasil menolong orang dan menyelamatkan diri kita sendiri. Untuk apa setumpuk berlian tapi riwayat kita tamat?” Anika menggenggam erat tangan sahabatnya. Tamika dan Chika menyambut erat genggaman tangan Anika. Ketiga sahabat itu saling merangkul.

Baca juga: Mengenali Jenis Teks Sejarah dari Ciri, Struktur, dan Contohnya

 

2. Contoh Teks Cerita Fantasi Pensil Ajaib

Pensil Ajaib

Laila adalah seorang gadis miskin yang pandai. Sebagian waktunya ia gunakan untuk belajar dan membantu orang tuanya. Selain itu, Laila juga suka menghabiskan waktunya untuk menggambar.

Sayangnya, kini ia tidak dapat menggambar lagi karena pensil yang dimilikinya sudah hampir habis dan sangat pendek sehingga tidak dapat digunakan lagi. Laila juga tidak bisa membeli pensil baru karena tidak memiliki cukup uang.

Dalam kesehariannya, Laila membantu orang tuanya memunguti plastik yang ada di jalan. Saat mengambil plastik, Laila menemukan ada sebuah pensil yang tergeletak di jalan. Laila mengambilnya dengan senang karena akan dapat menggambar lagi sepulang mencari plastik.

Saat di rumah, Laila mulai mengeluarkan pensil yang ia temukan tadi di jalan. Laila mencoba menggambar bunga di kertasnya. Alangkah kagetnya ketika selesai menggambar, tiba-tiba menjadi bunga sesungguhnya dan tergeletak di atas kertas tempat ia menggambar.

Laila merasa kaget dan tidak percaya. Ia mulai menggambar ayam untuk memastikan apakah yang ia lihat memang nyata. Sesaat setelah ia menggambar ayam, alangkah kagetnya tiba-tiba di hadapannya ada seekor ayam hidup yang berkokok sangat kencang.

Kini ia menyadari bahwa ia memiliki sebuah pensil ajaib. Dengan sigap ia segera menggambar berbagai keperluan yang dibutuhkan oleh keluarganya. Ia menggambar beras, makanan, lauk-pauk, uang, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Saat orang tua Laila datang, alangkah kagetnya mereka melihat rumah dipenuhi banyak benda yang mereka butuhkan. Ibunya hampir menangis karena merasa sangat bahagia kebutuhan mereka dapat tercukupi.

Meski begitu, Laila menggunakan pensil ajaibnya dengan bijak. Ia tidak sembarangan menciptakan benda dengan pensil ajaibnya. Ia tahu bahwa bersikap berlebihan nantinya akan menimbulkan petaka baik untuk dirinya maupun dengan keluarganya.

 

3. Contoh Teks Cerita Fantasi Mesin Waktu

Mesin Waktu

Pada tahun 2062, di mana dunia sudah mulai dikuasai teknologi canggih, ada tiga sahabat yang bernama Jack, Nicole dan Alex. Mereka bersekolah di sekolah yang sama tepatnya di SMP ABC. Jika pulang sekolah mereka biasanya selalu bersama.

Saat itu mereka menuju ke stasiun kereta melayang yang jaraknya dekat dari sekolah mereka. Saat mereka sudah mulai naik. Beberapa menit kemudian kereta yang mereka naiki terlempar keluar dari rel yang ada di atas kereta. Mereka terlempar ke sebuah hutan yang sangat luas dan gelap bersama dengan penumpang lainnya. Sebagian tewas karena benturan yang sangat kencang saat mereka terjatuh.

Alice pun berkata “Di mana kita?”

Alex menjawab “Aku pun tak tahu,” sambil kebingungan.

Jack berkata “Sudah jangan khawatir, yang penting kita selamat.”

“Iya,” Alex dan Nicole menjawab.

Mereka pun berjalan mencari jalan keluar dan mencari pertolongan dengan berjalan ke dalam hutan. Saat mereka di dalam hutan terdengar suara “BUUMM..” yang kencang dan membuat tanah bergetar. Mereka pun menghampiri sumber suara itu dengan rasa berani.

Saat sudah hampir dekat dengan sumber suara, mereka melihat sebuah cahaya yang sangat terang dari sana. Saat mereka lihat ternyata itu adalah sebuah mesin waktu yang jatuh dari langit, dengan rasa penasaran mereka mendekati mesin waktu itu dan membukanya.

“1, 2, 3 waaaaaw…” kata mereka bersama.

Mereka masuk dan tak sengaja Alex menekan suatu tombol yang membuat mesin waktu tersebut membawa mereka keluar dari hutan yang gelap itu ke kota yang dekat dengan rumah mereka. Saat sampai mereka hampir tak percaya bahwa mereka mendapat petualangan yang sangat aneh dari mesin waktu itu. Saat mereka keluar dari mesin waktu itu, mesin waktu itu pun tiba-tiba lenyap menghilang dan mereka kembali ke rumah mereka masing-masing.

Itu tadi pembahasan mengenai teks cerita fantasi mulai dari pengertian, unsur, struktur, jenis, dan contohnya. Semoga kamu dapat memahami materi Bahasa Indonesia ini dengan baik, ya! Kalau kamu ingin belajar materi lainnya, kamu bisa bergabung bersama Brain Academy! Klik banner di bawah ini, ya!

Brain Academy Center

Referensi:

https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-dan-unsur-teks-cerita-fantasi 

https://www.ruangguru.com/blog/contoh-teks-cerita-fantasi 

https://www.gramedia.com/literasi/teks-fantasi/ 

Kenya Swawikanti