5 Pilihan Profesi Jurusan Ilmu Pendidikan Selain Menjadi Guru

Elisabeth Garnistia Jan 19, 2021 • 9 min read


 

15012021_Prospek_Karir_Jurusan_Ilmu_Pendidikan_Selain_Menjadi_Guru_HEADER_BLOG_Draft1

Artikel ini akan membahas tentang berbagai alternatif karir dari lulusan pendidikan jurusan 

---

Siapa yang mau masuk jurusan ilmu pendidikan saat kuliah nanti? 

Meskipun masuk ke jurusan konsentrasi pendidikan, namun peminat jurusan ilmu pendidikan mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir, lho.  

Berdasarkan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dari Kemendikbud, jumlah mahasiswa program studi pendidikan dari universitas negeri dan swasta di Indonesia mencapai 1.371.105 jiwa yang tersebar di 6.127 program studi ilmu pendidikan. 

Meskipun mengalami kenaikan peminat, tidak jarang ditemukan kegalauan calon mahasiswa atau mahasiswa jurusan ilmu pendidikan dengan prospek karir ke depannya yang ditawarkan di jurusan ini. Kira-kira karir seperti apa ya pekerjaan yang akan digeluti oleh lulusan ilmu pendidikan selain menjadi guru?

Yuk simak ulasan artikel berikut!

1.Konselor Edukasi

Seorang konselor edukasi memberikan konseling kepada murid

Seorang konselor edukasi  memberikan konseling kepada murid (kompasiana.com)

Bagi kamu yang tertarik masuk ke jurusan pendidikan bimbingan konseling, kamu bisa memilih prospek karir menjadi konselor edukasi. 

Tugas konselor edukasi secara garis besar adalah membimbing siswa dalam proses perkembangan diri terutama saat di sekolah. Seorang konselor edukasi dapat menjadi perantara antara siswa dengan orangtua dengan membuka bimbingan konseling dengan siswa untuk membantu siswa lebih memahami keadaan atau permasalahan yang dihadapi di sekolah.

Konselor juga dapat berpartisipasi dalam pengembangan kurikulum sekolah khususnya kurikulum yang bersifat psikologis agar kurikulum tersebut berjalan lebih relevan dalam membantu siswa mengembangkan mental yang positif. 

2. Penerjemah dan Juru Bahasa


Seorang Juru Bahasa sedang Melakukan Tugas

Seorang Juru Bahasa sedang Melakukan Tugas (Sumber: money.usnews.com)

Bagi kamu yang ingin masuk ke jurusan pendidikan bahasa, kamu bukan hanya bisa menjadi guru bahasa di sekolah saja, lho

Kamu bisa mengambil karir menjadi penerjemah atau juru bahasa. Belum banyak yang tau kalau seorang penerjemah atau juru bahasa memiliki tugas yang berbeda. 

Penerjemah (translator) merujuk pada kemampuan untuk mengungkapkan kembali pesan-pesan secara tepat dari bahasa sumber ke bahasa yang dituju. Tugas penerjemah biasanya menjadi penerjemah di karya tulis seperti karya sastra (novel, puisi), materi akademik, percakapan di film, hingga penerjemah di bidang teknologi. 

Sedangkan untuk juru bahasa (interpreter) secara garis besar bertugas untuk menjembatani komunikasi dua arah yang menggunakan dua bahasa berbeda. Seorang juru bahasa harus dapat menginterpretasikan isi percakapan dengan baik sehingga tidak dapat menimbulkan kesalahan persepsi antara dua sumber. 

Biasanya seorang juru bahasa dapat memiliki kesempatan untuk mendampingi pejabat penting dalam sebuah konferensi. 

Gimana? Udah kepikiran belum untuk masuk ke jurusan pendidikan bahasa?

Baca Juga: Cerita Seru Jadi Translator Drama Korea Bareng Deaz Putri

3. Auditor


Seorang Auditor Melakukan Audit Data

Seorang Auditor Melakukan Audit Data (Sumber: csoonline.com) 

Bagi kamu yang ingin masuk jurusan ilmu pendidikan akuntansi, kamu bisa memulai karir kamu menjadi junior auditor

Junior auditor bertugas melakukan pemeriksaan terhadap laporan keuangan untuk memastikan seluruh kegiatan perusahaan dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Seorang junior auditor dapat membantu senior dalam mencegah, mendeteksi terjadinya kecurangan dalam perusahaan. Jika auditor menemukan kecurangan, mereka dapat langsung melakukan investigasi apakah prosedur internal kontrol sudah dijalankan oleh karyawan dengan benar atau tidak.

Baca Juga: Daftar Jurusan Kuliah Tersulit di Indonesia

4. Pegawai Instansi Pemerintah


Pegawai Instansi Pemerintah Pegawai Instansi Pemerintah (Sumber: cnnindonesia.com)

Siapa bilang sebagai lulusan ilmu pendidikan tidak bisa bekerja di instansi pemerintahan? 

Justru ilmu kamu akan sangat berguna saat masuk ke instansi pemerintah khususnya pada instansi pemerintahan seperti Kemendikbud. Jika kamu seorang lulusan dari jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, kamu akan sangat dibutuhkan dalam divisi pengembangan kurikulum. 

Di sana kamu dapat menganalisis perkembangan kurikulum di Indonesia apakah sudah relevan dengan perkembangan masyarakat sekarang atau seberapa besar kesinambungan antara kurikulum pada tingkat kelas sebelumnya ke tingkat kelas berikutnya. 

Secara tidak langsung kamu bisa berkontribusi memajukan kurikulum Indonesia!

5. Relawan Pendidikan


Relawan Pendidikan sedang MengajarRelawan Pendidikan sedang Mengajar (Sumber: www.projects-abroad.ca)

Siapa yang punya cita-cita mengajar anak-anak di daerah pedalaman? Yup! Dengan masuk ke jurusan ilmu pendidikan kamu bisa menggapai cita-cita kamu untuk mengajar anak-anak di daerah pedalaman.

Sebagai relawan pendidikan, kamu dapat mendukung guru-guru, kepala sekolah, dan tenaga pengajar lainnya dalam menciptakan, mengembangkan,dan meningkatkan model pengajaran yang dapat terbukti efektif dalam meningkatkan proses pengajaran, sehingga proses belajar dan mengajar jauh lebih efektif dan siswa pun siswa dapat menjadi lebih aktif dalam belajar di kelas. 

Dengan menjadi relawan pendidikan, kamu dapat membantu membangun pendidikan yang layak bagi anak-anak di seluruh Indonesia terutama anak-anak di daerah yang tertinggal. 

Baca Juga: Kuliah Jurusan Matematika, Apa Benar Cuma Jadi Guru Les?

Setelah membaca 5 alternatif prospek karir lulusan ilmu pendidikan, yuk jangan ragu lagi untuk memilih jurusan ilmu pendidikan sebagai jurusan saat kuliah nanti!

Kamu juga bisa bergabung ke Brain Academy Online agar kamu dapat mempersiapkan diri dengan lebih matang untuk masuk ke jurusan ilmu pendidikan impian kamu! 

BA online

Referensi:

Fungsi dan Tugas Konselor. ( 26 April 2017). http://www.jejakpendidikan.com/2017/04/fungsi-dan-tugas-konselor.html#:~:text=Konselor%20yang%20bertugas%20di%20sekolah,meningkatkan%20kemampuan%20siswa%20membuat%20keputusan (daring). (Diakses: 30 Desember 2020). 

Menjanjikankah Berkarier Sebagai Internal Auditor?. (27 November 2018). https://accounting.binus.ac.id/2018/11/27/menjanjikankah-berkarier-sebagai-internal-auditor/ (daring). (Diakses: 30 Desember 2020). 

Profesi Interpreter Menarik untuk Ditekuni. (20 April 2014). https://www.unpad.ac.id/2014/05/profesi-interpreter-menarik-untuk-ditekuni/ (daring). (Diakses: 30 Desember 2020). 

Prospek Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Ternyata Bukan Hanya Guru. 8 September 2020. https://masoemuniversity.ac.id/berita/prospek-fakultas-keguruan-dan-ilmu-pendidikan-ternyata-bukan-hanya-guru.php (daring). (Diakses: 30 Desember 2020). 

Prodjo, A. (12 Maret 2020). Kemendikbud Buka Kesempatan jadi Relawan Penggerak, Ini Penjelasan Nadiem Makarim. https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/12/155010871/kemendikbud-buka-kesempatan-jadi-relawan-penggerak-ini-penjelasan-nadiem?page=all (daring). (Diakses: 30 Desember 2020). 

10 Peluang atau Prospek Kerja Jurusan Pendidikan. 19 September 2020. https://www.renesia.com/10-peluang-atau-prospek-kerja-jurusan-pendidikan/ (daring). (Diakses: 30 Desember 2020). 

Sumber Gambar: 

Seorang konselor edukasi sedang memberikan konseling dengan murid. Tautan: https://www.kompasiana.com/yamsy17190001/5a7aee03f1334413535c0753/peran-guru-bk-di-sekolah (daring). (Diakses: 30 Desember 2020). 

Seorang Juru Bahasa sedang Melakukan Tugas. Tautan: https://money.usnews.com/careers/best-jobs/interpreter-and-translator (daring). (Diakses: 30 Desember 2020). 

Seorang Auditor Melakukan Audit Data. Tautan: https://www.csoonline.com/article/3036426/how-an-audit-can-shore-up-your-security-strategy.html (daring). (Diakses: 30 Desember 2020). 

Pegawai Instansi Pemerinta. Tautan: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200605104140-20-510143/pns-kemendikbud-di-atas-45-tahun-tak-wajib-masuk-kantor (daring). (Diakses: 30 Desember 2020). 

Relawan Pendidikan sedang Mengajar. Tautan: https://www.projects-abroad.ca/volunteer-abroad/teaching/ (daring). (Diakses: 30 Desember 2020). 

Profile

Elisabeth Garnistia

Beri Komentar