Kumpulan Istilah Dunia Perkuliahan, Maba Wajib Tahu!

Salsabila Nanda Agu 5, 2021 • 7 min read


BA_Pojok_Kampus_-_Istilah_di_Perkuliahan-01

Bingung dengan istilah di perkuliahan? Sebelum jadi maba, cari tau definisi dari istilah kampus berikut ini.

---

Pertama-tama, aku mau ngucapin selamat buat kamu yang berhasil jadi maba tahun 2021! Horeeeeeeee. Buat yang belum lolos atau ambil gap year, nggak usah sedih. Aku doakan semoga tahun depan bisa berjodoh dengan jurusan dan kampus impian kamu. Aamiin!

Perkuliahan udah di depan mata nih. Ada rasa dagdigdug sekaligus excited menyambut kehidupan baru. Suasana baru, temen-temen baru, crush baru juga nggak? Siapa yang naksir kakak tingkat pas perkenalan ospek kemarin? Cieee~

Tapi, artikel ini nggak mau bahas kiat-kiat deketin mas crush. Melainkan bocoran istilah-istilah yang sering digunakan di kampus supaya kamu siap jadi maba! Yuk, cari tahu bersama.

Daftar Istilah di Lingkungan Kampus

1. BEM

Badan Eksekutif Mahasiswa, adalah organisasi internal kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat pendidikan tinggi. BEM dapat dibagi menjadi 2, yakni BEM Fakultas dan BEM Universitas.

2. Cumlaude

Gelar kehormatan yang diberikan oleh wisudawan yang meraih IPK 3,50-4.00.

3. Dekan

Dekan adalah pimpinan tertinggi di sebuah fakultas.

4. Dekanat

Ruangan atau kantor seorang dekan. Di dalamnya, kamu bisa menemukan bagian Tata Usaha, mengurus legalisir, meminta tanda tangan atau persetujuan untuk skripsi.

5. Dosen

Pengajar di perguruan tinggi.

6. Dosen Pembimbing

Dosen yang akan membantu kamu selama menyusun skripsi. Dosen pembimbing ditentukan secara acak oleh Kaprodi berdasarkan tema (outline) skripsi yang kamu pilih.

7. Ekstensi

Program kuliah lanjutan bagi mahasiswa D3 yang ingin memperoleh gelar Sarjana (S1)

8. HIMA

Himpunan Mahasiswa Jurusan, yaitu organisasi kemahasiswaan di tingkat jurusan suatu perguruan tinggi.

9. IPK

Indeks Prestasi Kumulatif, yaitu hasil penggabungan nilai semester 1 sampai 8.

10. IPS / IP

Indeks Prestasi Semester, yaitu nilai yang kamu dapatkan tiap semester.

Baca Juga: Bedah Matkul dan Prospek Kerja Jurusan Sosiologi

11. IUP

International Undergraduate Programme, yaitu program kelas internasional untuk jenjang S1. Di beberapa kampus dikenal juga sebagai KKI (Kelas Khusus Internasional.

12. Kaprodi

Kepala Program Studi, yaitu pimpinan tertinggi di sebuah jurusan. Di beberapa kampus dikenal juga sebagai Kajur (Kepala Jurusan). Beliau yang berwenang menentukan dosen pembimbing skripsi bagi mahasiswa.

13. KHS

Kartu Hasil Studi, yaitu lembar berisi IP dari setiap mata kuliah yang kamu tempuh. 

14. KKN

Kuliah Kerja Nyata, yaitu kegiatan pengabdian oleh sekelompok mahasiswa kepada masyarakat. Beberapa kampus mewajibkan KKN sebagai salah satu mata kuliah di semester 6 atau 7. Namun, ada juga yang tidak menyelenggarakannya.

15. KRS

Kartu Rencana Studi, yaitu lembar berisi jadwal kelas, mata kuliah, dan dosen dalam satu semester.

16. KTM

Kartu Tanda Mahasiswa, yaitu tanda pengenal yang berfungsi sebagai syarat mengurus kepentingan akademik. Biasanya, KTM merupakan hasil kerjasama antara kampus dengan bank tertentu, sehingga dapat digunakan sebagai alat pembayaran non tunai.

17. Magang / PKL

Praktik kerja di industri yang berhubungan dengan jurusan kuliah. Magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL) diwajibkan di semester 6 atau 7.  Tapi, nggak masalah kalau kamu magang duluan di semester sebelumnya.

Baca Juga: Anak SMK Bagusnya Kuliah Apa?

18. MKP

Mata Kuliah Pilihan, yaitu mata kuliah yang diambil mahasiswa berdasarkan program studi masing-masing. Contoh, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi yang mengambil prodi Hubungan Masyarakat dapat mengambil MKP Humas Global, Humas Politik, atau Humas Pemasaran.

19. MKU

Mata Kuliah Umum, yaitu mata kuliah yang dimaksudkan dalam rangka mengembangkan aspek kepribadian mahasiswa sebagai individu dan masyarakat 

Contoh, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Biasanya terdapat di semester awal perkuliahan.

20. MKW

Mata Kuliah Wajib, yaitu mata kuliah yang menjadi dasar keahlian jurusan terkait. Misalnya, anak Komunikasi harus lulus matkul Teori Komunikasi, Komunikasi Massa, Komunikasi Intrapesona, Komunikasi Kelompok, dan Psikologi Komunikasi.

21. Rektor

Pimpinan tertinggi suatu kampus.

22. Semester Pendek

Semester yang diadakan di antara libur semester ganjil dan genap untuk memperbaiki nilai mahasiswa (minimal C). Durasi SP berlangsung 4 hingga 6 minggu.

23. Sempro

Seminar Proposal, adalah presentasi yang dilakukan oleh mahasiswa sebelum lanjut mengerjakan skripsi. Sempro berisi bab 1, bab 2, dan bab 3 penelitian. Di kampus lain, sempro disebut dengan semakom (seminar masalah komunikasi).

24. SKS

Satuan Kredit Semester, yaitu beban studi per mata kuliah. SKS menandakan durasi belajar. Misalnya matkul Teori Psikologi memiliki bobot 3 SKS, maka kamu akan belajar 2 sampai 3 jam dalam seminggu.

25. Skripsi

Penelitian yang dibuat mahasiswa sebagai syarat kelulusan program S1. Berisi uraian fenomena dan kaitannya dengan teori yang dipelajari di bangku kuliah.

26. Tugas Akhir

Proyek akhir yang dibuat mahasiswa diploma atau sarjana sebagai syarat kelulusan. Contohnya film pendek, pameran seni, perancangan hotel, dan lain-lain.

27. Transkrip

Adalah lembar berisi catatan mata kuliah dan IP yang diperoleh mahasiswa. Transkrip dapat kamu gunakan untuk melamar magang/PKL.

28. UKM

Unit Kegiatan Mahasiswa, yaitu ekstrakurikuler di perguruan tinggi. Contoh, UKM Paduan Suara, UKM Olahraga, UKM Fotografi, dan sebagainya.

29. UKT

Uang Kuliah Tunggal, yakni besaran biaya yang harus kamu bayarkan ke perguruan tinggi tiap semester.

30. Ujian Komprehensif (Kompre)

Ujian yang dilaksanakan sebelum sidang skripsi. Materi kompre biasanya seputar mata kuliah dan jurusan yang kamu ambil. Di perguruan tinggi islam, mahasiswa diharuskan untuk menghafal surat pendek maupun juz amma.

---

Hafalkan istilah-istilah tadi agar kamu semakin siap menjalani kuliah online. Buat yang lagi gapyear, kejar materi UTBK di Brain Academy Online. Ada fitur live teaching yang bikin kamu jago di semua mapel. Nggak ada kata terlambat buat berjuang! Semangat!

BA online

 

 

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar