Jurusan Ilmu Keperawatan: Mata Kuliah, Gelar, Gaji, dan Prospek Kerja

Pojok Kampus - Jurusan Keperawatan

Menjadi perawat bukanlah hal yang mudah. Kamu harus memiliki empati dan ilmu yang mumpuni. Yuk, simak mata kuliah dan prospek kerja Jurusan Keperawatan.

---

Apa yang terlintas di benakmu jika mendengar kata "perawat''? Sosok yang penuh kelembutan, cekatan, atau seorang perempuan? Hmm, banyak yang mengira jurusan Keperawatan hanya bisa dimasuki oleh kaum perempuan, padahal laki-laki juga bisa lho jadi perawat! Yup, careers has no gender. Do you agree, Brainies?

Selain identik dengan perempuan, jurusan Keperawatan kerap dipandang sebelah mata. "Tanggung banget sih jadi perawat, kenapa nggak jadi dokter sekalian?" Waduh, padahal keduanya memiliki peran yang sama penting dalam proses pemulihan suatu penyakit. Kalau dokter bertugas untuk menyembuhkan (cure), perawat berperan dalam merawat dan memenuhi kebutuhan dasar pasien (care).

Sebelum masuk ke jurusan ini, alangkah baiknya kamu memiliki jiwa empati yang tinggi. Perawat adalah seseorang yang mengamalkan ilmunya untuk mendampingi pasien. Kamu harus menjadi sosok yang sabar, telaten, dan peduli. Skill komunikasi juga perlu diasah, sebab kamu akan bertemu dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda. Misalnya, korban bencana alam, lansia, atau balita. Last but not least, adalah kebersihan diri. Seorang perawat wajib menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitarnya agar tetap steril. 

 

Apa yang Dipelajari di Jurusan Keperawatan?

Jurusan Keperawatan adalah ilmu yang mempelajari cara memberikan pelayanan terhadap pasien guna mencapai derajat kesehatan yang optimal. Perawat bukanlah asisten dokter, melainkan mitra seorang dokter yang bekerja untuk membantu kesembuhan pasien. Penasaran apa saja mata kuliah jurusan Keperawatan? Ini dia!

Di awal perkuliahan, mahasiswa jurusan Keperawatan akan mempelajari Ilmu Biomedik Dasar. Mata kuliah ini juga terdapat di jurusan Kedokteran, lho. Penting bagi calon perawat untuk memahami Ilmu Biomedik, karena di dalamnya terdapat pembahasan yang berhubungan dengan anatomi dan fungsi tubuh manusia. Ilmu Biomedik merupakan landasan dalam melaksanakan proses keperawatan

Tak kenal maka tak sayang. Jangan lupa untuk memahami Dasar Keperawatan yang membahas sejarah, paradigma, konsep pertumbuhan dan perkembangan manusia, serta beberapa teori keperawatan. Mahasiswa dilatih untuk berpikir kritis dan memiliki keterampilan dasar dalam memenuhi kebutuhan pasien.

Oh iya, kamu perlu tahu nih, ada beberapa sub topik penting dalam jurusan Keperawatan. Sebut saja Keperawatan Jiwa, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas (melahirkan), Keperawatan Medikal Bedah, dan Keperawatan Komunitas atau Masyarakat. Ada juga mata kuliah Keperawatan Kritis dan Gawat Darurat untuk menangani pasien agar terhindar dari kecacatan yang mungkin dialami. Tuh, kan, profesi perawat sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia.

Pojok Kampus -  Mata Kuliah Jurusan Keperawatan

"Kak, tapi aku takut darah, bisa nggak ya masuk jurusan Keperawatan?"

Bisa dong, asalkan ada kemauan. Begitu masuk, kamu nggak langsung disuruh praktek kok. Sistem pembelajaran Jurusan Keperawatan terbagi menjadi 3, yaitu: lecture atau penjelasan oleh dosen, praktikum, dan group discussionGroup discussion adalah sesi diskusi antar kelompok untuk membahas penyakit yang sering dialami pasien di rumah sakit.

 

Syarat, Jenjang Pendidikan dan Gelar Jurusan Keperawatan

Ingat ya, jurusan Keperawatan hanya bisa dimasuki oleh siswa lulusan SMA/SMK IPA. Sedangkan anak IPS harus lintas jurusan untuk mengambil prodi ini. Jenjang pendidikan Keperawatan bermacam-macam, dimulai dari D3, D4, S1, S2, sampai S3. Khusus S1, kamu perlu melanjutkan pendidikan profesi Ners selama 1 tahun. Biaya kuliah jurusan keperawatan yaitu 8 juta sampai 13 juta per semester.

Adapun gelar yang akan diperoleh mahasiswa Keperawatan, yakni:

  • Jenjang D3 bergelar A.Md. Kep (Ahli Madya Keperawatan)
  • Jenjang D4 bergelar S.Tr.Kep (Sarjana Terapan Keperawatan)
  • Jenjang S1 Ners bergelar Ns. diikuti nama dan diakhiri dengan S.Kep (Sarjana Keperawatan)
  • Jenjang S2 bergelar M.Kep (Magister Keperawatan)
  • Jenjang S3 bergelar Profesor

Prospek Kerja dan Kampus dengan Jurusan Keperawatan

Setelah lulus, mahasiswa Keperawatan dapat bekerja di rumah sakit, puskesmas, klinik, dan mendirikan layanan home care. Lulusan jurusan Keperawatan juga bisa berkarir sebagai medical representative di perusahaan alat medis atau obat-obatan. Gaji lulusan Keperawatan berkisar antara 2 sampai 7 juta rupiah per bulan tergantung jabatan dan tempat kamu bekerja.

Di Indonesia, jurusan Keperawatan mudah ditemui di kampus negeri maupun swasta. Peminatnya bisa mencapai 1.000 orang dengan daya tampung 40 sampai 70 mahasiswa per tahunnya. Berikut kampus dengan jurusan keperawatan terbaik di Indonesia:

---

Karena persaingan yang lumayan ketat, kamu perlu menyusun strategi belajar untuk masuk ke jurusan Keperawatan. Jangan khawatir, kamu bisa belajar bersama STAR Master Teacher di Brain Academy! Guru-gurunya super sabar, asyik, dan menjelaskan materi dengan bahasa yang mudah dipahami. Ditambah sesi klinik PR untuk bantu menyelesaikan soal atau materi yang sulit. Ayo, cobain!

Paket UTBK Brain Academy

Referensi:

Konsep Keperawatan [Daring]. Tautan: http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/08/Konsep-dasar-keperawatan-Komprehensif.pdf 

Mata Kuliah Jurusan Keperawatan UI [Daring]. Tautan: https://nursing.ui.ac.id/struktur-kurikulum/ 

Mata Kuliah Jurusan Keperawatan UNPAD [Daring]. Tautan: https://www.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2012/07/PEDOMAN-PRODI-S1-Keperawatan-Jatinangor-2017.pdf 

Ilmu Biomedik Dasar [Daring]. Tautan: https://www.myedisi.com/salemba/107600/ilmu-biomedik-dasar-untuk-mahasiswa-keperawatan

(diakses 14-15 Maret 2022) 

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!