Soal & Pembahasan PAS Kelas 12 IPA Semester Ganjil

Artikel PAS SMA 12 IPA

Sedang belajar untuk Penilaian Akhir Semester? Intip soal dan pembahasan PAS kelas 12 SMA IPA berikut ini!

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

BAHASA INDONESIA

1. Pengertian teks cerita sejarah yang tepat adalah ….

  1. Teks cerita singkat yang di dalamnya mengandung unsur lelucon, menarik, dan mengesankan.
  2. Teks yang menjelaskan atau menceritakan fakta yang berlatar belakang kejadian masa lalu serta memiliki nilai sejarah yang disajikan dengan data serta pengetahuan yang luas dari penulisnya.
  3. Teks cerita rekaan berbentuk prosa panjang berbahasa Melayu yang menceritakan kehebatan dan kepahlawanan orang ternama dengan segala kesaktian dan keanehan yang dimiliki.
  4. Teks cerita yang tidak benar-benar terjadi pada dunia nyata dan ceritanya singkat dan pendek.
  5. Teks cerita fiksi yang bergenre fantasi atau berdasarkan imajinasi penulis.

 

Pembahasan:

Teks cerita sejarah adalah teks yang menjelaskan atau menceritakan tentang fakta yang berlatar belakang kejadian masa lalu, serta memiliki nilai sejarah yang disajikan dengan data serta pengetahuan yang luas dari penulisannya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. (1) Fenomena semacam ini akan terus mewarnai dunia pendidikan di sini. (2) Perlu perjuangan ekstra keras untuk melawan arus besar ini. (3) Bahkan, pemerintah dengan UU, seakan tak mampu mencegahnya. (4) Sebaliknya, dengan dalih keterbatasan dana, seolah-olah melakukan pembenaran terhadap arus modal yang tak peduli sisi lain, kecuali demi kepentingan modal itu sendiri. (5) Bahkan, mungkin juga ikut menikmati iklim kapitalisme yang merambah dunia pendidikan?

Kalimat retoris dalam cuplikan teks editorial tersebut ditunjukkan oleh nomor ….

  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)
  5. (5)

 

Pembahasan:

Kalimat retoris merupakan kalimat pertanyaan yang tidak ditujukan untuk dijawab, tetapi ditujukan untuk direnungkan. Dalam teks tersebut, kalimat retoris terdapat pada kalimat 5, yakni Bahkan, mungkin juga ikut menikmati iklim kapitalisme yang merambah dunia pendidikan?

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

3. Bacalah teks berikut!

Pertarungan perebutan suara pemilih gamang tampaknya akan menjadi titik berat pada masa kampanye terbuka yang dimulai 24 Maret hingga 13 April 2022. Pada masa ini, kita bisa melihat bahwa kampanye diperbolehkan dilakukan di ruang terbuka.

Berbeda dengan masa kampanye pertemuan terbatas sebelumnya yang hanya diperbolehkan diselenggarakan di dalam ruangan atau gedung tertutup, kampanye terbuka tidak mengenal pembatasan jumlah massa.

(Sumber dari https://nasional.kompas.com/read/2019/03/20/07000031/pascadebat- kemana-pemilih-pemula-berlabuh-, diakses dan diadaptasi pada 22 Maret 2022)

Verba persepsi yang terdapat pada teks di atas adalah ….

  1. melihat
  2. mengenal
  3. diperbolehkan
  4. dilakukan
  5. diselenggarakan

 

Pembahasan:

Verba persepsi merupakan verba yang berkaitan dengan pancaindera. Contoh dari verba ini adalah melihat, mendengar, dan mencium.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Bacalah kutipan novel berikut!

Badanku panas dingin. Ada yang tidak beres dalam mulutku, di belakang, sebelah kiri. Ketika, meludah, merah. Gigi yang tidak diundang, tumbuh di situ. Betapa murah hati Tuhan, dalam usia dewasa ini, aku masih diberi gigi. Sayangnya, dapat dikatakan, berdasarkan pendapat awamku, tidak ada lagi tempat di gusiku untuk kelebihan gigi itu. Tapi ia ngotot, menyeruak, menabrak gusi yang rapat menudunginya. Tidak ada masalah dengan geraham yang gagah perkasa itu, tapi gusinya Iuka.

Hirata, Andrea. 2008. Mimpi-Mimpi Lintang Maryamah Kaprov, Yogyakarta: Bintang Pustaka.

Sudut pandang yang digunakan oleh penulis pada kutipan novel tersebut adalah ….

  1. orang pertama tokoh utama
  2. orang pertama tokoh tambahan
  3. orang kedua
  4. orang ketiga mahatahu
  5. orang ketiga tokoh utama

 

Pembahasan:

Sudut pandang pada kutipan novel tersebut adalah orang pertama tokoh utama. Hal tersebut dikarenakan penulis langsung menuliskan pengalamannya dan menjadi tokoh dalam cerita dengan menggunakan kata -ku atau aku.

Pilihan B tidak tepat karena tokoh “aku” pada kutipan tersebut sebagai tokoh utama.

Pilihan C tidak tepat karena sudut pandang pada novel tidak terdapat sudut pandang orang kedua.

Pilihan D dan E tidak tepat karena tokoh yang terdapat dalam kutipan novel tersebut merupakan tokoh “aku”, bukan tokoh “dia”. Selain itu, dalam kutipan novel tersebut pengarang bertindak sebagai pelaku dalam cerita.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Bacalah kutipan novel berikut!

Hari telah jadi malam begitu sampai ke hotel. Aku bersalin pakaian di kamar hotelku. Tetapi sewaktu aku berkaca di depan kaca, ingatanku kembali kepada perempuan bersepeda itu lagi! Kuteliti wajahku, apakah wajahku ini bukan wajah Indonesia tulen?

Busye, Motinggo 1968. Perempuan Paris. Jakarta: Lokadjaja.

Penggalan novel tersebut diawali dengan salah satu unsur intrinsik, yaitu ….

  1. tema
  2. latar
  3. alur
  4. penokohan
  5. sudut pandang

 

Pembahasan:

Pada awal kalimat terlihat unsur intrinsik berupa latar. Latar pada novel merujuk pada tempat, waktu, dan suasana atau kondisi lingkungan tempat terjadinya peristiwa-peristiwa dalam sebuah cerita. Pada kalimat Hari telah jadi malam begitu sampai ke hotel digambarkan latar waktu, yaitu pada malam hari dan latar tempat, yaitu di hotel.

Pilihan A tidak tepat karena tema dalam novel tidak dapat ditentukan dari sebuah kutipan teks.

Pilihan C tidak tepat karena dalam kutipan tersebut tidak terlihat alur cerita.

Pilihan D tidak tepat karena dalam kutipan tersebut tidak menggambarkan watak dari tokoh.

Pilihan E tidak tepat karena kalimat awal dalam kutipan tersebut tidak menggambarkan sudut pandang cerita.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

BAHASA INGGRIS

1. If he had studied hard, he … the examination. Now, he can only blame himself for the failure.

  1. passed
  2. will pass
  3. would pass
  4. would have passed
  5. will have passed

 

Pembahasan:

Conditional Sentence yang digunakan adalah Third Conditional dengan pola If clause (Past Perfect (S+had+V3)), Result clause (S+would+have+V3). Bagian yang hilang dari kalimat tersebut adalah predicate untuk result clause.

Sesuai pola kalimat tersebut, opsi jawaban yang paling tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. Look at the picture to answer question below!

bahasa inggris 2a

Which of the following pieces of information is not true based on the chart? 

  1. The chart looks at how health and money affect people at certain periods.
  2. The elderly does not think money brings as much happiness as the young do.
  3. People of the 15-24 age group worry about their health, but it becomes a key concern as they get older.
  4. For young people, happiness comes from money, while for older people it is linked to health.
  5. The chart looks at factors that people think might make them happy and compares these across age groups

 

Pembahasan:

Opsi jawaban A, B, D, dan E  sesuai dengan informasi yang diberikan pada diagram batang.

Jadi, jawaban yang sesuai adalah opsi jawaban C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

3. Look at the picture to answer question below!

bahasa inggris 3a

Who : second graders

Where : a remote school

What : giggle

Why : their teacher cracks jokes

When : at recess

Using the information provided, what will be the best caption for the picture?

  1. One of the second graders giggling at the jokes in the photo comes from a well-off family.
  2. Cracking jokes, a second graders’ teacher at a remote school giggles at himself at recess.
  3. Second graders at a remote school giggle at the jokes their teacher cracked at recess.
  4. Second graders at a remote school giggle at the jokes their teacher, a forty-year-old man, cracked at recess.
  5. Second graders giggle because their teacher cracked jokes.

 

Pembahasan:

Opsi jawaban A tidak tepat karena tidak ada keterangan tentang well-off family pada informasi yang disediakan. Opsi jawaban B tidak tepat karena deskripsi yang diberikan tidak sesuai dengan informasi yang disediakan. Opsi jawaban D tidak tepat karena pada info yang disediakan tidak ada keterangan mengenai usia guru “forty-year-old man”. Opsi jawaban E tidak tepat karena deskripsi yang diberikan tidak mencakup info yang telah disediakan.

Jadi, opsi jawaban yang paling tepat adalah opsi C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Please read this application letter carefully to answer the question!

Dear Mr. Gilhooley,

I am writing to apply for the programmer position advertised in the Times Union. As requested, I enclose a completed job application, my certification, my resume and three references.

The role is very appealing to me, and I believe that my strong technical experience and education make me a highly competitive candidate for this position. My key strengths that would support my success in this position include:

  • I have successfully designed, developed and supported live-use applications.
  • I strive continually for excellence.
  • I provide exceptional contributions to customer service for all customers.

With a BS degree in Computer Programming, I have a comprehensive understanding of the full lifecycle for software development projects. I also have experience in learning and applying new technologies as appropriate. Please see my resume for additional information on my experience.

I can be reached  via email at [email protected] or by cell phone, 909-555-5555.

Thank you for your time and consideration. I look forward to speaking with you about this employment opportunity.

Sincerely,

John Donaldson

What are the requirements for the applicant to complete?

  1. Educational degree, driver license.
  2. Resume, certification, driver license.
  3. Job application, resume, and educational degree.
  4. Resume, job application, certification, and references.
  5. References, driver license, educational degree.

 

Pembahasan:

Pada bagian Introductory paragraph, Brainers akan menemukan kata kunci “As requested” yang berarti persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi yaitu job application, certification, resume dan references. Sedangkan pilihan-pilihan yang lain ada poin yang tidak termasuk dalam poin yang diminta.

Jawaban yang paling tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Read the text and answer the question!

January 28, 2019

Mr. Bambang Nasution
Ruangraya Company
Sahardjo Street 161

Dear Mr. Nasution,

I am writing to apply for the programmer position advertised in the Ruangraya post. As requested, I am enclosing my certifications, my resume, and three references. The opportunity presented in this listing is very interesting, and I believe that my strong technical experience and education will make me a very competitive candidate for this position. The key strengths that I possess for success in this position include:

I have successfully designed, developed, and supported live use applications;

I strive for continued excellence;

I provide exceptional contributions to customer service for all customers.

With a Bachelor of Science degree in Computer Programming, I have a full understanding of the full life cycle of a software development project. I also have experiences in learning and excelling at new technologies as needed. Please see my resume for additional information on my experience.

I can be reached anytime via email at [email protected] or my cell phone, 081234567890. Thank you for your time and consideration. I look forward to speaking with you about this employment opportunity.

Sincerely,
Haryanto

The correct statement based on the text above is ….

  1. The writer of the letter above is Mr. Nasution.
  2. There are some other documents attached to the letter.
  3. Customer service position is available at Ruangraya Company.
  4. The writer of the letter has earned his master degree in computer programming.
  5. It is a must to attach at least three references from former employers to apply for the job.

 

Pembahasan:

Pada teks tersebut, penulis menyebutkan “As requested, I am enclosing a completed job application, my certification, my resume, and three references.” yang artinya “Seperti yang diminta, saya melampirkan lamaran pekerjaan lengkap, ijazah, daftar riwayat hidup, dan tiga referensi.”. Kalimat tersebut menandakan bahwa terdapat beberapa dokumen lainnya yang dilampirkan bersama surat tersebut sehingga pilihan B tepat.

Pilihan A tidak tepat karena nama pengirim surat tersebut adalah Haryanto, bukan Mr. Bambang Nasution.

Pilihan C tidak tepat. Informasi yang benar adalah si penulis juga turut berkontribusi besar dalam hal layanan pelanggan (customer service). Kalimatnya sebagai berikut, “I provide exceptional contributions to customer service for all customers.”.

Pilihan D tidak tepat karena pada teks terdapat kalimat “With a Bachelor Science degree in Computer Programming, ….”. Frasa “a Bachelor of Science degree” menunjukkan bahwa dia memiliki gelar sarjana, bukan master.

Pilihan E tidak tepat karena tidak terdapat informasi mengenai jumlah minimal referensi yang harus disertakan.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

KIMIA

1. Keberadaan zat terlarut dalam larutan menyebabkan ….

  1. titik didih pelarut lebih tinggi daripada titik didih larutan
  2. titik beku pelarut lebih rendah daripada titik beku larutan
  3. tekanan uap jenuh larutan lebih tinggi daripada tekanan uap jenuh pelarut
  4. titik beku larutan lebih rendah daripada titik beku pelarut
  5. tekanan osmotik larutan lebih rendah daripada tekanan osmotik pelarut

 

Pembahasan:

Keberadaan zat terlarut dalam larutan akan menyebabkan perubahan sifat koligatif larutan, yaitu

  • titik beku larutan lebih rendah daripada titik beku pelarut,
  • titik didih larutan lebih tinggi daripada titik didih pelarut, dan
  • tekanan uap jenuh larutan lebih rendah daripada tekanan uap jenuh pelarut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

2. Perhatikan beberapa contoh penerapan sifat koligatif larutan dalam kehidupan berikut!

  1. Desalinasi air laut menjadi air tawar.
  2. Etilen glikol ditambahkan dalam cairan radiator mobil.
  3. Cairan infus yang akan dimasukkan ke dalam tubuh.
  4. Garam dapur yang digunakan pada pembuatan es putar.
  5. Pemberian garam pada lintah.

Penerapan sifat koligatif tekanan osmotik ditunjukkan oleh nomor ….

  1. 1 dan 2
  2. 2 dan 4
  3. 4 dan 5
  4. 5 dan 1
  5. 3 dan 4

 

Pembahasan:

Penjelasan aplikasi sifat koligatif pada soal adalah sebagai berikut.

  1. Desalinasi air laut menjadi air tawar tekanan osmotik, tepatnya osmotik balik. Air laut ditekan melalui membran sehingga air tawar dihasilkan dengan memisahkan garam.
  2. Etilen glikol ditambahkan dalam cairan radiator mobil penurunan titik beku dan kenaikan titik didih. Pada negara beriklim subtropis, aplikasi digunakan agar radiator tidak membeku saat musim dingin. Pada negara beriklim tropis, aplikasi digunakan untuk mencegah air radiator mendidih ketika mesin terlalu panas.
  3. Membuat cairan infus yang akan dimasukkan ke dalam tubuh tekanan osmotik. Cairan infus dibuat isotonik agar lebih cepat larut dalam darah.
  4. Garam dapur yang digunakan pada pembuatan es putar penurunan titik beku. Titik beku turun sehingga kondisi beku berlangsung pada suhu yang lebih dingin.
  5. Pemberian garam pada lintah tekanan osmotik. Air sebagai cairan tubuh lintah keluar karena efek osmotik dari garam sehingga lintah akan mengalami dehidrasi kemudian mati.

Penerapan sifat koligatif tekanan osmotik ditunjukkan oleh nomor 1, 3, dan 5.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

3. Tiap mol ion Fe2+ dioksidasi menjadi Fe2O3 akan disertai dengan pelepasan elektron sebanyak ….

  1. 1 mol
  2. 2 mol
  3. 4 mol
  4. 0,5 mol
  5. 1,5 mol

 

Pembahasan:

Biloks Fe pada Fe2+ adalah +2, menyesuaikan muatannya sebagai ion monoatomik. Biloks Fe pada senyawa Fe2O3 dapat dihitung seperti berikut.

12IPA_KIMIA1

oleh karena biloks Fe pada Fe2O3 bernilai +3, dapat ditulis juga sebagai Fe3+. Persamaan reaksi sederhananya adalah seperti berikut.

Fe2+ → Fe3+ + e

Tiap 1 mol ion Fe2+ dioksidasi menjadi Fe3+ akan disertai dengan pelepasan 1 mol elektron.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Unsur dengan konfigurasi elektron berakhir pada subkulit 5f termasuk dalam golongan ….

  1. IIIA
  2. IIIB
  3. IIIB lantanida
  4. IIIB aktinida
  5. VB

 

Pembahasan:

Unsur dengan konfigurasi elektron berakhir pada orbital f dipastikan termasuk golongan IIIB. Golongan IIIB terbagi menjadi dua, yaitu golongan lantanida dan aktinida. Unsur dengan konfigurasi elektron berakhir pada 4f termasuk golongan lantanida, sedangkan 5f termasuk golongan aktinida.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Rani ingin mengetahui jenis logam yang terkandung dalam cuplikan suatu garam dengan melakukan uji nyala. Setelah dilakukan uji nyala, ternyata didapatkan hasil warna ungu. Berdasarkan percobaan, dapat disimpulkan bahwa garam tersebut mengandung kation dari ….

  1. Na
  2. Ba
  3. Sr
  4. Ca
  5. K

 

Pembahasan:

Hasil uji nyala terhadap unsur golongan alkali dan alkali tanah adalah sebagai berikut.

  • natrium (Na) → kuning
  • barium (Ba) → hijau
  • stronsium (Sr) → merah
  • kalsium (Ca) → jingga
  • kalium (K) → ungu

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

Topik : Senyawa Turunan Alkana

Subtopik : Identifikasi Alkohol dan Eter

Level Kognitif : Medium

6. Senyawa X yang memiliki rumus molekul diberi beberapa perlakuan sebagai berikut.

1. Senyawa X direaksikan dengan logam Na membentuk gas hidrogen.
2. Senyawa X direaksikan dengan dalam suasana asam menghasilkan suatu keton.

Senyawa X yang mungkin adalah ….

A. 1-metoksipropana
B. metoksietana
C. 2-metoksipropana
D. 2-propanol
E. 1-propanol

 

Kunci Jawaban : D

Pembahasan :

Berdasarkan informasi pada soal, rumus molekul dari senyawa X adalah . Senyawa X ini dapat berupa alkohol atau eter yang memiliki rumus umum .

Untuk menentukan senyawa X, analisis tiap perlakuan pada soal perlu dilakukan. Analisisnya adalah sebagai berikut.

1. Senyawa X direaksikan dengan logam Na membentuk gas hidrogen.

Alkohol dan eter dapat dibedakan dengan cara mereaksikannya dengan logam Na. Alkohol bereaksi dengan logam Na membebaskan gas hidrogen, sedangkan eter tidak bereaksi. Oleh sebab itu, senyawa X merupakan alkohol.

2. Senyawa X direaksikan dengan dalam suasana asam menghasilkan suatu keton.

Senyawa merupakan oksidator sehingga reaksi pada poin 2 ini merupakan reaksi oksidasi. Alkohol yang menghasilkan keton saat dioksidasi merupakan alkohol sekunder.

Alkohol sekunder dengan rumus molekul memiliki struktur sebagai berikut.

Dengan demikian, senyawa X adalah 2-propanol.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

 FISIKA

1. Hambatan listrik yang dimiliki oleh seutas kawat yang panjangnya 4 meter dengan luas penampang 0,5 mm2 dan hambat jenis 0,0000045 Ωm adalah ….

  1. 4,5 Ω
  2. 9 Ω
  3. 18 Ω
  4. 22,5 Ω
  5. 36 Ω

 

Pembahasan:

Diketahui:

Panjang kawat: l = 4m

Luas penampang kawat: A = 0,55 mm2 = 0,5 x 10-6 m2

Hambat jenis kawat: ρ = 4,5 x 10-6 Ωm

Hambatan listrik yang dimiliki oleh kawat tersebut adalah

12IPA_KIMIA2

 Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

 2. Perhatikan rangkaian listrik berikut ini!

 12IPA_FISIKA3-01

Jika pada rangkaian tersebut mengalir arus listrik sebesar 4 A, nilai hambatan R adalah … ohm.

  1. 1,1
  2. 2,2
  3. 3,3
  4. 4,4
  5. 5,5

 

Pembahasan:

Besar hambatan total pada rangkaian adalah

12IPA_FISIKA1

Resistor 8 ohm dan 32 ohm dipasang paralel, maka hambatan pengganti keduanya () yaitu

12IPA_FISIKA2

dipasang seri dengan R, maka nilai hambatan R dapat diketahui dengan

Rt0t = + R

7,5 = 6,4 + R

R = 1,1 Ω

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

 3. Sebuah kawat lurus dialiri arus I seperti gambar berikut.

12IPA_FISIKA4

Pernyataan yang tepat berdasarkan gambar di atas adalah …

  1. Medan magnet pada titik X dan Y berdasarkan kaidah tangan kanan dinyatakan dengan ibu jari.
  2. Medan magnet pada titik X dan Y mengarah ke luar bidang.
  3. Medan magnet pada titik X mengarah ke luar bidang.
  4. Medan magnet pada titik Y mengarah ke luar bidang.
  5. Arah medan magnet tidak dapat ditentukan.

 

Pembahasan:

Berdasarkan kaidah tangan kanan, ibu jari menyatakan arah arus listrik dan keempat jari lainnya yang melingkar menyatakan arah medan magnet.

Jika arah arus ke atas, maka pada titik Y medan magnet mengarah ke dalam bidang dan pada titik X medan magnet mengarah ke luar bidang. 

Dengan demikian, pernyataan yang tepat adalah medan magnet pada titik X mengarah ke luar bidang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!

  1. Jumlah lilitan primer lebih banyak dari jumlah lilitan sekunder
  2. Besar tegangan primer lebih besar dari besar tegangan sekunder
  3. Besar arus primer lebih kecil dari arus sekunder
  4. Daya listrik pada lilitan primer lebih besar dari daya listrik pada lilitan sekunder

Pernyataan yang benar mengenai trafo step down ideal adalah ….

  1. 1, 2, dan 3
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 4
  4. 4 saja
  5. Semua benar

 

Pembahasan:

Ciri-ciri trafo step down, yaitu

  1. Jumlah lilitan primer lebih banyak dari jumlah lilitan sekunder
  2. Besar tegangan primer lebih besar dari besar tegangan sekunder
  3. Besar arus primer lebih kecil dari arus sekunder

Sementara itu, daya listrik pada trafo ideal (baik step up maupun step down) selalu tetap dan kontinu. Dengan demikian, pernyataan yang benar mengenai trafo step down ideal adalah 1, 2, dan 3.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Sebuah rangkaian RLC terdiri dari hambatan sebesar 50 ohm, induktor 2 mH, dan kapasitor yang dihubungkan secara seri memiliki frekuensi resonansi 50 / π. Kapasitansi kapasitor yang digunakan adalah …. 

  1. 0,05 mC 
  2. 0,5 mC 
  3. 5,0 mC 
  4. 50 mC 
  5. 500 mC 

 

Pembahasan:

Kapasitansi kapasitor yang digunakan dapat diketahui dengan 

12IPA_FISIKA5

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

Topik : Listrik Statis

Subtopik : Hukum Coulomb

Level Kognitif : Easy

6. Ketika dua muatan didekatkan, maka akan terjadi gaya elektrostatik (gaya coulomb) di antara kedua muatan. Pernyataan yang benar mengenai besar gaya coulomb adalah …

A. Gaya coulomb sebanding dengan hasil bagi besar kedua muatan.
B. Gaya coulomb berbanding terbalik dengan jarak kedua muatan.
C. Gaya coulomb sebanding dengan hasil penjumlahan besar kedua muatan.
D. Gaya coulomb berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua muatan.
E. Gaya coulomb berbanding terbalik dengan akar dari jarak kedua muatan.

 

Kunci Jawaban : D

Pembahasan :

Hukum Coulomb menyatakan bahwa “Besar gaya elektrostatis (gaya coulomb) antara dua benda bermuatan listrik sebanding dengan hasil kali besar kedua muatan tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara keduanya”.

Secara matematis dituliskan dalam persamaan berikut.

Dengan demikian, pernyataan yang benar adalah gaya coulomb berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua muatan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

BIOLOGI

1. Sel tumbuhan dan hewan dapat dibedakan berdasarkan organel yang dimilikinya. Organel yang terdapat pada sel hewan, tetapi tidak terdapat pada sel tumbuhan adalah ….

  1. sentriol
  2. nukleus
  3. ribosom
  4. mitokondria
  5. retikulum endoplasma

 

Pembahasan:

Ribosom, inti sel, retikulum endoplasma, dan mitokondria merupakan organel sel yang terdapat pada sel hewan maupun sel tumbuhan. Organel sel yang hanya terdapat di dalam sel tumbuhan adalah plastida dan vakuola, sedangkan organel sel yang hanya terdapat di dalam sel hewan adalah sentriol. Sentriol berperan dalam pembelahan sel.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. Kerjasama antara fotosistem I dan fotosistem II pada reaksi terang dari fotosintesis sangat diperlukan untuk ….

  1. Pembentukan glukosa dari fruktosa 6 P
  2. Sintesis ATP dari arus elektron siklik
  3. Menghasilkan ATP dan oksigen yang dihasilkan dari siklus Calvin
  4. Mereduksi NADP sehingga dapat menangkap hidrogen dari fotolisis air
  5. Mengoksidasi NADP sehingga dapat menghasilkan ATP

 

Pembahasan:

Kerjasama antara fotosistem I dan fotosistem II pada reaksi terang fotosintesis sangat diperlukan untuk mereduksi NADP sehingga dapat menangkap hidrogen dari fotolisis air. Proses sintesis ATP arus elektron siklik hanya terjadi di fotosistem II tanpa perlu fotosistem I.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

3. Berikut ini merupakan perbedaan hasil transkripsi pada organisme prokariot dan eukariot yang tepat yaitu….

  1. Hasil transkripsi prokariot adalah mRNA sedangkan pada eukariot hasil transkripsinya adalah asam amino
  2. Hasil transkripsi prokariot adalah mRNA sedangkan pada eukariot hasil transkripsinya adalah pre-mRNA
  3. Hasil transkripsi prokariot adalah pre-mRNA sedangkan pada eukariot hasil transkripsinya adalah mRNA
  4. Hasil transkripsi prokariot adalah mRNA sedangkan pada eukariot hasil transkripsinya adalah tRNA
  5. Hasil transkripsi prokariot adalah tRNA sedangkan pada eukariot hasil transkripsinya adalah rRNA

 

Pembahasan:

Pada prokariotik transkripsi akan langsung menghasilkan mRNA, sementara pada eukariotik, transkripsi menghasilkan pre-mRNA, hal ini karena hasil transkripsi eukariotik mengandung segmen yang tidak mengkode apapun yang disebut intron dan segmen yang mengkode asam amino yang disebut ekson. Sehingga intron harus dihilangkan atau dipotong terlebih dahulu oleh protein spliceosome agar hanya dihasilkan mRNA yang hanya mengandung ekson atau segmen yang diterjemahkan.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Berikut hal–hal yang benar mengenai pembelahan mitosis, kecuali ….

  1. menghasilkan dua sel anak yang identik dengan induknya
  2. terjadi pada pembentukan sel gamet tumbuhan
  3. sel anak memiliki separuh kromosom sel induk
  4. bertujuan untuk regenerasi sel kulit
  5. terjadi pada sel kanker kelenjar prostat

 

Pembahasan:

Mitosis merupakan salah satu jenis pembelahan tidak langsung yang memiliki ciri sebagai berikut:

  • Pembelahan yang terjadi pada sel-sel somatik atau sel tubuh, misalnya sel penyusun akar rambut, kulit, dan semua sel tubuh kecuali sel kelamin/gamet.
  • Menghasilkan 2 anakan yang identik dengan induk, yaitu diploid (2n).
  • Bertujuan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan perbaikan/regenerasi sel-sel tubuh yang rusak.

Sehingga jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Tanaman ercis berbiji bulat-kuning heterozigot disilangkan dengan tanaman lain yang sejenis, tetapi belum diketahui genotipenya. Persilangan tersebut menghasilkan keturunan yang semuanya berbiji bulat kuning. Kemungkinan genotip induknya adalah ….

  1. BBKK
  2. BBkk
  3. BBKk
  4. BbKk
  5. Bbkk

 

Pembahasan:

Diketahui jika persilangan bulat kuning dengan sejenisnya dan dihasilkan keturunan yang semuanya berbiji bulat kuning. Ketika dihasilkan semua keturunan dengan fenotipe semuanya bulat kuning, maka dipastikan sifat tersebut adalah dominan. Untuk persilangannya sebagai berikut:

P : Bulat kuning (BbKk)                    x           Bulat kuning (BBKK)

G : BK, Bk, bK, bk                                                 BK

F1 : BBKK, BBKk, BbKK, BbKk

Rasio genotipe : 1 : 1 : 1 : 1

Rasio fenotipe : Semuanya bulat kuning

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

Topik : Materi Genetik

Subtopik : Sintesis Protein

Level Kognitif : Medium

6. Perhatikan gambar berikut ini!

Asam amino yang akan dipindahkan ke posisi kodon CAC adalah ….

A. valine
B. glycine
C. leucine
D. histidine
E. arginine

 

Kunci Jawaban : D

Pembahasan :

Gambar pada soal menjabarkan tahapan translasi pada proses sintesis protein dengan bagian X adalah mRNA atau kodon. Pada proses translasi, mRNA akan diterjemahkan oleh tRNA (antikodon) menjadi asam amino dengan membawa asam amino yang sesuai dengan kode pada mRNA. Misalnya pada gambar soal kodon ACA akan berikatan dengan antikodon UGU yang membawa asam amino threonine. Pengikatan berkaitan dengan ikatan basa nitrogen dimana adenin (A) berikatan atau berpasangan dengan urasil (U), sitosin (C) akan berpasangan dengan guanin (G). Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, U akan berpasangan dengan A dan G akan berpasangan dengan C. Oleh karena itu, kodon CAC akan berikatan dengan antikodon GUG yang membawa asam amino histidine.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

MATEMATIKA IPA

1. Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan titik O adalah titik tengah ruas garis AH sebagai berikut.

 12IPA_MTK2

Sudut yang dibentuk oleh ruas garis BO dan ruas garis OH adalah ….

  1. ∠BOH
  2. ∠BOA
  3. ∠OAB
  4. ∠OHB
  5. ∠OBH

 

Pembahasan:

Perhatikan kubus ABCD.EFGH berikut ini!

 12IPA_MTK1

Ingat kembali bahwa sudut yang dibentuk oleh dua buah ruas garis merupakan sudut lancip. Kemudian, dapat diperhatikan bahwa ruas garis OH dapat diperpanjang menjadi ruas garis AH. Proyeksi titik B pada ruas garis AH terletak pada titik A sehingga proyeksi ruas garis OB pada ruas garis AH adalah ruas garis OA. Dengan demikian, sudut antara ruas garis BO dan ruas garis OH adalah ∠BOA.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. Perhatikan gambar limas segi empat beraturan berikut ini!

12IPA_MTK3

Jarak titik T ke rusuk AB adalah … cm.

12IPA_MTK5

 

Pembahasan:

Karena limas pada gambar adalah limas segi empat beraturan, maka panjang rusuk TB sama dengan panjang rusuk TA, yaitu 25 cm.

Oleh karena itu, segitiga TAB adalah segitiga sama kaki.

Jarak antara titik T ke rusuk AB dapat diwakili oleh panjang garis tinggi TP dengan titik P terletak pada rusuk AB. Perhatikan gambar berikut ini!

12IPA_MTK4

Karena segitiga TAB adalah segitiga sama kaki dengan panjang rusuk TA sama dengan panjang rusuk TB, maka garis tinggi TP juga merupakan garis berat. Oleh karena itu, panjang ruas garis AP dan PB sama, yaitu 7 cm.

Karena ruas garis TP adalah garis tinggi segitiga TAB, maka segitiga ATP adalah segitika siku-siku dengan sudut siku-siku di titik P.

Dengan menggunakan Teorema Pythagoras pada segitiga ATP, didapat perhitungan sebagai berikut.

12IPA_MTK6

Karena panjang ruas garis TP tidak mungkin bernilai negatif, maka 12IPA_MTK7

Dengan demikian, jarak titik T ke rusuk AB adalah 24 cm.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

3. Jika rata-rata dari 10, 12, 12, 13, 14, 15, 15, dan α adalah 12,5, maka nilai α adalah ….

  1. 9
  2. 10
  3. 11
  4. 12
  5. 13

 

Pembahasan:

Pada kumpulan data tersebut, terdapat 8 buah data dengan rata-ratanya 12,5, maka didapat perhitungan sebagai berikut.

12IPA_MTK8

Dengan demikian, nilai α adalah 9.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Diberikan data sebagai berikut!

12IPA_MTK14

Bentuk ogive positif dari data di atas adalah ….

12IPA_MTK9

12IPA_MTK10

12IPA_MTK11

 

Pembahasan:

Cari masing-masing tepi bawah dan tepi atas setiap kelas, serta tuliskan frekuensi kumulatifnya sehingga diperoleh tabel berikut ini.

12IPA_MTK12

Dengan demikian, ogive positif dari data pada soal dapat digambarkan sebagai berikut.

12IPA_MTK13

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Nilai dari 12IPA_MTK15adalah ….

  1. -2
  2. -1
  3. 0
  4. 1
  5. 2

 

Pembahasan:

Perlu diingat bahwa pada bentuk limit tak hingga, jika α = ρ, maka berlaku seperti berikut.

12IPA_MTK16

Oleh karena itu, didapat perhitungan sebagai berikut.

12IPA_MTK17

Dengan demikian, nilai dari12IPA_MTK15adalah -2.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

Topik : MINAT – Limit (Lanjutan)

Subtopik : Limit Tak Hingga

Level Kognitif : HOTS

6. Jika , nilai a yang memenuhi adalah ….

A. 16
B. 8
C. 4
D. 2
E. 1

 

Kunci Jawaban : B

Pembahasan :

Dengan demikian, nilai a yang memenuhi adalah 8.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

SEJARAH

1. Perhatikan hal-hal berikut ini! 

  1. Pemberontakan RMS
  2. Pemberontakan DI/TII Jawa Tengah
  3. Pemberontakan APRA
  4. Pemberontakan PRRI/Permesta

Dari hal di atas, pemberontakan yang terjadi karena adanya kekecewaan atas pembangunan yang tidak merata antara pusat dan daerah ditunjukkan oleh nomor ….

  1. 1, 2 dan 3
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 4
  4. 4
  5. 1, 2, 3, dan

 

Pembahasan:

Dari pilihan jawaban di atas, pemberontakan yang terjadi karena adanya kekecewaan akibat pembangunan yang tidak merata antara pusat dan daerah, adalah pemberontakan PRRI/Permesta. Pada saat itu, banyak perwira militer di daerah seperti di Sumatra dan di Sulawesi melihat terjadinya kesenjangan pembangunan antara pusat dan daerah. Hal ini diperparah dengan tingkat kesejahteraan prajurit dan juga masyarakat yang rendah. Akibat permasalahan tersebut, muncul berbagai dewan- dewan militer daerah dan selanjutnya dewan militer tersebut memproklamasikan berdirinya Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) dan Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta).

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. Resolusi Jihad yang dikumandangkan pada 22 Oktober 1945, berhasil membakar semangat para santri dan masyarakat sipil untuk ikut berperan dalam melawan penjajahan Belanda. Resolusi ini dikeluarkan oleh ….

  1. K.H Ahmad Dahlan
  2. K.H Hasyim Asy’ari
  3. Teuku Daud Beureuh
  4. Agus Salim
  5. Kartosoewirjo

 

Pembahasan:

Tokoh yang mengumandangkan Resolusi Jihad pada tanggal 22 Oktober 1945 adalah K.H Hasyim Asy’ari. Resolusi Jihad ini umumkan pada pertemuan wakil-wakil NU di Surabaya. Resolusi Jihad tersebut menegaskan bahwa hukum membela tanah air adalah wajib bagi setiap umat muslim di Indonesia. Tak hanya itu dalam Resolusi Jihad juga ditegaskan bahwa muslimin yang berada dalam radius 94 Kilometer dari pusat pertempuran wajib ikut berperang melawan Belanda.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

3. Pada tanggal 28 Juni 1948, pihak oposisi menculik Sutan Syahrir yang pada saat itu menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia. Penyebab kelompok oposisi menculik Syahrir adalah ….

  1. pihak oposisi menganggap Syahrir adalah boneka Belanda
  2. diplomasi yang dilakukan Syahrir dianggap merugikan Indonesia
  3. wilayah Indonesia yang diakui Belanda semakin mengecil, yaitu hanya Jawa Tengah dan Yogyakarta
  4. kebijakan politik Syahrir dianggap merugikan dan tidak mengakomodir suara pihak oposisi
  5. adanya upaya pelemahan kekuasaan parlemen dalam menjalankan fungsi legislatif

 

Pembahasan:

Penculikan Perdana Menteri Syahrir oleh kelompok oposisi dilatarbelakangi oleh keputusan Perdana Menteri Syahrir dalam Perjanjian Linggarjati. Keputusan Syahrir dalam perjanjian tersebut membuat Belanda hanya mengakui Indonesia atas wilayah Jawa, Sumatra dan Madura. Kelompok oposisi kecewa karena diplomasi yang dijalankan oleh Syahrir dianggap merugikan Republik Indonesia. Pada akhirnya pihak oposisi yang menamakan sebagai kelompok Persatuan Perjuangan menculik Perdana Menteri Syahrir pada tanggal 28 Juni 1946.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Kabinet Burhanuddin Harahap berhasil melaksanakan event penting dalam sejarah demokrasi Indonesia, yaitu ….

  1. Konferensi Asia-Afrika
  2. Pemilu 1955
  3. Asian Games
  4. pelaksanaan Konferensi GNB
  5. pelaksanaan Operasi TRIKORA

 

Pembahasan:

Salah satu peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah di Indonesia yang terjadi pada masa Kabinet Burhanuddin Harahap adalah diselenggarakannya pemilu pada tahun 1955. Pemilu ini dianggap sebagai pemilu yang paling demokratis yang pernah berlangsung di Indonesia. Pemilu 1955 berlangsung dalam 2 tahap, yaitu tahap pertama pemilihan anggota DPR pada tanggal 29 September 1955 dan tahap kedua pada tanggal 15 Desember 1955 untuk pemilihan anggota Konstituante.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Pernyataan yang sesuai untuk menggambarkan keadaan Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin (1959-1965) adalah …

  1. Presiden Sukarno berhasil mewujudkan cita-cita Indonesia dalam menyejahterakan rakyat, karena pembangunan dan perekonomian yang berlangsung stabil.
  2. Presiden Sukarno berhasil membangun sinergitas antara golongan nasionalis, agama dan komunis dalam satu kesatuan NASAKOM, sehingga tercapai stabilitas politik.
  3. Indonesia memiliki hubungan yang baik dengan negara-negara besar yang tergabung dalam Blok Timur dan Blok Barat.
  4. Presiden Sukarno berhasil mengambil alih Irian Barat melalui operasi militer Trikora yang menyebabkan Belanda menyerah.
  5. Politik Indonesia bertumpu pada figur Sukarno yang menampilkan diri sebagai pemimpin dan penguasa tunggal di Indonesia.

 

Pembahasan:

Pada masa Demokrasi Terpimpin, Presiden Sukarno menjadi figur tunggal sebagai pemimpin tertinggi kekuasaan Republik Indonesia. Pada saat itu, kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan bertumpu pada pemikiran dan kehendak presiden. Bahkan pada periode ini Presiden Sukarno didaulat sebagai presiden seumur hidup di Indonesia oleh MPRS.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

Nah, itu dia latihan soal PAS kelas 12 IPA semester ganjil. Mau belajar materi yang lebih lengkap dan mendalam? Yuk daftar Brain Academy. Fasilitasnya lengkap, Master Teachernya lulusan kampus ternama, dan bisa coba kelas gratis dulu, lho.

[IDN] CTA Blog Cabang Brain Academy Center

Fauzia Astuti