Mengulik Jurusan Animasi, Buat Kamu yang Ingin Jadi Animator!

Jurusan Animasi

Kamu suka gambar, memiliki kreativitas tinggi, juga memiliki minat terhadap film animasi? jurusan Animasi adalah pilihan yang tepat!

--

Jadi animator itu pekerjaan yang keren, lho! ‘Gak percaya?

Buktinya, sudah banyak banget nih animator asal Indonesia yang terlibat dalam pembuatan film animasi Hollywood. Sebut saja Griselda Sastrawinata, dia adalah animator asal Indonesia yang terlibat dalam beberapa film animasi terkenal seperti Moana, Kung Fu Panda 2, Puss in Boots, Frozen 2, dan masih banyak film animasi lainnya.

Kemudian ada Michael Reynold Tagore yang berpartisipasi dalam beberapa film Box Office seperti The Hobbit, Iron Man 3, The Fast and Furious 7, Dawn of The Planet of The Apes, The Wolverine, dan masih banyak lagi.

Gak cuma di Hollywood, bahkan kini animator Tanah Air mulai terlibat dalam penggarapan animasi untuk video musik artis K-pop! Ada Kasita Wonowidjojo yang ikut berpartisipasi untuk membuat sejumlah avatar atau animasi 3D untuk aespa sejak debut, termasuk untuk karakter 3D Naevis dalam video musik “Savage”.

naevis di video musik aespa

Naevis di video musik aespa yang dibuat oleh animator asal Indonesia (kpopnews.atsit.in)

 

Nah, buat Brainies yang tertarik untuk jadi animator seperti kayak-kakak tersebut, jurusan Animasi tentunya cocok banget buat kamu! Eits, tapi sebelum membahas lebih lanjut tentang jurusan ini, ayo ketahui terlebih dahulu definisi dari animasi!

Secara sederhana, animasi adalah gambar bergerak yang terbentuk dari kumpulan gambar yang disusun secara berurutan. Ketika gambar yang disusun tersebut digeser satu persatu, akan muncul semacam efek gerakan dari objek gambar itu sendiri. Sehingga, terciptalah sebuah animasi gambar bergerak atau yang kita kenal juga sebagai kartun.

Seiring berkembangnya teknologi, metode pembuatan animasi juga turut berkembang menjadi banyak jenis. Sehingga kini, beberapa universitas mulai membuka jurusan Animasi. Jurusan Animasi hadir untuk memberikan mahasiswa pengetahuan dan pengalaman yang relevan dengan kebutuhan industri animasi saat ini.

Baca Juga: 20 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan di Masa Depan

 

Di Indonesia sendiri, jurusan Animasi belum berkembang pesat dan masih terdengar asing bagi beberapa orang. Bahkan, jurusan Animasi sering kali dianggap sama saja dengan jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dan jurusan Film. Padahal, mereka merupakan tiga jurusan yang sangat berbeda.

 

Apa Bedanya Jurusan Animasi, DKV, dan Film?

Sekilas, jurusan Animasi, DKV, dan Film memang terkesan mirip. Di beberapa universitas, jurusan Animasi bahkan masih menjadi program studi dari jurusan DKV dan Film. Tapi, tidak sedikit juga yang telah berdiri sendiri sebagai jurusan Animasi.

proses pembuatan karakter film animasi moana

Proses pembuatan karakter animasi (disneyanimation.com)

 

Salah satu perbedaan paling mencolok terdapat pada kurikulum dan materi yang diajarkan. Jurusan Animasi lebih fokus dalam mempelajari teori dan teknik dalam membuat animasi 2D dan 3D, animasi film, animasi game, dan bidang lainnya yang menggunakan konten animasi. Sedangkan untuk jurusan DKV lebih fokus pada pembuatan desain, ilustrasi, fotografi, animasi, hingga marketing. Sementara itu, jurusan Film lebih mempelajari tentang teknologi pendukung serta teknik-teknik yang diterapkan dalam proses produksi film. Mulai dari pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi.

Baca Juga: Jurusan Desain Komunikasi Visual, Gabungan Antara Seni dan Komunikasi

 

Mata Kuliah Jurusan Animasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jurusan Animasi fokus mempelajari tentang teori dan teknik pembuatan animasi. Mulai dari merancang karakter 2D dan 3D, merancang storyboard, video editing, hingga menulis skenario, semua akan dipelajari di jurusan ini.

Pada semester awal perkuliahan, kamu akan lebih fokus kepada teori serta dasar-dasar animasi seperti Visual Art Composition, Critical Reading and Storytelling, Introduction to CGI, 3D Visual Composition, dan Animation Fundamentals. Memasuki semester ketiga, mahasiswa dapat memilih beberapa mata kuliah yang sesuai dengan minat. Beberapa mata kuliah yang dapat menjadi pilihan di antaranya Acting in Animation, Traditional and Experimental 2D Animation, dan Advanced Stop Motion Production.

Tidak hanya mempelajari teori, jika kamu menjadi mahasiswa Animasi, kamu juga akan berkesempatan untuk terlibat dalam proyek secara langsung melalui program magang yang wajib kamu tempuh pada semester akhir perkuliahan. Wah, pasti asik banget!

Mata Kuliah Jurusan Animasi

 

Di beberapa universitas, jurusan Animasi telah menjadi suatu program studi yang memiliki dua peminatan, yaitu film animasi dan animasi game. Di peminatan film, mahasiswa bisa lebih fokus pada produksi film animasi. Sedangkan di peminatan game, mahasiswa akan fokus belajar membuat desain untuk game dan karakternya.

 

Kampus yang Menyediakan Jurusan Animasi

Kini, sudah cukup banyak universitas ternama di Indonesia yang membuka jurusan Animasi. Jika Brainies tertarik, berikut daftar kampus swasta dan negeri yang bisa jadi pilihan:

  1. Institut Kesenian Jakarta (IKJ) - S1 DKV Animasi
  2. Universitas Negeri Malang (UM) - D3 Game dan Animasi
  3. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI) - D3 Animasi
  4. STMM MMTC Yogyakarta - S1 Animasi
  5. BINUS University - S1 DKV Animasi
  6. Universitas Multimedia Nusantara (UMN) - S1 Film dan Animasi
  7. Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti (STMK Trisakti) - S1 DKV Animasi dan Game

Prospek Kerja Jurusan Animasi

Setelah lulus nanti, mahasiswa jurusan Animasi memiliki peluang untuk berkarier yang sangat luas. Dengan bekal ilmu yang diperoleh saat kuliah, ada beberapa pekerjaan yang dapat kamu lakukan dalam penggarapan film animasi, di antaranya yaitu:

  • Storyboard artist
  • Animator
  • Produser film animasi
  • Video game designer
  • Visual effects designer
  • Talent director
  • Concept artist

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah IPS dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Wajib Dicoba!

 

Selain pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan animasi di atas, alumni jurusan Animasi juga dapat bekerja sebagai:

  • Pengarah konsep iklan
  • Desainer pameran
  • Sutradara
  • Editor film/video
  • Artis permainan
  • Spesialis multimedia
  • Produser musik
  • Desainer produksi teater/televisi/film
  • Teknisi suara

--

Karena berhubungan dengan gambar dan storytelling, sudah pasti proses pengerjaannya membutuhkan kreatifitas yang tinggi supaya animasi menjadi unik dan menarik secara visual. Jadi, kalau Brainies memiliki kreativitas yang tinggi, mungkin jurusan Animasi adalah jurusan yang tepat! Tapi kalau kamu masih ragu, kamu bisa lho ikut tes minat bakat dan melakukan konseling dulu di Brain Academy. Yuk daftar sekarang juga!

New call-to-action

Sumber gambar:

Naevis di video musik aespa yang dibuat oleh animator asal Indonesia. [Daring]. Tautan: https://kpopnews.atsit.in/id/?p=14376. Diakses 6 Maret 2022.

Proses pembuatan karakter animasi. [Daring]. Tautan: https://disneyanimation.com/process/. Diakses 6 Maret 2022.

Sumber:

Mengenal Jurusan Animasi Digital, Buat Kamu yang Ingin Jadi Animator Andal. [Daring]. Tautan: https://www.medcom.id/pendidikan/tips-pendidikan/8N0Gww5K-mengenal-jurusan-animasi-digital-buat-kamu-yang-ingin-jadi-animator-andal. Diakses 6 Mei 2022.

Mahar Prastiwi. Program Studi Animasi: Ini Mata Kuliah, Kampus, hingga Prospek Kerjanya. [Daring]. Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2021/11/27/103300371/program-studi-animasi-ini-mata-kuliah-kampus-hingga-prospek-kerjanya?page=all. Diakses 6 Mei 2022.

Neneng Zubaidah. Prospek Kerja Jurusan Animasi, Dunianya Para Pekerja Kreatif. [Daring]. Tautan: https://edukasi.sindonews.com/read/754425/211/prospek-kerja-jurusan-animasi-dunianya-para-pekerja-kreatif-1650938677?showpage=all. Diakses 6 Mei 2022.

Kurikulum Animasi UMN. [Daring]. Tautan: https://film.umn.ac.id/kurikulum/#animasi. Diakses 6 Mei 2022.

Profile

Tiara Syabanira Dewantari

Freelance Content Writer at Brain Academy