Inilah 6 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Si Introvert

Tri Janarti Agu 27, 2021 • 5 min read


6 Jurusan Kuliah untuk Si Introvert

 Artikel ini membahas tentang jurusan-jurusan di bangku perkuliahan yang cocok untuk orang berkepribadian introvert.

--

Hai, Brainies! Kamu pasti sudah tahu ‘kan tentang kepribadian ekstrovert dan introvert? Terus kamu juga pasti sudah tahu dong tidak sedikit yang berpendapat bahwa orang dengan kepribadian ekstrovert lebih unggul dalam berbagai aspek dibandingkan orang yang berkepribadian introvert. Misalnya, aspek bersosialisasi. Mereka menilai bahwa introvert terlalu pemalu sehingga tidak akan bisa sukses bersosialisasi di dunia luar, seperti lingkungan sekolah, kampus, kantor, atau lainnya.

Hah, kampus? Terus gimana dong nasib anak introvert kayak aku? Aku ‘kan juga mau kuliah.”

Tenang Brainies, itu tadi hanya penilaian dari masyarakat umum. Sebab faktanya, introvert tidak sama dengan pemalu. Seorang introvert bukanlah sosok pemalu yang tidak bisa bersosialisasi. Introvert hanya merasa lebih nyaman ketika sedang sendirian. Karena di waktu tersebut, mereka merasa lebih tenang sehingga bisa berkonsentrasi. Selain itu, introvert juga seringkali memilih membatasi dirinya untuk berada dalam keramaian agar tidak cepat merasa lelah.

6 Jurusan Kuliah untuk Si Introvert

Jadi, bagi kamu yang berkepribadian introvert boleh banget untuk mulai mempertimbangkan berbagai hal agar masa kuliahmu terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Untuk itu, artikel ini akan memberikan informasi tentang jurusan kuliah yang cocok buat si introvert kayak kamu.

1. Sastra

Jurusan buat si introvert yang pertama adalah jurusan sastra. Sastra identik dengan membaca dan menulis. Kegiatan semacam ini tentu sangat membutuhkan ketenangan dan konsentrasi yang tinggi agar ide dan imajinasi dapat berjalan. Makanya, jurusan sastra menjadi salah satu jurusan yang tepat untuk bernaung bagi si introvert.

Baca Juga: Masih Bingung dengan Minat dan Bakat Kamu? Yuk, Coba 5 Tes Ini!

Jurusan sastra sangat beragam, mulai dari Sastra Indonesia, sastra asing, hingga sastra daerah. Adapun jurusan sastra asing yang ada di Indonesia, misalnya Sastra Inggris, Sastra Korea, Sastra Jepang, dan lain-lain. Sementara untuk sastra daerah, ada Sastra Jawa, Sastra Sunda, Sastra Bali, dan lain-lain. Untuk prospek kerja jurusan sastra pun cukup beragam. Kamu bisa menjadi seorang penulis, penerjemah, editor, dosen, dan sebagainya.

2. Desain Grafis

Kalau kamu si introvert yang punya hobi menggambar, desain grafis bisa kamu pertimbangkan sebagai daftar jurusan pilihanmu, lho! Di Jurusan Desain Grafis kamu dapat mengasah dan mengembangkan kemampuan gambarmu hingga memiliki nilai jual yang tinggi nantinya.

Ketika menekuni bidang desain grafis, kamu akan menjadi lebih “akrab” dengan komputermu untuk menghasilkan karya dibandingkan dengan orang-orang yang mungkin membuatmu tidak nyaman. Ya, meskipun kamu tetap perlu berinteraksi dengan tim maupun klien sih. Tapi tenang, hal tersebut tidak akan sering terjadi kok. Karena semua orang akan memahami bahwa kamu perlu berkonsentrasi untuk mengeksplorasi ide dan menciptakan karya-karya terbaikmu.

3. Ilmu Perpustakaan

Apakah kamu termasuk introvert yang rapi dan teliti? Kalau iya, kamu bisa banget nih masuk ke Jurusan Ilmu Perpustakaan. Di jurusan ini kamu memerlukan kemampuan untuk mengumpulkan, merapikan, dan menyimpan data secara teliti. Oleh karena itu, jurusan ini membutuhkan kemampuan manajemen dan teknologi informasi yang baik.

Mahasiswa lulusan jurusan ini nantinya bisa berkarier di bidang kepustakaan dan pengarsipan. Pekerjaan tersebut membutuhkan ketelitian dan konsentrasi tinggi agar tidak terjadi kesalahan. Hal ini membuat interaksi pun akan jarang dilakukan bila dirasa tidak perlu.

4. Akuntansi

Kamu teliti tapi nggak mau masuk jurusan yang kita bahas sebelumnya? Kalau gitu coba deh masuk Jurusan Akuntansi. Eitss, tapi pastikan kamu jago dalam hitung-menghitung dulu ya! Karena jurusan ini sangat mementingkan ketelitian dalam melakukan perhitungan dibandingkan keterampilan dalam berkomunikasi. Nah, hal inilah yang membuat Jurusan Akuntansi cocok untuk si introvert.

Adapun prospek kerja untuk jurusan ini juga sangat luas, seperti akuntan, pegawai bank, konsultan, dan sebagainya. Yang jelas lulusan Jurusan Akuntansi akan bekerja di bidang yang berkaitan dengan tanggung jawab untuk membuat dan memeriksa laporan keuangan.

Baca Juga: Rekomendasi Jurusan Kuliah Buat Anak SMK

5. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika merupakan jurusan yang berkaitan dengan bidang teknologi, khususnya komputer. Hal-hal yang dipelajari pun terkait dengan pengoperasian komputer secara lebih dalam, seperti coding, membuat program, dan memperbaiki teknisnya. Seperti halnya desain grafis, Jurusan Teknik Informatika juga akan membuatmu menjadi lebih sering bertemu komputer dan bekerja sendiri daripada berkelompok.

Kabar baiknya, saat ini jurusan ini sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan seiring semakin canggihnya teknologi. Jika kamu merupakan si introvert yang suka dengan teknologi dan bekerja tanpa banyaknya interaksi, maka jurusan ini sangat cocok untukmu.

6. Farmasi

Yang terakhir, ada Jurusan Farmasi yang juga cocok untuk si introvert yang ingin lebih banyak beraktivitas di laboratorium. Jurusan ini akan membuatmu belajar meracik formula hingga menganalisis obat-obatan. Kamu juga perlu banyak membaca buku teori untuk memantapkan pengetahuanmu. Namun, ingat kamu perlu memiliki ketelitian dan ketekunan bila ingin masuk ke jurusan ini sebab pekerjaanmu nantinya akan berkaitan dengan kesehatan.

Lulusan Jurusan Farmasi tentu akan menjadi seorang farmasis atau apoteker. Selama bekerja sebagai farmasis, terkadang kita memang bertemu dengan pasien yang membutuhkan informasi mengenai obat-obatan. Nah, di sini kamu bisa menunjukkan bahwa seorang introvert bukan berarti pemalu yang tidak bisa atau tidak mau melakukan interaksi.

6 Jurusan Kuliah untuk Si Introvert

---

Itulah 6 jurusan kuliah buat si introvert kayak kamu. Jurusan-jurusan itu bisa kamu pilih dengan menyesuaikan minat dan kemampuan kamu ya. Di samping itu, kamu juga masih perlu menyiapkan diri agar diterima di jurusan impianmu. Salah satu caranya dengan meningkatkan nilai-nilaimu sejak dini dengan bantuan STAR Master Teacher di Brain Academy Online. Di sini kamu bisa merasakan pembelajaran menarik dengan live teaching dan star champ, lho! Buruan daftar gih!

BA online

Referensi:

Mengenal Tipe Kepribadian Introvert Lebih Dalam [Daring]. Tautan: https://hellosehat.com/mental/introvert/

7 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam [Daring]. Tautan: https://deckarenas.com/jurusan-kuliah-yang-cocok-untuk-orang-pendiam/

(Diakses 17 Agustus 2021)

Profile

Tri Janarti

Beri Komentar