9 PTN Terbaik di Semarang Beserta Jurusan & Biaya Kuliah

89c14fb4-e572-435d-911b-45540bef017d

Tertarik untuk berkuliah di Semarang? Ada banyak kampus negeri (PTN) yang bisa dijadikan pilihan. Berikut jurusan dan biaya studinya.

Selain Jogja dan Surabaya, kota Semarang juga bisa menjadi tempat kuliah yang cocok buat kamu. Biaya hidupnya murah, pilihan makanannya banyak, dan yang pasti kualitas PTN-nya nggak main-main! Di artikel ini, kita akan membahas 9 kampus negeri terbaik yang terdiri dari universitas, institut dan politeknik yang ada di kota Semarang.

 

1. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Pada awalnya, Universitas Diponegoro berdiri sebagai Universitas Semarang. Kemudian berganti nama menjadi UNDIP di tahun 1957. UNDIP hadir dengan 11 fakultas dan lebih dari 66 program studi. Kampus UNDIP sendiri berlokasi di Jl. Prof. Soedarto, SH., Tembalang, Semarang.

 

Jurusan Kuliah di Universitas Diponegoro

 

Biaya Kuliah di UNDIP

Biaya kuliah di UNDIP terbagi menjadi 3 jalur, yaitu SNBP, SNBT dan Ujian Mandiri (UM). Selain Uang Kuliah Tunggal (UKT), mahasiswa yang diterima melalui jalur UM akan dikenakan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

Biaya UKT untuk jalur SNBP/SNBT dan UM per semesternya mulai dari 500 ribu sampai 22 juta rupiah. Khusus mahasiswa yang diterima melalui jalur UM akan dikenakan biaya SPI mulai dari 7,5 sampai 250 juta rupiah.

 

Baca juga: Informasi Jalur Mandiri UNDIP, Sudah Daftar?

 

2. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebelumnya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang, saat itu IKIP Semarang masih menjadi “cabang” dari IKIP Yogyakarta. IKIP Semarang berubah nama menjadi UNNES pada tahun 1999. 

UNNES diresmikan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) yang ditandatangani oleh bapak Presiden Joko Widodo pada tahun 2022. Sekarang UNNES sudah mempunyai 8 fakultas dengan 80 jurusan yang bisa kamu pilih. Kampus UNNES berlokasi di Sekaran, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

 

Jurusan Kuliah di Universitas Negeri Semarang

 

Biaya Kuliah di Universitas Negeri Semarang

Biaya kuliah di UNNES terbagi menjadi 2 jenis, yaitu UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Biaya UKT sudah termasuk semua biaya kegiatan akademik selama kamu menempuh pendidikan di UNNES, sedangkan biaya SPI hanya untuk mahasiswa yang diterima melalui tes jalur mandiri UNNES.

Besaran UKT di UNNES mulai dari yang terendah 500 ribu rupiah sampai 8,25 juta rupiah. Lalu untuk SPI sendiri dibagi menjadi beberapa kategori, besarannya mulai dari 5 sampai 25 juta rupiah. Jangan khawatir, kamu juga berkesempatan mendapatkan beasiswa yang ditawarkan UNNES melalui 17 program beasiswa yang ada.

 

Baca juga: Syarat, Jadwal, Biaya, dan Cara Daftar Ujian Mandiri UNNES

 

 

3. Politeknik Negeri Semarang (POLINES)

Politeknik Negeri Semarang (POLINES) berdiri bersamaan dengan politeknik lain yang ada di Kota Medan, Palembang, Jakarta, Bandung dan Malang pada tahun 1979.  Saat menerima mahasiswa baru di tahun 1982, POLINES masih bernama Politeknik Universitas Diponegoro dengan membuka 3 jurusan, yaitu Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Mesin dan Jurusan Teknik Elektro.

Kampus POLINES berlokasi di Jl. Prof. Sudarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. POLINES berfokus pada jurusan teknik, administrasi, dan akuntansi. Meskipun berstatus politeknik, kampus negeri di Semarang ini menyediakan jenjang D3 sampai S1.

 

Jurusan Kuliah di POLINES

(D3 Konstruksi Gedung, D3 Konstruksi Sipil, S1 Teknik Perawatan dan Perbaikan Gedung, S1 Perancangan Jalan & Jembatan)

 

(D3 Teknik Mesin, D3 Teknik Konversi Energi, S1 Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, S1 Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi)

 

  • Jurusan Teknik Elektro

(D3 Teknik Listrik, D3 Teknik Telekomunikasi, D3 Teknik Informatika, D3 Teknik Elektronika, S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik, S1 Teknologi Rekayasa Komputer, S1 Teknologi Rekayasa Elektronika)

 

(D3 Akuntansi, D3 Perbankan dan Keuangan, S1 Komputerisasi Akuntansi, S1 Perbankan Syariah, S1 Analis Keuangan, S1 Akuntansi Manajerial)

 

(D3 Administrasi Bisnis, D3 Manajemen Pemasaran, S1 Manajemen Bisnis Internasional, S1 Administrasi Terapan)

 

Biaya Kuliah di POLINES

POLINES menerapkan dua jenis biaya kuliah, yaitu UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Besaran UKT mulai dari 3,8 sampai 7,8 juta rupiah setiap semester. Biaya SPI akan diberikan untuk mahasiswa yang diterima lewat jalur seleksi UM yaitu mulai dari 5 sampai 15 juta rupiah.

 

4. Akademi Kepolisian (AKPOL)

Akademi Kepolisian (AKPOL) sudah berdiri sejak tahun 1946, lho. Saat itu AKPOL masih bernama Sekolah Polisi Bagian Tinggi dan berlokasi di Mertoyudan Magelang. Kemudian segera berganti nama menjadi AKPOL yang peresmiannya dihadiri oleh Presiden Soekarno dan Wapres Mohammad Hatta.

AKPOL dan Program Studi Kepolisian di dalamnya sudah terakreditasi “A” oleh BAN-PT, buat kamu yang bercita-cita mengabdi untuk negara bisa langsung daftarkan diri kamu. Saat ini AKPOL berlokasi di Jl. Sultan Agung No. 31, Candi Baru, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah.

 

Jurusan Kuliah di AKPOL

Mahasiswa di AKPOL disebut sebagai Taruna. Mereka akan menjalani program pendidikan untuk menjadi perwira polisi selama 4 tahun.  Setelah lulus, Taruna/Taruni Akpol akan memperoleh pangkat Inspektur Dua (IPDA).

 

Biaya Kuliah di AKPOL

Karena AKPOL adalah sekolah kedinasan yang dinaungi pemerintah, maka biaya pendidikan kamu akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah dari awal sampai akhir pendidikan.

 

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

 

5. Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang

Poltekkes Kemenkes Semarang awalnya adalah gabungan dari 11 Akademi Kesehatan milik Departemen Kesehatan RI di Provinsi Jawa Tengah. Berdiri sejak tahun 2001 dengan nama Politeknik Kesehatan Depkes Semarang, kemudian berubah menjadi Poltekkes Kemenkes Semarang pada tahun 2010.

Poltekkes Kemenkes Semarang bisa jadi pilihan buat kamu yang bercita-cita jadi seorang tenaga kesehatan, karena di sini kamu bisa pilih belasan prodi bidang kesehatan. Kampus ini mempunyai 2 kampus yang berlokasi di Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang (Kampus I) dan di Jl. Wolter Monginsidi 115, Pedurungan, Semarang (Kampus III). 

 

Jurusan di Poltekkes Kemenkes Semarang

 

(D3 Keperawatan, D4 Keperawatan dan Profesi Ners)

 

(D3 Kebidanan, D4 Kebidanan dan Profesi Bidan)

 

(D3 Gizi, D4 Gizi dan Dietetika, Profesi Dietisien)

 

  • Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi

(D3 Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi, D4 Teknik Radiologi)

 

  • Jurusan Kesehatan Gigi

(D3 Kesehatan Gigi, D4 Terapis Gigi)

 

  • Jurusan Analis Kesehatan (Teknologi Laboratorium Medik)

(D3 Analis Kesehatan, D3 Teknologi Bank Darah, D4 Analis Kesehatan)

 

  • Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

(D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan)

 

Biaya Kuliah di Poltekkes Kemenkes Semarang

Poltekkes Kemenkes Semarang menerapkan biaya UKT yang disesuaikan dengan jenjang yang kamu pilih, yaitu mulai dari 5,4 sampai 11 juta rupiah. Kamu juga akan dikenakan biaya seragam, almamater dan topi berkisar mulai dari 350 ribu rupiah sampai 1,9 juta rupiah. Namun, biaya tadi hanya dikenakan satu kali selama kamu menempuh pendidikan.

 

Baca juga: Daftar Kampus, Biaya, dan Jurusan di Poltekkes Seluruh Indonesia

 

6. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang)

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang) dulunya bernama Sekolah Pelayaran Semarang yang berdiri sejak tahun 1951. PIP Semarang berada di naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Namun, kampus ini tidak termasuk sekolah ikatan dinas.

PIP Semarang sudah masuk White List di International Maritime Organization tahun 2000 dan terakreditasi “A” oleh BAN-PT. Kampus PIP Semarang berlokasi di Jl. Singosari No. 2A, Wonodri, Semarang Selatan. 

 

Jurusan Kuliah di PIP Semarang

  • D4 Nautika
  • D4 Teknika
  • D4 Tatalaksana Angkatan Laut dan Kepelabuhan

 

Biaya Kuliah di PIP Semarang

Setiap semester, UKT yang harus dibayar oleh mahasiswa Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang mulai dari 1,3 sampai 10,4 juta rupiah. Mahasiswa baru juga akan dikenakan biaya perlengkapan taruna sebesar 12,9 juta rupiah.

 

7. Politeknik Pekerjaan Umum Semarang (Poltek PU Semarang)

Politeknik Pekerjaan Umum Semarang (Poltek PU Semarang) merupakan kampus negeri yang dibawahi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Meski baru berdiri di tahun 2019, Politeknik PU Semarang saat ini sudah memiliki 3 program studi jenjang Diploma yang bisa kamu jadikan pilihan, lho. Kampus Poltek PU Semarang berlokasi di Jl. Prof. Soedharto, SH, Tembalang, Semarang.

 

Jurusan Kuliah di Poltek PU Semarang

  • D3 Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung
  • D3 Teknologi Konstruksi Bangunan Air
  • D3 Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan

 

Biaya Kuliah di Poltek PU Semarang

Poltek PU Semarang hanya menerapkan sistem UKT sebesar 6 juta rupiah. Poltek PU Semarang juga menawarkan program beasiswa bagi calon mahasiswa dengan peringkat 10 besar saat mengikuti seleksi ujian masuk. Beasiswa yang diberikan berupa potongan 50% untuk biaya UKT di semester selanjutnya. Wah, penawaran beasiswa yang menarik ya.

 

Baca juga: PTN Terbaik di Surabaya Beserta Jurusan dan Biaya Kuliah

 

8. Politeknik Negeri Maritim Indonesia (POLIMARIN)

Politeknik Negeri Maritim Indonesia (POLIMARIN) merupakan transformasi dari Balai Pengembangan dan Layanan Pendidikan Tinggi (BPLPT) menjadi perguruan tinggi sejak tahun 2012. Transformasi tersebut dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kampus POLIMARIN berlokasi di Jl. Pawiyatan Luhur 1, Duwur Semarang dan memiliki 3 jurusan dengan program studi D3 dan D4. Buat kamu yang mau bekerja di bidang kemaritiman, kamu bisa jadikan POLIMARIN sebagai pertimbangan.

 

Jurusan Kuliah di POLIMARIN

  • Jurusan Bisnis Maritim

(D4 Transportasi Laut)

 

  • Jurusan Teknika

(D3 Teknika, D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal)

 

  • Jurusan Nautika

(D3 Nautika, D4 Nautika Kelas Reguler, D4 Nautika Joint Degree)

 

Biaya Kuliah di POLIMARIN

POLIMARIN tidak menetapkan uang pangkal. Mahasiswa hanya perlu membayar UKT mulai dari 4 sampai 20 juta rupiah setiap semester tergantung dari program studi. Ada pula biaya asrama sebesar 7,5 juta rupiah untuk semester 1 dan 2.

 

Baca juga: Mengenal Perbedaan Kampus Islam UIN, IAIN, dan STAIN

 

9. Universitas Negeri Islam (UIN) Walisongo Semarang 

Universitas Negeri Islam Semarang mempunyai 3 kampus yang berlokasi di Jl. Walisongo No. 3-5 Semarang (Kampus 1), Jl. Prof. Hamka, Ngaliyan, Semarang (Kampus 2 & 3). Sekarang UIN Walisongo Semarang sudah terakreditasi “A” oleh BAN-PT. Walaupun termasuk universitas islam, kampus ini juga mempunyai Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, hingga Fakultas Sains dan Teknologi, lho.

 

Jurusan Kuliah di UIN Walisongo Semarang

  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi
  • Fakultas Syariah dan Hukum
  • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Fakultas Ushluddin dan Humaniora
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  • Fakultas Psikologi dan Kesehatan
  • Fakultas Sains dan Teknologi

 

Biaya Kuliah di UIN Walisongo Semarang

UIN Walisongo menerapkan sistem biaya UKT yang terbagi menjadi beberapa kelompok, besaran UKT mulai dari 400 ribu sampai 6,5 juta rupiah per semester. Pembayaran UKT bisa dilakukan melalui bank yang sudah bekerjasama dengan UIN Walisongo Semarang.

Kalau kamu tertarik untuk kuliah di PTN terbaik di Semarang, kamu harus punya persiapan yang maksimal. Nah, Brain Academy siap membantu supaya persiapan kamu jadi lebih matang. Selain karena Master Teacher-nya yang bisa bikin kamu makin semangat belajar, fasilitas di Brain Academy juga lengkap banget, lho. Tunggu apa lagi, yuk berlangganan Brain Academy!

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

Salsabila Nanda