Yuk, Kenali Perbedaan Kampus UIN, IAIN, dan STAIN!

perbedaan-uin-stain-dan-iain

 

Tertarik untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi keagamaan islam? Yuk, ketahui apa itu PTKIN dan bedanya UIN, IAIN, dan STAIN!

PTN dan PTKIN merupakan perguruan tinggi negeri, kalau PTN mungkin udah nggak asing lagi bahkan sering terdengar. Tapi kalau PTKIN, udah pernah dengar? PTKIN adalah perguruan tinggi keagamaan islam, misalnya UIN dan IAIN. Meskipun namanya PTKIN, tapi bukan berarti kamu hanya bisa belajar di bidang keagamaan islam saja, disiplin ilmu lain juga ada. Biar lebih paham, yuk kita belajar bareng soal PTKIN dan jenis-jenisnya berikut ini!

 

Apa itu PTKIN? 

PTKIN merupakan singkatan dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. PTKIN adalah perguruan tinggi yang dikelola di bawah Kementerian Agama (Kemenag). Perguruan tinggi ini terbagi menjadi 3 kategori yaitu UIN, IAIN, dan STAIN. Untuk dapat masuk perguruan tinggi ini kamu bisa mengikuti SPAN PTKIN dan UM PTKIN

SPAN PTKIN adalah kepanjangan dari Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Ini merupakan seleksi nasional seluruh PTKIN dalam satu sistem yang diselenggarakan serempak. Biaya seleksi SPAN PTKIN ditanggung oleh pemerintah, jadi kamu nggak perlu bayar biaya pendaftaran. Jika kamu mendaftar melalui jalur SPAN, maka nggak ada tes tertulisnya, karena penjaringan jalur ini berdasarkan prestasi akademik (nilai rapor, portfolio). 

Nah, jalur satunya adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) adalah seleksi masuk PTKIN yang diselenggarakan oleh Kemenag. Jalur ini tes tulis dilakukan secara online dan serempak untuk semua PTKIN.  

 

3 Kategori PTKIN 

PTKIN terbagi menjadi 3 kategori, yaitu UIN, IAIN, dan STAIN. Berikut penjelasan ketiganya:

 

Universitas Islam Negeri (UIN)

UIN adalah perguruan tinggi agama Islam yang paling besar dan lengkap dibanding IAIN dan STAIN. Meskipun universitas islam, tapi di UIN kamu bisa belajar bidang ilmu lain selain islam. Yes, benar UIN menyediakan disiplin ilmu lainnya seperti Psikologi, Ilmu Politik, Keguruan, dan jurusan lainnya. Selain itu, biasanya lokasi kampus UIN berada di kota-kota besar seperti Jogja, Malang, Bandung, Jakarta, dan kota besar atau ibu kota provinsi lainnya. 

UIN Sunan Kalijaga (Sumber: uin-suka.ac.id) 

Institut Agama Islam Negeri (IAIN)

Sebelum menjadi UIN, perguruan tinggi islam bisa berstatus IAIN. Karena IAIN umumnya hanya menyediakan program studi keilmuan islam aja. Tapi seiring berkembangnya IAIN dan juga ilmu pengetahuan, IAIN dapat menambahkan program studi di bidang sains atau teknologi. Jadi nggak hanya ilmu-ilmu keagamaan islam saja tapi ilmu di bidang lain juga ada. Nah, karena perkembangan inilah IAIN akan berubah menjadi UIN. Contohnya IAIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan yang sudah berubah menjadi UIN.

IAIN Lhokseumawe (Sumber: iainlhokseumawe.ac.id)

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)

Bisa dibilang lingkup pelaksanaan pendidikan di STAIN paling kecil dibandingkan IAIN dan UIN. STAIN hanya menjalankan program studi dalam lingkup satu disiplin ilmu saja, misalnya satu fakultas. Sedangkan IAIN menjalankan program studi dalam sekelompok disiplin ilmu yang berarti ada beberapa fakultas yang dinaungi oleh institut. STAIN dan IAIN sama-sama menjalankan program studi ilmu keagamaan saja, sedangkan UIN mengintegrasikan antara ilmu keagamaan dan kon keagamaan.  

STAIN Abdurrahman Kepri (Sumber: https://stainkepri.ac.id/)

 

Baca juga: Perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi

 

Daftar PTKIN di Indonesia

Nah, setelah tahu kategori PTKIN, berikut adalah daftar 59 Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Indonesia: 

 

Universitas Islam Negeri (UIN)

  1. UIN Sunan Kalijaga
  2. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  3. UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  4. UIN Antasari Banjarmasin
  5. UIN Raden Fatah Palembang
  6. UIN Sunan Ampel
  7. UIN Alauddin Makassar
  8. UIN Imam Bonjol Padang
  9. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  10. UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  11. UIN Raden Intan Lampung
  12. UIN Walisongo Semarang
  13. UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  14. UIN Sumatera Utara
  15. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  16. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  17. UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto
  18. UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan
  19. UIN Salatiga
  20. UIN Raden Mas Said Surakarta
  21. UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  22. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  23. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  24. UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  25. UIN Mataram
  26. UIN Datokarama Palu
  27. Universitas Islam Internasional Indonesia
  28. UIN Padangsidimpuan
  29. UIN Batusangkar

 

Institut Agama Islam Negeri (IAIN)

  1. IAIN Sultan Amai Gorontalo
  2. IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  3. IAIN Pontianak
  4. IAIN Curup
  5. IAIN Kerinci
  6. IAIN Kudus
  7. IAIN Kediri
  8. Institut Agama Islam Negeri Madura
  9. IAIN Ponorogo
  10. IAIN Palangkaraya
  11. IAIN Ambon
  12. IAIN Ternate
  13. IAIN Bone
  14. IAIN Palopo
  15. IAIN Parepare
  16. IAIN Kendari
  17. IAIN Manado
  18. IAIN Bukittinggi
  19. IAIN Lhokseumawe
  20. IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  21. IAIN Fattahul Muluk Papua
  22. IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa
  23. Institut Agama Islam Negeri Sorong
  24. Institut Agama Islam Negeri Metro
  25. IAIN Takengon

 

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)

  1. STAIN Meulaboh
  2. STAIN Al Kautsar Bengkalis
  3. STAIN Majene
  4. STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  5. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal

Nah, selesai sudah pembahasan kita tentang PTKIN dan jenis-jenisnya, semoga membantu, ya! PTN dan PTKIN memang sama-sama perguruan tinggi negeri, yang membedakan hanya jalur masuk dan kurikulumnya saja. Sesuai namanya, jika kamu kuliah di PTKIN, maka materi kuliah atau kurikulumnya akan berkaitan dengan ilmu agama islam, sedangkan PTN tidak demikian. 

Ada 59 PTKIN di Indonesia, sudah tahu mau masuk yang mana? Apapun kampus pilihanmu, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk seleksi masuknya, ya. Kamu bisa belajar bareng Master Teacher terbaik dari Brain Academy, bisa belajar online atau di cabang terdekat dari rumahmu! Selamat belajar~

[IDN] CTA Blog Cabang Brain Academy Center

Referensi: 

Daftar Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Indonesia [daring]. Tautan: https://diktis.kemenag.go.id/bansos/cari_nspt.php 

Perbedaan UIN, IAIN, dan STAIN [daring]. Tautan: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/03/19/perbedaan-uin-iain-stain 

UIN-IAIN-STAIN: Perkembangan Epistemologi dan Institusi Perguruan Tinggi Islam  Indonesia [daring]. Tautan: http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/572/487 (Diakses 18 Maret 2023)

Gambar UIN Sunan Kalijaga: https://www.uin-suka.ac.id/id/page/universitas/92-labagama 

Gambar IAIN Lhokseumawe: https://www.iainlhokseumawe.ac.id/penerimaan-mahasiswa-baru-jalur-lokal-iain-lhokseumawe-segera-dibuka/ 

Gambar STAIN Abdurrahman Kepri: https://stainkepri.ac.id/Home/konten_berita/812-pendaftaran-mahasiswa-baru-ta-2019-2020.html 

Devi Lianovanda