Soal & Pembahasan PAS Kelas 11 IPS Semester Ganjil

Latihan Soal PAS Kelas 11 IPS Semester Ganjil

Lagi ngambis buat persiapan PAS ya? Yuk, kerjain latihan soal PAS kelas 11 IPS lengkap dengan pembahasannya berikut ini!

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

SEJARAH

1. Mahatma Gandhi meracik nasionalisme dengan mengawinkan nilai-nilai kemanusiaan, seperti kesetaraan, demokrasi, dan hak-hak asasi manusia. Karena berpijak pada nilai-nilai kemanusiaan, maka nasionalisme Gandhi tidak memperkenankan eksploitasi dan penindasan, baik sesama manusia maupun antar bangsa. Hal ini dapat dilihat sikap Gandhi yang berani mengkritik kapitalisme gagasannya dikenal dengan ….

  1. Sarvodaya
  2. Nasionalisme Humanistis
  3. Ahimsa
  4. Satyagraha
  5. Swadesi

Pembahasan:

Mahatma Gandhi merupakan aktivis gerakan kemerdekaan India. Gandhi memiliki ajaran-ajaran tentang nasionalisme India. Salah satunya adalah mengutamakan mengalahkan lawan (penjajah) dengan tidak menggunakan kekerasan fisik, tetap dengan kekuatan batin yang disebut Ahimsa. Ajaran Gandhi yang lainnya: yaitu Satyagraha, Hartal, dan Swadesi. Satyagraha, yaitu gerakan untuk tidak bekerja sama (non kooperatif) dengan kaum penjajah (Inggris). Hartal, yaitu pemogokan atau perlawanan melalui gerakan tidak berbuat apa-apa. Swadesi, yaitu gerakan untuk mempergunakan produksi sendiri, tidak menggantungkan pada produksi bangsa lain. Sikap Gandhi yang berani mengkritik kapitalisme dikenal dengan nasionalisme humanistis, yaitu suatu gagasan yang memiliki kecenderungan untuk “memisahkan” bangsa lain dari bangsa sendiri.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. Kedatangan bangsa–bangsa Eropa ke dunia Timur termasuk ke Indonesia disebabkan oleh…

  1. Aktivitas perdagangan bangsa Eropa di Laut Tengah ditutup
  2. Keinginan bangsa Eropa untuk memperoleh keuntungan besar
  3. Bangsa Eropa ingin menguasai daerah-daerah di luar Eropa
  4. Keinginan untuk membuktikan bahwa Bumi ini bulat
  5. Usaha mengembangkan kekuasaan bangsa Eropa di daerah baru

Pembahasan:

Kota di laut tengah sebagai pusat perdagangan rempah-rempah pada abad ke 15. Pusatnya berada di kota Konstantinopel. Tahun 1453, Khalifah Utsmaniyah yang berpusat di Turki berhasil menguasai Konstantinopel. Kota ini sebelumnya termasuk wilayah kekuasan Kerajaan Romawi-Byzantium. Perebutan Konstantinopel ini dipimpin oleh Raja Turki, Sultan Muhammad II. Konstantinopel, sejak lama merupakan kota yang diperebutkan, bukan hanya karena sejarah kejayaannya, namun juga karena kota ini merupakan salah satu titik penting dalam jalur perdagangan darat yang menyambungkan Eropa dengan Asia. Setelah Konstantinopel diduduki Turki Usmani, jalur perdagangan darat Asia-Eropa terputus. Hal tersebut dikarenakan Turki Usmani melarang orang-orang Eropa melewati Konstantinopel. Di sisi lain, permintaan barang, terutama rempah-rempah yang merupakan komoditas mahal di Eropa, meningkat. Hal ini memaksa bangsa-bangsa Eropa mencari jalur-jalur perdagangan lain selain Konstantinopel.Jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki pada tahun 1453 menyebabkan bangsa Eropa mengalami kesulitan mendapatkan rempah-rempah. Sehingga mereka berusaha mencari sendiri daerah penghasil rempah-rempah dengan melakukan penjelajahan-penjelajahan samudera.

Sehingga jawaban yang benar adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2
3. Berikut ini yang menjadi salah satu sebab terjadinya perlawanan dari Pangeran Diponegoro terhadap Pemerintah Kolonial Belanda, yaitu ….

a. Kesultanan Yogyakarta menjadi acuh terhadap penderitaan masyarakat akibat kolonialisme
b. adanya dekadensi moral yang terjadi pada bangsawan kesultanan
c. hutang kesultanan kepada Belanda yang semakin menumpuk
d. wilayah Kesultanan Yogyakarta yang semakin mengecil
e. sultan dan patih kerajaan bersikap tertutup kepada masyarakat

Pembahasan:
Salah satu penyebab dari adanya perlawanan Diponegoro terhadap Belanda adalah kekecewaan Diponegoro terhadap perubahan yang terjadi pada Kesultanan Yogyakarta. Pada saat itu banyak bangsawan dari Kesultanan Yogyakarta yang hanya memikirkan kesenangan pribadi seperti mabuk mabukan, bermain perempuan dan mengikuti gaya hidup serta berpakaian Eropa.

Hal tersebut menunjukkan terjadinya dekadensi moral pada lingkungan Kesultanan Yogyakarta. Hingga akhirnya, hal ini menjadi salah satu sebab munculnya perlawanan Diponegoro yang bertujuan untuk mengembalikan harkat dan martabat budaya Jawa kembali seperti sediakala.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Perhatikan informasi berikut ini!

  1. Menyebarkan kesadaran nasionalisme Indonesia
  2. Membuka lapangan pekerjaan baru
  3. Munculnya surat kabar milik pribumi yang berbahasa Melayu atau bahasa Indonesia
  4. Munculnya organisasi pergerakan

Berikut yang termasuk dampak dari adanya golongan terpelajar adalah ….

  1. 1, 2, 3
  2. 1, 3
  3. 2, 4
  4. 4
  5. semua benar

 

Pembahasan:

Golongan terpelajar kehadirannya berdampak pada penyebaran kesadaran nasional Indonesia. Golongan mahasiswa pribumi di Belanda pada masa kolonial misalnya. Dalam menyebarkan kesadaran nasionalisme Indonesia, golongan terpelajar membangun lapangan kerja baru berupa usaha percetakan, penerbitan dan pers yang dijalankan secara profesional. Surat Kabar yang dimiliki pribumi diterbitkan dalam bahasa Melayu atau bahasa Indonesia agar lebih terjangkau semua kalangan. Tentunya semua organisasi pergerakan masa kolonial dimotori oleh golongan terpelajar, contohnya, Indische Partij.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Pada tahun 1938, Soetardjo Kartohadikusumo mengeluarkan petisi yang dikenal dengan petisi Soetardjo. Namun petisi ini ditolak oleh Ratu Wilhelmina. Adapun tujuan dari petisi Soetardjo adalah …

  1. Pembentukan pemberian pemerintahan kepada bangsa Indonesia yang berdiri sendiri dalam batas undang-undang dasar kerajaan Belanda
  2. Pembentukan negara Indonesia yang merdeka tanpa ada keterkaitan bangsa Belanda di dalamnya
  3. Pembentukan suatu negara satelit Indonesia yang di dalamnya terdiri dari orang Indonesia dan Belanda
  4. Pembentukan suatu negara baru yang terdiri dari bangsa Belanda dan Indonesia tanpa melibatkan kerajaan Belanda
  5. Pendirian negara Indonesia yang keseluruhan pemerintahannya adalah rakyat Indonesia dan masyarakat Belanda yang pro kemerdekaan

Pembahasan: 

Petisi Soetardjo adalah petisi yang dikeluarkan oleh Sutardjo Kartohadikusumo yang bertujuan untuk menyusun rencana pemberian kepada Indonesia yang berdiri sendiri (otonom) dalam batas undang-undang dasar kerajaan Belanda yang pelaksanaannya berangsur-angsur selama 10 tahun atau disepakati antara Indonesia dengan Belanda. Namun petisi ini ternyata ditolak oleh Ratu Wilhelmina karena Ratu Wilhelmina menganggap bahwa bangsa Indonesia belum siap memerintah wilayah Hindia-Belanda.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

Topik : Kerajaan Maritim Nusantara pada Masa Hindu dan Buddha

Subtopik : Pengaruh Kerajaan Maritim Hindu-Buddha

Level Kognitif : Medium

6. Candi bagi umat agama Buddha berfungsi sebagai ….

A. media penguburan para leluhur
B. tempat pemujaan kepada dewa
C. makam para raja dan bangsawan
D. lokasi berkumpulnya pada Buddha
E. tempat penghormatan kepada orang meninggal

 

Kunci Jawaban : B

Pembahasan :

Candi adalah salah satu benda peninggalan kebudayaan Hindu dan Buddha yang masih dapat dijumpai hingga sekarang. Berdasarkan fungsinya, candi dibedakan menjadi dua, yaitu candi bercorak Hindu dan candi bercorak Buddha.

Candi bercorak Hindu biasanya berfungsi sebagai makam atau tempat tinggal terakhir bagi raja karena dalam budaya Hindu orang meninggal tidak dikubur melainkan dibakar. Jadi, abu dari jasad raja yang sudah dibakar dimakamkan atau disemayamkan di candi sebagai wujud penghormatan. Beberapa contoh candi Hindu yang digunakan sebagai tempat penghormatan orang meninggal dan sebagai makam raja adalah Candi Penataran, Candi Arjuna, dan Candi Gedong Songo. Selain itu, candi Hindu juga sering digunakan sebagai tempat penyembahan kepada dewa.

Sementara itu, candi bercorak Buddha umumnya hanya berfungsi sebagai tempat pemujaan atau tempat beribadah kepada dewa saja. Contohnya adalah Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Kalasan, dan Candi Pawon yang berada di dekat Magelang.

Dengan demikian, candi bagi umat agama Buddha berfungsi sebagai tempat pemujaan kepada dewa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

MATEMATIKA IPS

1. Untuk mengobati suatu penyakit tertentu, seorang dokter memiliki suatu ramuan obat tertentu yang telah diberikan kepada 100 orang pasiennya. Pasien pertama sembuh dari penyakitnya setelah meminum ramuan obat tersebut. Begitu pula pasien berikutnya hingga pasien ke-100 juga sembuh dari penyakitnya setelah meminum ramuan obat tersebut. Dalam hal ini, kejadian tersebut ….

  1. merupakan contoh induksi matematika, karena pasien ke-101  juga pasti sembuh 
  2. merupakan contoh induksi matematika, karena 100% pasien sembuh
  3. merupakan contoh induksi matematika, karena pasien pertama dan selanjutnya sembuh
  4. bukan merupakan contoh induksi matematika, karena pasien ke-101 sembuh
  5. bukan merupakan contoh induksi matematika, karena meskipun pasien ke-100 sembuh, tetapi pasien ke-101 belum tentu sembuh

Pembahasan:

Kejadian tersebut bukan merupakan induksi matematika karena meskipun100 pasien pertamanya sembuh, pasien berikutnya belum tentu sembuh. Hal ini juga dapat dinyatakan bahwa kesembuhan seorang pasien tidak dipengaruhi oleh kesembuhan pasien sebelumnya. Oleh karena itu, langkah kedua pada induksi tidak terpenuhi, sehingga kejadian ini bukan merupakan contoh induksi matematika.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. Hasil translasi titik A (3,7) oleh mtk ba 2.1 adalah ….
a. (6,0)
b. (5,7)
c. (3,9)
d. (3, 14)
e. (0, 9)

Pembahasan:
Ingat bahwa hasil translasi titik A(x,y) oleh mtk 2.3adalah A’ (x+a, y+b). Oleh karena itu, hasil translasi titik (3,7) oleh mtk ba 2.1 adalah sebagai berikut.
mtk 2.2

Dengan demikian, bayangan titik A adalah (3,9)

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

3. Suku tengah dari barisan geometri 4, 12, 36,….,26, 244,  adalah ….
A. 36
B. 81
C. 108
D. 162
E. 324


Pembahasan:
Dari barisan geometri 4, 12, 36,….,26, 244, didapat suku pertamanya adalah a=4 dan suku terakhirnya adalah Un=26.244 Ingat bahwa rumus suku tengah barisan geometri mtk 3.1-1
Dengan demikian, suku tengah dari barisan geometri tersebut dapat ditentukan sebagai berikut.

mtk 3.2-1Dengan demikian, suku tengahnya adalah 324

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Separator Latihan Soal untuk SMA

4. Amanda meminjam uang di koperasi sebesar Rp12.600.000,00 dengan bunga tunggal sebesar 14% per tahun. Jika Amanda meminjam selama 3 tahun, maka besar cicilan yang harus dibayar Amanda setiap bulannya adalah….
A. Rp350.000,00
B. Rp497.000,00
C. Rp745.000,00
D. Rp892.000,00
E. Rp994.000,00

Pembahasan
Diketahui besar pinjaman adalah Rp12.600.000,00 dengan bunga tunggal sebesar 14% per tahun dan periode pinjaman adalah
3 tahun. Dari informasi tersebut, dapat ditulis sebagai berikut.

mtk 4.1-1

Dengan rumus bunga tunggal didapat besar bunga selama 3 tahun adalah sebagai berikut.

mtk 4.2-1

Dengan demikian, besar pinjaman yang harus dikembalikan adalah sebagai berikut.

mtk 4.3-1

Karena Amanda akan membayar dengan cicilan per bulan selama 3 tahun atau sama dengan 36 bulan, maka besar cicilan setiap bulannya adalah sebagai berikut.

mtk 4.4-1

Jadi, jawaban yang tepat adalah B

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Sebuah segitiga ABC dengan koordinat titik A(2,0), B(0,0), dan C(0,3), didilatasi dengan faktor skala 2 dan pusat P(0,0), menjadi segitiga A’B’C’ . Jika LABC dan LA’B’C’ masing-masing menyatakan luas segitiga ABC dan luas segitiga A’B’C’, maka nilai dari LA’B’C’ -LABC adalah….
A. 3
B. 6
C. 9
D. 15
E. 18

Pembahasan:
Ingat bahwa jika titik (x,y) didilatasi dengan faktor skala k dan pusat P(0,0) , maka diperoleh bayangannya adalah sebagai berikut:

mtk 5.1-1
Kemudian, diketahui titik , , dan didilatasi dengan faktor skala dan pusat , maka diperoleh bayangannya adalah

mtk 5.2-1
Kemudian, perhatikan gambar berikut!

mtk 5.3-1
Dengan demikian, dari gambar yang telah didapat, diperoleh hasil adalah sebagai berikut.

mtk 5.4
Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

Topik : Transformasi Geometri

Subtopik : Komposisi Transformasi

Level Kognitif : Medium

6. Titik A(3, -5) direfleksi terhadap garis y = -x dan dilanjutkan dilatasi dengan faktor skala 2 dan titik pusat P(-4, 1). Jika bayangan akhir dari titik A oleh transformasi tersebut adalah A‘(p, q) nilai dari p + q adalah ….

A. 7
B. 10
C. 14
D. 20
E. 21

 

Kunci Jawaban : A

Pembahasan :

Ingat bahwa bayangan dari refleksi titik (x, y) terhadap garis y = -x adalah (x’, y’) = (-y, -x).

Kemudian, bayangan dari dilatasi titik (x, y) dengan faktor skala k dan titik pusat (a, b) adalah (x’, y’) dengan hubungan sebagai berikut.

Dari informasi pada soal, titik A(3, -5) direfleksi terhadap garis y = -x dan dilanjutkan dilatasi dengan faktor skala 2 dan titik pusat P(-4, 1) sehingga didapat bayangannya adalah A‘(p, q).

Bayangan dari refleksi titik A(3, -5) terhadap garis y = -x adalah (-(-5), -3) atau (5, -3).

Kemudian, titik (5, -3) didilatasi dengan faktor skala 2 dan titik pusat P(-4, 1) sehingga didapat bayangannya adalah A‘(p, q). Oleh karena itu, didapat hubungan sebagai berikut.

Oleh karena itu, nilai p + q dari adalah sebagai berikut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Setelah PTS terbitlah PAS! Persiapkan PAS dari sekarang yuk! Brain Academy Online lagi ada diskon besar. Harga mulai dari 1,2Juta aja! Kapan lagi langganan Brain Academy Online cuma segini. Langganan sekarang dengan klik banner di bawah ini ya.

Promo PAS Brain Academy Online

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

BAHASA INDONESIA

1. Perhatikan kutipan berikut ini!

Gosoklah telapak tangan secara perlahan dengan gerakan memutar empat ruas jari tangan yang lain sampai sabun berbusa dan lakukan secara bergantian.

Kaidah kebahasaan pada kata yang bercetak tebal adalah ….

  1. verba materia
  2. konjungsi material
  3. kata deklaratif
  4. konjungsi temporal
  5. kata imperatif

Pembahasan:

Kaidah kebahasaan pada Teks Prosedur di antaranya adalah konjungsi (bersyarat, temporal, penambahan), verba (material dan mental), dan kata  (imperatif, deklaratif, interogatif). Kata yang bercetak tebal tergolong sebagai verba karena menunjukkan aktivitas yang sedang dilakukan. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah A.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. Manakah dari jawaban berikut yang merupakan ciri-ciri teks eksplanasi

  1. Membahas suatu fenomena yang tidak bersifat keilmuan
  2. Berusaha mempengaruhi pembaca
  3. Tidak bersifat informatif
  4. Fokus pada fenomena khusus
  5. Berdasarkan fakta

Pembahasan :

Teks eksplanasi memiliki ciri-ciri berikut:

  1. Informasi yang dimuat berdasarkan fakta (faktual).
  2. Hal yang dibahas yaitu suatu fenomena yang bersifat keilmuan.
  3. Menjelaskan tentang urutan langkah-langkah dalam melakukan sesuatu.
  4. Fokus pada fenomena bersifat umum.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

3. Perhatikan konjungsi-konjungsi berikut!

1. Seperti
2. Ibarat
3. Yaitu
4. Yang
5. Bahwa
6. Karena

Konjungsi subordinatif yang digunakan untuk menyatakan komplementasi ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1 dan 3
B. 2 dan 5
C. 4 dan 6
D. hanya 4
E. hanya 5

Pembahasan:
Konjungsi subordinatif merupakan konjungsi yang digunakan untuk menghubungkan dua unsur kalimat atau lebih yang kedudukannya tidak sederajat. Salah satu jenis konjungsi koordinatif adalah konjungsi yang menyatakan hubungan komplementasi, yaitu kata bahwa. Konjungsi nomor 1 dan 2 termasuk dalam konjungsi yang menyatakan pembandingan.

Kemudian, konjungsi nomor 3 termasuk dalam konjungsi yang menyatakan pemerincian atau contoh, sedangkan konjungsi nomor 4 termasuk dalam konjungsi yang menyatakan atributif berupa perluasan. Selanjutnya, konjungsi nomor 6 merupakan konjungsi yang menyatakan sebab. Dengan demikian, konjungsi subordinatif yang digunakan untuk menyatakan komplementasi ditunjukkan oleh nomor 5.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!

Bahkan, ibu bersedia pergi kepada apa yang disebut orang-orang pintar dan dari pulau ke pulau lain. Padahal, ibu begitu benci pada ilmu mistik. Ibu tidak percaya pada semua yang tidak masuk akal. Namun, banyak yang menasihati ibu harus percaya dan mencobanya juga, maklumlah, alam timur masih penuh dengan hal-hal gaib, termasuk hal hal yang berkaitan dengan mistik. Semua itu ibu lakukan untuk mendapatkan Maniek. Betapa ibu mendambakan kelahiranmu, Nduk.

Konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….

  1. harus menemui orang yang disebut orang-orang pintar
  2. tokoh ibu yang tidak percaya pada semua yang tidak masuk akal
  3. tokoh ibu yang menuruti kata orang untuk berobat pada orang pintar
  4. keinginan untuk segera mendapatkan keturunan
  5. tidak memercayai mistik, tetapi tetap melakukan pekerjaan itu

Pembahasan

Konflik yang dialami tokoh adalah konflik batin, yakni konflik yang disebabkan oleh adanya dua gagasan atau lebih atau keinginan yang saling bertentangan untuk menguasai diri sehingga memengaruhi tingkah laku. Dalam kutipan cerpen tersebut, tokoh ibu tidak memercayai mistik, tetapi tetap melakukan hal tersebut (pergi ke orang pintar).

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Perhatikan hal-hal berikut!
1. Pengenalan isu atau masalah yang sedang dibahas
2. Sejumlah argumen yang berkaitan dengan isu yang dibahas
3. Pandangan penceramah tentang topik yang akan dibahas
4. Penegasan atas argumen yang telah disampaikan
5. Kalimat khusus yang dapat menarik perhatian pendengar

Hal-hal yang terdapat pada bagian pembuka teks ceramah ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 3 dan 5
D. 1, 2, dan 3
E. 3, 4, dan 5

Pembahasan:
Struktur dalam teks ceramah terdiri dari pembuka atau tesis, isi atau rangkaian argumen, dan penutup atau penegasan kembali. Pembuka atau tesis berisi pengenalan isu, masalah, atau pandangan pembicara tentang topik yang akan dibahas. Dengan demikian, hal-hal yang terdapat pada bagian pembuka teks ceramah terdapat pada nomor (1) dan (3).

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

 BAHASA INGGRIS

1. Read the conversation below carefully

Alan     : Tomorrow is my mother’s birthday. I want to buy her a present, but I don’t really know what she likes.

Onches : Have you thought about asking her?

Alan     : I don’t think it’s a good idea. I want to give her a surprise. If I ask her, she might be curious.

According to the dialogue above, which of the following sentences is the expression of giving advice?

  1. Tomorrow is my mother’s birthday.
  2. I want to buy her a present.
  3. But I don’t really know what she likes.
  4. Have you thought about asking her?
  5. I want to give her a surprise.

Pembahasan:

Memberikan saran dalam bahasa Inggris juga bisa diutarakan dengan pertanyaan, contohnya “Have you thought about …?, Why don’t we …?” Secara makna, “Have you thought about asking her” berarti “Apakah kamu berpikir untuk bertanya padanya?” yang bisa merujuk pada saran untuk menanyakan pada ibunya.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2
2. You are prohibited to go outside the house if you haven’t finished your homework.

The sentence above is showing an expression of …

  1. agreement
  2. obligation
  3. permission
  4. prohibition
  5. opinion

 

Pembahasan:

“to be + prohibited” artinya  dilarang” yang berarti ungkapan di atas merupakan ungkapan larangan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2
3. Read the following text and answer the question!

From: [email protected]
To: [email protected]
Subject: Invitation to interview at OPQ Company

Dear Dina,

Thank you for applying to OPQ Company. Your application for the Junior Developer position stood out to us and we would like to invite you for an interview at our office. You will meet with our Engineering department manager, Ms. Bianca, and two of her team members.  The interview will last about 60 minutes. You’ll have the chance to discuss the position’s responsibilities and learn more about our company.

We would like to conduct your interview sometime this week. Please let me know which one of the following time slots you would prefer.  I will be sending you a calendar invitation once I receive your reply.

  • Monday 3/3, 5:30 p.m.
  • Wednesday 3/4, 10:30 a.m.
  • Wednesday 3/4, 5:30 p.m.

If none of these time slots work for you, let me know. Our offices are located at Jl. Sepat No. 42. You can find an attached screenshot of our exact location. Please bring your ID, so you can receive a visitor’s pass at the reception. Ask for Mr. Erwin, our Office Manager, as soon as you arrive. Looking forward to hearing from you.

Sincerely,
Yolanda
HRD Manager

Who is the addressee of the letter?
A. HRD manager
B. Mr. Edwards
C. Ms. Blake
D. Yolanda
E. Dina

Pembahasan:
Kata addressee artinya “penerima” (recipient). Pada teks ini, orang yang menjadi penerima surat adalah Dina.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2
4. Read the following text and answer the question!

Deciding whether you should follow through with a plastic surgery procedure can be tricky, to say the least. There are many factors you should consider before you make your final decision which will have permanent consequences to your physical appearance. Here are some disadvantages.

Another unfavourable factor that you should bear in mind is that, after surgery, the recovery period can last quite a long time. This period can last up to 2 or 3 weeks, depending on the type of procedure. This means your life, immediately post-surgery, is drawn to a halt as you need time to recover. Therefore, you are not able to go through your daily life like you normally would straight after the operation. This is off-putting for many who have jobs and would need to take a considerable amount of time off to do this.

Although this is not common, it can happen during or after surgery. In most cases, this happens due to the reaction to anaesthesia or because of your health history (a person with bad health is more likely to have complications during surgery than those who are in good health). It is highly recommended that you take this factor into consideration, and although unlikely, it can occur. Making this a very serious risk of cosmetic surgery.

Another disadvantage of cosmetic surgery is that after the procedure, it’s not fully guaranteed that you will come out of the other end completely satisfied with the changes. These adjustments made to your face or body may have been desirable before you had them, however, they may not look as you expected and fill you with regret.

No one will guarantee the plastic surgery will successfully work. Therefore, accepting your inner beauty is more impactful for your peaceful mind. It’s all about your acceptance not perfectness.

Another unfavourable factor that you should bear in mind is that … (paragraph 2)

The underlined word has the identical meaning to …

  1. adverse
  2. critical
  3. hostel
  4. advantageous
  5. inauspicious

Pembahasan:
Kata unfavourable bermakna tidak menguntungkan, sehingga bermakna sama dengan inauspicious. Sementara jawaban lain memiliki arti yang tidak semakna dengan kata unfavourable.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. After the plastic surgery, the result most likely will be that ….

  1. The doctor will guarantee the plastic surgery will successfully work.
  2. It’s fully guaranteed that you will come out of the other end completely.
  3. It’s not fully  guaranteed that you will be satisfied with the changes.
  4. It’s fully guaranteed that the plastic surgery will successfully work.
  5. No one will guarantee the plastic surgery will successfully work.

 

Pembahasan :
Dalam kalimat “No one will guarantee the plastic surgery will successfully work” yang berarti tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

GEOGRAFI

1. Berikut ini yang merupakan pengaruh letak astronomis Indonesia adalah ..

  1. Indonesia memiliki banyak gunung api
  2. Indonesia memiliki berbagai jenis tambang dan mineral
  3. Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang tinggi
  4. Indonesia memiliki bentuk permukaan bumi yang bervariasi
  5. Indonesia  memiliki tiga zona waktu, yaitu WIB, WITA dan WIT

Pembahasan:

Letak astronomis Negara Indonesia adalah letak yang dilihat dari garis lintang dan garis bujur.  Letak astronomis Indonesia berada di 6° LU (Lintang Utara) – 11° LS (Lintang Selatan) dan 95° BT (Bujur Timur) – 141° BT (Bujur Timur). Garis Lintang berpengaruh terhadap iklim di Indonesia yaitu menjadi beriklim tropis Sementara untuk garis bujur berpengaruh terhadap pembagian waktu di Indonesia, yaitu menjadi WIB, WITA dan WIT.

Jadi, jawabannya adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. Vegetasi khas yang hidup dan berkembang di daerah tundra adalah ….

  1. lumut
  2. semak
  3. hutan pinus
  4. padang rumput
  5. hutan heterogen

Pembahasan:

Bioma merupakan sebuah ekosistem pada daerah yang luas yang terdiri dari flora dan fauna yang khas di dalamnya. Ekosistem ini terbentuk karena adanya perbedaan letak geografis dan astronomis. Bioma tundra ini terdapat di sekitar lingkar Artik dan Greenland di wilayah kutub utara dan di Antartika dan pulau-pulau kecil di sekitar Antartika pada sebelah kutub selatan, bioma tundra didominasi oleh vegetasi lumut. Ciri-ciri bioma tundra sebagai berikut :

  1. Hampir semua wilayahnya tertutup oleh es atau salju
  2. Memiliki musim dingin yang panjang dan gelap serta musim panas yang panjang dan terang. Peristiwa ini terjadi karena gerak semu matahari hanya sampai di posisi 23,5° LU/LS
  3. Permafrost, yaitu dimana tanah dibawah permukaan beku secara permanen
  4. Jenis vegetasi bioma tundra adalah termasuk semak-semak rendah, sedges, lumut rusa, rumput, 400 varietas bunga, crustose dan foliose lumut, rumput alang-alang, perdu, lumut daun, dan lichen.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

.  3. Perhatikan pernyataan berikut!

  1. Reboisasi
  2. Terasering
  3. Sengkedan
  4. Tebang pilih
  5. Tidak menjual hasil hutan berupa bahan mentah

Pernyataan yang tepat berkaitan dengan pengelolaan sumber kehutanan berdasarkan prinsip ekoefisiensi adalah ….

  1. 1, 2, 3
  2. 1, 2. 5
  3. 1, 4, 5
  4. 3, 4, 5
  5. 2, 4, 5

Pembahasan:

Prinsip Ekoefisiensi dalam Pemanfaatan Hutan dimana melaksanakan pembibitan, sistem tebang pilih, dan reboisasi agar penebangan hutan secara liar (illegal logging) harus dihentikan. Dalam melakukan penebangan hutan harus menerapkan prinsip ekoefisiensi itu sendiri. Tujuan dari reboisasi dan rehabilitasi hutan adalah untuk meningkatkan kelestarian hutan, tanah dan air, memperluas persediaan sumber bahan baku yang berharga bagi masyarakat serta menyelamatkan hasil usaha pembangunan di bidang pengairan. Selain itu, usaha pelestarian hutan diantaranya adalah melakukan penebangan pohon bersifat selektif serta mengganti pohon dengan pohon yang mempunyai peranan penting bagi lingkungan hidup dan ekonomi, mengusahakan keseimbangan antara penebangan dan penghijauan kembali serta penebangan fungsi hutan sebagai pengawet sumber air, tanah, dan tempat rekreasi perlu digalakkan.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Urusan ketahanan pangan merupakan prioritas bagi pemerintah. Oleh karena itu, sektor pertanian harus diperhatikan. Namun, masih ada permasalahan yang dijumpai dalam sektor pertanian seperti permasalahan lahan. Guna menyelesaikan masalah pertanian tersebut, maka langkah yang dapat dilakukan adalah .…

  1. intensifikasi pertanian pada lahan yang sempit
  2. meningkatkan kualitas petani dengan mengadakan penyuluhan gratis untuk para petani di perkotaan
  3. memberikan kesempatan petani untuk bekerja di luar bidang pertanian
  4. memberikan pendidikan gratis bagi keluarga petani
  5. alih fungsi lahan untuk industri

 

Pembahasan:

Guna menyelesaikan masalah pertanian dalam permasalahan lahan, maka langkah yang dapat dilakukan adalah Intensifikasi pertanian. Intensifikasi pertanian adalah suatu usaha untuk meningkatkan hasil pertanian dengan cara mengoptimalkan lahan pertanian yang sudah ada. Intensifikasi pertanian ditempuh dengan program panca usaha tani meliputi penggunaan bibit unggul, pengolahan lahan yang baik, pemupukan yang tepat, pengendalian hama penyakit dan pengairan/irigasi yang baik. Setelah panca usaha tani dilakukan, langkah selanjutnya adalah sapta usaha tani , yaitu melanjutkan penanganan pasca panen yang efektif dan efisien agar hasil panen tidak gampang rusak dan memasarkan kepada masyarakat secara cepat dan tepat sasaran.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah dan merupakan negara agraris. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan kenyataan yang ada. Di lapangan menunjukkan masih terdapatnya permasalahan tentang ketahanan pangan di Indonesia. Hal yang menyebabkan terganggunya ketahanan pangan Indonesia tersebut adalah..

  1. tidak adanya kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan
  2. laju konversi lahan di Indonesia sangat tinggi untuk memenuhi kebutuhan industri dan perumahan
  3. menurunnya kualitas tanah di Indonesia karena banyak berkurangnya air tanah
  4. tidak terdapatnya sawah di perkotaan sehingga masyarakat kota tidak dapat mengonsumsi beras
  5. tidak adanya anggaran pemerintah untuk membeli beras dari negara agraris lainnya

 

Pembahasan:

Permasalahan tentang  ketahanan pangan di Indonesia disebabkan karena jumlah hasil panen di Indonesia tidak sebanding dengan jumlah penduduknya. Hal ini karena laju konversi lahan di Indonesia sangat tinggi untuk memenuhi kebutuhan industri dan perumahan sehingga tidak tercapainya kondisi seimbang. Konversi lahan adalah alih fungsi lahan, di mana dalam hal ini sering ditemui di Indonesia adalah berubahnya fungsi lahan pertanian menjadi lahan pemukiman.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

Topik : Ketahanan Pangan, Industri, dan Energi

Subtopik : Ketahanan Pangan

Level Kognitif : HOTS

6. Upaya peningkatan produktivitas pertanian dalam rangka mencapai ketahanan pangan yang bisa dan tepat dilakukan di wilayah Jakarta adalah ….

A. faktorisasi pertanian
B. diferensiasi pertanian

C. intensifikasi pertanian
D. terestrialisasi pertanian
E. ekstensifikasi pertanian

 

Kunci Jawaban : C

Pembahasan :

Upaya peningkatan produktivitas pertanian dalam rangka mencapai ketahanan pangan dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu sebagai berikut.

1. Intensifikasi pertanian yang dilakukan tanpa memperluas lahan pertanian
2. Ekstensifikasi pertanian yang dilakukan dengan cara menambah lahan pertanian
3. Diversifikasi pertanian yang dilakukan dengan cara meningkatkan keragaman produk
pertanian
4. Mekanisasi pertanian yang dilakukan dengan cara menggunakan alat dan mesin
pertanian

Wilayah Jakarta merupakan kawasan perkotaan besar dengan luas lahan yang terbatas dan intensitas lahan terbangun yang tinggi. Lahan pertanian dan lahan hijau di Jakarta sangatlah terbatas dan juga cenderung menurun dari tahun ke tahun. Hal tersebut menyebabkan Jakarta harus bergantung pada daerah lain untuk menyuplai produk pertanian sebagai bahan pangan penduduknya. Namun, ada upaya peningkatan produksi pertanian yang bisa dilakukan di Jakarta, yaitu intensifikasi pertanian. Intensifikasi pertanian bisa dan tepat diterapkan di Jakarta karena dilakukan tanpa memperluas lahan pertanian, dan bisa dilakukan pada lahan yang sempit, seperti halaman rumah, atap rumah, dan lahan sempit lain.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

SOSIOLOGI

1, Individu – individu yang tinggal dalam suatu masyarakat merasa memiliki latarbelakang suatu bangsa atau nenek moyang yang sama, sehingga membentuk suatu kelompok sosial. Dasar pembentukan kelompok sosial..

  1.     dorongan untuk mempertahankan hidup
  2.     dorongan untuk meneruskan keturunan
  3.     dorongan untuk meningkatkan efisiensi kerja
  4.     faktor daerah asal yang sama
  5.     faktor darah dan keturunan yang sama

Pembahasan:

Individu- individu yang tinggal dalam suatu masyarakat merasa memiliki latar belakang suatu bangsa atau nenek moyang yang sama membentuk kelompok karena faktor darah dan keturunan yang sama.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan kajian diferensiasi sosial di Indonesia secara empirik adalah  ….

  1. mewujudkan integrasi sosial
  2. menentukan strategi resolusi konflik
  3. membentuk pribadi yang sadar akan perbedaan
  4. membangun kesadaran berbhineka tunggal ika
  5. melakukan identifikasi kerawanan konflik horizontal

Pembahasan:

Tujuan kajian diferensiasi sosial di Indonesia secara empiris adalah

  1. mewujudkan integrasi sosial
  2. membentuk pribadi yang sadar akan perbedaan
  3. membangun kesadaran berbhineka tunggal ika
  4. melakukan identifikasi kerawanan konflik horizontal
  5. Menentukan strategi resolusi konflik bukan tujuan diferensiasi sosial secara empirik.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

3. Stratifikasi sosial merupakan pembagian masyarakat secara bertingkat. Secara harfiah stratifikasi sosial adalah ….

  1. pembagian kelas dalam masyarakat berdasarkan ciri kelompoknya
  2. pembagian kelas dalam masyarakat berdasarkan status sosialnya
  3. pembagian kelas dalam masyarakat berdasarkan dominasinya
  4. pembagian kelas dalam masyarakat berdasarkan kesetaraan
  5. pembagian kelas dalam masyarakat berdasarkan profesinya

Pembahasan:

Secara harfiah stratifikasi sosial adalah pembagian kelas dalam masyarakat berdasarkan status sosialnya. Pembagiannya secara bertingkat atau hierarkis (atas dan bawah) Stratifikasi sosial disebut juga dengan lapisan sosial.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Stratifikasi sosial berdasarkan pendekatan fungsionalis melihat ….

  1. masyarakat sebagai sebuah unit yang beragam dan menjadi satu kesatuan
  2. masyarakat sebagai pembentuk sebuah lembaga yang berdiri sendiri dimana kekuasaannya tidak mutlak
  3. masyarakat sebagai sebuah kelompok–kelompok dominan yang saling mendominasi kelompok minoritas lainnya
  4. masyarakat sebagai pemegang kekuasaan melalui pemerintahan yang dapat mengatur masyarakat
  5. masyarakat sebagai sebuah keseluruhan sistem yang bekerja untuk menciptakan tatanan dan stabilitas sosial

 

Pembahasan:

Stratifikasi sosial berdasarkan pendekatan fungsionalis melihat masyarakat sebagai sebuah keseluruhan sistem yang bekerja untuk menciptakan tatanan dan stabilitas sosial. Pendekatan fungsionalis ini melihat adanya fungsi dari lapisan-lapisan sosial pada masyarakat.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Pemberian gelar pelajar teladan ia biasa disematkan oleh guru kepada muridnya yang memiliki kemampuan sebagai pelajar yang baik seperti prestasi yang gemilang, aktif dalam bersosialisasi dengan teman sebaya dan memiliki macam-macam bakat yang digunakan merupakan contoh  ….

  1. ascribed status
  2. assigned status
  3. achieved status
  4. status kekuasaan
  5. status sosial

Pembahasan:

Ilustrasi menjelaskan keadaan pemberian gelar pelajar teladan. Hal ini menunjukkan bahwa cara yang didapatkan oleh siswa tersebut adalah Assigned Status karena status yang didapat individu sebagai penghargaan.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

Topik : Perbedaan dan Kesetaraan II (Stratifikasi Sosial) Dasar

Subtopik : Pembentukan Stratifikasi Sosial

Level Kognitif : Medium

6. Berikut ini yang merupakan bentuk stratifikasi berdasarkan kekuasaan adalah …

A. Ketua RT dan tokoh agama disediakan tempat duduk paling depan pada saat puncak perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di kampung setempat.
B. Ketua majelis hakim dapat mengusir pihak-pihak yang mengganggu jalannya persidangan.
C. Sebuah perusahaan hanya membuka lowongan pekerjaan untuk jenjang S1/D4 sederajat.
D. Ketua OSIS selalu diberikan kesempatan untuk memberi sambutan dalam acara sekolah.
E. Terdapat kesenjangan akses layanan kesehatan bagi golongan masyarakat bawah.

 

Kunci Jawaban : B

Pembahasan :

Salah satu dasar terbentuknya stratifikasi adalah kekuasaan. Stratifikasi berdasarkan kekuasaan berkaitan dengan kemampuan atau wewenang suatu pihak untuk mengatur pihak lain sesuai dengan kehendaknya. Berdasarkan penjelasan tersebut terlihat contoh di opsi yang menunjukkan bentuk stratifikasi berdasarkan kekuasaan adalah opsi B, yaitu ketua majelis hakim dapat mengusir pihak-pihak yang mengganggu jalannya persidangan.

Di dalam ruang sidang, ketua majelis hakim memiliki wewenang dan tanggung jawab untuk menjaga ketertiban semua pihak yang hadir di ruang sidang. Semua pihak tersebut harus menaati semua perintah yang dikeluarkan oleh Ketua Majelis Hakim. Jika terdapat pihak-pihak yang mengganggu jalannya persidangan, Ketua Majelis Hakim dapat memerintahkan pihak tersebut untuk dikeluarkan dari ruang sidang.

Pilihan A dan D tidak tepat karena menunjukkan bentuk stratifikasi berdasarkan kehormatan.

Pilihan C tidak tepat karena menunjukkan bentuk stratifikasi berdasarkan pendidikan.

Pilihan E tidak tepat karena menunjukkan bentuk stratifikasi berdasarkan kekayaan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

EKONOMI

1. Pak Dino adalah seorang tukang bangunan. Beliau baru saja mendapatkan proyek dari Pak Agus membuat sebuah bangunan rumah makan di daerah Tebet, Pak Agus akan membayar Pak Dino di hari Sabtu setiap pekannya. Berdasarkan pernyataan tersebut, jika dilihat berdasarkan penggolongan sistem upah di Indonesia, Pak Agus memberikan upah kepada Pak Dino menggunakan sistem ….

  1. upah menurut waktu
  2. upah borongan
  3. upah premi
  4. pah berkala
  5. bonus

Pembahasan:

Sistem upah berdasarkan cara perhitungannya antara lain:

  1. Satuan waktu : berdasarkan waktu bekerja
  2. Borongan: berdasarkan paket pengerjaan
  3. Satuan hasil : berdasarkan jumlah yang dihasilkan
  4. Co-Partnership : berdasarkan kepemilikan surat berharga
  5. Skala: berdasarkan banyak sedikit penjualan
  6. Bonus: tambahan upah berupa apresiasi
  7. Premi: untuk pengerjaan di luar kelaziman

Berdasarkan ilustrasi pada soal, sistem upah Bapak Agus yang memberikan upah kepada Pak Dino menggunakan sistem upah menurut waktu.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. Metode perhitungan indeks harga yang menjumlahkan Indeks Laspeyres dan Indeks Paasche lalu dibagi dua adalah ….

  1. Metode agregatif sederhana
  2. Metode rata-rata harga relatif
  3. Metode Marshall-Edgeworth
  4. Metode Irving Fisher
  5. Metode Drobish-Bowley

 

Pembahasan:

Metode menghitung indeks harga adalah sebagai berikut:

  • Metode agregatif sederhana adalah seluruh harga dalam tahun tertentu dinyatakan dalam persentase dari keseluruhan harga komoditas dalam satu tahun.
  • Metode rata-rata harga relatif adalah dengan membagi harga tahun sekarang dengan tahun sebelumnya dan dikalikan lalu jumlahnya dibagi dengan jumlah komoditas yang ada.
  • Metode Marshall-Edgeworth adalah menghitung dengan cara menggabungkan jumlah tahun dasar dengan jumlah tahun berjalan.
  • Metode Irving Fisher adalah menghitung indeks kompromi dengan cara mencari rata-rata ukur dari indeks Laspeyres dan Paasche.
  • Metode Drobisch-Bowley adalah indeks Laspeyres dan Paasche ditambahkan lalu hasilnya dibagi dua.

Berdasarkan pengertian diatas jawaban paling tepat adalah metode Drobisch-Bowley.

Jadi jawaban yang benar adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

3. Jenis inflasi yang tidak terlalu banyak mempengaruhi kondisi perekonomian suatu negara adalah ….

  1. cost push inflation
  2. galloping inflation
  3. creeping inflation
  4. imported inflation
  5. demand pull inflation

Pembahasan:

Creeping inflation adalah inflasi yang besarnya kurang dari 10% per tahun. Inflasi seperti ini terkesan dibutuhkan dalam perekonomian untuk mendorong produsen agar memproduksi lebih banyak barang dan jasa sehingga jika dilihat secara pertumbuhan ekonomi akan lebih menguntungkan.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Kebijakan fiskal merupakan kebijakan makroekonomi yang ditempuh pemerintah dengan menggunakan instrumen ….

  1. kurs mata uang
  2. Giro Wajib Minimum (GWM)
  3. Sertifikat Bank Indonesia (SBI)
  4. Surat Utang Negara (SUN)
  5. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)

Pembahasan:

Kebijakan fiskal adalah kebijakan pemerintah dalam mengatur pengeluaran dan penerimaan negara. Pengeluaran dan penerimaan negara diatur dalam APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara)

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Yang dilakukan BI dalam menerapkan kebijakan operasi pasar terbuka ketika terjadi inflasi ….

  1. menaikkan suku bunga
  2. menurunkan suku bunga
  3. menaikkan cadangan kas bank umum
  4. menjual Sertifikat Bank Indonesia (SBI)
  5. membeli Sertifikat Bank Indonesia (SBI)

Pembahasan:

Kebijakan operasi pasar terbuka yang dapat dilakukan adalah dengan menjual atau membeli sertifikat bank indonesia. Ketika terjadi inflasi maka yang dilakukan adalah menjual sertifikat bank indonesia kepada bank umum. Dampak kebijakan tersebut adalah  jumlah uang yang beredar akan berkurang sehingga inflasi dapat terkendali.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

Topik : Ketenagakerjaan

Subtopik : Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja dan Mengatasi Pengangguran

Level Kognitif : HOTS

6. Monica bekerja sebagai sales promotion girl untuk salah satu produk makanan ringan. Ia bertugas menjaga stand produk di acara besar seperti festival, pertunjukan musik, dan acara besar lainnya. Karena pengalaman kerja Monica hanya di bidang itu, ia sulit untuk mendapatkan pekerjaan lain ketika tidak ada event yang terselenggara. Berdasarkan hal tersebut, jenis pengangguran dan cara untuk mengatasinya adalah …

A. Monica termasuk pengangguran struktural sehingga pemerintah harus mengadakan jobfair untuk memudahkan pencari kerja.
B. Monica termasuk pengangguran friksional sehingga ia harus bekerja walaupun tidak sesuai dengan keahliannya.
C. Monica termasuk pengangguran terselubung sehingga ia harus mencari lowongan pekerjaan terbaru di media sosial.
D. Monica termasuk pengangguran konjungtur sehingga perusahaan harus mengangkat Monica menjadi karyawan kontrak.
E. Monica termasuk setengah menganggur sehingga ia harus mengikuti pelatihan di bidang lain agar keahliannya bertambah.

 

Kunci Jawaban : E

Pembahasan :

Setengah menganggur adalah orang yang bekerja kurang dari 40 jam per minggu. Seseorang yang bekerja di bawah delapan jam per hari jika kerjanya lima hari sepekan, atau seseorang yang bekerja di bawah tujuh jam sehari jika kerjanya enam hari sepekan dapat dikategorikan sebagai setengah menganggur. Dalam soal dijelaskan Monica hanya bekerja ketika ada acara besar sehingga Monica termasuk setengah menganggur. Untuk mengatasi pengangguran tersebut, caranya adalah sebagai berikut.

● Memberikan pelatihan keterampilan di bidang yang lain.
● Mempercepat pemberian informasi bila ada lowongan kerja di bidang lain.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

Nah, itu tadi soal dan pembahasan PAS kelas 11 IPS semester ganjil tahun 2023. Kalau belum ngerti sama pembahasan di atas, kamu bisa langganan Brain Academy. Ada Master Teacher yang bantu kamu memahami pelajaran sampai ke akarnya. Yuk, coba gratis dulu!
[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

Leo Bisma